Ketahuilah! 5 Syarat Penting Bermain Multiblog

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:08 PM
Leave a Comment
Syarat bermain multiblog. Mengelola banyak blog boleh saja, asalkan disiplin. Karena sering dipakai blogger untuk mengais untung di internet, cara ini pada akhirnya menjadi rekam jejak buat blogger lain untuk menirunya.

Apa Anda salah satunya?

Tak perlu malu mencontoh kisah sukses orang lain. Selama itu positif, terjang terus jangan ragu.

Tapi jangan cuman modal nekad. Apalagi jika start awal Anda hanya berpijak pada monetisasi. Meski ada yang sukses, tapi tak sedikit yang mandeg di tengah jalan.

Nah, supaya waktu dan energi Anda tidak terbuang percuma lantaran ternak blog, ada 5 hal yang sepatutnya wajib Anda ketahui.

Apa saja itu? Nih…

Syarat Bermain Multiblog

5 Syarat Penting Mengelola Multiblog


Punya banyak blog bisa bikin pusing, stress, telat makan, kurang istirahat, dan kekacauan lainnya. Bukan bermaksud nakut-nakutin. Itu fakta dan resiko yang bakal Anda temui jika initial preparations Anda masih prematur.

Agar semuanya okey, tunaikan dulu semua syarat di bawah ini.

1. Waktu yang Cukup


Jika Anda seorang karyawan, pelajar, atau mahasiswa, lebih baik urungkan niat ini. Jika udah ngebet, urus saja satu blog dulu. Redam sejenak ambisi Anda untuk memiliki banyak blog.

Bermain multiblog butuh totalitas tinggi dan sangat menyita waktu. Makanya syarat ini sengaja saya tempatkan diurutan pertama.

Artinya, Anda harus punya banyak WAKTU dan pintar membaginya.

Sebab, momen kumpul keluarga, bermain, belajar atau pun refreshing akan tergeser oleh kesibukan Anda mengurus blog. Dan ini terjadi tanpa Anda sadari.

Schedule blogging Anda mesti tersusun dengan rapi.

Harus tahu kapan saatnya update, promosi, optimasi, membalas komentar dan lain-lain. Perlu komitmen serius agar blog-blog yang Anda asuh bisa berkembang secara adil.

Jadi, intinya adalah manajemen waktu. Jangan sampai jadwal ngeblog mendominasi rutinitas Anda sehari-hari.

Artikel terkait : Ternak Blog Bikin Earning Adsense Makin Menggila, Ini Tipsnya!

2. Planning Matang


Dengan bekal waktu yang cukup, langkah berikutnya adalah mengatur rencana (planning). Ini penting agar tiap-tiap blog punya track yang jelas dan terarah.

Buatlah rencana yang matang untuk hal-hal berikut ini :

Niche blog

Tentukan topik untuk tiap blog peliharaan Anda. Sesuaikan dengan kemampuan. Jangan memilih niche yang terlalu dipaksakan. Saran saya, jika Anda ‘single player’, jauhi niche gado-gado.

Susun label atau kategori untuk tiap niche. Hal ini untuk mempermudah Anda menemukan ide tulisan. Sukur-sukur Anda telah mempersiapkan draft artikel untuk setiap niche.

Nama domain dan platform

Nama domain dan platform - tergantung selera.

Karena multiblog, saran saya, gunakan nama domain yang unik, simple dan gampang diingat. Ngga SEO tak jadi masalah. Selama mudah diketik di address bar dan di search engine, it’s OK.

Mau pake platform blogger.. monggo. Wordpress…apalagi! Yang penting TLD, bukan domain gratisan.
Karena menyangkut profesionalitas, otoritas, kredibilitas, dan ‘tas-tas’ lainnya, bukan berarti blog domain gratisan tak boleh ikut bermain multiblog. Sekali lagi itu hanya saran terbaik.

Theme/template

Template punya andil besar untuk kemajuan blog. Dari sinilah terjadi interaksi antara robot Google, pengunjung, dan Anda. Baik buruknya koneksi yang terjalin tergantung dari theme yang Anda pilih.

Pintarlah memadupadankan antara niche dengan templatenya. Untuk itu, setidaknya Anda perlu sedikit memahami bahasa pemrograman sebuah template.

Yang milih jalur blogger, mulailah baca-baca tentang Javascript. Untuk pemain wordpress buka literature tentang pemograman PHP dan konco-konconya.

3. On-Cost (maksudnya “ongkos/biaya”)


Setelah poin 1 dan 2 terpenuhi, berikutnya Anda perlu mikirin soal duit yang mesti dikucurkan.

Ngeblog tak selalu identik dengan menulis. Ada beberapa aspek yang memerlukan suntikan dana agar blog bisa tumbuh dan cepat dikenal publik.

Untuk platform blogger, bayar domain per tahun itu sudah pasti. Bagi penganut Wordpress (self hosting) ongkosnya malah bisa 3x lipat karena nafas blog mereka ditopang oleh hosting.

Belum lagi biaya operasional penunjang lainnya, seperti koneksi internet, kampanye iklan, backlink premium, theme premium, jasa SEO, VPS, SSL, dll.

Ingat! Itu hanya biaya untuk membangun satu website. Akumulasi secara keseluruhan tergantung jumlah dan platform blog yang Anda kelola. Jadi, peliharalah multiblog sesuai isi dompet Anda.

4. Aturan Main


Inilah syarat paling menentukan. Sukses atau tidak, tergantung pola dan metode Anda menggerakkan blog-blog agar berjalan sesuai rencana.

Memang tak selamanya ternak blog berjalan mulus. Di beberapa kasus, grafik pengunjung multiblog tak selalu berkembang secara bersamaan. Blog A mungkin bisa bagus dan stabil, sedangkan blog lainnya stagnan tak ada perkembangan.

Itu jamak terjadi. Makanya, dalam beternak blog aturan mainnya harus tegas dan jelas. Tanpa kompromi.

Rule of game ini mencakup manajemen yang rapi dan valid pada setiap schedule-nya. Anda bisa merekayasanya sendiri atau mengadaptasi dari blogger lain.

Untuk masalah manajemen multiblog, telah saya siapkan artikel yang membahas hal itu secara lebih detil.
Silahkan bersabar. Tunggu 2-3 hari ke depan artikel akan siap terbit.

5. Punya Target


Macam-macam tendensi orang main multiblog. Branding, popularitas, sales, atau hanya sekedar koleksi dan hobi. Tapi intinya, semua bermuara ke income surplus.

Ngga ada yang salah dengan itu. Anda malah diwajibkan mengantongi target sebagai motor penggerak agar blog-blog Anda berjalan pada jalurnya.

Dengan target, Anda akan memiliki visi. Mendorong Anda untuk lebih kreatif dalam mencari dan menemukan ide menulis, kampanye produk, optimasi konten, promosi artikel, dan lain-lain.

Meski begitu, jika keempat poin di atas belum terpenuhi, target multiblog Anda akan tumpul. Berjalan tanpa nyawa. Rasanya akan sulit menembus goal yang Anda harapkan sebelumnya.

Itulah beberapa syarat penting yang harus Anda persiapkan sebelum mulai menjalankan program multiblog.

Semoga ada manfaatnya. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam