10 Tips Rahasia Riset Keyword Paling Efektif

Tips riset keyword paling efektif. Bagi sebagian orang SEO adalah teka-teki. Sementara riset kata kunci menjadi bagian penting dari serpihan puzzle itu.

Tips Rahasia Riset Keyword Paling Efektif

Jika konten Anda ingin terpapar di halaman page one, tempatkan riset keyword sebagai taktik SEO Anda. Jadi, sebelum konten dirilis pastikan Anda meneliti kata kunci yang Anda targetkan.

Andaikan berjalan dengan tidak benar, pemasaran konten bisa berantakan. Mematikan penjualan dan prospek online Anda (pada marketing bisnis).

Tips Riset Kata Kunci Paling Efektif


Dalam strategi online, untuk menentukan kata kunci terbaik Anda harus melihat lebih dalam tentang kiat-kiat apa yang membuat kata kunci menjadi lebih efektif.

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan :

1. Jangan Melawan Kompetisi


Saat nembak kata kunci, lihat daya saing dan kompetisinya. Di semua alat riset keyword hampir selalu ada opsi untuk mengecek persaingan pada kata kunci tertentu. Makin tinggi persentasenya, semakin kompetitif kata kunci itu.


Anda harus bisa mengukur diri. Misalkan blog Anda belum sanggup bersaing pada kata kunci yang Anda targetkan, jangan terlalu dipaksakan. Terlebih untuk golden keyword.

Bukannya melarang untuk bersaing. Tapi cobalah beralih ke kata kunci yang kurang kompetitif. Tampaknya itu jauh lebih mudah untuk merangkak ke posisi teratas.

2. Sesuaikan dengan niche


Online marketing sangat erat kaitannya dengan niche. Hebatnya internet adalah bahwa kebanyakan komunitas online yang ada dibangun sesuai dengan ceruk (niche) masing-masing.

Kata kunci yang berkorelasi dengan niche web Anda akan sangat membantu menarik lebih banyak prospek dengan konten yang pas dengan target audiens yang tepat.

3. Jadilah pemecah rekor


Tentukan keyword Anda dan tetaplah fokus pada kata kunci itu. Jangan takut jadi pemecah rekor.

Awalnya mungkin terdengar bodoh - mengulang kata kunci yang sama di setiap artikel. Tapi percayalah, cara ini jarang sekali dipakai para blogger. Mereka lebih sering menargetkan beragam kata kunci dalam setiap update artikel.

Mirip dengan prinsip sebuah iklan. Promosi yang digaungkan berulang-ulang bisa membuat orang hafal lalu kenal dengan produk yang dipasarkan. Konsep ini pun bisa Anda terapkan pada sebuah kata kunci.

Tanpa strategi kata kunci yang kuat, mustahil Anda sanggup bersaing dalam ketatnya kompetisi.

4. Pilih keyword ‘peraw4n’


Jangan berpikir negatif dulu. Semua orang suka originilitas, unik dan murni. Tak terkecuali kotak mesin pencari.

Jangan buang waktu mengejar kata kunci yang terlalu umum. Saat lalu lintas organik ke web Anda terasa macet, mulailah gunakan pendekatan yang tak biasa.

Ciptakan keyword unik. Pakai istilah asli milik Anda sendiri. Untuk menghadang persaingan, jadilah yang pertama.

5. Konfirmasikan ke Google Adwords


Sebelum memutuskan kata kunci Anda, uji dulu lewat kampanye AdWords. Pada tahap ini, saatnya Anda merogoh kocek.

Sedikit bocoran, bahwa hal yang luar biasa tentang Google Adwords adalah mereka praktis melakukan riset keyword untuk Anda.

Ketika kampanye berjalan, Adwords akan menyarankan semua kata kunci teratas yang ada dalam niche Anda. Hal ini secara langsung memberi Anda ide yang lebih baik tentang jenis kueri yang lolos algoritma penelusuran Google.

6. Periksa fluktuasi keyword di Google Analytics


Setelah kata kunci melebur dalam sebuah artikel, cek selalu bagaimana performanya. Pantau terus dengan melihat analitik untuk mengetahui berapa banyak trafik yang menuju ke situs web Anda – dari suatu kata kunci.

Dengan perangkat lunak Google Analytic, Anda harus bisa menggali ide yang lebih baik dari kata kunci teratas yang tampil di situs web Anda.

Dengan ini, Anda bisa menyesuaikan strategi SEO Anda selama berbulan-bulan dengan fresh keyword secara kontinyu dari kueri berkinerja terbaik.


7. Targetkan lokal


Khusus yang main bisnis online, sangat penting untuk menambahkan lokasi atau wilayah toko online Anda pada kata kunci yang paling sering digunakan. Misalnya, “jual beli laptop murah Karawang.”

Kata kunci Anda harus menjangkau audiens lokal untuk memberi tahu Google agar mengarahkan orang ke halaman lapak online Anda.

Penyertaan lokasi pada kata kunci adalah cara paling ampuh untuk menargetkan audiens lokal secara langsung.

8. Intip kompetisi kata kunci



Intip kata-kata paling kompetitif dan terpopuler. Program software SEO seperti Spyfu memungkinkan Anda melakukan riset kata kunci dengan menangkap sekilas kata-kata peringkat teratas pesaing Anda.

Ini berguna ketika Anda mengembangkan niche, karena konten populer memberi Anda indikasi yang baik tentang jenis kata kunci dan topik yang bekerja paling maksimal.

9. Uji kata kunci pada search engine


Sebelum Anda memutuskan kata kunci, lakukan ‘test water’. Ambil kueri dan kata kunci yang Anda idamkan lalu tautkan jangan hanya ke Google, tetapi boleh ke mesin pencari lain seperti Bing, YouTube, Yahoo, Ask, MySearch dan lainnya.

Anda mungkin akan terkejut menemukan bahwa kata kunci Anda dikoreksi atau muncul dengan kata berbeda. Cara ini membantu Anda menilai frasa kata kunci mana yang paling sering ditelusuri.

10. Telusuri frase sebuah kata kunci


Menurut definisi dari KBBI, frasa atau frase merupakan gabungan dua kata atau lebih yang sifatnya nonpredikatif.

Tapi dalam dunia SEO, bagi saya frase adalah modifikasi dari sebuah kata kunci. Semua orang rata-rata menggunakan kata kunci yang sama, karena semuanya berasal dari sumber yang sama.

Jadi akan sangat bagus mengumpulkan kata kunci yang paling sering ditelusuri orang. Meskipun itu sedikit melelahkan.

Strategi kata kunci SEO yang baik yaitu mengubah frase kata kunci terkecil Anda menjadi frase yang lebih panjang dan unik. Sekalipun frasa tersebut terlihat tidak begitu kompetitif.

Apakah Anda punya jurus rahasia riset kata kunci lainnya? Ayo bagikan lewat komentar Anda.

Kalo bermanfaat, silahkan share artikel ini. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

2 komentar

click to comment!

17 Juni 2018 08.14 Delete comments

boleh dicoba kang,, saat ini saya sedang menggiring pembaca ke blog seni,,karena saya menyukai seni maka blog adalah media untuk " meludah " pada pembaca walau kisaran saat ini hanya 70-100 pengunjung.. :D

Reply
avatar
6 Oktober 2018 06.31 Delete comments

Sangat bermanfaat sekali karena lagi ngurus website...

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan. Please bro, jangan nyampah !!

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini