Tip Mudah Membuat Artikel Bahasa Inggris

Tips mudah membuat artikel bahasa Inggris. Blog berbahasa Inggris banyak diminati para blogger. Kenapa? Menurut para ahli blogging, blog tersebut memiliki peluang yang besar untuk di-approve oleh Adsense.

Alasan lainnya, dengan artikel bahasa Inggris blog kita memiliki penargetan pembaca yang lebih luas. Dollar yang masuk dari iklan pada blog bule, konon memiliki nilai yang lebih besar di bandingkan blog bahasa lokal.

Itu beberapa alasan yang melatarbelakangi para blogger mania untuk berduyun-duyun pindah haluan membuat blog berbahasa Inggris. Benar tidaknya alasan tersebut hanya mereka yang tahu.

Saya tidak akan membahas lebih jauh tentang masalah tersebut, karena pada artikel sebelumnya sudah saya beber kan tentang untung ruginya blog berbahasa Inggris.

Pada artikel kali ini, saya coba membantu Anda yang ‘memaksakan’ diri membuat artikel berbahasa Inggris, meski dengan kemampuan yang minim. Langsung saja ikuti penjelasan saya di bawah ini.

Tip Mudah Membuat Artikel Bahasa Inggris

Pertama, Anda wajib menginstal aplikasi atau software bernama Grammarly. Tambahkan aplikasi tersebut sebagai ekstensi pada browser yang Anda pakai. Pasti Anda bertanya, "link downloadnya mana mas?". Jangan manja gan, cari sendiri di Google buaanyak. Pilih versi yang terbaru.

Kenapa aplikasi ini saya sarankan untuk diinstal pada browser? Karena ini adalah software jempolan yang akan mengoreksi setiap kesalahan kosakata pada artikel bahasa Inggris yang nantinya akan Anda buat. Jika sudah, ikuti langkah berikut ini.
  1. Buat dulu artikel bahasa Indonesia pada MsWord di komputer Anda. Mau bikin sendiri atau copas terserah. Jika mau copas, usahakan ambil dari 6 artikel yang berbeda untuk di gabungkan menjadi sebuah artikel yang utuh. Selanjutnya, siapkan Notepad.
  2. Pada browser yang sudah terinstal aplikasi Grammarly, buka dua tab sekaligus halaman Google Translate. Ini alamatnya https://translate.google.com (kalo perlu, di-bookmark juga boleh).
  3. Pada halaman Google Translate yang pertama, masukkan satu persatu paragraf dari artikel yang sebelumnya sudah Anda persiapkan. Pilih mode bahasa Indonesia. Secara otomatis akan muncul hasil translate dalam bahasa Inggris pada kotak sebelah kanan.
  4. Salin hasil tersebut dan letakkan pada halaman Google Translate yang kedua. Pilih mode English. Akan muncul terjemahan dalam bahasa Indonesia. Perhatikan hasil translatenya. Banyak kalimat yang janggal dengan kosakata yang berantakan bukan? Orang bule pun saya rasa bakal kebingungan membacanya.
  5. Pindahkan terjemahan yang janggal tersebut ke halaman Google Translate yang pertama, pilih mode Indonesia. Dari situ perbaiki agar menjadi format kalimat yang lebih mudah di mengerti. Jika sudah, lakukan seperti pada langkah 4 sampai hasil translatenya sempurna.
  6. Setelah terjemahan bahasa Indonesia nya enak untuk di baca, buat dokumen baru pada MsWord, salin dan pindahkan paragraf yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris tersebut.
  7. Lakukan langkah 3-6 per paragraf pada draft artikel Anda, hingga tersusun artikel bahasa Inggris secara utuh pada MsWord.
  8. Untuk memastikan hasilnya, tes kembali artikel bahasa Inggris yang sudah jadi pada Google Translate secara utuh. Baca terjemahannya untuk memastikan tidak ada lagi kalimat yang janggal.
  9. Selanjutnya, salin artikel bahasa Inggris tersebut ke Notepad. Dari Notepad, salin lagi artikel dan pindahkan ke halaman draft pada Entri Baru di dasbor Blogger. 
  10. Pada halaman draft entri baru, jika ekstensi Grammarly sudah Anda instal pada browser, maka akan muncul ikon Grammarly berbentuk lingkaran hijau pada browser Anda. Jika notifikasinya berbunyi "no critical issues", artinya kosakata pada artikel bahasa Inggris Anda sudah benar. Tapi jika muncul lingkaran berwarna merah, berarti ada kesalahan kosakata pada artikel Anda. Tinggal ikuti instruksi yang diberikan, dan lakukan perubahan.
  11. Selesai.




Selamat ! Kini Anda memiliki artikel bahasa Inggris yang siap untuk dipublish.

Saran saya, setelah artikel Anda terbitkan, cek di copyscape atau siteliner. Hal ini untuk memastikan artikel yang Anda buat adalah original. Yang kedua, hindari membuat artikel bahasa Inggris dengan metode spin artikel. Karena jika ditranslate ke bahasa Indonesia, saya jamin Anda pun akan mumet membacanya.

Saya rasa hanya itu tips mudah membuat artikel bahasa Inggris yang bisa saya berikan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan Wassalam.

Adios.

62 komentar

click to comment!

24 Juni 2015 13.58 Delete comments

Sangat setuju - say no to copy paste - kecuali jika bikin blog bahasa inggris. ;)
Setuju - empat hal harus ada di blog.
Tanya:
1. cara buat contact us, itu widget bawaan blogspot?.
2. bikin sitemap rapi, apa ada triknya?.
3. materi artikel pakai gambar segepok duit, padahal sekitar sini tidak ada gambar adsense, apa ada trik dapat segepok tanpa kelihatan wujud adsense atau apapun?.
4. bgmn cara ambil html comment plugin facebook?.
5. comment pakai facebook dan G+, bagaimana trik cara mengetahui blog yang dimilikinya?.

salam kenal.
matursuwun
cak Garin Gubeng

PS:
jawaban bisa di publish jadi bahan artikel baru - (semua hal hanya dan jika berkenan lho ya)

Reply
avatar
24 Juni 2015 15.10 Delete comments

pak garin nanya kok borongan ya..he he he..ok saya coba jawab:
1. contact us, bukan widget bawaan blogspot, itu kita buat sendiri..utk caranya silahkan pak garin ubek2 di google, byk tutorialnya disana.
2. bikin sitemap juga mudah..rada panjang kalo di jelasin..ubek2 di google lagi pak
3. untuk gambar, saya biasa ambil dri situs flickr, krn lebih aman dan kualitasnya bagus
4. plugin comment fb, udah satu paket ama templatenya pak, tinggal kita masukin app ID fb kita...saya biasa pake template dari mas sugeng, bisa di cari di google.
5. untuk trik blog milik dari yg komentar, tergantung pak, kalo akunnya disetting untuk public, mungkin kita bisa tahu nama blog yg di kelolanya, kadang ada yg sengaja meng-hidden setinggan agar nama blog tidak di ketahui public
mungkin itu jwaban dr saya..smoga bisa membantu,,thanks pak garin

Reply
avatar
6 Juli 2015 07.48 Delete comments

Nice posting mas, untuk blog bahasa inggris meskipun jangkauannya menjadi luas dan target pengunjungnya juga luas, tapi persaingannya juga ketat mas, untuk page one di google harus bersaing dengan para blogger dari seluruh penjuru dunia, :)

Reply
avatar
6 Juli 2015 08.45 Delete comments

makasih atas kunjungannya mas aries

Reply
avatar
29 Juli 2015 14.32 Delete comments

mantep gan, salam kenal !!

Reply
avatar
26 September 2015 06.17 Delete comments

Sangat mencerahkan. Kebetulan saya juga sedang belajar membuat blog berbahasa Inggris.

Thank, Mas.

*Blog saya yang berbahasa Inggris:
gildest.blogspot.com

kangrikrik.blogspot.com

Reply
avatar
26 September 2015 06.31 Delete comments

sama2 kang rikrik..moga blognya makin maju..salam blogger

Reply
avatar
1 Januari 2016 22.18 Delete comments

spertinya memang mudah, tp kurang cocok bagi saya.. mengingat bahwa kemampuan inggris masih belum sberapa :D
tp gpapa, mngkin boleh dicoba jika suatu saat berubah pkiran dan ingin membuat artikel inggris

Reply
avatar
1 Januari 2016 22.48 Delete comments

mengukur kemampuan sendiri itu boleh, tapi belajar meningkatkan kemampuan sendiri dengan mencoba sesuatu yang baru, itu lebih baik..

salam kenal mas Azis,..blognya bagus dan artikelnya menarik,..maju terus

Reply
avatar
27 Januari 2016 06.03 Delete comments

Makasih banyak mas atas artikelnya sangat membantu. Saya baru membuat blog inggris awalntahun 2016 hasilnya sangat menggembirakan.. Pngunjung ada sktar 2000 an dan folower saya ada sktar 1400 blum genap 1 bulan. Lalu adsense saya juga sudah bisa aktif.. Makasih banyak atas artikelnya.. Mohon sumbang saran blog saya di www
Bestindonesiatourism.top

Reply
avatar
27 Januari 2016 07.31 Delete comments

ok terima kasih,..sukses selalu buat blognya

salam blogger

Reply
avatar
31 Januari 2016 19.15 Delete comments

jikalau boleh menambahkan ada satu tool yang benar benar bagus untuk memeriksa grammer bahasa inggris agar lebih josss dalam hal structur kalimat dan spelling juga di lengkapi dengan plagiarsm check sehingga artikel bahasa inggris kita jadi berkualitan silahkan baca di grammerchecks.blogspot.co.id/ oh yaa ada akun gratis plus premiumnya juga harga lebih murah

Reply
avatar
31 Januari 2016 19.43 Delete comments

thanks mbak dila,..tool nya bener2 ok,..alamat blognya udh saya bookmark,..nanti saya pelajari lagi,.

sekali lagi,..thanks for visit,.salam blogger

Reply
avatar
4 Februari 2016 17.52 Delete comments

ok banget mas tutornya ,,

Reply
avatar
4 Februari 2016 18.00 Delete comments

di tool online grammarly sudah built in tool untuk cek plagiarism content , jadi tak perlu takut dengan pentungan google thd artikel copas, tinggal ganti kalimat yang terdeteksi copy paste. mka anda akan terbebas dari tindakan copas,,

Reply
avatar
4 Februari 2016 18.13 Delete comments

kali ini, sip markisip buat bung jebred,..

Reply
avatar
12 Februari 2016 16.45 Delete comments

Mantab mas, trik yang lumayan membantu untuk membuat artikel bahasa inggris

Reply
avatar
12 Februari 2016 18.07 Delete comments

biar lebih mantab lagi, install software grammarly,

thanks mas Imam for visit,..salam blogger

Reply
avatar
26 Februari 2016 18.43 Delete comments

boleh nggak ada yg larang..silahkan bro

Reply
avatar
9 Maret 2016 19.17 Delete comments

buat yang bahasa inggrisnya pas-pasan seperti saya patut dicoba nih,,keren mas,,baru mulai nge-blog masih banyak belajar juga,, ini blog sy buditeknik,blogspot,co,id

Reply
avatar
9 Maret 2016 19.34 Delete comments

silahkan di coba mas budi,.

saya main ke blog sampean, tapi bingung mau komen apa ya? genjot terus mas artikelnya biar buuaanyaak,..salam blogger..

Reply
avatar
12 Maret 2016 17.10 Delete comments

wah bagus mas artikelnya.. saya lagi mencoba bikin blog ebook pake bhs lingis.. cuma bingung nulisnya karea g mudeng dengan buku yang mau di riview haha

Reply
avatar
12 Maret 2016 17.32 Delete comments

ok, thanks mas adit,.moga review nya berjalan lancar

Reply
avatar
12 Maret 2016 23.24 Delete comments

mas blh tanya lagi gak.. cepot ane jadi anak ban.. keserangan share di sosial media kaya fb.. reddit dll apa bs bikin ke ban krn di kira spam.. atau karena contenya yang termasuk ebook premium alisan bayar ane share

Reply
avatar
12 Maret 2016 23.31 Delete comments

kalo untuk blog adsense, mungkin bisa jadi masalah alias kena banned,..

untuk blog biasa tanpa adsense, saya kira nggak masalah selama porsinya masih wajar

Reply
avatar
11 Mei 2016 18.08 Delete comments

permisi kang mas teguh, izin belajar disini hehe

Reply
avatar
11 Mei 2016 19.41 Delete comments

njih kang,..monggo pinarak ingkang sekeco

Reply
avatar
1 Juni 2016 14.39 Delete comments

blog in english maybe is hard to make not to mention that I eat tempeh in daily basis ... yes yes yes

Reply
avatar
1 Juni 2016 19.50 Delete comments

ha ha ha..bisa aja bung Erwin,..

tapi jangan salah lho,..konon orang bule sekarang pada doyan tempe,

thanks ya..

Reply
avatar
11 Juni 2016 11.36 Delete comments

Caranya persisi kaya yang ane lakuin gan :D

Reply
avatar
11 Juni 2016 18.44 Delete comments

sukur deh kalo ada yg ngembarin, berarti saya nggak perlu nerangin lagi panjang lebar,.he he he

makasih gan udh visit,..salam

Reply
avatar
22 Juni 2016 00.22 Delete comments

semoga saya bisa kayak mas teguh :)

Reply
avatar
28 Juni 2016 00.26 Delete comments

Terimakasih gan untuk informasinya,,, saya merasa terbantu dengan postingan agan... Semoga blog agan makin sukses semuanya

Reply
avatar
28 Juni 2016 09.48 Delete comments

trima kasih mas Abdul,..sukses juga buat Anda

Reply
avatar
28 Juni 2016 09.56 Delete comments

sori ya mbak, kelewat balas komennya..he he he..

saya ini siapa tho mba Ayu? bukan blogger yg istimewa..

matur nuwon udh sudi mampir..

Reply
avatar
7 Agustus 2016 15.49 Delete comments

Gak bisa sama sekali untuk membuat artikel inggris, bhs indo jg msih acak-acakan gak jelas mas teguh , tp mungkin tipsnya bisa di coba....,siapa tahu berhasil!

Reply
avatar
7 Agustus 2016 17.37 Delete comments

lebih baik dicoba dulu mas Endi, drpd penasaran,..ya tho?

selamat berkreasi..salam

Reply
avatar
15 September 2016 07.43 Delete comments

MasyaAllah. Saya sudah pasang Grammarly ke browser saya si Chrominah.

Terima kasih lho mas, Andalah yang telah mengenalkan saya pada aplikasi yang sangat berguna ini. Alhamdulillah. :)

Reply
avatar
15 September 2016 10.58 Delete comments

sama-sama mas Gery,.silahkan dimanfaatkan aplikasi Grammarly sebaik-baiknya supaya blog bulenya gampang dipahami sama turis asing,..he he he

thanks atas kunjungannya,..salam dolar

Reply
avatar
9 Oktober 2016 18.00 Delete comments

terimakasih mas teguh. Saya jadi berencana bikin blog bule. silahkan berkunjung mas ke blog saya. blog.tradersakti.com

Reply
avatar
25 Desember 2016 16.15 Delete comments

sebelum saya tau artikel ini saya coba dengan copy artikel bahasa french ke b. indonesia saya perbaiki terus ubah jadi bahasa inggris dan udah saya upload. gimana menurut mas.masih salahkah ?

Reply
avatar
5 Januari 2017 17.34 Delete comments

Ijin bookmark dulu mas teguh. Ada rencana bikin artikel, bhs inggris.

Sebenarnya kl urusan download agak ngeri, karena dulu perna kena firus (kl gk salah) jd lebih berhati2 untuk download.

Jika mase teguh berkenan, minta linknya dong.... Pisss....

Reply
avatar
5 Januari 2017 19.53 Delete comments

maksudnya link aplikasi Grammarly? boleh aja,..hubungi sya lewat kontak, nanti saya kasi langsung filenya

Reply
avatar
24 Januari 2017 00.23 Delete comments

saya nyoba pake google translate ukt artikel bule hasilnya memang amburadul adakah aplikasi yang lebih joss mas Teguh untuk translate dari indo ke inggris ?
suwon sblmnya

Reply
avatar
24 Januari 2017 08.47 Delete comments

google translate cocoknya buat menerjemahkan arti kata per kata atau frase per frase,..klo untuk satu paragraf biasanya hasilnya memang ngga ngepas dan rada janggal..
untuk kamus translate yang bagus, ada beberapa yg bisa sy rekomendasikan, yaitu King Translate, Rekso Translator, Trans tool, Translator XP, dan Babylon translation,...semuanya versi offline untuk PC...silahkan dicoba mana yg cocok

moga bermanfaat

Reply
avatar
24 Januari 2017 21.35 Delete comments

nice article,,kebetulan nih saya juga ada rencana buat bikin blog yg berbahasa inggris,,rencana mw saya bikin daftar adsense,soalx sudah beberapa kali di tolak mulu,,thx for share,,

Reply
avatar
25 Januari 2017 07.57 Delete comments

bikin blog jgn cuma buat target Adsense aja mas,.biasanya malah sulit ditrima,..mengalir aja, optimalkan dan perbaiki kesalahan pd blog yg lama, ntar lama2 juga ketrima..tak doain dr sini

Reply
avatar
27 Januari 2017 10.52 Delete comments

mantap mas bro, nambah ilmu lagi nih..

Reply
avatar
10 Februari 2017 19.51 Delete comments

#SayaBertanya kepada bapak presiden dan pak kapolri. hehehhe, Sesuai postingan diatas, saya mau nanya mas teguh. Kalau translate b.indo ke b.inggris melalui google translate, apakah kalimat yang yang udah di translate-in bisa dibaca mereka atau apakah akan sesuai dengan tulisan yang kita buat?

Jawab ya mas

Reply
avatar
10 Februari 2017 19.53 Delete comments

jawab ya mas. kalau udah dijwb , bilangin ke saya lewat komen di blog saya neh mas. http://banicyber.blogspot.com

Reply
avatar
10 Februari 2017 20.31 Delete comments

klo translatenya cuma sekali, kemungkinan hasilnya rada ngaco mas,..makanya pd tips di atas saya menyarankan hingga 3-4 kali translate, agar hasilnya biar ngepas sesuai yg kita inginkan dan nantinya biar enak dibaca sama orang bule,..silahkan dipahami pelan-pelan..

Reply
avatar
10 Februari 2017 21.53 Delete comments

padahal mau ganti ke bahasa inggris . kalau begitu resikonya gk jadilah. nice info :)

Reply
avatar
10 Februari 2017 22.19 Delete comments

udh saya jawab di atas tuh...

Reply
avatar
20 Februari 2017 15.16 Delete comments

Terima kasih saranya mas semoga bermanfaat bagi sya

Reply
avatar
SAO
13 November 2017 07.11 Delete comments

ini teknik lama yang sudah banyak yang tau, memang copy translate tidak masuk kategori copy paste pada algoritma google, tapi ada satu hal, google translate SANGAT buruk kalau digunakan untuk mengubah b.indonesia menjadi b.inggris, kalau beberapa sumber dari master-master seo sih menganjurkan b.indo-->b.perancis/b.jerman/b.italy/b.portugis-->b.inggris

Reply
avatar
11 Desember 2017 07.31 Delete comments

terima kasih mas tutorialnya, sangat membantu

Reply
avatar
3 Maret 2018 21.42 Delete comments

Cak saya mau pencerahanya boleh kan. Saya punya akun g.ads 1 non host.. Kira* maksimal bisa dipasang berapa blog ya cak..
Salam kenal cak

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini