Kumpulan Alat Riset Keyword Terbaik (Gratis dan Bayar)

Alat riset kata kunci. Blogger mana yang tak ingin situs web-nya dibanjiri pengunjung? Terlebih jika sumber lalu lintasnya organik. Hal itu terwujud manakala upaya blogging Anda dimulai dengan riset keyword.

Alat Riset Kata Kunci Terbaik

Untuk target trafik organik rahasianya ada dua yaitu long tail keyword dan Latent Semantic Indexing yang mesti ada dalam strategi konten Anda.

Kalo ngga salah ingat, saya udah pernah nulis kedua masalah itu. Jadi silahkan diubeg-ubeg aja blog ini ya, he he he….

Dipostingan ini akan saya tunjukkan kepada Anda beberapa tool riset kata kunci untuk mengintip kumpulan kata-kata yang paling sering muncul di search engine.

Alat Riset Kata Kunci Terbaik 2018


Ada lusinan alat yang bisa membantu Anda menemukan kata kunci yang tepat. Dalam artikel ini, saya perkenalkan beberapa tool riset keyword terbaik di kelasnya dan siap membantu meningkatkan lalu lintas pencarian Anda.

Ahrefs Keywords Explorer (bayar)


alat riset kata kunci - Ahref Keyword Explorer

Dalam hal keragaman kata kunci dan lokalisasi, Ahrefs juaranya. Basis datanya memiliki 5 miliar kata kunci untuk lebih dari 200 negara. Memberi Anda ide kata kunci yang tak pernah terbayangkan.

Dikarenakan tool ini premium, jadi Anda harus rela keluar duit.

Bagaimana mekanisme alat ini ?

Cukup ketik kata kunci Anda dan pilih di antara lima algoritma saran kata kunci, sesuai yang Anda inginkan.

Berikut lima algoritma yang bisa Anda pilih :
  • frasa yang berisi kata kunci Anda sebagaimana adanya;
  • frasa yang mengandung istilah frasa kunci Anda secara berirutan;
  • kata kunci lain di 10 halaman teratas untuk seed keyword Anda;
  • kueri yang disarankan oleh Google’s Autocomplete suggests;
  • frase baru yang terdeteksi cocok dengan kata kunci Anda.

Ahrefs juga membeberkan strategi kata kunci pesaing. Apa yang ingin Anda ketahui tentang kata kunci berkinerja tinggi atau laman teratas menurut lalu lintas, bisa Anda intip semuanya.

Anda juga bisa mendeteksi peringkat kata kunci dari pesaing Anda, misalkan kosong, cukup tambahkan domain mereka ke laporan Content Gap.

Aktifkan notifikasi email untuk tetap mengupdate berita tentang naik turunnya kata kunci, baik milik Anda maupun pesaing Anda.


Keywordtool.io (gratis)


Keywordtool.io

Kalo ingin mencari ribuan long tail keyword, Keywordtool.io adalah alat yang cocok.

Piranti ini menyediakan kata kunci dari berbagai hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Apple app store secara gratis.

Bagaimana cara kerjanya?

Keywordtool menggunakan fitur pengarsipan dari Google dan Ubersuggest secara lengkap dan otomatis untuk menelurkan variasi kata kunci yang sangat besar.

Dengan menambahkan abjad di awal dan akhir kata kunci asal, Anda akan disuguhkan kata kunci alami yang dapat digunakan dalam entri blog Anda.

Salah satu fitur utama tool ini adalah ditampilkannya keyword turunan dari kata kunci utama yang bisa Anda pakai dalam membuat posting blog baru untuk menarik lalu lintas organik.

Sayangnya, untuk mengakses volume pencarian, nilai BPK, dan kompetisi kata kunci, Anda wajib meng-upgrade ke versi premium-nya.

Hanya saja, untuk pemula, versi gratisnya cukup untuk memberi Anda set kata kunci yang besar untuk proyek riset kata kunci Anda.

SEMRush (bayar)


SEMRush Competitor Analysis

Memang sih gratisnya cuman 30 hari, tapi SEMRush tetap salah satu senjata rahasia terbaik untuk mengalahkan pesaing Anda melalui riset kata kunci.

Tak seperti tool research keyword lainnya yang menawarkan relevansi kata kunci sesuai seed keyword, SEMRush selangkah lebih maju dengan membantu mengakses peringkat kata kunci dari situs pesaing Anda.

Inilah yang membuat SEMRush begitu istimewa. Bisa sangat bermanfaat sebagai competitor analysis.

Long Tail Pro (bayar)


Long Tail Pro

Inilah alat riset kata kunci paling favorit dan strong, tapi berbayar.

Banyak master SEO percaya bahwa LTP mampu membongkar dan menemukan kata kunci yang tidak pernah dapat ditemukan pada Google Keyword Planner.

Begini cara tool ini bekerja :

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasinya, Anda harus memberi izin pada aplikasi ini untuk mengakses akun Google adwords Anda. Kemudian proyek riset kata kunci baru bisa dimulai dengan nama apa pun sesuka Anda.

Setelah itu, masukkan kata kunci unggulan Anda (bisa apa saja – sekalipun bukan dari niche yang tidak saling terkait seperti kesehatan dan blogging).

Opsi pencarian dapat disesuaikan lebih lanjut termasuk memberikan kisaran pencarian per bulan, negara yang ditargetkan, dll.

Anda juga dapat memfilter hasil berdasarkan EMD yang tersedia (pencocokan domain), persaingan judul di pencarian Google dan Bing, dan banyak lagi.

Long Tail Pro sanggup menemukan hingga 800 kata kunci turunan dari seed keyword yang diinput.

Google Keyword Planner (gratis)


Google Keyword Planner


Google Keyword Planner (GKP) adalah bagian dari Google AdWords. Tool paling populer, gratis dan jadi pujaan banyak blogger.

Yang nyubi atau mastah SEO sekalipun pastinya pernah atau sering mencicipi alat ini ketika menelusuri kata kunci terkait pencarian mereka.

Sejatinya, GKP diciptakan khusus bagi pengguna Adwords untuk mencari kata kunci sebagai penawaran iklan guna mengarahkan trafik.

Untuk menggunakan GKP, masuk dengan akun Google Anda DI SINI.

Halaman selanjutnya adalah tempat Anda dapat memasukkan kata kunci dengan sebelumnya menyesuaikan filter untuk kata kunci yang dihasilkan.

Ada berbagai filter kata kunci yang ditawarkan GKP seperti lokasi, bahasa, kata kunci negatif (kata kunci yang tidak Anda inginkan), dll.

Anda juga boleh memasukkan URL kompetitor di tab halaman landing untuk melihat halaman web peringkat kata kunci mereka.

UberSuggest (gratis)


Ubersuggest


Prinsip kerjanya mirip Google Autosuggest. Cukup menambahkan kata atau abjad di bagian akhir kueri Anda, maka barisan kata kunci akan muncul dalam jumlah yang lebih dari cukup.

Tool ini dianggap sebagai alat riset kata kunci paling basic. Kenapa? Karena pada tool ini tak ditemukan pencarian bulanan atau kompetisi dari kata kunci yang ditampilkan.

Meski begitu, untuk menemukan volume pencarian dan tingkat persaingan kata kunci, Anda bisa mengkombinasikan tool ini dengan GKP atau Long Tail Pro.

Tersedia banyak kata kunci long tail di semua niche yang bisa dipakai pada blog utama atau sebagai cadangan untuk mengkreasi postingan yang akan datang.

KWFinder (bayar)


KWFinder

KWfinder adalah alat yang baru-baru ini saya demeni. Alat penelitian kata kunci premium ini juga memiliki versi gratis yang cukup oke.

Berikut cara kerjanya :

Masukkan kata kunci lalu pilih negara dan bahasa yang ingin Anda targetkan.
Selanjutnya, tool ini akan mengkalkulasi kata kunci long tail yang memiliki persaingan rendah dan lebih mudah untuk peringkat.

KWfinder juga menunjukkan grafik “minat dari waktu ke waktu” yang memberi tahu Anda popularitas long tail keyword dari waktu ke waktu (dari tahun 2004).

Selain itu, KWfinder juga menunjukkan peringkat situs teratas dari sebuah istilah pencarian lengkap dengan metrik sosial mereka.

Jaaxy


Jaaxy

Alat ini relatif baru di dunia riset kata kunci. Di tool ini tak ada kata kunci yang disembunyikan, karena alat tidak bergantung pada GKP.

Dengan Jaaxy, banyak permata terembunyi berkualitas tinggi. Beberapa hasil tambahan, yang ditampilkan Jaaxy selama riset kata kunci Anda, adalah:
  • QSR - menunjukkan kepada Anda jumlah halaman web yang menargetkan set kata kunci yang tepat.
  • KQI (Indikator KQI atau Indikator Kualitas Kata Kunci) - dideskripsikan sebagai lampu merah, hijau, dan kuning. Lampu merah untuk low quality keyword dan hijau untuk kata kunci terbaik yang ditargetkan.
  • SEO - mirip dengan filter pesaing kata kunci dari alat riset kata kunci premium lainnya. Jaaxy memberi skor peringkat SEO kata kunci dari 1-100, di mana kata kunci dengan skor 100 adalah yang termudah untuk diberi peringkat.

Ada Jaaxy premium dan free. Terserah Anda untuk memutuskan.

Keyword Revealer (bayar)


Keyword Revealer

Alat berikutnya yang patut dicoba adalah Keywordrevealer. Sangat cepat untuk memulai kampanye riset Anda.

Kapanpun Anda mulai mengetik kata kunci, Keyword revealer sanggup menemukan kata kunci yang relevan secara instan.

Indikator persaingan kata kuncinya mirip speedometer di dasbor mobil.

Fitur keren lainnya dari alat ini adalah brainstorm ide kata kunci yang bisa dipakai saat Anda ingin menemukan kata kunci baru dengan target buyer intentions.

Tool ini juga akan menyingkap BPK dan perkiraan potensi penghasilan dari sebuah kata kunci.

Serpstat (bayar)


Serpstat

Riset kata kunci adalah salah satu dari 5 tool yang ditawarkan oleh platform online bernama Serpstat.

Dibanding tool lainnya, platform ini punya cara berbeda dalam mengumpulkan kata kunci. Yang tak biasa adalah bahwa Serpstat menunjukkan data dari Google Suggest dan juga dari semantik pesaing Anda.

Cara kerjanya sederhana ...

Saat kata kunci diketik, bakalan muncul hingga 500 frasa yang cocok dengan kata kunci yang Anda cari. Dari situ bisa Anda ketahui informasi dari setiap frasa yang ada, seperti tingkat kesulitan kata kunci, BPK, persaingan PPC dan volume pencarian.

Pada tab Related Keywords, akan Anda jumpai daftar kata-kata yang identik dalam SERP. Biasanya ada sinonim, kesalahan eja, serta kata kunci ekor panjang (long tail).

Cara ampuh untuk mengumpulkan kata kunci melalui Serpstat adalah dengan menjelajahi semantik pesaing. Pada fitur Missing keyword, Anda bisa melihat lebih dari 10 kata kunci pesaing yang tidak ada di situs web Anda.

Jadi, jika Anda memiliki setidaknya satu kata kunci untuk situs web Anda, Anda bisa mendapatkan relevansi kata kunci, saran pencarian, halaman teratas, dan persaingan untuk kata kunci tersebut.


Keyword Eye (gratis)


Keyword Eye


Keyword Eye adalah rangkaian lengkap dari berbagai fitur riset kata kunci yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Disini kata kunci tak hanya difilter dan diteliti berdasarkan bahasa, negara seperti alat premium lainnya, tetapi juga dihitung potensinya secara lebih spesifik.

Data kata kunci terkait tersaji dalam desain visual yang menarik seperti layaknya cloud keyword dll. Dari sini, untuk meneliti lebih lanjut kata kunci long tail tertentu, cukup klik kanan pada mouse Anda.

Banyak fitur yang bisa Anda pilih, termasuk memeriksa kata kunci di soovle.com (data permintaan pencarian untuk kata kunci di berbagai search engine), cek keyword di Reddit, Google "allintitle", mencari synonyms dll.

Selain tak dimiliki alat lainnya, fitur-fitur di atas tak hanya menghemat waktu Anda tetapi juga dapat membantu memilih kata kunci terbaik untuk SEO.

Itulah beberapa alat riset keyword yang bisa saya rekomendasikan. Moga aja ada gunanya.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

0 komentar

click to comment!

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini