Kenapa Iklan Adsense Jarang Dapat Klik dari Pengunjung?

Penyebab iklan Adsense jarang diklik pengunjung. Klik iklan merupakan harga mati bagi seorang publisher iklan berbasis CPC, tak terkecuali Adsense. Dari sinilah pendapatan online Anda mengalir.

Banyak blogger beranggapan bahwa pendapatan Adsense sangat dipengaruhi oleh nilai CPC , CTR, dan keyword mahal. Itu memang betul, tapi tidak 100% benar.

Yang berpengaruh besar pada earning Adsense Anda adalah KLIK DARI PENGUNJUNG. Ngga mungkin seorang publisher Adsense bisa sukses tanpa klik iklan yang banyak mampir di blog mereka.

Seberapa pun tingginya nilai CPC Anda, atau target keyword mahal pada artikel yang Anda buat, semua tidak akan ada artinya andai iklan yang bersemayam di dalamnya tidak mendapat jumlah klik yang memadai.

sebab iklan Adsense jarang di klik

Penyebab Iklan Jarang Di Klik Pengunjung


Nah, yang merasa dollar Adsense nya masih seret, jangan dulu mikirin soal BPK, CTR, CPM dan lain-lain nya. Cukup tanyakan, “kenapa iklan Adsense saya minim klik dari pengunjung?

Jangan kuatir, jawaban dari pertanyaan Anda, mungkin ada di bawah ini.

1. Visitor tidak simpatik


Iklan diklik karena pembaca SUKA. Entah karena materi artikelnya, presentasi nya, alur bahasanya, atau yang lainnya. Disamping itu, bisa jadi artikel Anda adalah jawaban dari permasalahan yang saat itu sedang dialami pembaca.

Mustahil ada visitor yang langsung klik iklan saat masuk ke sebuah blog. Meskipun ada, saya anggap itu sebuah ketidaksengajaan atau anggap saja rejeki nomplok.

Jadi untuk mendapat klik iklan, Anda perlu konten yang bisa membuat pengunjung senang, tertarik dan memberi kontribusi. Memang teori ini tidak mutlak berhasil. Tapi minimal Anda punya peluang di atas 80%.

Bandingkan jika mereka kurang simpatik. Jangankan klik iklan, membaca artikel Anda sampai tuntas pun belum tentu mereka mau.

2. Salah penempatan iklan


Sebab yang kedua, bisa jadi Anda salah menempatkan iklan. Ingatlah pepatah “posisi menentukan prestasi”.

Untuk itu, pelajari kinerja unit iklan yang Anda pasang dan dimana posisi terbaik agar iklan tersebut bekerja maksimal. Yang mestinya di sidebar jangan ditaruh di postingan, begitu pun sebaliknya.

Jangan lupa pertimbangkan dominasi sumber trafik pengunjung pada blog Anda. Jika website banyak diakses lewat seluler, saran saya jangan tempatkan iklan pada sidebar, karena nantinya iklan akan muncul pada bilah layar paling bawah.

Hal ini akan mengurangi peluang klik iklan yang seharusnya Anda peroleh. Lebih baik pasang 2 unit iklan dalam postingan dan satu lagi di bagian header.

3. Template tidak responsif dan slow loading


Template ibarat wadah untuk iklan Adsense. Kinerja nya tentu akan berpengaruh terhadap iklan yang Anda pasang.

Loading template yang lambat bisa membuat display iklan tidak tampil secara utuh, atau mungkin malah tidak muncul sama sekali alias 'nge-blank'. Inilah penyebab iklan jarang diklik oleh pengunjung, karena mereka memang tidak melihat kehadiran iklan pada blog Anda.

Dengan fitur responsif, blog akan beradaptasi pada berbagai jenis platform (desktop dan seluler) termasuk iklan di dalamnya, khususnya iklan model responsif.

Jadi, fitur responsif dan fast loading adalah dua syarat wajib yang harus ada pada template yang Anda pilih.

Tapi ingat, keseringan gonta ganti template efeknya bisa mengganggu trafik blog. Trafik turun berarti pengunjung juga berkurang dong. Lha, kalau visitornya makin anjlok, trus yang klik iklan Adsense siapa hayo?

4. Kurang bereksperimen


Saat awal mula menjadi publisher, kita sering menerapkan metode 3M (Membuat, Memasang, dan Menunggu). Sekedar membuat unit iklan, lalu memasangnya pada blog, dan menunggu hasilnya dengan rutin memantau perkembangan earning pada dasbor.

Apakah itu yang Anda lakukan? Jika “Ya”, maka jangan kaget kalau iklan Anda minim klik dari pengunjung.

Anda perlu bereksperimen.Target eksperimen iklan biasanya menyasar pada masalah penempatan, ukuran, dan perilaku iklan.

Berikut sedikit tips bereksperimen iklan yang mungkin bisa Anda pakai :
  • Pertama - catat ukuran dan letak unit iklan yang saat ini ada di blog Anda.
  • Kedua – tentukan range time (rentang waktu) eksperimen Anda. (cukup satu bulan)
  • Ketiga – pada “performance report”, pantau kinerja iklan hingga batas range time yang telah Anda tentukan.
  • Keempat – pada masa akhir range time, perhatikan unit iklan mana yang punya performa terbaik. Copot iklan yang berkinerja buruk, ganti dengan yang baru.
  • Kelima – ulangi semua step di atas sampai Anda temukan minimal 3 unit iklan terbaik yang memiliki performa paling bagus dan stabil.

Sebagai publisher, langkah ini perlu untuk menemukan formula iklan terbaik dengan kinerja yang mantap untuk blog Anda. Jangan takut, Google pun merekomendasikan cara ini untuk setiap publisher nya.

5. Minimnya visitor organik


Visitor minim, earning pun akan macet. Penyakit publisher yang satu ini obatnya hanya KESABARAN dan KETEKUNAN.

Menjaring pengunjung sebanyak mungkin, memang bukan perkara mudah. Apalagi visitor organik, yaitu pengunjung blog yang datang berdasarkan keyword yang di input pada mesin pencari.

Merekalah pembaca potensial bagi iklan Anda. Jika artikel Anda dirasa unik, bermanfaat dan menarik, klik iklan pun tak segan mereka berikan.

Tapi bukan berarti pengunjung non organik tidak punya peranan. Hanya saja, nilai klik dari visitor organik porsi nya lebih tinggi dibandingkan yang non organik. Terutama pada nilai BPK dan validitas dari iklan yang diklik.

Karena pengunjung organik sumbernya adalah search engine, mau tak mau Anda pun perlu belajar tentang teknik SEO. Disinilah KESABARAN dan KETEKUNAN Anda sebagai publisher Adsense diuji.

6. Kurang BERDOA


“Kelima hal di atas sudah bisa saya atasi, tapi klik iklan kok masih seret ya mas?

Berarti sudah saatnya Anda minta bantuan pada Sang Maha Pembagi Rejeki. Untuk yang muslim, rajin lah berdoa pada Alloh SWT, karena setiap rejeki manusia ada dalam genggaman-Nya. Tak terkecuali Anda yang berprofesi sebagai blogger sekaligus publisher Adsense.

Penutup


Hanya ini yang bisa saya simpul kan:

Berikan karya terbaik untuk audiens Anda. Artikel, video, infografis, atau apa pun itu, yang penting bernilai, unik dan berguna.

Sebagai reward-nya, pembaca blog yang bijak hanya bisa memberi apresiasi melalui komentar, share, like, backlink, dan tentunya klik iklan.

Setelah jadi publisher Adsense yang sukses, selalu bersyukur, bagikan ilmu, dan jangan lupa sisihkan sebagian gaji Anda untuk sedekah dan zakat. Insya Alloh earning Anda akan langgeng dan makin berlipat ganda. Amin.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

43 komentar

click to comment!

20 Juli 2016 11.55 Delete comments

mantap artikelnya mas, ada gak publisher yang tiap bulan menghasilkan 10 juta ya?

Reply
avatar
20 Juli 2016 12.42 Delete comments

yang gajian perbulan 100 juta juga ada lho mas Hazel..itulah sebabnya kini banyak orang yang mulai melirik blogger sebagai profesi sampingan...

thanks Mas Hazel, moga blognya bisa sukses seperti blog para master Adsense lainnya...amin

salam

Reply
avatar
22 Juli 2016 09.30 Delete comments

Saya numpang belajar materi adsense nya mas teguh, mohon ijin ya...artikel disini bermanfaat. Pengen segera menghasilkan uang dgn menjadi publisher adsense seperti mas teguh

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.14 Delete comments

silahkan saja mba Chandar,..kalo ada kesulitan atau sesuatu yang ingin di tanyakan, layangkan saja lewat halaman kontak pada blog ini,..dengan senang hati akan saya bantu,..

terima kasih ya,..salam blogger

Reply
avatar
25 Juli 2016 19.08 Delete comments

Keren bos ulasannya..
Kayaknya yang No. 4 saya jarang lakukan.. banyak malesnya.. hehe

Reply
avatar
25 Juli 2016 19.32 Delete comments

yang no. 4 itu justru yg paling vital lho mas,..coba dibuang jauh2 rasa malesnya, sapa tahu gajiannya bisa makin nambah...

klo udh nambah jgn lupa traktir saya,..he he he

trima kasih mas Taufik atas kunjungannya,..salam blogger

Reply
avatar
11 Agustus 2016 07.53 Delete comments

Wah,trima kasih mas sangat bermanfaat ilmunya, semoga saya bisa bereksperimen lebih setelah baca artikel ini. :)

Reply
avatar
11 Agustus 2016 08.35 Delete comments

Anak TKJ? ini mas Iqbal ya?..

wah kemana aja nih,,sukur deh masih inget sama blog saya,..

kayaknya jarang aktif di FB ya? atau saya yg jarang nongol? he he he...emang sih, di FB paling saya cuma pasang artikel di Fanspage,...selebihnya lagi garap proyek baru...

thanks mas iqbal atas kunjungannya...salam

Reply
avatar
14 Agustus 2016 10.44 Delete comments

thanks mas teguh, informasi tentang adsense ini bermanfaat banget bagi ane yang lagi belajar menekuni blog.

Reply
avatar
14 Agustus 2016 11.27 Delete comments

sama-sama mas Tiyawan,..silahkan lihat artikel bermanfaat lainnya di blog ini,..

salam blogger

Reply
avatar
18 Agustus 2016 23.00 Delete comments

Saya beberapa kali dapat email suruh masang ads 336x280 di side bar mas, tapi di template maksimalnya 300px, jadi bagusnya diikutin atau diabaikan ya mas Teguh,

sekarang di sidebar malah saya copot ganti di dalam posting semua, kira-kira aman gak Mas?

Reply
avatar
28 Agustus 2016 11.45 Delete comments

point yang terakhir saya suka!oa mau tanya mas,,jika visitor unik lebih dari 1500 yang klik iklan cuma dapet 29-32,itu sudah normal atau terlalu minim mas...?

Reply
avatar
28 Agustus 2016 12.03 Delete comments

maaf mas putz baru saya jawab pertanyaannya..

saat ini memang Adsense menerapkan aturan baru untuk unit iklan ukuran 336x280,..dilarang untuk para publisher memasang unit iklan tsb tepat dibawah judul postingan,..karena saat tampil di versi seluler, iklan tsb akan memenuhi tampilan layar tanpa scrol halaman kebawah,..

jadi sara saya, pasang saja ukuran tsb pada sidebar, lalu untuk dibawah judul postingan, pilih unit iklan yg ukurannya lebih kecil atau dg iklan model link tautan,.

atau alternatif lain, unit iklan 336x280 di pasang setelah paragraf pertama saja,..

demikian mas putz,..moga bisa dipahami ya...

Reply
avatar
28 Agustus 2016 12.11 Delete comments

jumlah visitor tidak mutlak memmpengaruhi junlah klik iklan mas..tapi dg jmlh visitor segitu dan jmlh kliknya di bawah 50,..berarti penempatan dan pemilihan unit iklannya perlu di bongkar pasang lagi...lakukan eksperimen sendiri..sampe ketemu formula yg pas..

tadi sya liat di blognya,..kayanya ada penempatan iklan yg disinyalir bisa melanggar kebijakan adsense...coba baca jawaban saya pada komentar mas putz di atas...

Reply
avatar
28 Agustus 2016 14.01 Delete comments

terima kasih mas atas pemberitahuannya..saya sudah menggantinya dengan ukuran 300x250...!oa tanya lagi mas,,misalnya saya pasang iklan tautan di beberapa artikel satu persatu tidak melanggar tah?saya pinginnya mau pasang di lima artikel doang

Reply
avatar
28 Agustus 2016 15.29 Delete comments

sekarang format iklan saya jadi seperti ini mas... kalau melanggar lagi tolong di kasih tau!
1 iklan di header ukuran 728×90
1 iklan diatas postingan :300x250
1 iklan dI bawah postingan:300x250
1 iklan tautan di pasang di lima artikel (cara pasangnya di edit satu persatu).

Reply
avatar
28 Agustus 2016 15.52 Delete comments

sebenarnya ukuran 300x250 masih trmasuk melanggar mas,..saran saya letakkan setelah pargraf pertama,..bisa juga ganti dg link tautan atau unit iklan horizontal ukuran kecil,

biar lebih yakin, coba test tampilan halaman artikelnya di sini :
http;//mobiletest,me/
atau
http;//www.responsinator,com/

moga bisa bermanfaat

Reply
avatar
28 Agustus 2016 17.20 Delete comments

waduh kebetulan saya udah keluar dr warnet mas dan udah balik ke desa... mau balik lagi jarak tempuh jauh banget sekitar 45 km. malah jalannya bolong-bolong lagi...!ok kapan-kapan tak edit lagi... terima kasih atas ilmunya mas..

Reply
avatar
28 Agustus 2016 19.02 Delete comments

ok sama2 mas,..thanks juga udh mau mampir

Reply
avatar
6 September 2016 11.13 Delete comments

Makasih Mas point ke 4 sangta bermanfaat ilmunya. makasih Saya akan mencoba bereksperimen

Reply
avatar
6 September 2016 23.09 Delete comments

Mas teguh ternyata masih ingat ya kalo Anak TKJ itu saya..
Walahh, mas teguh yang jarang ON di FB, kalo saya sih setiap detik ON mas.hehehe

Btw garap proyek apa nih?

Reply
avatar
8 September 2016 08.30 Delete comments

Sangat bermanfaat artikelnya....
Maaf gan, Saya pemula..... mohon pencerahannya, ketika sy mengaitkan blog saya dengan google adsenses, tahap terakhir laporannya begini ;
" Terjadi kesalahan saat kami mencoba menerapkan widget AdSense ke blog Anda ".
Dan setelah membuka dasbor blogger pada menu = setelan = penghasilan tampilannya seperti ini ;
Setelan tampilan iklan AdSense
Tampilkan iklan di blog .Ya .Tidak
Ad Setup for blog


.Tampilkan iklan di bawah pos saya dan pada bilah samping
Direkomendasikan


.Hanya tampilkan iklan di bawah pos saya


.Hanya tampilkan iklan pada bilah samping

MOHON SOLUSI PADA PERMASALAHAN TERSEBUT GAN...
TERIMAKASIH

Reply
avatar
8 September 2016 12.54 Delete comments

kalo adsensenya udh disetujui,..bikin unit iklannya langsung dari situs adsensenya aja mas,..ngga perlu pake widget adsense

Reply
avatar
2 Oktober 2016 09.58 Delete comments

Pas bagian " kurang bereksperimen " saya akhirnya mikir " iya ya, saya hanya ambil, pasang, tunggu tapi gak tau itu iklan ramai atau gak "

Saya klik deh iklan di blog ini, sapa tau nantinya bakal ada yang ngeklik iklan di blog saya. Mampir ke blog saya ya mas

ultimateblog28.blogspot.com

Reply
avatar
2 Oktober 2016 10.16 Delete comments

terima kasih atas kiriman cendolnya mas Reza..

sbg imbalannya, sy kasih cendol deh buat ultimateblog nya,..silahkan di cek..

salam dolar

Reply
avatar
13 Desember 2016 23.05 Delete comments

Sippp lumayan tambah ilmu
www.tutorial-office.com

Reply
avatar
28 Desember 2016 17.09 Delete comments

bagus artikelnya bang, sudah setahun mempunyai adsense dan alhamdulillah setiap 4 bulan sekali gajian dari adsense.
Target tahun depan harus bisa tiap bulan gajian.
mampir bang ke gubuk ane http://www.indoblazer.com
*) bonus klik dari ane di jepang bang

Reply
avatar
28 Desember 2016 19.54 Delete comments

makasih gan kiriman 'sushinya'...gurih banget,..he he he

kalo kemarin tiap 4 bulan baru gajian,..tak doain moga besok Adsense sampean bisa tiap bulan gajiannya.. amin.

Reply
avatar
4 Januari 2017 01.45 Delete comments

makasih mas, bermain dong ke umin-abdilah.blogspot.com

Siapa tau bisa ngasih receh :D

Reply
avatar
21 Februari 2017 14.10 Delete comments

nice artikel mas, jangan lupa kunjung balik di http://finest-info.blogspot.co.id/ klik iklan balik ya hehe

Reply
avatar
25 Mei 2017 06.28 Delete comments

Ass Wr Wb. Mas Teguh Thanks ya. atas ulasannya, sangat bermanfaat buat saya yang pemula, banyak hal yang masih harus saya pelajari supaya jadi blogger hebat seperti mas teguh.

Reply
avatar
25 Mei 2017 08.31 Delete comments

ngga ada blogger hebat gan, karena semua masih dlm proses belajar,..mungkin bedanya cuma di jam terbang masing2 blogger,..saya yakin sampean pun bisa jdi blogger profesional..

Ok, thanks ya kunjungannya,..salam

Reply
avatar
20 September 2017 23.27 Delete comments

Susah min dapat penghasilan gede dalam waktu dekat huffft. BTW kunjungi blog ku dong min, sepi pengunjunh soalnya. http://martenharmin.blogspot.com

Reply
avatar
8 Oktober 2017 18.39 Delete comments

Salam kenal Mase Teguh dari blogger yang baru mulai. Artikelnya cukup informatif, menarik, dan insya Allah bermanfaat. Saya juga baru terjun ke dunia blog dan adsense sebagai usaha sampingan mas, dan memang persoalan trafik organik yang sedikit dan sepi-nya klik unit iklan dari pengunjung ini sepertinya banyak dihadapi blogger Indonesia. Mungkin salah satu penyebab iklan jarang di klik juga karena pembaca sudah sangat sering ketemu iklan yang ketika diklik membombardir pengunjung dengan iklan pop up macem-macem, makanya dia kapok nggak mau lagi klik-klik iklan kalau iklannya tidak terlihat bonafide.

Salam.

Reply
avatar
9 Oktober 2017 06.10 Delete comments

Salam kenal juga mas Febri,.
memanng betul, iklan model popup dirasakan paling mengganggu pengunjung, tapi klo utk CTA sya rasa masih bsa ditolerir, asalkan penempatannya strategis.
klo utk iklan bermous jebakan betmen, rasanya bisa merugikan blog itu sendiri...
thanks mas febri udh mau ikut sharing

Reply
avatar
24 November 2017 19.11 Delete comments

mantap nih mase,,,,blog saya termasuk blog yang minim klik pake bangeuuut dech kayanya, saya gak bisa ngusahain apa apa ilmu seo nya nol banget juga, jadi bikin artikel aja terus lah meskipun seadanya :),,,

Reply
avatar
25 November 2017 06.04 Delete comments

rutin update itu juga termasuk bagian dr SEO kok mba

Reply
avatar
26 November 2017 18.06 Delete comments

Sangat membantu mas, tapi masih agak bingung nih. Blog saya myandrotekno.net baru diterima GA kemarin lusa, tp kok belum ada yg ngeklik y? apa yg kurang y mas? bisa dibantu? :)

Tadi saya kasih cendol sebungkus mas

Reply
avatar
27 November 2017 18.37 Delete comments

namanya juga baru ditrima mas,..ya kudu rajin nyangkul biar dpet klik yg banyak..
thanks ya buat cendolnya, moga jadi amal dan pahala

Reply
avatar
28 Maret 2018 20.22 Delete comments

Di situ kadang saya merasa sedih.... Sudah susah payah tidak mikir waktu buat menerbitkan artikel.... Hasilnya kebanyakan orang datang cuma makan tidak bayar :D

Reply
avatar
29 Maret 2018 08.23 Delete comments

ngakak saya baca komen sampean mas.....kaya di warteg aja

Reply
avatar
29 Maret 2018 18.02 Delete comments

Wes tak klik gan, senasib kito

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini