10 Alat Pencari Trending Topik dan Konten Populer

Tool pencari trending topik. Menulis memang asyik tapi juga bisa bikin bosan. Terlebih saat otak buntu, pikiran jenuh, tak ada ide untuk membuat sebuah tulisan. Hingga update artikel semakin mulur dari jadwal.

Para blogger sepertinya pernah bahkan sering dilanda situasi ini.

Apakah saat ini Anda sedang mencari ide konten baru untuk kalender editorial atau rekomendasi untuk item yang akan dibagikan di media sosial?

Jika iya, simak apa yang saya tawarkan di bawah ini.

Alat Pencari Trending Topik dan Konten Populer

Alat Pencari Trending Topik dan Konten Populer


Ada beberapa alat online untuk memudahkan pencarian topik terbaru yang lagi trending serta konten terpopuler yang dipublikasikan di masing-masing bidang studi.

Ada yang benar-benar gratis, tapi ada pula yang menyediakan versi premium. Berikut ini daftarnya.

EpicBeat


EpicBeat punya banyak fitur untuk mencari trending topik terbaru, menemukan konten menarik serta mengidentifikasi influencer.

Meski versi premiumnya dibandrol $ 39 per bulan, namun pada versi gratisnya Anda tetap bisa melakukan pencarian tak terbatas.

Jika Anda ingin mengukur konten pada niche tertentu, dengan gaya dan format yang paling diminati konsumen, alat ini layak untuk dicoba.

EpicBeat


Anda juga bisa melihat metrik keterlibatan rata-rata untuk penulis dan domain teratas di bidang subjek mana pun.

Sebagai bonus tambahan, EpicBeat menyediakan fungsi tambahan bagi Anda yang ingin menambah jumlah follower di Twitter. Saat riset topik, Anda akan mendapatkan informasi mengenai hal berikut:
  • Jumlah ideal tweet per hari untuk sebuah topik 
  • Personas mana yang paling aktif (retweet, responders, original poster, promotor, kurator)
  • Akun yang mem-follback Anda.

Trendmap


Dengan Trendsmap, Anda dapat melihat representasi visual dari tren Twitter menurut lokasi geografis.

Untuk versi gratisnya, Trendsmap menyediakan akses terbatas. Namun jika dirasa alat ini berguna, Anda dapat meng-upgrade ke versi berbayar mulai dari $ 9 per bulan.

Silahkan di-follow Trendmap di Twitter untuk memperoleh update terkini dan tren terbaru dari kota dan wilayah terbesar di seluruh dunia.

BuzzSumo


Untuk menemukan konten paling populer di berbagai topik, BuzzSumo adalah salah satu alat terbaik. Namun ada tapinya….mahal bro.

Pada versi gratisnya, BuzzSumo menyediakan fungsionalitas yang sangat terbatas. Pilihan berbayar bisa Anda ambil mulai dari $ 99 per bulan.

Pada topik tertentu, Anda bisa memfilter penelusuran menurut jenis konten, bahasa, serta konten yang baru dipublikasikan, dll.

BuzzSumo


Hasil pencarian akan diurutkan menurut akumulasi pangsa media sosial, namun Anda dapat menyortir berdasarkan share pada platform tertentu, seperti Facebook atau LinkedIn.

Pengguna BuzzSumo premium memiliki akses ke fitur View Sharers yang memungkinkan mereka melihat siapa yang telah membagikan konten tertentu.

Selain itu, ada fitur Trend Now yang menunjukkan konten dengan jumlah share terbanyak selama 24 jam terakhir. Dari situ Anda bisa mengidentifikasi item (konten) yang berpotensi viral - yang dapat membantu jika Anda berniat sharing third party di akun media sosial Anda.

Google Trends


Tak seperti alat lainnya yang mendasarkan hasilnya pada metrik media sosial, Google Trends melaporkan tren berdasarkan pencarian organik.

Di beranda Google Trends, Anda akan melihat beberapa fitur wawasan dengan daftar topik pencarian yang menjadi tren selama 24 jam terakhir.

Anda juga dapat menginput topik tertentu untuk dijelajahi. Menelusuri bagaimana minat terhadap topik tersebut lengkap dengan perubahan dari waktu ke waktu, serta bagaimana minat tersebut bervariasi menurut wilayah geografis.

Tergantung seberapa luas atau sempit topiknya, Anda mungkin juga diberi daftar kueri penelusuran terkait.

Kurator (oleh Twitter)


Biarpun Anda bukan pecandu tweeter, Kurator Twitter adalah sumber yang bagus. Di sini Anda dapat melacak kata kunci dan kemudian melihat konten paling populer yang terkait dengan istilah pencarian tersebut.

Alat ini juga menunjukkan bagaimana tren kata kunci berdasarkan jam per jam. Sangat cocok jika Anda ingin  menjadwalkan tweet Anda.

Kurator bebas dipakai alias gratis, tapi Anda perlu masuk ke akun Twitter untuk menggunakan layanan ini.

Hashtagify


Hashtagify adalah alat lain yang melacak apa yang sedang tren di Twitter, namun hanya fokus pada hashtag.

Cukup masukkan kata kunci di kotak pencarian, maka akan tampil daftar hashtag teratas yang terkait dengan topik itu bersama dengan popularitas dan metrik masing-masing trase.

Hashtagify


Jika Anda membuat akun gratis, Anda juga dapat mengakses data tambahan tentang pola penggunaan hashtag tertentu.

Versi gratis Hashtagify menawarkan banyak fungsi, namun jika Anda ingin mengakses beberapa fitur yang lebih canggih, silahkan upgrade ke versi premiumnya seharga $ 9,99 per bulan. Tersedia diskon untuk pembayaran setahun sekaligus.

What’s Trending?


Jika Anda lebih tertarik pada topik hiburan dan berita, kunjungi situs What's Trending. Apa sebab? Karena situs ini memang ditujukan untuk "meliput dan mengurasi konten paling banyak dan boleh dishare di seluruh jejaring sosial."

Meskipun lingkup materinya terbatas, What’s Trending merupakan sumber yang bagus untuk mencari sesuatu yang lucu atau memberi inspirasi untuk dibagikan di halaman Facebook Anda.

Contentgems


Dengan ContentGems, Anda dapat membuat aliran khusus yang menggabungkan konten paling populer pada subjek tertentu. Untuk membuat dasbor hasil personalisasi Anda, cukup masukkan kata kunci yang ingin Anda lacak selain subtopik yang Anda inginkan agar ekploitasi tidak disertakan.

Contentgems


Jika suka, Anda bisa melangkah lebih jauh dan menentukan sumber mana yang ingin Anda sertakan dan mana yang tidak.

Pada Plan Free, Anda hanya bisa membuat satu grup untuk situs dengan niche khusus. Jika ingin lebih, Anda bisa naik ke level premium dengan harga $ 99 per bulan.

Sosial Mention


Social Mention adalah platform pencarian media sosial yang menggabungkan hasil lebih dari 80 sumber yang berbeda, termasuk Twitter, Facebook, YouTube dan Google.

Saat ini Social Mention masih tool gratis - Anda bahkan tak perlu membuat akun untuk menggunakannya.

Sayangnya Anda hanya bisa mengurutkan hasil dengan dua cara - menurut tanggal dan sumber - sehingga sulit membedakan mana yang populer dan yang tidak.

Namun, Anda masih bisa mendapatkan beberapa informasi berharga dari data pada kata kunci, pengguna, dan hashtag teratas yang ditampilkan di bilah sisi aplikasi.

Moz Content


Seiring dengan kebutuhan alat untuk membantu Anda mengaudit konten di situs Anda sendiri, Moz Content membantu Anda mengidentifikasi dan menganalisis konten berkinerja terbaik di situs lain.

Masukkan istilah pencarian apa pun untuk mendapatkan daftar artikel populer tentang topik itu. Popularitas diukur dari nilai share di jejaring sosial dan link masuk.

Versi gratis Moz Content hanya menawarkan Anda untuk melakukan 10 pencarian konten per hari. Sedangkan versi berbayar ($ 59 per bulan) member Anda akses pencarian dan hasil tak terbatas.

Itulah beberapa tool untuk mencari trending topik atau konten popular. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

0 komentar

click to comment!

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini