Tips Agar Postingan Rapi dan Enak Dibaca

Tips agar postingan rapi dan enak di baca. Postingan yang rapi memberi kesan positif bagi penulisnya. Sudah rapi, enak pula dibacanya.

Susunan kata yang teratur dengan pengaturan paragraf  yang proporsional.  Jarak spasi yang tidak terlalu rapat atau renggang.  Penempatan tanda baca yang tepat, sehingga kalimat bisa jelas arti dan maknanya.

Itu merupakan sebagian ciri-ciri dari postingan sebuah blog yang rapi serta enak dipandang mata.

Untuk Anda yang baru kenal dunia blogging, aspek yang satu ini tolong jangan dianggap remeh. Kerapian sebuah artikel atau postingan, wajib Anda perhatikan.

Manfaat Postingan yang Rapi


Postingan yang rapi banyak banget manfaatnya. Inilah beberapa keuntungan yang bisa kamu petik, jika postingan blog kamu terstruktur dengan rapi.

Tips Agar Postingan Rapi dan Enak Dibaca

1. Profesionalitas

Postingan yang memiliki struktur yang baik menunjukkan keseriusan pemilik blog dalam menyusun sebuah tulisan untuk pembaca setia nya. Sadar atau tidak, format postingan yang acak-acakan memberi kesan bahwa Anda ‘meremehkan’ kualitas dari tulisan Anda sendiri.

2. Reputasi

Website atau blog yang telah memiliki nama besar di kancah internet, sangat mengutamakan kualitas website mereka melalui penataan artikel yang apik. Mereka sadar, itu adalah bagian dari reputasi sebuah ‘brand personal’ di mata pembaca.

Bagi kamu para blogger muda, ciptakan reputasi yang baik bagi blog Anda melalui penyajian postingan pada blog yang baik dan benar.

3. Kenyamanan pembaca

Secara psikologi, umumnya manusia menyukai kerapian, karena bisa membawa efek kenyamanan. Begitu pun sebaliknya. Sesuatu yang tak beraturan bisa merusak mood seseorang terhadap obyek yang dilihatnya.

Nah, sebagai penulis blog silahkan tentukan sendiri. Postingan yang rapi atau yang ‘amburadul’? Manfaatnya akan berbalik ke blog Anda sendiri.

Tips Menyusun Postingan yang Rapi


Sebelumnya, inilah tahap-tahap dalam membuat postingan yang benar seperti di bawah ini.
  1. Buat draft (coret-coretan) artikel dengan aplikasi MsWord
  2. Untuk menghindari skrip-skrip bawaan dari MsWord, sebaiknya jangan langsung menyalin draft artikel dan menaruhnya di entri baru pada dasbor blog. Salin atau copy draft artikel Anda dari MsWord ke Notepad terlebih dahulu.
  3. Pindahkan hasil copy draft pada Notepad ke entri baru pada dasbor blog. 
  4. Pada Entri baru, maksimal kan draft artikel tersebut sedemikian rupa agar susunan kalimat, paragraf dan tanda baca nya memenuhi kaidah tata bahasa dan kosakata yang benar.

Setelah itu, perhatikan hal-hal di bawah ini untuk menyempurnakan draft artikel Anda agar menghasilkan postingan yang rapi, apik dan terstruktur.

1. Tata bahasa

Tata bahasa merupakan kaidah yang mengatur penggunaan sebuah bahasa. Biasa kan untuk selalu memakai tata bahasa yang sudah umum dan mudah dimengerti.

Bahasa yang luwes atau fleksibel lebih mudah menyentuh emosi dan logika pembaca. Jangan terlalu banyak menyelipkan istilah-istilah asing dalam setiap postingan. Andai memang terpaksa, gunakan tanda kurung untuk memberikan arti dari istilah asing tersebut.

2. Tanda baca

Tanda baca artinya tanda yang dipakai saat membaca. Secara khusus pengertian tanda baca yaitu tanda yang digunakan untuk menulis sebuah bacaan agar maksud tulisan tersebut sampai ke pembaca.

Contoh tanda baca yang sering di temui antara lain titik (.), koma (,), tanda seru (!), titik koma (;) dan sebagainya tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda.

Tempatkan tanda baca pada posisi yang semestinya. Penempatan tanda baca yang salah bisa merubah alur kalimat serta maknanya.

3. Spasi

Ada dua jenis spasi yaitu line spacing (jarak antar baris kalimat) dan word spacing (jarak antara kata).

Kebanyakan dari blogger memanfaatkan fungsi spasi untuk sekedar membuat postingan agar terlihat lebih panjang. Ini cara yang kurang efektif.

Sebaiknya atur jarak spasi secara proporsional. Jangan terlalu rapat atau pun renggang. Standar jarak spasi pada artikel umumnya antara 1,5 – 2.00.

4. Aligment (penyejajaran)

Aligment atau penyejajaran kalimat pada artikel. Ada 4 fungsi, yaitu sejajar kiri, kanan, tengah dan justify (rata kiri-kanan).

Untuk postingan yang rapi, pilih penyejajaran secara justify. Tampilan secara justify mengurangi ruang kosong pada artikel. Artikel secara otomatis akan mengikuti lebar halaman kiri dan kanan.

5. Format kata dan kalimat

Untuk kata yang mengandung poin penting dalam kalimat atau kalimat yang menonjol dalam paragraf, berikan “treatment” khusus.

Gunakan huruf tebal, miring atau underline (garis bawah) untuk memberikan penegasan terhadap sebuah kata atau kalimat yang butuh ‘perhatian’ lebih dari pembaca.

Pemberian warna pada poin-poin penting dalam kalimat akan lebih memudahkan pembaca serta postingan terasa tidak monoton.

6. Huruf (font)

Times new roman, verdana, georgia dan arial adalah jenis huruf yang sering kita jumpai di setiap postingan.

Agar postingan tidak menyolok mata, atur ukuran huruf nya biar pas untuk ukuran standar jarak pandang pembaca.

Ukuran huruf yang sangat kecil tentu akan menyulitkan pembaca yang memiliki gangguan penglihatan saat membaca. Jangan terlalu tebal atau pun tipis. Ukuran standar huruf pada postingan sebaiknya antara 15px sampai 18px.

Sebagai sentuhan akhir, manfaatkan fungsi dari ikon-ikon pada menu “entri baru” di dasbor blogger agar artikel menjadi sedap dipandang dan enak dibaca.

Itulah sedikit tips yang bisa saya bagikan untuk Anda. Semoga ke depan nya nanti, saya berharap agar kita lebih memperhatikan kerapian blog melalui postingan yang rapi dan enak di baca oleh pengunjung.

Akhir kata, ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.

12 komentar

click to comment!

17 Mei 2016 20.00 Delete comments

Templatenya dari kang mousir ya gan, saya juga pernaah pake kok di blog lama saya.

Lihat gan blog baru saya (baru 7 hari) lumayan kan untuk silaturahmi sesama blogger heheheh

Reply
avatar
17 Mei 2016 21.20 Delete comments

betul bung David,..saya pake template dari kang Mousir (ketahuan ya dari footernya),..

tapi sengaja saya modif di beberapa bagian agar tidak sama dg blog lain, meski templatenya sama,.

oh ya, saya udh mampir ke blognya,.cuma nggak bisa kasi komen karna kendala loading comment pd blognya,..template dari mbak arlina emg kadang sering berat di kolom komentarnya gan,..coba di koreksi lgi,..

thanks buat artikel ttg efek loading yg mirip youtube,..keren gan, kaya efek loading di flickr juga ya?

Reply
avatar
12 Juni 2016 01.54 Delete comments

terima kasih gan, sudah kasih info sebagai gambaran untuk blog saya...

Reply
avatar
12 Juni 2016 03.44 Delete comments

ok sama2 saudara Tasano,..moga makin intens menggarap blognya,.salam blogger

Reply
avatar
7 Agustus 2016 02.26 Delete comments

Mantap. Banyak belajar. Ane sudah cob mempraktekan. Pling nggak ada prubahan dri sisi kerapian. www.abadiorkes.com

Reply
avatar
7 Agustus 2016 08.09 Delete comments

thanks bung Hendry udh mau praktek langsung tips dari artikel ini,..

moga aja ada perubahan yang lebih baik,..salam

Reply
avatar
14 Oktober 2016 13.13 Delete comments

Kak aku nulis langsung dr blog dan pas aku pratinjau hasilnya berantakan tulisannya ada yg gede ada yg kecil. itu kenapa ya kak? padahal aku nulisnya uda rapi, font sizenya aku pake normal, justify dll

Reply
avatar
14 Oktober 2016 13.56 Delete comments

di cek aja lewat menu html nya (sebelah menu compose),..
kalo ngerti bahasa html, pasti bisa memperbaikinya,

coba deh pake cara yg udh saya tulis diatas,..dijamin postingannya bakal rapi,..contohnya bisa dilihat pada setiap artikel yg saya buat,..

Reply
avatar
21 Desember 2016 17.31 Delete comments

di blog saya karna sering menulis jadi banyak artikel.. supaya di susun jadi satu folder gimana yag caranya

Reply
avatar
dex
30 Januari 2017 11.18 Delete comments

mas boleh cek web saya apakah sudah sesuai atau belum dgn syarat di atas

http://hondamakassar.co.id

Reply
avatar
30 Januari 2017 13.51 Delete comments

untuk navigasinya udh oke, tampilan blognya juga adem,..mungkin yg perlu di perbaiki cuma pada perbandingan ukuran font antara sub judul dg isi paragraf, klo bisa jgn terlalu mencolok,..
selain itu, susunan kalimat dlm paragraf jgn terlalu panjang, bagi menjadi beberapa paragraf lagi, biar pembaca ada jeda utk bernafas, dan tulisan tidak terlihat berjubel di tengah,..

itu aja gan saran saya, salam blogger

Reply
avatar
19 Desember 2017 10.01 Delete comments

terimakasih sangat bermanfaat

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini