Sepenggal Kisah Jack Ma - Si Kurus Pendiri Alibaba

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:02 PM
Leave a Comment
Biografi seorang Jack Ma. Sosok pencetak IPO (Initial Public Offering) terbesar sepanjang sejarah. Atas prestasinya itu, sebagai pendiri Alibaba kini dia dinobatkan sebagai manusia terkaya di daratan China.

Ma telah mengantongi sekitar $ 25 milyar dari 7,8% sahamnya di Alibaba dan hampir 50% sisanya dari layanan Alipay.

Kisah hidup Jack Ma banyak menginspirasi pelaku bisnis dunia.

Bagaimana dia tumbuh di lingkungan komunis China, dua kali gagal ujian masuk perguruan tinggi, ditolak melamar kerja di puluhan perusahaan (termasuk di KFC) sampai akhirnya mendulang sukses dengan perusahaan ecommerce ketiganya, Alibaba.

biografi jack ma - pendiri Alibaba.com

Siapa Jack Ma?


Nama aslinya Ma Yun, lahir 15 Oktober 1964 di Hangzhou, wilayah tenggara China. Dia memiliki kakak laki-laki dan adik perempuan.

Bersama saudaranya, Ma tumbuh saat China masih dikuasai komunis. Terisolasi dari dunia Barat membuat keluarganya tidak memiliki banyak uang.

Waktu muda tubuh Ma sangat kurus. Biarpun begitu, dia kerap berantem dengan teman sekelasnya. "Saya tidak pernah takut lawan yang lebih besar dari saya," kenangnya.

Hobinya sama seperti anak lainnya. Suka mencari dan mengadu jangkrik. Bahkan dia sangat lihai membedakan ukuran dan jenis kriket hanya dari suaranya.

Saat Presiden AS, Richard Nixon berkunjung ke Hangzou tahun 1972, banyak turis berdatangan ke kampung halaman Ma.

Sejak itu, mulai pagi sampai sore Ma rajin keliling ke berbagai hotel menawarkan tur kota kepada para wisatawan.

Imbalan yang dicari bukanlah uang. Dia hanya minta diajarin bahasa Inggris oleh pelancong yang dipandunya. Julukan "Jack" didepan namanya pun didapat dari turis yang telah akrab dikenalnya.

biografi sukses jack ma - masa muda
source image : 60 minutes

Ma berpikir, tanpa uang dan koneksi harapan dia satu-satunya adalah pendidikan. Setelah lulus SMA dia coba melamar kuliah - namun usahanya dua kali gagal saat ujian masuk.

Karena ngotot, akhirnya dia lulus pada percobaan ketiga dan resmi menjadi mahasiswa di Hangzhou Teacher's Institute. Di tahun 1988, Jack Ma berhasil merampungkan studinya dan mulai melamar pekerjaan sebanyak mungkin.

Sayangnya, lusinan penolakan dia terima termasuk dari KFC - sebelum akhirnya ia dipekerjakan sebagai guru bahasa Inggris. Di kampus, Ma adalah sosok yang disukai murid-muridnya. Sangat mencintai pekerjaannya meski dibayar $ 12 sebulan di universitas setempat.

Jack Ma dan Prestasi Gemilang Alibaba.com


Ma mengaku gaptek komputer dan coding. Ia terpikat internet pertama kali saat perjalanan bisnisnya ke AS pada tahun 1995. Saat itu, pencarian online pertamanya adalah kata “bir”.

Dia sedikit heran kenapa tak ada bir Cina yang muncul dalam hasil pencariannya. Sejak itulah ia punya rencana mendirikan perusahaan internet untuk China.

Memang dua usaha pertamanya gagal. Hingga empat tahun kemudian, ia negoisasi 17 teman di apartemennya dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi pada visi pasar online yang dia sebut "Alibaba."

Situs ini awalnya dirancang dalam upaya merekrut banyak eksportir untuk memposting daftar produk yang bisa dibeli konsumen secara langsung.

Seperti ketiban bulan, secara cepat layanan ini mulai menarik banyak anggota dari seluruh dunia.

Pada bulan Oktober 1999, Alibaba telah mengumpulkan $ 5 juta dari Goldman Sachs dan $ 20 juta dari SoftBank, sebuah perusahaan telekomunikasi Jepang dan beberapa perusahaan teknologi juga turut berinvestasi .

Tim kerja rekrutan Jack Ma terkenal sangat solid dan siap tempur. "Kita harus berhasil karena kita masih muda dan jangan sekalipun pernah menyerah," kata Ma pada setiap momen rapat bersama karyawan.

Alibaba layaknya 'rumah kedua' bagi Ma. Pada momen laba pertama perusahaan, Ma membagikan sekaleng Silly String dan merayakan kegembiraan bersama para karyawannya.

Pada awal tahun 2000, ada ritual unik ketika perusahaan Taobao (pesaing eBay) baru mulai ia dirikan. Untuk menstabilkan energi positif, semua tim diwajibkan handstands saat istirahat.

biografi jack ma- ritual handstands karyawan alibaba
source image : 60 minutes

Dan di tahun 2005, Yahoo menginvestasikan $ 1 miliar di Alibaba dengan pembagian 40% saham di perusahaan tersebut. Ini jelas kucuran dana investasi besar bagi Alibaba saat mereka sedang mencoba mengalahkan dominasi eBay di China.

Jiwa Dermawan Jack Ma


Tak disangka, Ma mengundurkan diri dari jabatan CEO pada tahun 2013, meski tetap menjabat sebagai chief executive hingga Alibaba go public pada 19 September di tahun yang sama.

"Hari ini apa yang kita dapatkan bukan uang. Tapi kepercayaan dari rakyat," kata Ma kepada CNBC.

Sebagai perusahaan yang terdaftar di AS, IPO $ 150 miliar merupakan penawaran terbesar dalam sejarah New York Stock Exchange.

Ini juga membuat Ma dijuluki orang terkaya di China dengan taksiran kekayaan mencapai $ 25 miliar. Untuk merayakan momen itu, pesta besar diadakan di markas perusahaan Hangzou.

Pada sebuah konfrensi pers, Ma berpesan agar karyawannya memanfaatkan kekayaan baru mereka untuk menjadi "sekelompok orang mulia yang membantu orang lain untuk menjadi lebih baik dan bahagia."

IPO mungkin membuat Ma kaya raya, tapi dia tetaplah pribadi dengan hobi yang sederhana.

"Saya pikir dia tak banyak berubah, gayanya masih seperti yang dulu," kata Xiao-Ping Chen, seorang teman karib Ma, kepada USA Today.

Dia masih suka membaca, menulis fiksi kung fu, main poker, meditasi, dan berlatih tai chi. Bahkan pernah suatu kali Jet Li diajak kerjasama untuk sosialisasi beladiri tai chi.

Di sisi lain, Ma mulai mengembangkan minatnya terhadap environmentalisme. Niat ini bermula saat anggota keluarga istrinya sakit karena penyakit yang diduga akibat pencemaran polusi.

Di bulan September pada Clinton Global Initiative, sebagai dewan global The Nature Conservancy, Ma menyuarakan pendapatnya tentang polusi global.

Dia juga berperan penting dalam mendanai cagar alam seluas 27.000 hektar di China.

Sang Visioner dan Entertainer


Sebisa mungkin Ma berusaha mengalihkan kehidupan pribadinya dari sorotan media. Setelah lulus pada akhir tahun 80-an, dia menikahi Zhang Ying, seorang guru yang dia kenal di sekolah.

"Dia bukan pria yang tampan, tapi saya jatuh cinta padanya karena dia bisa melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan pria tampan," kata Zhang. Mereka memiliki dua anak - perempuan dan laki-laki. Keduanya kini telah lulus sarjana di UC Berkeley.

Selain itu, Jack Ma tergolong pebisnis yang berani. Pada bulan Maret 2013, Alibaba menghabiskan $ 49,7 juta untuk membeli Gulfstream G550 (pesawat pribadi)  guna menunjang mobilitas bisnisnya.

biografi jack ma - kostum rocker punk
source image : 60 minutes

Bagi masyarakat China, Jack Ma adalah selebritis. Ratusan ribu orang akan selalu datang di setiap even yang dikunjunginya. Dia benar-benar entertainer sejati.

Bahkan pada even bakat tahunan yang diadakan perusahaan, Jack sempat tampil menghibur 20.000 karyawan Alibaba dengan dandanan ala rocker punk. Kereeen....!

Penutup


Knowledge Company mengisahkan, saat duduk di sebuah kedai kopi San Fransisco, Ma datang menawarkan konsep “Alibaba”.  “Ali Baba and the Forty Thief” adalah sebuah password rahasia untuk membuka harta karun yang luar biasa.

Terbukti, Alibaba adalah cara Jack Ma membuka peluang dan potensi bagi usaha kecil dan menengah di seluruh dunia.

"Hari ini susah, besok bisa tambah susah, tapi lusa matahari akan bersinar cerah." Jack Ma.

Hei Jack, you're the great one.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam