5 Jenis Metode SPAM & Cara Menangkalnya

Jenis-jenis spam dan cara mengatasinya. Bagi Anda pemilik website, serangan spam cepat atau lambat pasti akan menghampiri. Awalnya mungkin sepele, tapi jika dibiarkan tanpa pengawasan bisa berakibat buruk bagi website Anda.

Untuk itu, telah saya kumpulkan 5 jenis SPAM yang paling umum serta cara melawannya. Nantinya Anda akan tahu apa itu spam dan kenapa banyak orang berusaha mati-matian untuk memberangusnya.

Mari kita mulai….

Jenis Spam dan Cara Mengatasinya

Apa itu SPAM – Kok Bisa Ada?


Definisi spam secara umum adalah pesan melalui internet yang tidak diinginkan oleh penerimanya. Biasanya ke banyak pengguna untuk tujuan iklan, phishing, penyebaran malware, dll.

Tapi ada fakta lucu….

Istilah Spam di internet awalnya berasal dari merek daging kalengan bernama SPAM. Karena sangat populer, produk ini sering mengambil ruang cukup besar di setiap toko di Amerika.

Nah, ketika pesan massal internet mulai merajalela, nama SPAM pun terlontar di suatu forum dan jadi fenomenal hingga sekarang. Kepopulerannya malah mengalahkan makanan kaleng itu sendiri.

Pada awalnya spam hanya terbatas pada e-mail. Tapi kini, setelah bertahun-tahun spam internet mulai berevolusi. Modelnya pun macam-macam, dari mengirim email hingga meledakkan komentar di website orang.

Tapi pertanyaannya, kenapa orang masih menggunakan SPAM sebagai metode pemasaran?

Meski ruang gerak spam makin terbatas karena filter dan teknologi canggih, namun nyatanya cara itu masih dianggap berfungsi dan berhasil.

Seorang spammer takkan peduli dengan halangan apapun. Mereka akan selalu mengoleksi ratusan e-mail untuk dibombardir dengan tawaran yang mereka miliki. Tidak hanya sekali, tetapi terus menerus.


5 Jenis Metode Spam


Di jagad SEO, spam dikategorikan dalam blackhat. Di setiap aksinya, pelaku spam selalu menggunakan teknik seperti keyword stuffing, spinning article, serta link otomatis.

Saya ngga terlalu peduli ‘bisnis’ yang ada di belakang SPAM, tapi lebih concern pada metode yang sering mereka gunakan.

Berikut adalah 5 metode paling umum yang digunakan spammer dan bagaimana cara melawan mereka secara efektif.

1. Spam Komentar


Spam Komentar

Spam komentar sering dipakai untuk membangun backlink. Melalui software seperti ScrapeBox, spammer mencari mangsa untuk tumbal ‘bomb comment’ mereka.

Aturan apapun yang ada pada kolom komentar Anda, tak akan pernah digubris oleh spammer. Selama terkait dengan niche mereka, serangan pada kotak komentar akan selalu terjadi.

Lebih parah lagi jika blog dengan komentar tanpa moderasi, bisa dipastikan kolom komentar Anda akan penuh oleh ‘dagangan’ para spammer.

Imbasnya, khusus web self host, server jadi lambat dan Google bisa saja mencoret IP Gmail Anda karena notifikasi WordPress yang membludak dalam waktu singkat – dimana oleh Google terfilter sebagai spam.

Inilah cara menangkalnya :
  • Menambahkan plugin Google Recaptcha di setiap bagian website Anda termasuk halaman login, formulir kontak, dll.
  • Untuk blog WP, aktifkan plugin Akismet Anti-Spam.


2. Trackback Spam


Tracking (pelacakan) punya tujuan untuk memberi tahu webmaster tentang backlink yang masuk serta sumbernya.

Dengan kata lain, saat seseorang menautkan link mereka ke web Anda maka situs Anda menghasilkan tautan balik ke mereka.

Cara ini menguntungkan spammer. Jika pelacakan dibiarkan tanpa pengawasan, spammer dapat membuat tautan ke situs web Anda dari situs web mereka.

Situs Anda kemudian akan merespon dengan trackback. Setelah jalur balas terbaca di webmaster, mereka akan segera menghapus tautan ke situs web Anda - membuatnya seolah-olah Anda yang menautkannya.

Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah dengan menonaktifkan trackback dan pingback pada Pengaturan Diskusi di Dasbor WordPress.

Tapi perlu diingat, jika Anda menonaktifkan trackback maka sulit untuk mengetahui siapa yang menautkan link ke Anda kecuali Anda menggunakan alat analisis backlink, seperti BrandMentions.

Karena trackback basicnya adalah komentar, plugin Akismet bisa juga dipakai untuk melindungi situs web Anda.

3. Serangan SEO negatif


Serangan SEO negatif adalah jenis SPAM yang paling susah diantisipasi. Spam ini misinya adalah untuk memfitnah website Anda. Google akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang melakukan taktik BlackHat SEO.

Penurunan peringkat bisa terjadi secara mendadak. Ini sih biasanya ulah kompetitor yang ingin blog Anda nyungsep. Bisa melalui hack situs, atau mengirim link massal.

Meski algo Penguin 4.0 bekerja secara real time dan akan mengabaikan link spam, namun faktanya serangan SEO negative masih efektif.

Sayangnya, tak banyak yang bisa Anda lakukan.

Taruhan terbaik Anda adalah menggunakan Alat Penolakan dari Google Search Console untuk memberi tahu Google bahwa Anda tidak ingin link tersebut dihitung.

Nah… masalahnya disini Anda harus bisa menebak mana link yang bagus dan mana yang buruk bagi eksistensi blog Anda.

4. Spam Email


E-mail Spam sangat sulit dilawan. Tapi untungnya Google bisa membedakan mana surel yang riil dan yang nyampah, walau kadang email penting pun masih suka nylonong ke folder Spam.

Ada dua cara menangkal spam ke alamat surel Anda yaitu melalui formulir kontak dan direct e-mail.

Solusi # 1:

Masalah formulir kontak bisa diatasi menggunakan Captcha, seperti untuk Komentar dan Pelacakan SPAM.
Tapi salahnya, banyak situs memakai alamat surel seperti nama@domainanda.com di suatu tempat di situs mereka (baik itu di halaman kontak atau di bagian footer).

Jika Anda melakukan ini, maka e-mail Anda bisa otomatis terlempar ke daftar spam.

Solusi # 2:

Variasikan surel Anda seperti nama[@]domainAnda.com atau nama di domainAnda.com dan seterusnya.
Pilihan lainnya adalah menggunakan email bergambar. Meski risikonya pengguna akan kesulitan meng-copas alamat surel Anda.

Solusi # 3:

Jika banyak berlangganan mailist, Anda dapat menggunakan Unroll.me untuk meng-unsubcribe secara massal. Alat ini akan sangat berguna untuk menghentikan promo membabibuta para spammer.

5. Serangan Spider, Bot, dan DDoS


Bot atau spider adalah alat perayap dari mesin pencari. Mereka datang untuk menggali informasi tentang situs Anda.

Biarpun tak membahayakan tapi media ini bisa disalahgunakan orang untuk membebani bandwidth server, firewall, atau CPU Anda.

Namanya Serangan DDoS (Distributed Denial of Service). Trafik palsu sengaja dikirim ke situs Anda dalam waktu singkat dengan jumlah yang sangat besar.

Ada 2 solusi untuk masalah ini.

Solusi # 1

Untuk blog WP, silahkan install plugin keamanan yang benar-benar bagus misalnya WordFence. Plugin ini dapat melindungi web Anda dari hal-hal paling berbahaya, seperti serangan brute force, malware, atau upaya peretasan lainnya.

Bagi pemilik platform Blogger tak perlu kuatir. Pada setelan dasbor Blogger, Google telah menyediakan fitur HTTPS sebagai lapisan keamanan dengan teknologi terenkripsi untuk melindungi website Anda.

Solusi # 2

Gunakan Google Analytics untuk notifikasi tentang lonjakan lalu lintas yang terlihat mencurigakan.

Dari dasbor Analytics, buka Kustomisasi --> Lansiran Ubahsuaian. Di sana Anda dapat Mengelola Pemberitahuan dan Membuat Pemberitahuan baru. Atur nama Anda, pilih Hari untuk Periode, periksa pemberitahuan Email atau bahkan tambahkan nomor telepon.

Kemudian, pilih "Semua lalu lintas" dan "Sesi lebih besar dari" untuk kondisi peringatan.

Di bidang Nilai, Anda harus memasukkan perkiraan lalu lintas harian web Anda dua kalinya. Misalkan, pengguna harian 100 tulis saja jadi 200, atau misal 500 masukkan nilainya menjadi 1000, dan seterusnya.

Lansiran akan memberi tahu Anda setiap kali lalu lintas harian Anda berlipat ganda dari biasanya.

Cara Mengatasi Spam - Anti Spam

Cara Mengantisipasi SPAM (anti-spam)


Berikut rangkuman beberapa hal penting yang harus Anda lakukan untuk melindungi web dari SPAM :

Selalu gunakan Captcha

Dalam kondisi apapun, Captcha adalah garis pertahanan pertama terhadap SPAM. Tanpa itu, bot atau perangkat lunak apa pun dapat dengan mudah memposting sesuatu di situs Anda.

Untuk web yang terindeks dan dirayapi oleh Google, pastikan Anda memiliki semacam Captcha yang terpasang di formulir kontak, halaman login, dan bagian komentar.

Update terus software web Anda

Perangkat lunak website yang kadaluarsa sangat rentan terhadap serangan. Perbarui terus plugin yang sudah terinstal. Jangan lupa pula untuk menginstal plugin keamanan.

Jangan berlangganan mailist dengan email utama

Jika ingin mengunduh apapun di internet, gunakan alamat email yang tidak Anda gunakan setiap harinya. Pokoknya jangan email utama. Anda takkan pernah tahu siapa di balik form opt-in itu.

Pantau backlink Anda

Untuk mencegah situs dari serangan SEO negatif, pantau terus aktivitas tautan balik Anda. Waspadai setiap lonjakan backlink secara tiba-tiba yang menuju ke situs Anda.

Saya harap artikel ini bisa membantu Anda tetap aman dari SPAM. Jika ada pertanyaan atau saran, tinggalkan saja di kolom komentar.

SAY NO TO COPY PASTE. Thank’s dan wassalam.

1 komentar

click to comment!

1 Agustus 2018 05.38 Delete comments

ternyata di dunia maya ada cara kayak gini juga ya

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini