Wejangan Praktisi Blogging Dunia untuk Blogger Pemula

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:07 PM
18 comments
Tips dan cara membangun blog dari praktisi blogger dunia. Ada yang bilang blogging adalah perpaduan seni dan sains. Jika ini benar (kayanya sih iya), tak ada lagi ‘cara paten’ dalam blogging yang benar-benar bisa bikin orang sukses.

Dengan jutaan orang yang terlibat di industri ini, maka wajar jika tiap orang punya metode sukses menurut versinya sendiri. Sebab, masing-masing punya corak.

Bagi blogger pemula, menemukan style blogging memang sedikit sulit. Perlu kiblat sebagai pengarah yang bisa menunjukkan tips dan cara blogging yang benar.

Tempo hari pernah saya tulis kumpulan tips SEO dari pakar search engine dunia. Sebagai kelanjutannya, saya rangkum lagi tips dari ahli blogging kelas wahid yang pastinya berguna bagi Anda khususnya blogger pemula.

tip blogging para blogger dunia untuk pemula

Kumpulan Tips Blogging untuk Blogger Pemula


1. Dapatkan ide dari pembaca

“Buat postingan paling menarik sebagai jawaban dari pertanyaan orang yang Anda libatkan di media sosial.” Dave Larson, founder @tweetsmarter.

tip blogging dave larson

Dengan cara ini Anda bisa menemukan dan mengumpulkan gagasan tentang topik yang paling ingin dibaca orang.

Jadilah blogger responsif. Lihat dan perhatikan apa yang sedang terjadi, khususnya di dunia sosial media.

Biasakan nongkrong di forum, group atau komunitas sesuai topik Anda. Baca dan filter pada thread dan pertanyaan dari komentar para member dan segera buat postingannya lalu share.

2. Pahami audiens Anda

“Pahami audiens Anda melebihi mereka mengerti diri mereka sendiri. Pada awalnya butuh banyak riset dan harus selalu menjadi leader pada group yang Anda kelola. Tapi semua itu akan terbayar.” Brian Clark, founder and CEO, Copyblogger.

tip bogging brian clark

Memahami pembaca adalah awal terbaik sebagai bekal menulis. Anda akan tahu konten apa yang cocok dan dibutuhkan oleh mereka.

Teknik yang pas untuk melakukan ini adalah dengan lebih dulu meminta.  Bisa lewat pooling, survey, atau postingan di Twitter, Facebook atau LinkedIn dengan kutipan menarik.

Jika responnya positif, itulah topik yang bagus untuk ditulis.

3. Tulis terlebih dahulu

“Yang terpenting nulis dulu. Abaikan fakta bahwa orang lain akan membaca apa yang Anda tulis. Fokus pada pikiran, gagasan, pendapat dan cara menerjemahkannya ke dalam kata-kata. Tulislah dan pembaca pun akan datang.” Adii Pienaar, founder PublicBeta.

tip blogging adii pienaar

Ini adalah pengalaman Adii Pienaar dalam menulis. Yang pertama dikejar adalah kepuasan pribadi. Dia berhasil membangun blog lewat cara yang tak terduga.

Daya tarik dan respons audiens terhadap postingannya, bukan alasan utama. Baginya, apa yang telah diterbitkan lebih banyak untuk dirinya sendiri.

4. Bangun daftar email Anda

“Mulai buat daftar email Anda di hari pertama. Biarpun tak  ada rencana menjual apapun, dengan mailing list Anda bisa mempromosikan konten baru Anda ke audiens secara langsung tanpa khawatir tentang peringkat pencarian, Facebook EdgeRank, atau penghalang komunikasi online lainnya.” Kristi Hines, penulis lepas dan blogger profesional.

tips blogging kristi hines

Lakukan eksperimen dengan menawarkan daftar email ke pembaca dengan format bahasa yang berbeda. List email diyakini bisa meningkatkan pelanggan konten Anda. Para pelaku marketing percaya itu.

5. Cintai pembaca Anda 

“Cintai pembaca yang sudah kamu miliki. Banyak blogger terobsesi mencari pembaca baru tapi mengabaikan pembaca setianya. Carilah new audiens saat waktu luang. Buktikan bahwa Anda menghargai  pembaca lama yang telah punya andil membesarkan blog Anda.” Darren Rowse, founder ProBlogger.

tip blogging darren rowse

Dua fakta tentang blog. Pertama, dia adalah sebuah platform teknologi. Kedua, ini adalah harapan bagi kebanyakan orang bahwa mereka akan mendapat konten aktual sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Sama seperti koran. Pembaca tidak melihatnya sebagai lembaran kertas yang dikirimkan setiap pagi. Tapi lebih sebagai informasi berharga tentang hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

6. Konsisten

“Konsistensi adalah salah satu hal penting yang sering dilupakan blogger. Lebih mudah kehilangan trafik dibandingkan membangunnya kembali. Jadi pastikan Anda konsisten.” Neil Patel, founder KISSmetrics.

tip blogging neil patel

Studi oleh Hubspot menunjukkan bahwa konsistensi blogging mengarah pada tingkat pertumbuhan pelanggan yang lebih tinggi.

Selama rentang dua bulan, bisnis yang menerbitkan entri blog secara reguler (lebih dari sekali seminggu) meningkatkan pelanggan dua kali lebih cepat dari pada yang menambahkan konten sebulan sekali.

7. Bagikan ilmu Anda

“Jangan takut memamerkan apa yang Anda ketahui. Umumnya blogger menahan good stuff karena takut berbagi "resep rahasia". Saat orang memiliki akses internet kecepatan tinggi, tak ada yang namanya rahasia.” Jay Baer, penulis Youtility.

tip blogging jay baer

Bagikan pengetahuan yang Anda miliki. Ebook, PDF, video tutorial, atau apa saja. Saya sangat tertarik oleh ungkapan Jay Baer, “snack information to sell food knowledge”.

8. Jujurlah pada  voice-mu

“Tetap loyal pada diri dan voice-mu. Orang tak peduli mem-follow situs, mereka lebih peduli mem-follow personality Anda.” Chris Pirillo, founder and CEO, LockerGnome.

tip blogging chris pirillo

Menurut Jeff Goins, author voice  adalah penting bagi blogging meski tidak terlalu tampak.

Menulis bukan tentang memilih topik yang tepat. Ini tentang menemukan ‘suara’ Anda. Yang penting, bukan berapa banyak yang Anda katakan, tapi lebih ke proses dan caranya.

9. Investasi adalah alasan utama

“Berinvestasi dalam blogging butuh ROI untuk waktu yang lama. Web adalah tempat yang luas dan ‘berisik’. Mustahil sukses kecuali Anda bersedia menginvestasikan lebih banyak waktu. 
Jika Anda mencari ROI jangka pendek, atau ingin cepat terkenal, blogging adalah pilihan yang salah. Tapi jika Anda mampu bertahan selama bertahun-tahun tanpa hasil dan terus belajar, iterate, dan memperbaiki diri, Anda bisa mencapai sesuatu yang luar biasa.” Rand Fishkin, CEO Moz.

tips blogging rand fishkin

Rand berbagi visi hebat ini dari pengalaman blog travelling istrinya, Everywhereist. Dia menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat ROI secara nyata dan memuaskan.

10. Tulis headline yang menarik

“Seberapa pun hebat konten Anda, takkan berarti kecuali judulnya menakjubkan. Hanya sepersekian detik bagi orang untuk memutuskan apakah mereka harus mengklik pos Anda. Dan headline Andalah penentunya. Judul utama penting agar orang mudah membagikan pos Anda. Buat headline Anda SPUB (simple, power, useful,  dan berani).Dave Kerpen, penulis dan CEO Likeable Local.

tip blogging dave kerpen

Konten hebat sekalipun bisa ‘tumbang’ oleh kekuatan headline yang bombastis. Inilah dinamika yang kini sedang terjadi di area mesin pencari dan social media. Tak percaya? Buktikan sendiri.

11. Jadilah Diri Sendiri

“Tak ada aturan khusus dalam blogging. Saat memulainya, saya banyak belajar dari blogger berpengalaman yang sukses di industri ini. Pelajaran terbaik yang saya dapat adalah dengan menjadi diri saya sendiri. Tidak harus terlalu "profesional" atau menggunakan "kata-kata bijak" untuk membuat orang terkesan.

Dengan menjadi diri sendiri, saya lebih banyak menulis dan lebih menikmati prosesnya. Jika Anda lihat penulis paling sukses seperti Seth Godin dan Chris Brogan, Anda akan melihat bahwa mereka berbeda dan unik dengan caranya sendiri.” Aaron Lee, manajer media sosial, pengusaha dan blogger.

tip blogging aaron lee

CEO Moz, Rand Fishkin setuju bahwa pentingnya telling story tentang bisnis Anda, melawan arus dari formula blogging yang sukses.

Emosi dan mendongeng telah menjadi cara berkomunikasi satu sama lain dan mengilhami tindakan selama ribuan tahun.

12. Jaga postingan tetap pendek

“Pelajaran terbesar yang saya pelajari di tahun terakhir saya blogging. Buat postingan dengan durasi baca antara 1-2 menit.” Derek Sivers, founder Wood Egg.

tip blogging derek sivers

Menentukan durasi terbaik untuk postingan blog memang rada rumit. Umumnya butuh minimum 300 kata untuk indeksasi search engine.

Derek Sivers mengamati postingan pendeknya lebih diterima oleh pembaca dan lebih banyak di-share, dibandingkan pos yang lebih panjang.

Hadirkan satu per satu gagasan Anda, dan biarkan orang lain membangunnya.

Menurut grafik Chartbeat, banyak pengunjung situs malas scrolling halaman. Rata-rata hanya membaca tak lebih dari 60 persen. Itulah sebabnya postingan pendek dan tajam bisa bermanfaat.

13. Buatlah post worthy of reference

“Sebelum memposting, satu hal yang selalu saya ingat adalah apakah ada yang akan “mengutip” ini karena alasan apapun? 
Postingan sama seperti hasil riset. Memberi gagasan dan temuan baru bagi orang lain. Pastikan setiap post memiliki original lesson atau item yang dapat ditindaklanjuti, sehingga membuatnya "pantas" berada di web.” Gregory Ciotti, ahli strategi pemasaran di Help Scout.

tip blogging gregory ciotti

Saat menulis, arahkan pola pikir Anda untuk menjawab pertanyaan ini dengan jawaban YA : "apakah akan ada yang membagikan artikel ini ke teman?"

Ini adalah proposisi yang sangat sederhana. Hampir seperti batas tak terlihat yang harus dilewati. Anda perlu menyempurnakan postingan sampai level ini tercapai.

Akhir kata


Petik setiap ilmu dari blogger sukses yang pernah Anda kunjungi. Kumpulkan apa yang telah mereka ucapkan. Rangkum jadi satu dan pilah, mana yang paling sesuai dengan pandangan Anda.

Saya yakin ada banyak lagi tips bagus di luar sana tentang cara membangun blog. Yang mana favoritmu ? Terserah. Tunggu episode saya selanjutnya.

Moga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

18 komentar:

  1. mantap gan bisa d jadiin pedoman buat blog :D

    BalasHapus
  2. moga sukses blog nya mas davied

    BalasHapus
  3. wah wah wah keren banget gan lengkap lagi hahah nambah ilmu ijin sedot ilmu nya ya gan

    BalasHapus
  4. sedot terus sampai kembung,..he he..thanks mas rubi..sukses blognya

    BalasHapus
  5. kalao sayah pas bikin memang coba - coba kang. jadi pas jadi ga mikir ini itu. karena baru pertama bikin seneng ajah pas jadi.
    Hanya sekarang kang jadi susah. Jadi betu kang isntinya harus dipikir dengan matang dulu dalam membuat blog tidak hanya pembaca penulispun enak mengelolanya.
    Artikel yang mencerahkan kang

    BalasHapus
  6. terima kasih mang, senang bisa berbagi, itulah tujuan kita ngeblog..moga sukses blognya

    BalasHapus
  7. Kalau saya lebih suka teknik ATM: Amati, Terima, dan Modifikasi. Artinya kita belajar dari mengamati, mau menerima masukan dan suatu jalan yang baik untuk menjadi blogger yang baik, dan memodifikasi semua yang didapat agar lebih baik lagi. karena pada dasarnya menjadi blogger dan membuat blog itu kurang lebih sama cita-cita awalnya, yaitu ingin belajar, menuliskan (berbagi), menjalin persahabatan, dan kalau bisa mendapat keuntungan dari itu semua. sisanya yakin, sabar, dan mau berusaha. karena dalam dunia blogging tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan.

    BalasHapus
  8. saya terima dengan terbuka saran dari mbah dinan..makasih mbah sudah memberikan kritik yang membangun untuk blog ini..salam sukses

    BalasHapus
  9. ha ha ha..bisa aja mang aduls..

    BalasHapus
  10. Makasih saran dan penjelasannya.....saya masih newbie banget soal blogging, mohon dengan sangat untuk memberikan advice dan motivasi untuk saya sehingga gak nyasar... hahha

    BalasHapus
  11. ah mbak nanik bisa aja..kita sama2 newbie mbak..hidup newbie...thanks udah mampir ya mbak..moga sukss blognya

    BalasHapus
  12. Harta karun berharga dari para expert.. Terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama bung Cepi,..moga sukses terus ya blognya
      saya liat lgi banyak proyek nih kayaknya?...bagi2 lah he he he

      Hapus
  13. Ok mas teguh, poin 21 eh maaf 12 itu kadang sebagian tingkat pencarian terbaik pada postingan panjang, boleh 1000 kata atau lebih, namun kadang Saya juga merasakan hal yang sama , lho kenapa post yang cuma iseng nulis dan berisi tips yang minim pula dan hanya 300 kata banyak yang cari.

    Maunya ada maksud dipanjangin itu postingan namun dipikir-pikir ide dan isi sudah konrit jadi dibiarin pendek saja.

    thank mas , artikel yg penuh inspirasi buat Saya juga Bloger lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. persis dg saya mba, klo udh terbiasa nulis artikel panjang, biasanya emang begitu, rada risih klo tulisan masih cekak,..
      jdi semua kembali pada kebiasaan blogger itu sendiri, mana yg pas, ya lanjutin aja,

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam