Cara Jitu Blogwalking yang Mendatangkan Backlink

Blogwalking yang mendatangkan backlink. Secara singkat, blogwalking saya artikan sebagai aktivitas jalan-jalan di dunia maya dengan mengunjungi blog yang satu ke blog yang lain.

Apa yang bisa kita dapat dari blogwalking? Menambah ide baru, mencari teman, mengumpulkan informasi adalah beberapa manfaat dari blogwalking, namun yang paling utama tentu saja mencari backlink.

Blogwalking memang cara terbaik dalam mengumpulkan backlink. Sayangnya, banyak blogger yang melakukan aktivitas ini tanpa mendapat hasil apapun.

Alih-alih ingin trafiknya naik, eh justru blog target blogwalking yang trafik nya makin nambah. Ini terjadi karena mereka kurang paham cara blogwalking yang menghasilkan backlink.

Fenomena ini sebenarnya sering terjadi di dunia blogging, dimana banyak ‘blogwalker’ (istilah saya menyebut para blogwalking) menclok sini terus menclok sana, dari blog ini pindah ke blog berikutnya, hanya untuk memungut hadiah backlink.

Cara ini memang dibolehkan, tapi ingat, kita juga harus mengutamakan silaturahmi dibandingkan hanya mencari backlink semata.

Sekali waktu saya pernah main ke blognya kang Jumanto di www.kangjum.com yang kebetulan juga membahas tentang blogwalking. Judulnya pun sederhana “Apa yang saya lakukan saat blogwalking?’.

Bila kita cermati judul tersebut maknanya luas. Kenapa bisa begitu? Karena saat blogwalking, tiap blogger membawa misi dan perilaku yang tidak sama.

Cara Jitu Blogwalking yang Mendatangkan Backlink

Cara Blogwalking agar Dapat Backlink


"Apa yang harus saya lakukan saat blogwalking ?"

Jadikan pertanyaan itu sebagai bekal sebelum Anda mulai blogwalking. Selanjutnya, baca uraian saya di bawah ini agar blogwalking Anda lebih efektif dan menguntungkan.

1. Observasi terhadap situs target

Saat kita main ke sebuah blog, lakukan pengamatan pada blog tersebut. Topik apa yang sering diupdate, bagaimana tampilan websitenya, serta gaya bahasa pada artikelnya. Dan yang terpenting adalah berapa banyak komentar yang masuk.

Banyaknya komentar isyarat bahwa blog tersebut disukai dan diburu oleh para pencari backlink lainnya. Artinya banyak pesaing yang harus Anda hadapi.

2. Kenalan dengan admin nya

Jangan buru-buru berkomentar, kenali dulu siapa pemilik blognya, dimana tempat nongkrongnya, forum apa yang dia ikuti, apa akun sosial media nya.

Agar lebih akrab, tambahkan sebagai teman atau kalo perlu jadi follower-nya. Ingat pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’.

3. Perkenalkan diri Anda

Inilah saatnya Anda memperkenalkan diri. Bisa lewat kotak komentar atau sosial media tempat target sering nongkrong. Informasikan bahwa Anda adalah pembaca sekaligus pemerhati blognya. Sering memantau update blognya dan ingin tukar pendapat.

4. Masukkan komentar

Saat memberi komentar, perhatikan hal-hal di bawah ini
  • Nyambung
  • Korektif
  • Kritikan membangun
  • Bahasa komunikatif

5. Panggil namanya

Saat berkomentar, hindari memanggil nama pemilik blog dengan sob, gan atau bro. Memang maksudnya biar lebih akrab, tapi sebaiknya gunakan nama panggilan nya saja seperti kang jum, om walter, mas jhon. Rasana terdengar lebih sejuk di telinga.

Kesimpulan


Untuk mencari backlink berkualitas dari blogwalking, perlu pendekatan humanis.

Jangan pakai metode ‘asal bapak senang’ dengan hanya memuji sambil meninggalkan link di kolom komentar.

Baca juga ini  : CARA SANTUN MENCARI BACKLINK

Semoga bisa manfaat. Akhir kata “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan Wassalam.

12 komentar

click to comment!

19 April 2015 18.54 Delete comments

sepertinya saya harus banyak belajar dari must teguh, alhamdulillah beberapa point diatas telah saya lakukan, walaupun masih belum 100 persen...namun jika boleh saya tambahkan... untuk backwalking di point ke lima, yaitu gunakan bahasa yang santun. terimakasih

Reply
avatar
19 April 2015 19.04 Delete comments

saya masih belajar kang abdur, ilmu saya belum mumpuni.. kalo pingin belajar ngeblog, coba saja maen ke blognya mas GeeJhon, Kang Jum, atau blognya mbak indri...

Reply
avatar
21 Juni 2015 20.57 Delete comments

Wah..... sy makin merasa tidak tau apa2 nih...hehehe

Reply
avatar
21 Juni 2015 21.02 Delete comments

tidak tau apa-apa bukan berarti tidak bisa apa-apa..bukan begitu mbak icko?

Reply
avatar
20 Juni 2016 19.58 Delete comments

Mass teguuuhh, superrrrr sekali. Saya suka dgn penyajian artikel yg mas sampekan, hampir yg saya baca dri awal hingga akhir pad stiap artikel mas adlah masalah yg tngah saya hadapi, ini saya brkunjung ke blog mas dri search engine loh, jd sama sekali blum kenal, byk artikel saya baca mmbuat saya pusing dan bertele", artikel mas teguh hmpir menjawab semua beban masalah saya. Saya mkin semangat bewe jdnya mas, Trims mas teguh..

Reply
avatar
20 Juni 2016 22.42 Delete comments

sekali lagi saya ucapkan trima kasih pada mba Rahayu atas perhatian dan komentarnya pada beberapa artikel yang saya tulis,..

semoga tulisan saya bisa membawa manfaat..tetap semangat ngeblognya ya,..

being great blogger women...good luck

Reply
avatar
29 November 2016 15.38 Delete comments

makasih kak sangat berguna buat jualan saya www.vnfclothing.com

Reply
avatar
30 November 2016 19.43 Delete comments

tak doain jualannya makin laris mas,..yang penting usaha dan doa harus tetep jalan beriringan

thanks udah sudi mampir,...salam hangat dari saya

Reply
avatar
18 Januari 2017 10.29 Delete comments

banyak ilmu yang saya dapet dari mas teguh, sangat, sangat, sangat bermanfaat bagi saya kak untuk naikin traffic web jualan saya kak www.jaketcustom.id

Reply
avatar
18 Januari 2017 19.15 Delete comments

senang rasanya tulisan saya punya manfaat buat orang lain....moga dagangan jaketnya selalu laris mas...

salam kenal,..thanks ya

Reply
avatar
6 November 2017 23.09 Delete comments

Jelas sekali memang apa yang diutarakan oleh maseteguh diartikelnya terkadang menyapa dan berkomentar pada suatu blog yang terkenal meskipun menggunakan moderasi komentar dan sesuai dengan topik yang dibahas diblog nya sendiri sulit memahami kenapa tdk tampil komentar yang diberikan. Meski terkadang ada blogger lain dgn kalimat "artikel yang menarik atau apa yg diinflrmasikan pada postingan bla...bla..bla muncul.

Reply
avatar
7 November 2017 19.29 Delete comments

kita memang tidak bisa menebak apa yg bakal ditulis orang dikolom komentar,..
tapi demi kemajuan blog sendiri, perlu juga memfilter mana komentar yg menguntungkan dan mana yg merugikan.,..oke mas Adi? thanks atas opini sejuknya

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini