Kenapa Pemilik Blog & Pelaku Bisnis Butuh SEO?

Pentingnya SEO bagi blogger dan pelaku bisnis. SEO (search engine optimization) adalah hal pertama yang ingin dikenal blogger. Sebab tujuan mereka cuman satu - ingin hasil terbaik di SERP’s.

Mereka percaya bahwa SEO punya daya magis pada setiap publikasi konten demi menarik para pengunjung organik.

Memang, mekanisme mesin pencari tak seperti dulu lagi. Sekarang ini kinerjanya sanggup menawarkan solusi dari jutaan pertanyaan pengguna per hari.

Di pasar yang kian kompetitif, peran SEO dirasakan makin penting. Jika Anda memiliki situs web, blog atau toko online, SEO dapat membantu bisnis Anda berkembang dan tercapainya target penjualan.

Pentingnya SEO bagi Pemilik Blog dan Pelaku Bisnis

10 Alasan Mengapa SEO Penting


Setiap detik terjadi kompetisi semu di mesin pencari dimana blogger berlomba-lomba untuk mencapai posisi teratas.

Mereka sadar jika mayoritas pengguna mesin pencari lebih cenderung mengklik salah satu dari 5 saran teratas di halaman hasil pencarian.

Namun itu hanyalah salah satu gambaran global bagaimana SEO benar-benar dibutuhkan oleh setiap pemilik web atau blog.

Padahal masih ada seribu alasan lainnya kenapa SEO wajib dipelajari oleh setiap pemilik web. Inilah sepuluh diantaranya :

1. SEO lebih murah dibandingkan PPC


Bila dibandingkan dengan PPC, efek SEO lebih tahan lama dan tidak ada batasan waktu kecuali muncul update algoritma dari Google.

Sulit bagi competitor untuk merebut posisi Anda ketika teknik SEO dilatih dan terus diasah dengan baik.

SEO hanya menuntut kesabaran Anda. Setelah ada di posisi teratas, alokasikan sedikit anggaran untuk menempatkan iklan teks pada kata kunci yang ingin Anda beri peringkat.

Pada dasarnya SEO adalah bonus yang berkesinambungan. Makin tinggi intensitas indeks mesin pencari pada konten Anda, semakin naik otoritas konten pada tema atau topik tertentu.

Efeknya adalah lalu lintas organik yang mengalir melalui peringkat kata kunci dari dan ke situs Anda.

2. SEO menaikkan kredibilitas


Ranking di search engine adalah salah satu cara konsumen mengukur kredibilitas sebuah bisnis. Makin baik makin kredibel, dan makin tinggi sales point-nya.

Hampir bisa dipastikan jika orang lebih mempercayai daftar situs di halaman pertama yang mereka lihat di SERP’s untuk keyword yang di-input.

Peningkatan Kredibilitas Web

Mereka menilai Google sebagai perusahaan terkemuka sehingga untuk meningkatkan kredibilitas di mata konsumen, pelaku bisnis akan terus berinvestasi pada SEO.

Google memfilter konten secara ketat untuk mengarsipkan situs dengan peringkat teratas. Artinya, ketika searching, pengguna akan menemukan konten yang paling relevan.

Itulah sebabnya mengapa banyak orang mempercayai hasil peringkat teratas Google dengan kredibilitas yang jauh lebih tinggi.

3. SEO menganalisis visitor organik secara gratis


Selain trafik, aspek penting SEO lainnya adalah ketersediaan informasi tentang jenis orang yang ingin melihat apa yang ditawarkan situs Anda.

Anda dapat menggunakan Google Analytics dan Google Search Console untuk memeriksa data demografis orang-orang yang mengunjungi situs Anda.

Dengan melihat data analitik, bisa diketahui produk dan layanan apa yang dilihat pengunjung di situs web Anda.

Bisa juga ditelusuri istilah pencarian dan pertanyaan yang digunakan orang untuk menemukan situs web Anda melalui mesin pencari.

SEO yang baik dapat memastikan bahwa bisnis atau situs web Anda bergerak ke arah yang benar dan melayani jenis pengunjung atau pelanggan yang tepat.

Inilah keuntungan dan manfaat jangka panjang untuk situs web Anda.

4. SEO mengalirkan trafik organik


Blog takkkan sukses tanpa trafik. 60% klik masuk dari halaman pertama hasil pencarian. Hanya 40% klik yang tersisa untuk halaman berikutnya.

Jika situs tidak berada di peringkat pertama di Google, atau mesin telusur lainnya, Anda kehilangan klik potensial dan brand awareness secara keseluruhan.

Lalu Lintas Organik

SEO bekerja lewat kata kunci. Memastikan bahwa siapa pun yang menelusuri topik atau bidang keahlian Anda akan menemukan situs web Anda sebelum orang lain.

Misalnya, Anda punya bisnis toko roti dan mengintegrasikannya ke dalam situs web. Ketika seseorang di daerah Anda searching toko roti, SEO akan memastikan bahwa orang itu akan menemukan situs Anda bukan pesaing Anda.

Jadi, mengamankan posisi teratas di Google adalah cara terbaik untuk mendapatkan ribuan pengunjung organik secara berkelanjutan.

Silahkan baca artikel ini : Cara Terbaik Mendatangkan Visitor Organik dari Google

5. SEO bisa meningkatkan laba penjualan


Blog dengan struktur SEO yang kuat akan sering muncul di pencarian teratas. Ini berhubungan dengan poin ketiga dan kelima – menyuplai trafik dan kredibilitas blog.

Pada gilirannya, pengunjung akan tahu bahwa situs web Anda berkualitas dan layak untuk dikunjungi.

Dengan penerapan SEO yang efektif – serta terus berupaya mempertahankan peringkat Anda - basis pelanggan akan meningkat secara bertahap.

Tentu saja, jika Anda menjalankan bisnis atau menjual sesuatu di situs Anda, strategi ini akan meningkatkan laba penjualan.

Peningkatan Laba Penjualan

6. SEO adalah metode pemasaran terjangkau


Promosi berbayar di media social adalah alternatif yang mahal karena banyak elemen digital marketing yang perlu dipantau terus-menerus. Tapi dengan strategi SEO, Anda tak perlu mencurahkan waktu sebanyak itu setiap minggu.

Untuk alasan ini, mereka pelaku bisnis mikro atau yang baru merintis bisnis melalui situs, tetap memilih SEO sebagai pilihan terbaik.

Seiring situs web dan basis klien yang kian tumbuh, Anda bisa mulai dengan memfokuskan perhatian pada pengoptimalan mesin pencari dan biarkan strategi iklan Anda berkembang dari sana.

Anda akan menuai profit dari marketing SEO tanpa menghabiskan banyak waktu atau uang.

7. SEO membuat web lebih kompetitif


Selama bertahun-tahun, jumlah pencarian yang diproses Google telah tumbuh secara eksponensial. Saat ini, Google telah bekerja menangani 3,5 miliar pencarian web dalam sehari.

Akibatnya, terjadi kompetisi agresif di search engine. Hari ini oke, besok mungkin bisa berbeda. Itu karena kompetitor Anda juga melakukan segala hal yang dapat merubah peringkat mereka lebih baik.

Saat ini banyak orang mulai melek tentang peran vital SEO. Yang dulunya nyubi, bisa menjelma jadi mastah. Anda akan terbelalak ketika menyadari ilmu SEO yang mereka miliki.

Web Kompetitif

Intinya, investasi di SEO harus jalan terus. Keraguan apapun bisa menyebabkan merosotnya posisi Anda di mesin telusur. Anda dipaksa untuk bersaing, atau memilih mati terlindas.

Dengan SEO yang tepat, Anda akan tetap survive mengikuti persaingan dan melampaui mereka dalam waktu singkat.

8. SEO meningkatkan peringkat di search mobile


Dibandingkan tahun sebelumnya, pencarian online melalui perangkat mobile kini lebih mendominasi. Hal ini membuat market pencarian mobile makin diperhitungkan dan hanya paling agresif yang menang.

Agar juara dan bisa bersaing di search mobile Anda harus menggunakan SEO. Ini adalah taktik untuk meningkatkan peringkat bisnis Anda di pencarian mobile.

Memberi Anda keunggulan kompetitif yang Anda butuhkan untuk bertahan hidup dan berkembang.

9. SEO cocok untuk bisnis online


Persaingan di pasar online semakin ketat. Setiap tahun, belanja konsumen telah beralih secara online. Hal ini bisa dilihat pada situs retail online seperti Amazon. Sementara rivalnya (Sears misalnya) mulai gulung tikar, Amazon makin kuat dari tahun ke tahun.

Gelagat ini menyiratkan jika online shopping tumbuh dengan pesat. Sebagai bisnis player Anda dituntut peras otak untuk mencapai halaman teratas agar tetap kompetitif.

Apa solusinya?? Ya..SEO! Situasi ini akan membuat SEO tidak hanya penting tetapi sangat penting untuk tahun-tahun berikutnya.

10. SEO adalah Investasi


Yup, SEO termasuk bentuk investasi dengan ROI tinggi.

Ketika SEO mampu mengangkat peringkat Anda ke tempat teratas di halaman pertama, di mana sebagian besar klik masuk. Itulah bentuk ROI pada investasi sederhana Anda ke SEO.

Banyak yang bilang jika SEO hampir mirip dengan investasi di real estat - keuntungannya bisa sangat luar biasa saat Anda melakukannya dengan tepat dan benar.

Mulai sekarang, Jadikan Blog sebagai Investasi Masa Depanmu.

Sudahkah Anda belajar SEO hari ini? Moga ada manfaatnya.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam

8 komentar

click to comment!

30 Juli 2015 22.04 Delete comments

maaf mas kalau menurut saya seo friendly atau human friendly kedua mempunyai kepentingan tersendiri untuk diperhatikan dan keduanya saling terkait. karena dalam artikel itu tentu adanya kata kunci, secara sdar atau tidak itu sudah merupakan sebuah tindakan optimasi. misal dari kita memilih judul yang bagus, memilih kebaikan artikel, dan memperkirakan apakan yang kita tulis itu suatu yang menarik atau tidak bagi pengunjung. itu juga termasuk cara pemikiran dalam optimasi. bedanya hanya tujuan. memang menulis bukan untuk mesin pencari, namun apa-apanya perlu mesin pencari untuk menyampaikan pesan anda kepada pembaca. itulah alasan kenapa seo itu penting, namun lebih penting lagi adalah seberapa baik dan bermanfaat tulisan anda untuk pengunjung. itu pondasi pemikiran sederhana mengenai blogging.

Reply
avatar
30 Juli 2015 22.31 Delete comments

makanya mbah, dalam isi artikel saya tekankan, SEO cukup sekedar nya saja, dan judul artikel ini "nggak usah terlalu mikirin SEO" artinya menulis artikel dengan porsi SEO yang seimbang, bukan berarti melarang atau tidak memakai SEO sama sekali. Dalam artikel juga sudah di sebutkan bahwa kita memang butuh SEO, tapi ada konsekuensinya..seperti tulisan yang kurang luwes menurut sudut pandang pembaca. thanks mbah atas opininya, sekali lagi trima kasih atas kunjungannya

Reply
avatar
4 Agustus 2015 10.41 Delete comments

Menurut Saya SEO tetap penting, tapi kualitas konten harus nomor satu. Dan masalahnya kebanyakan blogger sekarang, termasuk saya, terbelenggu memikirkan SEO, alhasil artikel jadi terlupakan, atau tidak maksimal. Saking mepetnya untuk nulis artikel, akhirnya ide dan inspirasi tidak all out, yang lebih parah berujung pada copy paste.

Saya juga punya artikel yang serupa Mas Teguh, mungkin bisa saling berbagi pendapat.
http://masalvi.blogspot.com/2015/08/seo-itu-tidak-penting.html

Jadi jika di bayangkan, nilai imajiner untuk SEO adalah 30%, kemudian konten 70% nya. Tetapi keduanya tetap harus diowahi. Sekian.

Reply
avatar
4 Agustus 2015 10.59 Delete comments

opininya sangat deskriptif..thank mas alvin..jangan bosen untuk berkunjung lagi..happy blogging

Reply
avatar
21 Mei 2016 22.18 Delete comments

mas teguh.. kadang saya suka bingung mengapresiasikan kata-kata untuk tulisan saya di blog, jadi saya sudah nulis banyak, api semuanya kalah di seo.. karena saingan yang banyak.. gimana menurut mas teguh.. kasih saranya dong... ini pakek open id.. :D

Reply
avatar
22 Mei 2016 09.14 Delete comments

bikin aja dulu draft artikelnya,..seo menyusul kalo udh jadi,.tinggal kita tempatkan poin2 target keywordnya per paragraf, jangan lupa tetap perhatikan LSI, agar artikel lebih natural,.

moga itu bisa membantu mas tohirun

Reply
avatar
22 Maret 2018 10.58 Delete comments

SEO bagi sebagian orang adalah cara terbaik menghemat anggaran untuk promosi dan tentunya sebagai sarana membangun branding yang efektif. Jika kita memiliki anggaran yang cukup, maka tak ada salahnya mempercepat populeritas situs web menggunakan teknik SEM.

Berkenaan dengan SEO, saat ini memang terbukti dapat meningkatkan kredibilitas situs di mata orang banyak, mengingat gembar gembor yang dilakukan Google cukup masif.

Tim Google melakukan klaim tentang bagaiamana mesin pencarian milik mereka hanya menampilkan halaman atau hasil penelusuran terbaik, relevan dll.

Dengan berjalannya waktu semua orang ikut meyakini, bahkan banyak pihak advertiser yang ikut juga meyakini hal tersebut sebagai ukuran sehat atau tidaknya suatu situs hanya dari indeks suatu situs di Google pencarian.

Google selalu melakukan update Algoritma dan perubahan besar dilakukan setiap satu atau dua kali dalam setahun. Contohnya baru2 ini mas, ada perubahan algoritma yang diistilahkan sebagai "broad core".

Perlahan tapi pasti semua orang mulai meyakini bahwa yang dilakukan tim kualitas penelusuran google akan menekan teknik hitam dalam dunia SEO. Artinya, banyak orang percaya bahwa di masa depan lebih banyak taktik SEO baik (proses terbaik) yang akan banyak mendominasi halaman pertama mesin pencari selain teknik SEM menggunakan AdWords.

Reply
avatar
23 Maret 2018 08.24 Delete comments

dari komentar mas Nino, saya coba respon mengenao algo 'broad core',..syukur deh kalo mas Nino udh mengendus update terbaru dari Google ini, meski sebenarnya algo ini tidak terlalu menakutkan dibandingkan Panda & Penguin

Di Algoritma ini pada intinya Google ingin menyempurnakan hasil pencarian mereka dari konten2 miskin yang kurang memperhatikan faktor UX, seperti misalnya situs tentang lirik2 lagu, kamus, dan wallpaper

Jadi selama praktik blogging kita pada jalur SEO yg benar dg selalu mengedepankan kualitas konten, saya rasa ngga perlu kuatir dg seiap update yg diluncurkan oleh Google

oke mas Nino, thanks atas komentar positifnya,..sukses terus buat blognya

salam

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini