10 Ciri-ciri Entrepreneur Sejati, Adakah Di Dirimu?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:58 AM
Leave a Comment
Tahukah Anda ciri-ciri seorang entrepreneur? Atau Anda merasa punya bakat sebagai wirausaha atau pengusaha? Wiih, mantap dong.

Begini…

Menjadi entrepreneur sejati butuh lebih dari sekedar ide dan visi. Mereka adalah mahluk langka. Ini adalah orang dengan ciri khas, keterampilan dan karakteristik unik.

Sosok yang mampu mencari dan mencuri peluang demi mengejar impian meski dalam kondisi ‘tercekik’. Tapi apa hanya itu atributnya? Apa yang dibutuhkan untuk menjadi pengusaha sukses?

Seringkali kita membaca buku panduan pengusaha untuk menelusuri apakah kita punya “E-Factor” atau tidak. Faktanya adalah bahwa tak ada jawaban yang benar atau salah. Formulanya masih samar-samar.

Tapi bukan berarti ciri-ciri entrepreneur yang sukses secara spesifik tak bisa diklasifikasikan.

ciri-ciri entrepreneur

Ciri dan Karateristik Entrepreneur


Menurut hasil studi ilmiah, berikut adalah karateristik yang menunjukkan bakat lahir seorang kandidat wirausaha sukses.

#1 Orientasi pada tujuan (goal-oriented)

Semua pengusaha selalu punya tujuan untuk dicapai. Mereka bertekad untuk membuat bisnis mereka berhasil dan siap bertarung menghadapi rintangan yang mungkin menghadang.

Skema permainan mereka cenderung taktis dan strategis. Dalam pikiran selalu tersimpan gagasan nyata tentang target dan bagaimana planning untuk mencapainya.

#2 Komitmen pada bisnis (committed to business)

Sulit rasanya menaklukkan jiwa seorang entrepreneur sejati. Mereka melihat kegagalan sebagai peluang untuk kesuksesan di masa depan,

Saat gagal untuk pertama kalinya, sang entrepreneur akan tetap berkomitmen pada bisnis mereka. Terus mencoba dan mencoba lagi sampai berhasil. Pengusaha sejati tidak akan pernah mau menerima jawaban kata “tidak”.

#3 Selalu terlibat langsung (hands-on)

Secara inheren, karateristik entrepreneur adalah proaktif. Tahu bahwa jika sesuatu benar-benar perlu dilakukan, mereka harus dan akan melakukannya sendiri.

Mereka 'pelaku', bukan pemikir. Cenderung memiliki standar yang sangat ketat.

Entrepreneur melihat bisnis sebagai refleksi diri mereka sendiri dan suka menjadi bagian integral dalam operasional sehari-hari, bahkan ketika mereka seharusnya tidak perlu melakukannya.

#4 Tumbuh dengan pasti (developed with certainty)

Selain mengembangkan bisnisnya, entrepreneur juga selalu konsisten dengan itu.

Semua pengusaha tentu paham, roda bisnis tak selamanya berjalan mulus. Ada saja kesalahan dalam berbisnis. Tapi sebagai leader perusahaan dan penentu semua keputusan, sikap tenang dalam situasi tertentu adalah mutlak dan penting.

Pengusaha sejati tahu hal ini.  Mereka diam-diam tumbuh dan berkembang menjawab setiap tantangan.

#5 Mencari peluang memperbaiki diri (looking for opportunities)

Setiap pengusaha sadar bahwa setiap momen atau situasi adalah peluang bisnis. Mereka terus menghasilkan gagasan baru dan inovatif.

Mereka punya kemampuan melihat segala sesuatu di sekitar mereka dan fokus pada tujuan dalam upaya memperbaiki bisnis mereka.

#6 Berani mengambil risiko (ready to take risks)

Seorang pengusaha sejati tidak mengajukan pertanyaan, “apakah saya akan berhasil atau tidak?

Mereka benar-benar yakin akan melakukannya. Keyakinan ini memancar dalam semua aspek kehidupan. Karena prinsip bisnis yang kuat, mereka tidak pernah takut mengambil risiko demi sebuah kemenangan.

#7 Mendengar dan belajar (listen and learn)

Bagian terpenting dalam belajar adalah mendengarkan - dan seorang pengusaha yang baik akan melakukan ini secara totalitas.

Dalam dunia bisnis, mendengar adalah strategi untuk mengumpulkan input positif guna menentukan keputusan terbaik. Entrepreneur lebih suka menampung informasi sebelum melangkah ke action bisnis.

#8 Memiliki keterampilan hebat (great skills)

Sosok wirausaha atau pengusaha memiliki kemampuan komunikasi yang kuat. Inilah kekuatan mereka dalam menjual produk atau layanan secara efektif kepada klien dan pelanggan.

Mereka juga seorang naturally leader dengan kemampuan memotivasi, menginspirasi dan mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka.

#9 Kreatif 

Inilah salah satu sifat yang membuat pengusaha bisnis memiliki ‘bucket load’. Mereka tidak hanya mampu menghasilkan gagasan cerdik, tapi juga mengubah gagasan itu menjadi keuntungan.

Sesuatu yang menurut orang awam terlihat sepele, di tangan entrepreneur sejati bisa disulap jadi sebuah komoditi bernilai bisnis tinggi. Ngeriii…

#10 Bergairah dan berpikir positif (passionate and positive thinking)

Gairah barangkali adalah sifat terpenting pengusaha sukses. Mereka benar-benar mencintai pekerjaan mereka dan rela kerja lembur untuk membuat bisnis mereka berkembang.

Seorang wirausaha begitu menikmati pekerjaannya. Bagi mereka, uang hanyalah sarana, yang terpenting adalah prosesnya.

karateristik entrepreneur

Akhir Kata


Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah panggilan, bukan pekerjaan. Begitu Anda merasa terpanggil, maka tak ada satu pun di dunia ini yang bisa menghentikan Anda.

Sangat sedikit orang yang beruntung dilahirkan dengan semua karakteristik ini. Namun kabar baiknya, semua itu dapat dipelajari. Ada webinar, seminar dan buku yang bisa Anda masuki untuk mempelajari aturan menjadi entrepreneur hebat.

Tanamkan kepercayaan diri untuk menghadapi tantangan baru setiap hari. Asah kemampuan menjual gagasan untuk mendirikan bisnis.

Ciri-ciri dan karakter entrepreneur sejati harus penuh semangat dan tekad untuk menghasilkan perbedaan.

Yang paling penting, seorang pengusaha harus sabar dan telaten dengan ide untuk memaksimalkan hasil. Juga harus cukup pintar untuk menimbang, kapan memulai dan kapan harus menutup startup karena waktulah yang  memainkan peran utama.

Mau jadi pengusaha? Temukan ciri-ciri entrepreneur dalam jiwa Anda!

Tunggu episode saya selanjutnya. Thanks dan wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam