Cara Terbaik Mendatangkan Visitor Organik dari Google

Cara mendatangkan visitor atau pengunjug organik dari Google. Untuk mendapatkan pengunjung organik Anda perlu belajar SEO. Sebab, visitor organik itu lahir dari rahim search engine. (bidannya siapa mas..? hus ngaco)

Nah, lalu lintas yang berasal dari mesin pencari itu namanya trafik organik. Sedangkan pengunjung (manusia) dalam lalu lintas organik diberi gelar pengunjung organik.

Apa istimewanya trafik organik?

Lalu lintas organik yang masuk ke situs Anda hari ini akan mendorong lalu lintas besok, bulan depan, tahun depan, dan bahkan mungkin beberapa tahun lagi dari sekarang.

Beda dengan visitor media sosial atau yang berasal dari program iklan berbayar (Facebook dan Adword). Suplai trafik tergantung plafon biaya iklan. Berlaku secara instan tanpa ada kelanjutan.

Meningkatkan pengunjung blog secara organik melalui lalu lintas organik memang cukup menantang. Namun jika strategi SEO-nya benar, jerih payah Anda akan terbayar.

Meski begitu, trafik organik termasuk karya tersulit yang bakal Anda temui saat mulai merintis situs web. Dengan kata lain, waktu dan keringat harus Anda investasikan secara total.

Jadi kalo ada yang menawarkan cara meningkatkan pengunjung organik secara cepat, sebaiknya jangan digubris. Saya jamin itu bohong. Bedakan! Yang saya tawarkan adalah CARA TERBAIK, bukan cara termudah atau tercepat.

Pengunjung Organik Google

Cara Mendapatkan Pengunjung Trafik Organik


Lalu lintas organik dianggap metode terbaik untuk meraih pengunjung yang menguntungkan. Anda tentu ingin meningkatkan pengunjung organik ke situs Anda bukan?

Jika Anda ingin belajar meningkatkan lalu lintas organik, berikut cara terbaik yang paling penting untuk Anda terapkan saat ini. Ini dia....

Buatlah konten terbaik yang Anda bisa

Kenapa harus konten terbaik? Karena demi kepuasaan pengguna, Google hanya akan menampilkan konten berkualitas tinggi pada daftar hasil pencarian.

Ada anggapan – update konten rutin tiap hari, bagus untuk SEO. Anda boleh saja setuju, asalkan kualitas updatenya benar-benar oke di mata pembaca. Bukan dari penilaian pribadi.

Blog adalah bentuk representasi bisnis Anda. Dalam banyak kasus, ini merupakan kesan pertama calon pengunjung tentang website Anda.

Apa kaitannya dengan peningkatan lalu lintas organik?

Saat ini penelusuran mesin pencari sebanding dengan cara orang menilai konten Anda. Kualitas jadi penentu bergerak tidaknya lalu lintas organik ke situs Anda. Jadi, kerahkan semua kemampuan Anda sebelum menekan tombol 'Publikasikan'.

Low-hanging Fruit

Kebanyakan frase kata kunci ditargetkan pada volume pencarian yang tinggi. Masalahnya, persaingan sengit harus siap Anda hadapi. Saking alotnya, Anda mungkin malah tak kebagian tempat.

Daripada mengejar posisi sulit, lebih baik ambil jalan yang lebih mudah (low-hanging fruit). Ambil kata kunci long-tail dengan low competitor.

Misalkan web Anda tentang jualan sepatu. Jangan maksa nembak keywod “jual sepatu online”. Situs raksasa online takkan sudi berbagi tempat dengan Anda.

Sebaiknya persempit lagi, buat lebih spesifik dengan memasukkan area/lokasi jualan Anda. Contoh “jual sepatu online Tanah Abang Jakarta”.

Frase long-tail lebih mirip dengan apa yang pengguna ketik ke mesin pencari. Hasilnya lebih terjamin karena kuatnya relevansi dan persaingan yang rendah.

Konsisten menulis

Jangan terperangkap tips yang menganjurkan kapan waktu terbaik menerbitkan sebuah postingan. Konsisten aja. Minimal seminggu sekali ngga jadi soal. Tapi jika merasa sulit untuk konsisten, pakai jasa penulis freelance.

Pada dasarnya mesin pencari menyukai situs yang sering diperbarui. Tapi yang lebih penting adalah respond dan interaksi dari pengunjung.

Situs yang diperbarui secara konsisten mengisyaratkan bahwa Anda serius menyediakan konten yang bagus. Membuatnya layak dibaca sehingga pengunjung merasa waktu mereka tidak terbuang percuma.

Pembaruan yang konsisten membuat orang mau kembali. Rela membagikan konten Anda, menautkan link dan mengabarkan pada orang lain tentang hal itu. Ini semua adalah sinyal yang membantu meningkatkan lalu lintas organik.

Jangan bikin Google marah

Membuat Google marah seperti menggigit tangan orang yang memberi Anda makan. Meningkatkan pengunjung organik harus dilakukan secara etis, atau hukuman Google akan menghantam Anda cepat atau lambat.

Seperti yang saya katakan di awal, membangun lalu lintas organik itu sulit. Apa pun jalan pintas demi lalu lintas illegal hanya akan mengundang kemarahan Google.

Lebih baik ciptakan konten hebat yang membantu pengguna dan memberikan solusi atas apa yang mereka cari. Imbas positifnya akan menggerakkan lalu lintas organik lebih banyak dari cara kotor yang pernah ada.

Identifikasi bad linking di situs Anda

Karyawan Google (termasuk Matt Cutts) pernah ngomong, bahwa tautan (link) akan tetap merupakan faktor peringkat utama untuk tahun-tahun mendatang.

Jika ingin serius mendatangkan pengunjung organik, Anda harus tahu mana backlink yang ramah SEO dan mana yang berpotensi mengancam peringkat Anda. Silahkan kunjungi artikel ini tentang cara mengukur atau menilai kualitas backlink yang benar dalam sebuah situs web.

Saya asumsikan Anda sudah tahu bahwa tidak semua backlink itu bagus. Dan SEO bukan hanya tentang jumlah link yang Anda miliki.

Untuk menggerakkan lalu lintas organik, Anda harus bisa mengenali backlink yang bagus bagi perkembangan situs Anda. Inilah kriterianya :

  • Tautan berasal dari situs yang relevan di niche Anda
  • Tautan kontekstual untuk mengarahkan lalu lintas bukan eror 404
  • Tautan dari artikel panjang dan terperinci
  • Backlinknya adalah dofollow. Untuk pertumbuhan lalu lintas organik, hanya link dofollow yang akan dihitung.
  • Backlink ditambahkan oleh editor bukan otomatis
  • Berasal dari situs otoritas dan sumber terpercaya

Hapus dan tolak backlink yang buruk

Semakin buruk link yang dimiliki sebuah situs, semakin sulit untuk meningkatkan lalu lintas organik. Ingat, terlalu banyak link berkualitas rendah bisa bikin Google marah.

Untuk menolak sekaligus melenyapkan backlink yang buruk, gunakan alat terbaik yang telah disediakan oleh Google. Disavow link adalah fitur bebas bayar yang bisa Anda pakai kapan saja.

Berikut tutorial singkat menghapus backlink dengan disavow link.

Pertama, masuk ke Search Console >> Lalu lintas Penelusuran >> Tautan ke situs Anda. Cari backlink yang TIDAK SESUAI dengan kriteria yang telah saya sebutkan pada poin di atas.

Kedua. Kalo ketemu, salin semua URL dari semua tautan yang mengarah ke halaman situs Anda. Taruh di notepad, beri nama filenya lalu simpan.

total tautan situs

Ketiga. Setelah semua URL backlink buruk terkumpul di notepad, masuk ke halaman INI lalu klik Disavow Link.

disavow link

Keempat. Pilih Choose File dan masukkan file Notepad yang tadi telah Anda simpan. Selanjutnya klik Submit, lalu Done.

submit disavow link

Buat postingan pertanyaan dan masalah pengguna

Jika situs Anda berbasis konten, orang akan memiliki pertanyaan yang butuh jawaban. Jawaban singkat pada kolom komentar atau lewat email, kadang kurang mewakili keinginan pengguna. Sebaiknya tulis artikel rinci sebagai jawaban dari masalah dan kekhawatiran pengguna Anda.

Mengapa postingan tentang pertanyaan?

Karena orang cenderung mengetikkan pertanyaan yang sama di Google. Akan lebih bagus lagi jika situs Anda menghasilkan trafik pertama sebagai solusi untuk masalah mereka. Itu cara terbaik untuk mengarahkan lalu lintas organik yang ditargetkan.

Lakukan riset kata kunci dan buat database-nya

Riset keywords adalah proses penting untuk optimasi mesin pencari karena dapat memberi tahu Anda frasa yang sering digunakan orang untuk mencari informasi di Google.

Kapan pun Anda menulis posting blog baru, cek selalu kata kunci yang paling populer, tapi jangan terobsesi dengan volume pencarian. Buat database versi Anda sendiri untuk mengelompokkan kata kunci dari hasil riset yang Anda lakukan.

Terkadang, kata kunci long-tail lebih menjanjikan dan bisa memberi Anda peringkat lebih mudah.

Optimalkan meta data dan konten Anda

Hal pertama yang dilihat Google pada sebuah situs web adalah meta data dan adanya kata kunci di paragraf pertama konten Anda.

Jika meta data cocok dengan kueri pengguna, situs Anda punya peluang untuk menerobos masuk ke peringkat lebih tinggi.

Untuk meningkatkan lalu lintas organik, optimalkan elemen di bawah ini :
  • Meta judul, deskripsi, dan kata kunci
  • Judul gambar, ALT, dan deskripsi
  • Pada paragraph pertama, tambahkan kata kunci yang Anda anggap paling penting
Buat internal link yang kuat

Cara termudah membuat backlink ke artikel atau halaman web Anda sendiri adalah menggunakan sistem penautan internal yang baik.

Bangun link berkualitas dalam web Anda dengan mengkaitkan postingan yang saling berkaitan melalui anchor text yang Anda inginkan.

Metode kait-mengkait ini sangat berharga untuk SEO dan membuat pembaca menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda.

Pantau kemajuan SEO Anda dan link masuk

Akuisisi lalu lintas organik dan SEO adalah proses yang tak akan ada habisnya.

Tak peduli berapa trafik yang Anda miliki. Atau sejauh mana optimasi telah Anda lakukan. Yang pasti Anda tak boleh mengabaikan perkembangan SEO.

Pantau selalu lalu lintas organik Anda dari minggu ke minggu. Lakukan analisis. Mana metode yang sukses dan mana yang tidak.

Seiring waktu, website Anda akan menarik backlink, dan semuanya harus dianalisis. Setiap bulan, selidiki link baru yang masuk. Perhatikan, apakah backlink yang Anda terima bagus atau buruk untuk SEO.

Ini Penutup


Sebagai pemilik web, menarik pengunjung organik perlu diupayakan.

Visitor organik bukanlah kado atau hadiah cuma-cuma dari Google. Mereka datang melalui lalu lintas organik yang terbentuk dari optimasi yang Anda lakukan.

Makin bertambahnya pengunjung organik yang masuk ke situs Anda, makin kuat otoritas web Anda di hasil pencarian pada kata kunci yang Anda targetkan.

Apakah Anda punya ide lain untuk mendatangkan pengunjung organik ? Seperti biasa, mari kita diskusikan lewat kolom komentar.

Semoga artikel ini ada gunanya. SAY NO TO COPY PASTE. Thank’s – wassalam.

52 komentar

click to comment!

15 Mei 2015 07.50 Delete comments

Ijin Coba Ya Gan..
Bagus Nih Post Nya

Reply
avatar
15 Mei 2015 07.58 Delete comments

monggo...tips ini gratis

Reply
avatar
26 Agustus 2015 12.26 Delete comments

wkowkow.... ini trik nya benar2 ampuh loh... saya juga sudah mempraktekkan nya lama... ayo yang belum di coba mustteguh memang top

Reply
avatar
26 Agustus 2015 12.38 Delete comments

thanks gan atas apresiasinya...

Reply
avatar
31 Agustus 2015 10.30 Delete comments

Nggak kepikiran bisa kayak gini. Terima kasih buat sarannya. :)
Jangan lupa kunjungan baliknya ya ke situs saya yang berisi berita terkini, informasi unik, hiburan, dll.
www.unsereberita.blogspot.com
www.yaahalo.blogspot.com

Reply
avatar
12 September 2015 16.27 Delete comments

justru trafik organik adalah salah satu faktor yg bisa meningkatkan posisi blog kita di SERP (tentu nya di tunjang faktor yg lain)..nemuin artikel kita di SERP mudah kok mas...tulis aja judul artikelnya di SE (bukan URL), klo ga ketemu di halaman 1, cari di halaman berikutnya..kalo tetep ga ketemu, kemungkinan artikel kita tidak terindeks...mungkin itu bisa membantu..thanks happy blogging

Reply
avatar
30 November 2015 06.53 Delete comments

Traffic organik = SERP Meningkat

Reply
avatar
30 November 2015 18.44 Delete comments

setuju,..itu inti artikel ini..

Reply
avatar
17 Desember 2015 23.56 Delete comments

Eits... Renyah sekali ulasan topiknya Bang Teguh. Berharap Si Embah ngga' melirik ke topik ini secara manual, biar ngga' kena tanda seru...hhe

Sukses buat Bang Teguh. Terima kasih sudah berbagi ilmu...

Reply
avatar
19 Desember 2015 15.40 Delete comments

ini saya juga ketar ketir mas bekti,..itu artikel lama,..hasil pemikiran yang simple dan rada nyeleneh...tapi herannya, kok bisa page one,..itu yg bikin aneh..
thanks udah mau mampir,..di tunggu kunbalnya mas

Reply
avatar
12 Mei 2016 08.28 Delete comments

Gitu ya... Perlu di coba. Tips ini ada risikonya ga ya?

Reply
avatar
20 Juni 2016 05.58 Delete comments

wah..mas teguh memang top, makasih tipsnya

Reply
avatar
20 Juni 2016 10.12 Delete comments

Huhuhu....semoga kita selalu dianugerahi pengunjung organik yg melimpahh..aamiin...

*kabuuuurr

Reply
avatar
20 Juni 2016 10.20 Delete comments

lah..malah kabuur..???

Reply
avatar
25 Juni 2016 13.55 Delete comments

sepertinya tehnik yang diajarkan agak licik dikit juga sobat, tapi kalau emang google mengijinkan, aku coba ikut saja

Reply
avatar
25 Juni 2016 18.41 Delete comments

moga aja yg 'dikit' itu ngga ketahuan Google mas,..he he he

sebenarnya ini artikel lama mas, waktu saya baru paham ttg ngeblog secara mentah,..ya anehnya aja, ini artikel kok ya bisa jadi juara bertahan di pageone hampir berbulan-bulan,..saya sendiri juga kadang kurang sreg,..tapi ya kalo mau di coba ya ngga ada salahnya sih,..aman2 aja, asal jangan pake software khusus,..

thanks ya sofyan..salam

Reply
avatar
18 September 2016 22.20 Delete comments

Jadi intinya itu harus membuat artikel berkualitas mas.. Oke mas akan saya coba terapkan semoga berhasil

Reply
avatar
19 September 2016 06.49 Delete comments

artikel berkualitas..itu harus mas dan wajib.

Reply
avatar
28 September 2016 21.54 Delete comments

Owalah ngono toh rupanya. Berarti harus bikin artikel yang bagus bagus..

Reply
avatar
29 September 2016 00.50 Delete comments

iyo mas iqbal,..ngono iku..

matur nuwon njih..

Reply
avatar
5 November 2016 02.20 Delete comments

saya akan coba tipsnya gan, thanks ya :D

Reply
avatar
5 November 2016 23.58 Delete comments

Salam kunjung...tips sngat bagus dari kamu...sy blogger dari Malaysia..ternyata trafik organik sangat penting lebih2 lagi majoriti trafik blog saya dari enjin carian Google dan Bing.

Reply
avatar
20 November 2016 00.49 Delete comments

kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnnnn

Reply
avatar
28 Desember 2016 13.21 Delete comments

Pertamax gan , membantu sekali buat blog baru saya, kunjungan balik ya :D

Reply
avatar
4 Januari 2017 18.48 Delete comments

Siap. Tak sia2 terdampar di postingan ini. Dapat banyak insight baru. Makasih mas.

Reply
avatar
16 Februari 2017 19.14 Delete comments

ini perasaan saya atau emang benar ya? blognya mas teguh ada perubahan ya? modifikasi template gitu.. udah lama gak kesini soalnya... :D

Reply
avatar
16 Februari 2017 20.18 Delete comments

welcome back mas El Moe,..
blog saya emang udh lama ganti kostum,..dulu pake punya kang Mousir,.sekarang pengen nyoba made ini India nih ..he he
template blogger tapi citarasa nya WP,..(atau kebalik ya?) wes karepe lah..

Reply
avatar
10 Mei 2017 16.21 Delete comments

mas pada poin pertama, konten terbaik itu harus berkualitas kah mas? soalnya saya masih tahap belajar membuat konten berkualitas, dan masih minim kosakata, setiap posting artikel serasa kurang pede dengan apa yang sudah saya buat, karena terasa blepotan kata-katanya hehehe...

Reply
avatar
10 Mei 2017 17.21 Delete comments

betul sekali mas Iwe, hanya saja kadang kita tidak bisa meraba apakah konten yg kita tulis sudah berkualitas atau belum, bukan begitu?
Caranya gampang kok mas Iwe,..liat aja blog2 yg udh terkenal, apa yg menandkan artikel yg mereka buat berkualitas? ya...banyaknya share dan komentar..
Artikel berkualits itu secara otomatis akan menggerakkan reaksi orang yg membacanya, entah itu dg kasih komen ataupun share ke sosmed mereka...

Untuk bisa mengarah ke sana memang perlu byk latihan, membaca, "meniru", dan memodifikasi,..

Tak doain semoga sampean makin hebat skill writing-nya...oke thanks ya mas Wahyu Iwe,..salam blogger

Reply
avatar
18 Mei 2017 20.07 Delete comments

yang ini:

Berikut tutorial singkat menghapus backlink dengan disavow link.

Pertama, masuk ke Search Console >> Lalu lintas Penelusuran >> Tautan ke situs Anda. Cari backlink yang TIDAK SESUAI dengan kriteria yang telah saya sebutkan pada poin di atas.

Kedua. Kalo ketemu, salin semua URL dari semua tautan yang mengarah ke halaman situs Anda. Taruh di notepad, beri nama filenya lalu simpan.

Baru tahu setelah baca artikelnya Mas, wkwkw.

Izin dipelajari dulu Salam berjumpa lagi dari Blog Kopinet

Reply
avatar
18 Mei 2017 20.51 Delete comments

salam jumpa juga mas Tedi,.monggo silahkan dipelajari, kalo ada yg belum ngerti, tanyakan lgi sampe bener2 ngerti..

btw, blog kopinet makin penuh aja nih artikelnya, he he he..sukses terus deh, moga makin oke..

thanks mas Tedi, salam blogger

Reply
avatar
18 Mei 2017 20.56 Delete comments

hee.. maksih mas doanya, belajar dari mas Teguh juga itu ingat artikel "200 faktor penentu dan blog jangka panjang :) wkwk..

Aku coba utak-atik dulu taut situs. nanti saya tanya kalu sudah mentok.

Reply
avatar
18 Mei 2017 21.08 Delete comments

selamat ngutak-atik,...moga hasilnya cespleng,..
cuman yg bikin saya bingung,..blog sampean kok ngga ada kolom komentarnya ya? apa sengaja dihilangkan?

Reply
avatar
21 Mei 2017 14.33 Delete comments

makasih mas banyak masukan dari tulisan ini

Reply
avatar
21 Mei 2017 14.59 Delete comments

barusan saya dari blog Kanal Jogja....lha kok sekarang yg punya blog malah njedul disini...ha ha ha ha...

yo wes..matur nuwon mas Joko atas kunjungane,,..salam buat warga Jogja njeh...monggo

Reply
avatar
1 Juni 2017 21.57 Delete comments

makasih bnyak mas teguh, serius baca dr awal sampai akhir jd lebih termotivasi buat content yg lebih baik lagi. Sekali lg makasih bnyak mas, semoga sukses selalu

Reply
avatar
2 Juni 2017 08.19 Delete comments

ok sama-sama mas Iram,..moga blognya sampean pun demikian

Reply
avatar
22 Juli 2017 16.23 Delete comments

Terima kasih Mas, banyak lagi perlu dipelajari berkaitan trafik organik. Ternyata sukar juga dapatkannya ya?

Reply
avatar
22 Juli 2017 19.43 Delete comments

klo dibilang sukar,..ngga juga sih mas,.tergantung proses belajar kita aja, klo udh terbiasa main cantik, hasilnya nanti juga pasti cantik, apalagi jika Google langsung yg menilai, tentu terasa lebih istimewa,..betul tidak?

Reply
avatar
6 Agustus 2017 06.53 Delete comments

Walaupun saya belum tau bener gimna penggunaan keyword mudah-mudahan bisa mengerti dari cara yang disampaikan diatas

Reply
avatar
31 Agustus 2017 02.40 Delete comments

bagus gan infonya, tapi terkadang saya baca tips dan trik naikin trafik website dari tahun ke tahun selalu ada perubahan dari waktu ke waktu, ibaratnya tidak ada tips yg paten...hehe... apalagi utk penjual online yg andelin website mereka akan tumbang sama e commerce raksasa di indonesia untuk halaman depan google. semakin hari tips tahun ini mungkin akan tidak relevan lagi di tahun yg akan datang... tapi dari artikel agan ada beberapa point yg bikin ane tercerahkan...

www.tokoalsyahra.com

Reply
avatar
31 Agustus 2017 07.05 Delete comments

setiap sistem atau apapun itu, pasti mengalami perubahan dan kemajuan,
biar tetap survive, semua tergantung cara kita beradaptasi dengan perubahan itu,..ya blogger, afiliator, pebisnis online, semua mengalami itu,.

kura-kura begitu gan

Reply
avatar
12 Oktober 2017 21.21 Delete comments

Terimakasih infonya mas teguh.. Mohon dibimbing.. Saya baru belajar ngeblog..

Reply
avatar
4 November 2017 02.30 Delete comments

Terima kasih...
Artikel lengkap ini sangat bermanfaat...

Reply
avatar
11 November 2017 04.22 Delete comments

Mas teguh yang jadi pertanyaan saya adalah apabila kita sudah terlanjur mempublikasikan postingan kita, dan menurut kita kurang berkualitas. Apa yang harus kita lakukan? apakah cukup mengeditnya saja atau menghapus dan membuat ulang? mohon jawabannya..

Reply
avatar
11 November 2017 19.38 Delete comments

misalkan yg dianggap kurang berkualitas itu adalah isi artikel, lebih baik diedit aja, setelah itu disubmit lgi ke webmaster biar lebih cepat terindeks

Reply
avatar
6 Desember 2017 05.34 Delete comments

serba serbi pertanian Sangat menarik artikelnya.. terimakasih sudah memberikann banyak keilmuan buat saya,.. semoga blog ini semakin ramai pengunjungnya

Reply
avatar
7 Januari 2018 18.08 Delete comments

Ah itu mah yang sudah lama buat blog coba blog baru gak bakal bisa juga terpaksa shared jugakan baru dapat visitor

Reply
avatar
18 Januari 2018 13.00 Delete comments

mirip metode bisnislink

Cara Meningkatkan Pengunjung blog dari google termudah dan terbaik
https://seoblogxi.blogspot.co.id

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini