Apa sih Untungnya Menjadi Seorang Blogger?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:43 PM
4 comments
Keuntungan menjadi seorang blogger. Saat blog dirilis pertama kali sebagai jurnal online, tujuan awal seseorang menjadi blogger professional mungkin bukanlah uang.

Tapi sejak blogosphere berevolusi hingga sekarang ini, orang mulai ngeblog dengan berbagai latar belakang. Bahkan mereka bergerak pada jenis blog yang bervariasi – bisnis, stylish, fashion, food, dll.

Blogging memang aktivitas yang bisa dilakukan siapa saja. Mudah, murah dan cocok untuk semua orang.

Semakin berkembang, makin banyak manfaat yang bisa dipetik dari blogging. Itulah mengapa saya sarankan Anda untuk memulainya.

Keuntungan Menjadi Blogger

Manfaat dan Keuntungan Menjadi Blogger


Banyak alasan orang ngeblog dan bagaimana blogging itu bisa bermanfaat bagi kehidupan pribadi mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat dan keuntungan blogging.

1. Mengasah ketrampilan menulis


Menulis termasuk skil berharga tinggi. Meski ada anggapan penulis lahir dari bakat, tapi kebanyakan blogger memastikan bahwa seni komunikasi bisa dipelajari melalui praktik yang konsisten.

Seiring waktu, Anda akan terbiasa memperhatikan pilihan kata, struktur kalimat, gaya bahasa, dan copywriting. Dalam prosesnya, mempelajari cara menulis dengan baik dipastikan akan menyempurnakan kemampuan menulis Anda.

2. Menjadi pemikir yang lebih terorganisir


Menulis mampu membuka otak untuk mengatur pola pikir, me-recycle memori, mengubah frase, menghapus, mengedit, bahkan sampai mengubah prinsip Anda.

Itulah indahnya menulis.  Memberi banyak waktu untuk menganalisis koherensi dan logika di balik pemikiran Anda.

Pada akhirnya, semua latihan itu menjadi bagian dari proses mental berpikir Anda di kehidupan sehari-hari. Menjadikan Anda pemikir yang lebih baik.

3. Memiliki outlet emosional yang sehat


Hal ini terutama berlaku jika Anda mengelola blog personal. Sementara blog Anda mungkin tidak dimaksudkan sebagai "diary secret", namun tetap bisa berfungsi sebagai outlet emosional.

Studi menunjukkan bahwa menulis bisa membantu menyembuhkan orang secara emosional setelah mengalami pengalaman traumatis.

Sekalipun tulisan Anda mungkin tidak dianggap sangat traumatis, tapi menulis bisa menjadi cara untuk mengatasi kesulitan mental dan fisik dalam kehidupan.

Disiplin Diri

4. Mengembangkan disiplin diri


Blogging identik dengan disiplin, komitmen dan waktu. Jika ingin orang-orang ramai mengunjungi blog Anda, diperlukan beberapa tingkat pengelolaan organisasi dan waktu.

Makin banyak orang membaca, berkomentar dan share blog Anda, makin memupuk motivasi Anda untuk meningkatkan performa blog.

Itulah bentuk penguatan positif yang membuat kebanyakan blogger amatir beralih ke blogger profesional.

5. Menampung lebih banyak perspektif


Dalam proses mencari ide baru untuk postingan blog, blogger kerap terpengaruh dari berbagai perspektif yang berbeda.

Sama halnya ketika Anda berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki ide dan pendapat yang berlainan. Disitulah blogging membuka jalan untuk belajar dan memperluas wawasan Anda.

Dengan audiens yang sebagian besar dari internet, banyak cara baru untuk menemukan berbagai budaya, gaya hidup, proses berpikir, dan permasalahan kehidupan.

Hasilnya? Anda akan menjadi individu berpikiran terbuka dan berpengetahuan luas.

6. Mengontribusi hidup orang lain


Sebuah blog bisa membawa perubahan dalam kehidupan seseorang. Tak peduli apa yang Anda tulis atau diskusikan.

Akan selalu ada kemungkinan bahwa orang lain juga mengalami tantangan, dilema, atau situasi yang serupa.

Postingan Anda dapat terhubung dengan pembaca pada tingkat intelektual atau emosional.

Membantu mereka mengatasi situasi pelik, mengilhami orang untuk mencoba sesuatu yang baru, dan atau membuat keputusan untuk memperbaiki kehidupan mereka.

Jadi, jangan pernah merasa blog Anda tidak berarti. Bagi satu orang, mungkin itu menjadi katalisator yang bisa mengubah hidup mereka!

7. Memupuk kepercayaan diri


Sering merasa kurang pede? Cobalah mulai ngeblog. Apapun yang ingin Anda raih ada di sana.

Saat topik blog Anda menyentuh feel pembaca, dan mereka merespon lewat komentar, email, atau jaringan social, dari situ akan Anda rasakan sebuah dorongan positif.

Disitulah kesadaran potensi diri muncul. Anda akan merasa memiliki sesuatu yang penting untuk dikabarkan dan dibagikan ke dunia.  Menuntut Anda untuk sering berkomunikasi dengan pikiran Anda.

Memupuk Kepercayaan Diri

8. Menawarkan peluang baru


Blogging membuka banyak kesempatan karena blog dibaca oleh semua kalangan.

Jika sejak awal memiliki tujuan konkret (mis., menggunakan blog sebagai resume atau menawarkan diri sebagai pakar yang kredibel), tentunya Anda akan mengambil langkah untuk mencapai sasaran tersebut.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin diundang sebagai penulis tamu di website terkenal, menjadi pembicara di event workshop, atau memilih karir yang lebih Anda sukai sesuai bakat dan ketrampilan Anda.

Terakhir, job baru mungkin tidak berkorelasi langsung dengan blog Anda.  Tapi, blogging dapat membantu Anda mengembangkan sejumlah keterampilan yang dapat dipindahtangankan agar berhasil dalam lingkungan profesional.

Misalnya, banyak pengusaha butuh penulis, komunikator, ahli presentasi, pemikir kritis dan skill leader - semua itu efek samping dari menulis blog.

9. Berpotensi menghasilkan uang


Money blogging sedang trending akhir-akhir ini. Tak dipungkiri lagi, uang kini mendominasi pikiran para blogger perintis. Ceruk dengan ladang emas berlimpah.

Boleh saja Anda ngeblog dengan tanpa mempedulikan itu.

Seringkali orang memulai dengan satu blog, tapi setelah menimba banyak pengalaman akhirnya terbesit ide untuk membangun blog dengan niche lainnya.

Apapun titik awal Anda, blogging tetap berpotensi menghasilkan uang. Entah menjual space iklan, mereview produk, atau pun freelancer, blogging bisa menjadi side-income atau full-time business.

Kata akhir


Blogging adalah sebuah proses kesabaran. Meskipun Anda tentukan deadline-nya, jangan pernah menyerah saat blog belum menunjukkan sensasinya.

Rata-rata butuh waktu minimal 6 bulan untuk mulai menarik trafik yang layak.

Seiring teknologi internet yang semakin mendarah daging, manfaat blogging atau membangun situs web tak bisa lagi diabaikan.

Menjadi blogger tak perlu gelar ilmu komputer atau pengetahuan HTML.

Software seperti WordPress.org dan ratusan panduan "bagaimana memulai blog" di Google, telah membuat semuanya jadi lebih sederhana dan mudah. Anda hanya butuh waktu tak lebih dari 15 menit.

Ambil blog sebagai tantangan untuk membuktikan apa yang dapat Anda capai di bidang baru.
Ingatlah salah satu kutipan tokoh favorit saya :
"Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam" – Bung Karno

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

4 komentar:

  1. Yap mas, Menulis itu bisa meluapkan emosi dalam hati. Namun sebagai manusia, hanya saat senang mood menulis bagus dan lancar menulis. Saat patah hati ya bakal down lagi ide nulis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah,.klo keseringan patah hati, ngga nulis2 dong mas?

      Hapus
  2. Point ke 9 memang cukup menggiurkan, berpotensi menghasilkan uang buat yang sungguh-sungguh dan telaten..
    Terimakasih mas teguh, post mu menyadarkan ku akan emosi dalam jiwa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. poin 9 sebenarnya bukan keuntungan sih, mungkin lbh tepatnya keberuntungan,..kn ga semua blogger bisa bernasib sama,..
      ketahuan nih mas Kojek, emosi dolarnya sedang menggelora

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam