Ketika Terjadi Update Algoritma Google, Saya Harus Gimana?

Tip dan cara  menghadapi update algoritma Google. Update algoritma terjadi sebagai isyarat kalo Google sedang berbenah. Datangnya tak diundang pulangnya pun tak diantar (halah ngaco).

Tapi faktanya memang seperti itu. Setiap ada pembaruan Google, hanya segelintir orang yang tahu - biasanya hanya para praktisi SEO.

Sebagai pemain web, tentunya kita semua akrab dengar berita itu bahkan sampai sekian level. Responnya macem-macem. Ada yang kelabakan, ada pula yang nyantai.

Tapi uniknya, update algo Google kadang imbasnya bisa ke siapa saja. Tak cuma blogger berpikiran kotor, bahkan sampai yang alim 100% pun bisa kena.

Cara Menghadapi Update Algoritma Google

Tips Menghadapi Update Algoritma Google


Masalahnya, Apa yang Anda lakukan saat Google Update baru muncul? Bagaimana menelusuri penyebab penurunan trafik situs? Langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk mengatasi itu?

Ini jawabannya….

1. Ikuti sumber paling terpercaya


Begitu ada update Google, ribuan blogger mulai menulis tentang hal itu. Bermacam jurus menangkal algoritma dikupas tuntas tanpa ampas.

Disini Anda kudu jeli, sebab tak semua sumber bisa dipercaya.

Bukan bermaksud meragukan, namun apapun hasil eksperimen, analisis atau kesimpulan yang mereka tulis, belum tentu bekerja pada web Anda.

Lantas Anda pun bertanya, “Sumber mana yang harus saya ikuti?”.

Ada 4 sumber utama yang biasa dipakai sebagai rujukan para blogger :

Yang pertama, Blog Resmi Webmaster Google. Di sinilah para pejabat Google sering merilis pernyataan resmi mereka ke publik. Anda juga dapat mem-follow mereka di Twitter di @googlewmc atau di channel YouTube mereka.

Tiga sumber lainnya berasal dari 3 situs portal berita terbesar di industri Search Engine yaitu Search Engine Journal, Search Engine Land, dan Search Engine Roundtable.

Di ketiga situs itulah tempat berkumpulnya jurnalis dan para pakar tentang Google dan mesin telusur secara umum, mencakup Bing, Yandex, dan lainnya.

Selain itu, follow juga blog seperti Moz dan Backlinko. Disana banyak informasi saran dan panduan secara step-by-step terkait update algoritma Google yang dapat ditindaklanjuti.

2. Cek trafik dan peringkat web Anda


Cara tercepat untuk mengetahui apakah update Google berdampak pada web Anda adalah dengan memeriksa trafik report web Anda.

Untuk pengguna Chrome, sematkan ekstensi RankTracker untuk memantau kata kunci andalan Anda. Pastikan hanya trafik organik yang dipantau, sebab update Google hanya berlaku untuk hasil pencarian organik, sehingga lalu lintas PPC dan media sosial singkirin dulu.

Dengan RankTracker pantau juga posisi kata kunci di Google Search Console. Jika turun drastis, bisa jadi Anda kena pukulan algoritma Google.

Namun, jika hanya turun beberapa posisi, kemungkinan pembaruan itu hanya memancing munculnya pesaing baru.

3. Periksa lagi jangan buru-buru take-action


Jangan terlalu dramatis. Lakukan dulu analisis menyeluruh sebelum lanjut ke aksi apa pun.

Cek lagi trafik web untuk beberapa waktu. Bisa seminggu bahkan sebulan. Bila tak ada perubahan posisi, beri waktu lagi lalu periksa lagi.

Anda takkan pernah tahu, mungkin saja semua terlihat baik-baik saja. Namun setelah beberapa waktu, tak mustahil lalu lintas bisa turun secara signifikan.

Bagaimanapun, ketika trafik stabil dan posisi Anda bagus, kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah mengubah hal-hal yang tak seharusnya diutik-utik, berdasarkan apa yang dibaca dari internet.

Perubahan pada halaman Anda mungkin akan menarik bot Google untuk merayapi dan mengevaluasi kembali situs web Anda.

Bahkan apa yang Anda anggap sebagai perbaikan pada konten / halaman Anda terkadang efeknya dapat menghasilkan penurunan peringkat.

Itulah mengapa Anda perlu menghindari perubahan apa pun terhadap konten Anda selama posisinya sudah mapan dan tinggi.

Pakar SEO

4. Konsultasi dengan ahlinya


Mengapa Anda butuh seorang pakar mesin pencari saat penalti Google terjadi?

Yang jelas untuk menghemat waktu, sebab mereka dapat memprioritaskan masalah dan tahu apa yang harus dicari.

Kedua, meminimalisir kesalahan akibat aksi Anda yang mubazir namun berpotensi membahayakan web. Tentunya jika Anda memilih ahli yang tepat.

Ketiga, menekan biaya operasional web akibat efek dari penalti.

Jadi, melibatkan sang ahli adalah cara terbaik dan paling efisien dalam menangani Penalti Google. Tapi jika merasa punya kemampuan dan pengalaman dengan SEO dan ingin menghadapi penalti sendiri, tak ada salahnya untuk mencoba.

Namun, sebelum menerapkan perubahan besar akibat hantaman penalti, second opinion dari seorang ahli tetaplah perlu.


5. Audit situs Anda


Kapan pun Anda melihat perubahan signifikan dalam lalu lintas web, ada baiknya untuk mulai mengaudit situs Anda. Ada 4 hal yang perlu dapat perhatian, yaitu :

Masalah teknis:

Saat Google meluncurkan algo baru, Google akan mengunjungi situs Anda lagi untuk di re-evaluasi. Mengoreksi penerapan tag hreflang, penempatan rel canonical, masalah loading, dll.

Jika perayapan baru menemukan bahwa situs lainnya memiliki struktur yang lebih baik, Anda sebaiknya mulai begadang untuk mengatasi hal itu.

Backlink :

Tautan balik selalu bisa bikin masalah. Meski Google bilang bahwa Penguin 4.0 mengabaikan tautan berisi spam, tapi ada kabar terbaru tentang situs web yang mendapatkan penalti setelah serangan SEO negatif.

Gunakan toolset analisis link untuk mengaudit profil tautan Anda. Bisa dari Ahref, Moz, CognitiveSEO, dll. Dengan alat ini mudah untuk menemukan dan memilah tautan spam.

Konten:

Konten adalah bagian terpenting dari situs web Anda. Pastikan Anda tidak mengganggu Google dengan konten duplikat, deskripsi meta, dan judul.

Selain itu, ada baiknya untuk membandingkan konten Anda dengan competitor. Apakah ada area tertentu yang bisa diupgrade? Adakah topik yang kurang komplit pembahasannya?

Pengalaman pengguna (UX):

Belakangan ini, pembaruan dan algoritme terkini (seperti RankBrain) banyak berfokus pada pengalaman pengguna dan bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web.

Jadi, mulailah ajak teman untuk berinteraksi dengan situs web Anda. Misalnya, minta mereka komunikasi lewat halaman kontak, kirim pesan melalui form, membeli produk, atau registrasi di bulletin, dll.

Dari Beranda web, mintalah saran dari teman Anda terkait masalah yang mungkin mereka temukan pada situs Anda.

6. Kecualikan kemungkinan penalti lainnya


Saat trafik web macet bersamaan dengan digulirkannya algo baru oleh Google, jangan lantas berpikir update algo itu sebagai dalangnya.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat update, Google mungkin melihat situs Anda dan menemukan beberapa masalah.

Ini juga bisa berupa penalti manual, jadi periksa selalu Search Console Anda. Biasanya akan ada pesan jika memang Anda kena hukuman, serta alasan dan solusi untuk memperbaikinya. Setelah berkutat dengan masalah tersebut, submit ulang situs Anda.

Ada juga kemungkinan bahwa Anda adalah korban serangan SEO negatif. Sebelum situs diaudit, akan sulit untuk menelusuri apa yang menjadi biang masalah turunnya trafik web.

7. Buat strategi pemulihan & eksekusi step-by-step


Setelah poin 1-6 terealisasi, tiba saatnya menyusun rencana pemulihan. Sukses tidaknya rencana ini tergantung prioritas Anda.

Jika terlalu banyak masalah yang muncul, tapi Anda justru memulai dari yang minor dan tidak signifikan, percuma. Aksimu tak akan berpengaruh dan peringkat Anda akan tetap rendah.

Sebuah planning tak hanya membantu mempercepat proses pemulihan web, tapi juga ikut melacak dan memantau hasil Anda. Jika hasilnya tak dipantau, Anda tak akan tahu apa yang menyebabkan penalti.

Setelah selesai satu langkah, biarkan dulu beberapa waktu untuk merasakan efeknya. Jika semua dilakukan secara bersamaan, selain tidak membantu akibatnya sulit untuk mengetahui apa yang harus dihindari di masa depan.

Jalur SEO

8. Tetap di jalur SEO yang semestinya


Selama situs Anda kena deindexed, cara terbaik untuk keluar dari hukuman adalah dengan tetap melakukan praktik SEO yang baik.

Kena hukuman Google adalah beban berat bagi sebuah web. Segala cara apapun bakal Anda tempuh demi keluar dari masalah yang membelit situs.

Solusi terbaiknya adalah tetap di jalur SEO yang benar dalam jangka waktu yang lama dengan hasil yang bisa dipetik di waktu akan datang.

Sama seperti pendapat orang-orang, konten hebat dengan kombinasi kekuatan backlink digabung dengan distribusi yang luar biasa akan menghasilkan peringkat yang mentereng.

Oke bro, itu saja dari saya. Moga tulisan ini ada faedahnya.

SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

1 komentar

click to comment!

30 Oktober 2018 00.37 Delete comments

Kelihatannya menarik untuk mengikuti tips-tips dalam posting ini.
Sayangnya saya agak gaptek untuk bidang ini.
Jika tidak ada inspirasi maka saya tidak buat posting.

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini