Kenapa Bing Cocok Buat Optimisasi SEO? Ini Alasannya

Pentingnya Bing untuk optimisasi SEO. Masih banyak orang kurang mengenal Bing. Meski ada berbagai opsi search engine di hampir setiap perangkat smartphone, tapi anehnya  cuman Google yang dipilih – Bing dianak-tirikan.

Hingga saat awal mulai ngeblog, ada pertanyaan menggelitik di pikiran saya.

"Benarkah secara keseluruhan mesin pencari Bing bagus untuk trafik, ROI, serta pengunjung ekslusif web? Apakah Google satu-satunya media yang pantas untuk dilirik?"

Nah, di artikel ini akan saya beberkan beberapa fakta mencengangkan yang membuktikan jika Bing memang benar-benar patut untuk diperhitungkan.

Alasan Pentingnya Bing untuk SEO

Pentingnya Bing untuk Optimisasi SEO


Dalam banyak hal, Bing mirip dengan Google. Berbagai layanan pencarian, termasuk web, video, gambar, dan search map, ada di sana. Banyak optimalisasi pada Google juga ada di dunia Bing.

Jika Anda ingin bukti bagaimana pesona Bing, berikut  ini faktanya….

1. Bouncing rate Bing lebih rendah


Menurut pengalaman Matthew Woodward, rasio pentalan Bing lebih kecil dibanding Google. Kenapa bisa begitu? Karena pengunjung lebih lama menghabiskan waktunya di situs yang dikunjungi.

Selain itu, di Bing orang lebih banyak mendapatkan apa yang mereka cari saat sebuah kueri di input hingga menghabiskan lebih banyak waktu di situs itu.

Meski bouncing rate bukan sesuatu yang buruk, tapi efek pogo-sticking yang diakibatkannya bisa lebih berbahaya.

Pogo-sticking terjadi ketika seseorang keluar dari sebuah situs saat mereka baru saja landing namun kembali lagi ke hasil pencarian untuk mengklik situs lain.

2. Praktek SEO Google berlaku juga untuk Bing


Ada sebuah teori mengatakan jika Anda peringkat tinggi di Google, maka di Bing pun juga demikian. Tapi ada juga pendapat jika pada kueri yang sama hasil pencariannya bisa berbeda.

Memang SEO Bing mirip dengan Google, meski algoritma keduanya berbeda. Sebagian besar upaya SEO untuk Google juga akan diterjemahkan dengan baik oleh Bing.

Google dan Bing memprioritaskan konten yang relevan, penempatan kata kunci yang pas, personal branding, mobile friendly, UX yang unik, korelasi sinyal sosial, backlink, dll.

Selain itu, ketiga mesin pencari utama, Google, Bing, dan Yahoo, sepakat untuk menampilkan daftar pencarian lebih kaya dan lebih akurat melalui data terstruktur.

3. Kompetisi di Bing lebih kecil


Sangat sedikit orang mengoptimasi SEO untuk Bing. Entah tidak tertarik atau karena peringkat di Google sudah di genggaman.

Mayoritas pengoptimalan situs lebih fokus hanya pada Google. Secara tak sadar hal ini membiarkan Bing tumbuh sebagai mesin pencari yang subur tapi dengan kompetisi rendah.

Jika web Anda tergolong pemain baru, saat terbentur ketatnya persaingan di Google, sudah sepatutnya Bing menjadi lahan baru untuk mendulang trafik dengan kompetisi yang masih longgar.

4. Rank factor Bing lebih transparan


Untuk urusan faktor peringkat Bing jauh lebih transparan dibanding Google.

Cek saja Panduan Webmaster Bing dan studi kasus mereka. Di sana tersedia berbagai tool untuk mempercantik situs web Anda sesuai selera - tak ada string tersembunyi.

Menariknya, bicara soal peringkat, belum ada bukti apapun tentang apa yang paling incar oleh Bing. Mereka suka konten berkualitas meski tidak secara khusus mengatakan jika LINK dan CONTENT memainkan peran utama.

5. Di Bing, konten bukan sinyal peringkat


Seperti ulasan sebelumnya, konten tidak dijadikan sebagai sinyal peringkat # 1 di Bing. Asalkan memiliki tiga pilar dari sebuah kualitas konten, mereka udah senang. Terutama konten berisi file multimedia.

Bing mencari konten yang kaya dan menarik, khususnya yang bertabur gambar, video, audio, dan sebagainya.

6. SEO On-Page SEO lebih diutamakan dibanding Off-Page


SEO On-Page adalah raja di Bing. Inilah penguasa di tanah Bing. Itulah fakta universal jika off-page hanya pendamping dari on-page.

Oleh karena itu, Bing tidak memilih yang terbaik dari dua tetapi hanya memberikan SEO on-site yang memang layak dihargai.

Sampai batas tertentu, ini menjadi seperti perdebatan ayam atau telur.

7. Bing jarang update algoritma


Tak seperti Google yang terus meng-update algo-nya, Bing tetap menjaga pakem lamanya.

Algoritma Bing sedikit ‘njimet’. Lebih fokus pada hal-hal seperti pencocokan domain dan kata kunci dalam judul, judul, meta deskripsi, atau konten berkualitas tinggi, multimedia, dan relevansi.

8. UX multimedia lebih menonjol


Bing memiliki pemahaman entitas yang lebih baik dalam hal multimedia dan menganggapnya sebagai nilai plus dari suatu konten.

Oleh karena itu, mesin pencari Microsoft menggunakannya sebagai faktor peringkat yang juga disematkan dalam Panduan Webmaster Bing mereka.


Hal baik lainnya, untuk pencarian gambar Bing lebih ramah-pengguna. Mesin pencari memberikan hasil pencarian yang tepat tanpa pencarian terkait seperti yang biasa ada di Google.

Jadi, web Anda bisa difavoritkan Bing jika melampirkan gambar yang bagus, rapi, unik, berkualitas tinggi, dan relevan.

9. Sinyal sosial media sebagai faktor peringkat vital


Menurut Neil Patel, Bing secara resmi menyatakan bahwa keterlibatan media sosial adalah sebagai sinyal positif. Makin banyak share yang Anda miliki, peluang masuk SERP’s semakin tinggi.

Bing mengatakan bahwa sinyal sosial memberikan pengaruh di semua tingkat, terutama untuk brand channel di social media dan ke mesin telusur. Syaratnya, harus ada peningkatan audiens dan feedback dari jaringan sosmed.

10. Konten buatan sendiri lebih diprioritaskan


Bing menyukai konten unik yang ditulis oleh para profesional dari sumber terpercaya. Bukan konten daur ulang.

Pedoman Webmaster Bing mendefinisikan optimalisasi konten sebagai: "jelas, mudah dipahami, mendalam, tanpa iklan, tanpa tautan afiliasi atau pengalihan halaman, mudah dinavigasi, interaktif, dan kaya informasi”.

Bing sangat mudah dimengerti dan diikuti - semua yang Anda perlukan adalah mengetahui apa yang Anda butuhkan dan mesin pencari akan menyediakannya untuk Anda.

11. Di Bing, backlink otoritatif adalah raja


Pada taraf tertentu, Bing melihat lebih dari sekedar kualitas. Mesin pencari ini lebih suka tautan yang berasal dari situs otoritatif, seperti .edu, .gov, .org. Mungkin inilah sebabnya mengapa peringkat sebuah web di Bing bisa bertahan lama.

Mirip dengan Google, produk dari Microsoft ini lebih memilih link organik dari situs web yang relevan dan terpercaya.  Terlebih jika backlink diisi dengan anchor teks yang tepat, itu lebih baik.

Backlink menunjukkan Anda populer, dapat dipercaya, dan relevan dengan pengguna nyata yang akhirnya menghasilkan lalu lintas organik yang terus meningkat.

12. Bing anti blackhat SEO


Skema tautan, cloaking, link premium, konten duplikat, halaman iklan, kualitas melebihi kuantitas konten, markup menyesatkan, link farm, dan manipulasi link, secara umum tidak diterima di Bing.

Oleh karena itu, bagi Anda penganut setia aliran white-hat SEO, Bing adalah salah satu tempat yang cocok.


13. Bing lebih suka situs berumur


Walau tercatat sebagai mesin pencari terbesar kedua setelah Google, nyatanya Bing tergolong ‘barang antik’. Respect dan trust mereka berikan pada situs berumur tua.

Secara umum, Bing melihat otoritas situs saat memeriksa tautan balik dari sebuah situs web. Jadi, memiliki domain "vintage" (lama) jelas sangat membantu.

Mereka beranggapan, situs web lama memiliki keterlibatan dalam praktik pemasaran digital yang sehat dibarengi personal branding yang kuat di niche mereka.

14. Peringkat EMD Lebih Tinggi pada Bing SERPs daripada di Google


EMD (Exact Match Domain) secara sepintas berarti pencocokan nama domain dengan kata kunci situs web. Dan Bing lebih concern pada masalah ini. Hal ini karena Bing tidak pandai memaknai sebuah konteks. Akibatnya, kecocokan anchor teks lebih disoroti.

Beda dengan Google yang justru menentang hal itu. Mereka tahu, banyak situs web berisi spam dengan mendompleng melalui nama domain.

Rasanya sedikit riskan untuk mengoptimalkan situs dengan cara ini. Jika ingin mendapatkan peringkat tinggi di kedua mesin telusur, cobalah memakai nama domain yang cocok dengan kueri pencarian.

Itulah berbagai alasan kenapa Bing bagus juga untuk optimisasi SEO. Moga saja ada faedahnya.

Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks dan Wassalam.

0 komentar

click to comment!

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini