Fitur & Trik Rahasia Youtube Paling Jarang Di Sentuh Orang

Fitur dan trik rahasia di Youtube. Bicara soal media sosial, mungkin Youtube masih kalah jika diadu dengan Facebook atau Twitter.

Meski dalam hal jangkauan pengguna, Youtube berada di posisi kedua setelah Facebook. Tapi di sisi lain Youtube juga merupakan mesin pencari kedua terbesar di belakang perusahaan induknya - Google.

Fitur & Trik Rahasia Youtube

Kebanyakan orang mampir ke Youtube hanya ingin nonton video. Atau, membuat channel untuk meng-upload rekaman video koleksi mereka sendiri.

Padahal di Youtube, Anda bisa melakukan banyak hal keren yang mungkin sebelumnya belum pernah Anda ketahui.

Apa saja itu? Mari mendekat,.. akan saya bisikkan untuk Anda beberapa tip dan fitur di Youtube yang kurang dikenal orang.

Fitur dan Trik Rahasia di Youtube


1. Mengubah video YouTube menjadi GIF


Gambar format GIF banyak yang suka, tapi sedikit yang bisa membuatnya. Padahal triknya hanya sedikit utak-atik URL Youtube, seperti di bawah ini :

Pilih video yang akan ditonton. Di bagian atas browser Anda, tambahkan kata "gif" tepat sebelum nama domain youtube, sehingga terbaca, "www.gifyoutube.com/[nama-video-anda]."

Anda akan dibawa ke halaman gifs.com, dengan video sudah diunggah dan siap diedit. Ada menu pilihan di sisi kiri dengan bilah waktu di sepanjang bagian bawah video Anda. Dari situ Anda bisa  mengatur durasi GIF, memotong bingkai, menambahkan caption, dan lainnya.

Mengubah Video Youtube menjadi GIF

Klik "Create GIF" di kanan atas. Masukkan judul GIF Anda lalu klik "Next". Tapi sebelum mendownload hasilnya, buat akun Anda terlebih dulu di situs tersebut.

2. Membuat link khusus video YouTube pada interval waktu tertentu


Dari Youtube Anda bisa mengirimkan cuplikan video atau bagian tertentu dari sebuah video sesuai keinginan Anda kepada teman melalui link khusus.

Berikut ini caranya:

Buka video lalu cari dan klik tombol "Bagi". Centang kotak di samping "Dimulai" lalu ketik waktu (dalam jam: menit: detik) yang Anda inginkan.

Membuat Link Khusus Video Youtube

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menjeda video untuk memulai pada waktu yang Anda inginkan dan bidang tersebut akan diautomatiskan.

Setelah beberapa saat, Anda akan melihat tag menambahkan dirinya di akhir URL tautan YouTube (dalam hal ini, ?t=50an). Salin link itu dan tempelkan di manapun Anda mau.

3. Melihat transkrip video orang dengan mudah


YouTube secara otomatis membuat transkrip tertulis untuk setiap video yang diunggah. Siapa pun memiliki akses ke transkrip tersebut kecuali pemilik video menyembunyikannya secara manual dari pemirsa.

Dan tahukah Anda jika transkrip video ini bisa berguna? Misalnya, jika Anda ingin menuliskan kutipan dari sebuah video tanpa perlu lagi mengetiknya.

Untuk melihat transkrip video :

Buka video di YouTube dan tekan tab "Lainnya" di bawah judul video. Dari menu drop-down. pilih "Transkrip". (Jika opsi ini tidak muncul, berarti pemilik video sengaja menyembunyikan transkrip tersebut.)

Transkrip Video Youtube

Transkrip akan muncul sebagai modul baru di jendela yang sama. Copy dan pastekan pada notepad untuk digunakan sewaktu-waktu.

Dalam banyak kasus, biasanya si peng-upload video tidak akan ngutak-atik transcribe secara manual.

4. Mengoptimasi video di hasil pencarian melalui transcribe


Baik YouTube maupun Google, melihat sejumlah faktor saat menentukan peringkat video, dan transcribe Anda adalah salah satunya.

Faktor peringkat yang lebih besar lagi adalah deskripsi video, karena itulah Konsultan Pemasaran Digital, Ryan Stewart menyarankan agar Anda juga menempelkan transcribe Anda ke kotak deskripsi.

Untuk menambahkan transcribe ke video Anda, buka video di YouTube. Anda akan melihat deretan ikon tepat di bawah tombol putar. Klik ikon bagian kanan paling kiri untuk "Subtitles / CC." (CC =Closed Captions.)

Subtitel/CC

Tentukan bahasa pada pengaturan yang tersedia. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih di antara tiga cara berbeda untuk menambahkan subtitel atau teks tertutup ke video Anda.

Upload transcribe teks atau file subtitle Anda. Tempel dalam transcribe full video, dimana timing subjudul akan diatur secara otomatis.

Transcribe Video Youtube

Ketik yang Anda inginkan saat video berjalan.

5. Share, kolaborasi, dan membuat playlist video


Sama seperti di situs Spotify and iTunes, di Youtube pun Anda bisa membuat playlist (daftar putar) yang bisa diatur secara private ataupun publik.

Untuk membuat playlist di desktop, klik ikon akun Anda di kanan atas, pilih "Creator Studio", lalu klik "Pengelola Video" di sebelah kiri, dan pilih "Daftar Putar".

Kemudian, klik "Daftar Putar Baru" di kanan atas dan tentukan apakah Anda ingin menyimpannya secara pribadi atau publikasikan ke publik.

Membuat Playlist Video di Youtube

Untuk membuat daftar putar di ponsel: Klik DI SINI untuk petunjuk yang menjelaskan cara membuat daftar putar baru menggunakan perangkat seluler iOS atau Android Anda.

Untuk menambahkan video ke playlist, saat Anda menontonnya, klik ikon "Tambahkan ke" di bawah judul video dan centang kotak di samping daftar putar yang Anda inginkan untuk menambahkannya

Cara Menambahkan Video Ke Playlist

Untuk menambahkan video ke daftar putar langsung dari halaman Playlist Anda, cukup klik "Add Video" dan tempelkan di URL video, pilih video dari daftar upload Anda, atau cari video di YouTube.

Setelah menemukan video yang ingin Anda tambahkan, pilih menu "Tambahkan ke" dari video itu dan tambahkan ke daftar putar.

Anda pun bisa berkolaborasi dengan teman pada playlist Anda. Caranya, aktifkan dulu tombol kolaborasi dalam playlist. Setelah aktif, siapa pun yang Anda bagikan link playlist nantinya mereka dapat menambahkan video ke daftar putar tersebut.

Untuk menambahkan teman ke playlist Anda, buka halaman Playlist pilih daftar putar yang ingin Anda ajak berkolaborasi.

Klik "Playlist Settings" dan pilih tag "Collaborate". Beralih pada setelan yang memungkinkan kolaborator menambahkan video ke daftar putar. Dari situ, Anda dapat mengiriminya tautan tempat mereka dapat menambahkan video ke daftar putar.

Youtube Collaborate

Tapi sebelumnya, pastikan teman Anda setuju untuk menjadi kontributor dan menyimpan daftar putar Anda ke akun mereka sendiri.

6. Cara mem-bookmark video di Youtube


Di YouTube, Anda dapat menyimpan video ke daftar putar "Tonton Nanti" untuk diakses kapan pun Anda mau.

Daftar putar "Tonton Nanti" beroperasi seperti playlist, jadi instruksinya identik dengan langkah pada poin ke-6. (kecuali untuk berkolaborasi).

Untuk menambahkan video ke daftar putar "Tonton Nanti", buka video di YouTube dan klik ikon "Tambahkan ke" di bawah judul video dan centang kotak di samping daftar putar yang ingin Anda tambahkan.

Fitur Tonton Nanti Youtube

Untuk mengakses video tersebut, cukup masuk ke beranda YouTube dan pilih "Tonton Nanti" dari menu di sisi kiri atas layar Anda.

Dari sana, Anda dapat menonton video yang Anda simpan, serta dengan mudah menghapus video dari daftar yang telah Anda tonton.

7. Membuat URL YouTube khusus Anda sendiri


Perlu diingat, pastikan Anda yakin ini adalah URL khusus yang Anda inginkan - karena setelah disetujui, Anda tidak dapat mengubahnya lagi, atau mentransfernya ke orang lain.

Selain itu, URL khusus ini nantinya juga otomatis akan ditautkan ke channel YouTube dan profil Google+ Anda.

Sayangnya, tidak semua orang memenuhi syarat untuk URL khusus. Untuk mendapatkannya, channel Anda harus memiliki 100 subcriber atau lebih, berumur 30 hari, telah memiliki ikon dan cover channel.

Untuk mengklaim URL khusus Anda, bukalah setelan akun YouTube Anda dan klik "Lanjutan" di bagian
nama Anda.

URL Khusus Youtube

Anda dinyatakan berhak mendapatkan URL khusus jika diminta untuk mengklaimnya melalui tautan yang diberikan oleh Youtube.

Pilih kotak di samping "Saya menyetujui Persyaratan Layanan". Kemudian, setelah Anda benar-benar yakin itu adalah URL yang Anda inginkan, klik "Ubah URL" untuk membuatnya menjadi final.

8. Menambahkan End-Screen dan Card untuk promosi konten


Agar pengalaman menonton terlihat lebih alami, kini YouTube telah mengganti anotasi dengan end-screen, di mana Anda dapat menampilkan call-to-action card yang lebih friendly secara visual dalam 30 detik di akhir konten Anda.

Begini cara menambahkan End-Screen :

Menambahkan End-screen di Youtube

  • Masuk ke Pengelola Video, klik "Edit", dari menu drop-down pilih "End screen & Anotasi".
  • Anda akan dibawa ke studio pembuat layar Akhir. Dari sana Anda dapat bermain-main dengan berbagai template dan background untuk menentukan tampilan layar akhir Anda.
  • Kemudian, klik menu "Add elements" untuk menentukan end-screen yang Anda inginkan.

Cara Menambahkan Kartu (card) :

Fitur card dipakai untuk mengiklankan produk di video atau link web yang ingin dipasarkan di YouTube. Saat pemirsa menyentuh tombol "i" di pojok kanan atas sebuah video, kartu akan diperluas untuk dipromosikan.

Untuk menambahkan kartu ke video YouTube, kunjungi Pengelola Video Anda, klik "Edit", lalu pilih "Kartu" dari menu drop-down.

Menambahkan Card di Video Youtube

Kemudian, pilih di video mana card tersebut ingin Anda munculkan, lalu klik "Tambahkan kartu" untuk memilih kartu ingin Anda promosikan.

9. Mengunduh efek suara bebas royalty di Youtube


Youtube memiliki trek audio library berkualitas tinggi serta efek suara 320kbps bebas royalty yang dapat Anda download untuk disematkan ke video Anda.

Untuk menambahkan efek musik atau suara ke video Anda, buka Pustaka Audio YouTube dengan membuka Creator Studio Anda, dengan mengklik "Create" pada menu di sisi kiri, dan pilih "Audio Library."

Youtube Audio Library

Anda bisa mencari efek suara sesuai dengan tema video Anda melalui menu search bar.

Jika beralih ke bar "Musik", Anda dapat menelusuri semua musik bebas royalti. Selain kategori, Anda pun bisa mencari berdasarkan genre, mood, instrumen, durasi, dan sebagainya.

(Catatan: Beberapa file musik mungkin memiliki link bersisi persyaratan tambahan yang harus Anda ikuti)
Setelah menemukan lagu yang Anda sukai, klik ikon tanda panah untuk mendownloadnya.

10. Menambahkan efek kreatif dengan Perangkat Tambahan YouTube.


YouTube telah menghilangkan sejumlah fitur beta yang tidak begitu populer, namun ada satu alat pengeditan yang masih cukup berguna yaitu Perangkat Tambahan.

Sembilan efek yang biasanya ada di software editing video pihak ketiga, sekarang bisa ditemukan di YouTube, antara lain :
  • Pengatur lampu dan warna fix otomatis
  • Menstabilkan gerakan kamera yang goyah
  • Slow motion
  • Time lapse
  • Cutting video
  • Rotate view
  • Filtering
  • Blur Custom
  • Blur Face

Untuk membuat perangkat tambahan ke video yang ada, klik ke Pengelola Video dan pilih video yang ingin Anda edit. Pilih ikon drop-down di samping "Edit" di sebelah kanan video, lalu pilih "Perangkat tambahan".

Jika Anda mengedit di komputer, tombol ini akan membuka semua sembilan alat di sebelah kanan video, di mana Anda dapat menambahkan berbagai perbaikan, filter, dan efek blur dan melihat preview-nya secara real time.

Khusus pada perangkat mobile, tak semua perangkat tambahan tersedia. Di smartphone dan tablet Apple dan Android, Anda hanya bisa memangkas, menambahkan musik, dan menerapkan filter.

11. Mainkan video YouTube di background perangkat mobile


Saat mendengarkan musik di YouTube melalui perangkat seluler, ada satu hal yang rada merepotkan yaitu Anda tidak dapat menavigasi keluar dari aplikasi.

Tapi sekarang, Anda bisa mendengarkan konten YouTube di latar belakang perangkat mobile. Inilah yang harus Anda lakukan:

Cara Menonton Video YouTube di background iOS

Buka Safari di perangkat seluler Anda, dan navigasikan ke video Youtube yang ingin Anda tonton. Putar video yang ingin Anda dengarkan, lalu ketuk tombol Home untuk menutup aplikasi Safari.

Kemudian, gesek layar utama Anda untuk masuk ke Action Center. Gesek ke kiri untuk menampilkan layar kedua di Action Center Anda. Rincian video yang Anda pilih di YouTube akan muncul, dan dari sana, cukup ketuk Play.

Cara Menonton Video YouTube di background Android

Buka Firefox atau Chrome di perangkat seluler Anda, dan navigasikan ke video yang ingin Anda putar. Ketuk menu "Settings" di pojok kanan atas (elips) dan pilih "Request Desktop Site."

Kemudian, mulailah memutar video di YouTube, dan tekan tombol Home untuk kembali ke layar awal ponsel Anda. Audio akan terus diputar di latar belakang saat Anda menggunakan aplikasi lain.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

1 komentar

click to comment!

17 Februari 2018 17.47 Delete comments

Wah keren ni mase, sempet bingung nyari anotasi gk ada ternyata udah di rubah pake kartu ya, senhkyu 😊

Reply
avatar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam
EmoticonEmoticon

 

temukan artikelmu disini