Ternak Blog Bikin Earning Adsense Makin Menggila, Ini Tipsnya!

“Duh Adsense…dapetnya susah, ngumpulin dolarnya setengah modar. “ Inikah uneg-uneg yang selalu melilit otak Anda?

Ngga usah dipikirin. Banyak teman yang senasib.

Itu hanyalah ‘karma’ untuk blogger yang ngeblog cuma mikirin duit. Kalo sekedar motivasi sih boleh, tapi bukan lantas jadi pondasi.

Bermain Adsense tak cukup dengan buat blog, daftar, ketrima, trus pasang iklan. Namun Anda kudu pinter ngatur strategi. 

Pernah dengar multiblog atau istilah konyolnya adalah ‘ternak blog’? Kalo sering ngalor-ngidul di internet, pasti tahu sebutan ini.

Tapi benarkah ternak blog bisa merubah garis hoki seorang publisher Adsense? Ngga perlu pake analisa, itu 100% benar adanya. But, how..?

Ternak Blog Bikin Earning Adsense Makin Menggila, Ini Tipsnya!

Tips Bermain Multiblog untuk Adsense


Google selaku pemberi iklan menyediakan jatah hingga 500 blog untuk dipasangi iklan kepada setiap publishernya.

Artinya, Google menghalalkan metode ternak blog untuk melipatgandakan penghasilan Anda. Meski begitu, bukan berarti kita bisa seenaknya mencetak banyak blog lalu menempelkan iklan Adsense di situ. Ada ‘rule of game’ nya.

Berikut ini adalah tips sekaligus syarat yang mesti Anda jalankan.

Patuh aturan Adsense


Adsense punya aturan main super ketat. Dari proses registrasi sampai jadi publisher, tak ada secuil pun peraturan yang boleh dilanggar. Kalo bandel, resikonya BANNED.

Inilah susahnya bermain multiblog. Makin banyak blog, makin banyak yang harus diawasi. Satu saja blog terdeteksi menyimpang dari aturan, iklan Adsense pada seluruh blog akan ‘ngeblank’ alias dinonaktifkan.

Supaya aman dan tentram, baca KUHP nya Google dengan cermat dan teliti. Kalo perlu hafal di luar kepala. Panduan lengkapnya bisa Anda baca langsung di situs resminya Google Adsense.

Blog sudah Oke


Bisa dikatakan oke, kalo semua blog sudah pada track-nya. Ya strukturnya, optimasinya, trafiknya, pageview-nya, dan promosinya. Istilah perangnya - blog siap tempur.

Jangan pakai aji mumpung. Mentang-mentang baru diterima Adsense, seluruh blog diboyong ke beranda Adsense untuk di autorisasi. Itu namanya spekulasi tanpa kalkulasi.

Uji dulu kelayakan blog Anda dengan memasang iklan selain Adsense. Hasil yang memuaskan bisa dijadikan lisensi bahwa blog Anda memang layak untuk dimonetisasi.

Soal domain nya gimana mas?

Itu terserah sampean, mau nembak yang hosted atau non hosted. Saran saya, targetkan ke non hosted supaya nantinya kode iklan bisa ditaruh pada domain TLD atau pun yang non TLD (blogspot).

Tidak pilih kasih


Sebagai blogger Anda tentu punya beberapa blog ‘simpanan’ yang jumlahnya lebih dari satu. Dan saya yakin, ngga semuanya terurus dengan layak. Iya kan? Hayo ngaku..!

Terlalu banyak blog telantar karena salah asuhan. Ini terjadi karena kesalahan blogger dalam memperlakukan blog.

Untuk sukses di bisnis Adsense dengan teknik multiblog, Anda ngga boleh pilih kasih. Maksimalkan semua potensi blog yang Anda miliki.

Lakukan treatmen yang sama dan seimbang agar tiap blog punya kompetisi dalam memberi kontribusi terhadap pendapatan Adsense Anda.

Ironis rasanya jika hanya 1 blog yang jadi pemasok dolar Adsense sementara faktanya Anda memainkan banyak blog. Sebisa mungkin jangan sampai timpang.

Andai 1 blog mampu menyumbang 100$ per bulan, bayangkan jika Anda punya 10 blog dengan kemampuan yang sama. Dalam setahun, saya yakin mobil idaman akan terparkir di halaman rumah Anda. (ngayal dulu boleh dong..!)

Pandai ‘ngutak-atik’ iklan


Kenapa harus pandai? Kalo bodo ngga naik kelas mas..(huss ngawur).

Begini mas dan mbak..

Punya multiblog, model template tiap blognya tentu berbeda tho?. Begitupun penempatan posisi iklannya. Disinilah perlunya ilmu memahami perilaku iklan.

Untuk semua blog, posisi dan ukuran iklan jangan dipukul rata. Anda harus bisa menyesuaikan perilaku iklan dengan dinamika template beserta widget-widget yang ada.

Kinerja iklan di blog A belum tentu sama dengan di blog B. Yang di blog B ngga sama dengan di blog C, begitu seterusnya.

Lakukan analisa untuk membaca fluktuasi pendapatan dari masing-masing unit iklan yang terpasang. Jangan takut bereksperimen untuk bisa menentukan jenis iklan dan posisi terbaik guna memaksimalkan earning Anda.


Jago Nulis


Menulis adalah aktivitas untuk membuat sebuah artikel. Lewat teknik menulis yang baik, sebuah artikel bisa dengan mudah dibuat. Dari sinilah suplai konten multiblog Anda berasal.

Distribusi update yang teratur akan memberi ‘nutrisi’ sebagai penyambung nyawa pada blog yang Anda pelihara.

Bagi Adsense pemula, high level writing skills menjadi syarat penting untuk bermain multiblog. Jadi, jangan nekad beternak blog jika update satu artikel saja Anda butuh waktu sampai berminggu-minggu.

Ingat, satu artikel yang dirilis bisa membuka peluang agar iklan diklik orang. Mulai saat ini, latih skil menulis Anda.


Berteman dengan SEO


Kenapa SEO harus diikutsertakan? SEO punya tugas untuk menyerap trafik organik. Trafik jenis ini punya pengaruh kuat pada nilai dan validitas sebuah klik iklan.

Makin banyak trafik organik, makin bagus performa blog Anda di mata Google. Selain itu, teknik SEO yang sehat akan selalu menjaga performa multiblog Anda untuk jangka panjang.

Kalo ingin multiblog Anda sukses di Adsense, pahami dan pelajari SEO. Ini harus dan wajib. Dari sini minimal blog Anda bisa hidup dengan trafik yang mengalir dari search engine.

Tapi dari media social bisa juga kan mas?

Boleh, tapi jangan mendominasi. Meski blog Anda dikerubungi ribuan pengunjung dari social media, ngga jaminan mendapat jumlah klik dengan nilai yang memadai.

Jadi, trafik organik tetap nomor satu. Oleh sebab itu, bertemanlah dengan SEO.

Bingung soal SEO? sempatkan baca ini :
CARA JADI PEMENANG DI PERTARUNGAN SEO

Manajemen Waktu


Mengurus ternak blog sangat merepotkan. Sumpah.

Anda harus punya banyak waktu dan tahu cara mengaturnya. Jika tidak, aktivitas blogging justru yang akan ‘merampas’ waktu Anda (tanpa disadari).

Riset keyword, share artikel, blogwalking, cari ide menulis sampai ke proses publikasi, dan lain-lain semua tidak terjadi dalam sekejab. Butuh proses yang memakan waktu.

Itu hanyalah cuplikan kecil aktivitas seorang blogger dalam mengurus satu blog. Gimana kalo multiblog?

Saya tidak bermaksud menyiutkan nyali Anda. Anggap saja ini sebagai warning bahwa main multiblog perlu MANAJEMEN WAKTU.

Agar bisa tumbuh dengan power yang sama, tiap blog perlu diatur jadwal offline dan online nya. Misal hari ini ngurus blog A, besok blog B, lusa blog C, dan seterusnya.

Jadi, berhasil tidaknya permainan multiblog tergantung komitmen Anda untuk mematuhi jadwal Anda sendiri.

Punya akun Adsense cadangan


Ini sekedar langkah antisipasi. Hal ini karena ternak blog rawan penalti. Lebih baik sedia payung sebelum hujan agar dolar Adsense tetap mengalir lancar.

Terlalu banyak blog yang diurus, kadang bisa membuat konsentrasi buyar. Kesalahan sepele bisa memicu reaksi hukuman dari Google. Penyebabnya bisa dari pihak lain atau dari Anda sendiri.

Saat hukuman dijatuhkan, earning Adsense akan lumpuh. Bisa berhari-hari bahkan selamanya, tergantung vonis yang Anda terima. Namun jika punya akun ‘serep’, tak ada yang perlu dicemaskan.

Sebelum memakai akun Adsense cadangan, perbaiki dulu kesalahan yang jadi biang masalahnya. Jangan sampai akun pengganti tersebut mengalami nasib serupa.

Ini Kesimpulan


Memiliki banyak blog bukanlah sebuah prestasi selama tidak dimanfaatkan sebagai  sumber rejeki.

Blog adalah alat pendulang dolar paling jitu.

Asalkan tahu skema kerjanya, platform milik Google ini bisa disandingkan bersama Adsense untuk mengantarkan pemiliknya menuju kesuksesan.

Anda punya resep sukses yang lain? Bagikan pengalaman Anda di sini.

Semoga bermanfaat.

Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih. Wassalam.

28 komentar

click to comment!

10 November 2016 07.38 Delete comments

selama ini habis energi utk optimasi adsense...hasilny masih rendah jg. jadi, bermain adsense itu perlu strategi jitu jg y mas.
makasih sdh berbagi ilmu...

Reply
avatar
10 November 2016 08.57 Delete comments

optimasi untuk Adsense yang paling penting adalah gimana caranya supaya iklan di klik orang...itu saja

tak perlu pusing soal BPK, RKT, dan macem2,..selama iklan banyak yg klik, saya rasa gajian bulanan bisa didepan mata, brapaoun nilainya, yg ptg disyukuri..

ok gan?..thanks ya moga ada manfaatnya..salam

Reply
avatar
10 November 2016 12.57 Delete comments

Naiki, kalau baca kayak gini langsung pikiran buat lagi blog baru. Tapi, sadar itu butuh waktu, pikiran dan kerja keras. Dan ini saya mulai juga buat blog buat uji coba. Itung-itung belajar dan info mas teguh ini memprovokasi hatiku hihi

Reply
avatar
10 November 2016 14.14 Delete comments

waduh mas kok pake istilah'memprovokasi hatimu'?..nanti saya malah digrbeg sama bojomu malah repot,..ha ha ha..

thanks mas agus...moga2 blognya tetep warassehat selalu..

Reply
avatar
16 November 2016 21.34 Delete comments

Quote:
"Sebagai blogger Anda tentu punya beberapa blog ‘simpanan’ yang jumlahnya lebih dari satu. Dan saya yakin, ngga semuanya terurus dengan layak. Iya kan? Hayo ngaku..!"

Hehe benar juga yang dibilang Mas Teguh, punya beberapa blog bagi pemula seperti saya memang gampang-gampang susah (banyak susahnya tapi). Dari Sekian blog pasti ada yang tidak terurus... Apalagi di dunia nyata punya kegiatan lain yang harus diurus...

Duh!... Kasihan juga blog saya yang dianaktirikan Mas, postingan cuma beberapa biji sehingga terlihat kurus...

Reply
avatar
17 November 2016 09.06 Delete comments

saya ikut prihatin sama blog yg dianaktirikan itu mas,..salam ya buat dia...he he he..

memang bisa dimaklumi kalo kita punya profesi di dunia nyata,..jadinya ngeblog cuma kebagian waktu sekedarnya,..itu malah lebih bagus, drpd kerjaan utama kita jadi terlantar..

yang penting bisa bagi waktu aja mas Indra,..plus semangatna jgn sampe kendor..

thank's mas atas curhatnya...he he he

Reply
avatar
Anonim
20 November 2016 13.37 Delete comments

Boleh dicoba nih sarannya. Thanks mas teguh. Mungkin tahun depan saya punya adsense buat blog. Sekarang belum punya adsense blogger, baru punya adsense youtube

Reply
avatar
20 November 2016 20.01 Delete comments

kan Adsense YT sekarang bisa di upgrade ke blog mas Agus,..

moga tahun depan, blognya udh ada iklan Adsensenya, tak doain...

thanks mas Agus atas silaturahminya.

Reply
avatar
28 November 2016 09.14 Delete comments

hhe . kerja keras lagi ni .. wah *supicilous

Reply
avatar
28 November 2016 12.51 Delete comments

ngga cuma kerja keras mas,..tapi juga harus kerja cerdas,.biar hasilnya wuookeh..

semangat kerja mas jurig

Reply
avatar
17 Desember 2016 12.58 Delete comments

tips yang terahir malah belum terfikirkan olehku mas, titip cendol z.

Reply
avatar
17 Desember 2016 15.29 Delete comments

yg keenam cuma optional mas imam,..punya boleh,.ga punya no prolemo..

thanks ya cendolnya...

Reply
avatar
13 Januari 2017 14.39 Delete comments

Maaf mas mau minta pencerahan,saya baru di dunia bloger,
Mau tanya cara memasang iklan adsense,soalnya setiap saya paste kode html adsense nya ngga pernah nongol iklannya,
Mohon bantuan nya!!

Reply
avatar
13 Januari 2017 15.57 Delete comments

kode iklannya mungkin belum diparse mas

Reply
avatar
17 Februari 2017 05.16 Delete comments

Ide bagus nih mas, istilahnya juga keren terkesan konyol tapi potensial. Ya. Sepakat dgn konsep kerja cerdasnya. Semoga sebentar lagi terealisasi new project 50 blog. Terimakasih mas teguh...

Reply
avatar
17 Februari 2017 08.27 Delete comments

wah 50 blog,..kalah saya nih,..moga project nya meledak mas, ayo kita rampok Adsense..ha ha ha

Reply
avatar
13 April 2017 05.38 Delete comments

saya punya blog udah menghasilkan 10$. sayang,iklan dinonaktifkan gara2 sy ksh link download mp3.mohon saran,mas.biar iklan aktif kembali.trim's..

Reply
avatar
13 April 2017 07.37 Delete comments

biar lebih aman, hapus semua konten yg ada link downloadnya mas,..trus ajukan banding,..

Reply
avatar
13 Agustus 2017 00.06 Delete comments

Begini mas, kalo bikin blog baru dengan artikel translate dari blog lama itu aman gak buat adsense?

Reply
avatar
13 Agustus 2017 07.16 Delete comments

klo cuma translate aja sih, saya rasa aman mas,..kecuali copas

Reply
avatar
8 Oktober 2017 13.28 Delete comments

oke mas, semoga ini jadi referensi saya untuk tetap selalu semangat ngeblog.

Reply
avatar
7 November 2017 18.40 Delete comments

Saya pemain baru di adsense baru seminggu, awalnya sih buat nyalurin hobby nulis aja. Eh ketemu artikel ini jadi semangat buat bikin blog-blog baru. Ga usah banyak2 dulu deh yang penting fokus keurus. Oia bang Mas Teguh, minimal brapa artikel isi blog sampe boleh ditinggal untuk urus blog lain? trims

Reply
avatar
7 November 2017 19.25 Delete comments

untuk jumlah minimal artikelnya,..itu relatif mas,...selama satu blog mampu menyumbang pageview 2K perhari, rasanya udh halal tuh buat ternak blog berikutnya,..

yg penting sebelum pelihara blog baru, blog yg lama kudu udh mapan,

Reply
avatar
21 November 2017 07.54 Delete comments

"Tidak Pilih Kasih"
Saat ini saya masih pilih kasih sama blog yang punya earning paling gede, jadi blog lain malah terlantar.
Makasih mas artikelnya, sangat bermanfaat.
Sampean pancen top!

Reply
avatar
18 Februari 2018 07.12 Delete comments

Saya punya pengalaman eksperimen tata letak iklan, memang hasilnya memuaskan ketika sudah tau lubuk klik nya. Hehe

Reply
avatar
12 Mei 2018 06.39 Delete comments

wah mantap sangat ini artikelnya,jadi kebuka pikiran saya,gak pernah tau yang gini gini,maen lempang saja tapi gak nyampe-nyampe dengan yang di tuju,makasih banyak ilmunya pakde semoga sukses terus

Reply
avatar
26 Mei 2018 16.17 Delete comments

Baru berapa hari diterima adsense.. blog cuma satu2nya. Ternyata Rupiahnya jalan macam siput..

Reply
avatar
20 Juni 2018 14.13 Delete comments

Hampir mirip dengan ternak ikan dan ternak ayam

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini