4 Kesalahan Blogging Pemicu Banyak Blogger Gagal

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:30 AM
Kesalahan blogging pemicu kegagalan blogger. Kerja keras sudah. Membangun audiens, berburu tutorial blogging, promo konten, dll. Tapi garis nasib tetap aja buram.

Bingung. Kok blogger lain bisa sukses? Padahal metodenya sama. Ada apa ini?

Saya senang Anda bertanya seperti itu. Plis, jangan dibawa baper dulu. Pahami ini… Sebuah metode hanya sukses pada situasi tertentu.

Biarpun kelihatannya sangat komprehensif dan mudah diterapkan, Anda harus benar-benar tahu bagaimana sebuah teknik bekerja dan dalam kondisi apa.

Taktik yang sama mungkin berhasil bagi orang lain, tapi ke Anda bisa jadi justru sebaliknya, sebab kegagalan terjadi akibat kesalahan proses.

Pada akhirnya, akan terbuka borok blogging yang telah Anda buat sebelumnya. Parahnya, di situ Anda bertahan tanpa tahu apa yang harus dilakukan.

Tapi jangan kuatir. Akan saya beritahu kesalahan blogging yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Simak di bawah ini.

Kesalahan Blogging Penyebab Blogger Gagal

Kesalahan Blogging Pemicu Kegagalan Blogger


Kembali ke pokok masalah. Jika ingin melihat peningkatan laju pertumbuhan blog Anda,   hindari 4 kesalahan blogging di bawah ini.

1. Tahap dan langkah blogging yang salah


Di blogging ada berbagai tahapan yang akan menjamin pertumbuhan blog anda. Jika salah atau acak urutannya, Anda akan gagal. Saya jamin 100%.

Tahapan blogging para blogger rata-rata seperti ini :
  • Membaca kisah sukses monetisasi seorang blogger (biasanya Adsense) lalu mengikuti tip dan trik yang ada di web mereka.
  • Si blogger sukses berjanji membantu money blog Anda asalkan membeli domain dan hosting melalui link afiliasinya. Anda dibuat yakin jika blog Anda bisa langsung dimonetisasi. 
  • Setelah membayar domain dan hosting, mereka membantu seluruh instalasi blog sampai kelar. Bingo! Blog Anda sudah jadi dan siap pakai. (selamat ya…)
  • Berikutnya, mereka menganjurkan update blog, promosi social media, blogwalking dan komentar agar blog banjir pengunjung.
  • Anda pun dibuat gembira karena faktanya sekarang Anda adalah seorang “blogger”. Ditambah akun Adsense berhasil Anda kantongi dan iklan pun mulai menghiasi blog. Saatnya mulai ngumpulin pundi-pundi. 
  • Setahun berlalu. Artikel udah banyak, artikel tak bosan di-share, tapi tak ada progress berarti. Bahkan klik Adsense sekalipun.

Akrab dong dengan situasi ini?

Begitulah dulu saat saya memulai blog - sekitar tahun 2013. Tak ada tanda-tanda kesuksesan kecuali komentar yang mampir dari setiap postingan.

Mendapatkan komentar di posting blog memang bagus. Menandakan postingan Anda dibaca orang.

Tapi, apakah komentar sama dengan uang? Apakah bisa buat bayar domain, beli kuota internet, dll ? Saya yakin jawabannya TIDAK.

Itu bukan salah Anda. Masalahnya adalah Anda memulai dengan proses yang salah. Mayoritas blogger melakukan cara seperti itu.

Begini tahapan membangun blog/web yang benar apapun nichenya. Perhatikan gambar dibawah ini.

tahap membangun blog

Tapi maaf, saya tidak akan menjelaskan lima langkah tersebut di artikel ini. Terlalu panjang bro, takut ente bosen bacanya. Mungkin di postingan berikutnya. Saya janji. Sebagai gantinya, baca aja dulu kesalahan blogger pemula (nyubi) plus solusinya.

2. Blogging tidak dipandang sebagai Bisnis


Ini bukan ungkapan baru, tapi perlu dikampanyekan berulang kali dengan gaya dan cara yang berbeda.

Untuk membangun blog yang popular, Anda perlu melihat dan menjalankannya sebagai bisnis. Kecuali Anda menganggap itu sebagai hobi.

Biar saya perjelas. Memiliki blog bukan berarti Anda seorang blogger. Lebih tepatnya, marketer yang memiliki blog. Camkan ini saat bertarung dan bersaing dengan mayoritas blogger lain di luar sana.

Tujuan utama blogging adalah menghasilkan lead. Dari situ Anda bisa jualan komoditi. Bisa ebook, forum web, produk fisik, konsultasi, review, atau apapun.

Simak kutipan berikut ini :

“Anda bukan hanya blogger tapi juga seorang ahli, guru, mentor, bahkan pengusaha. Blog hanyalah landasan luncur untuk semua hal. Hampir semua blogger mencari penghasilan dari ebook, kursus privat, keynote speaker atau bahkan perangkat lunak. Begitulah cara mereka menghasilkan uang. Blog mereka hanyalah freebie untuk menarik pelanggan atau klien.” (Jon Morrow)
Ini mungkin bertentangan dengan apa yang Anda pelajari sebelumnya. Tapi, inilah pendekatan paling sukses yang dipakai para blogger pencetak income enam digit.

Blog adalah pelabuhan pertama dimana orang akan menemukan Anda. Blog membantu Anda menjalin hubungan dengan audiens lewat konten menarik yang akan mereka anggap berguna dan dapat ditindaklanjuti.

3. Pelit untuk keluar modal


Tak ada bisnis bisa bertahan tanpa modal. Setuju kan? Bungkus mang.

Lihatlah blog populer yang ada di internet. Mereka memiliki satu kesamaan motto. Ya ....money for branding. Atau istilahnya, "mancing duit pake duit".

Saat memulai blogging, biasanya orang tergoda menggunakan host gratisan. Untuk sementara it’s oke. Tapi jika itu untuk selamanya, semua usaha Anda nantinya akan sia-sia. Percayalah.

Tak jadi soal apapun host webnya, pastinya ada yang harus Anda investasikan untuk membangun bisnis blogging yang sukses. Ada tool tertentu yang harus dibeli.

Boleh saja pakai yang free, namun itu sama saja melompat dari pesawat tapi tanpa parasut. Anda bisa mendarat dengan aman hanya atas izin Tuhan. Dengan kata lain, kelangsungan hidup blog Anda tidak terjamin.

Untuk kasus tertentu memang ada pengecualian. Khususnya bagi blogger pemula ber-budget minim. Namun saat Anda mampu, segeralah berinvestasi pada tool premium.

Selain itu, lakukan outsourcing terkait bisnis Anda, terutama hal-hal yang tidak Anda sukai dan kuasai.

Untuk hasil terbaik, delegasikan beberapa tugas ini kepada ahlinya agar Anda lebih fokus mengelola aspek terpenting bisnis blogging Anda.

Sebagai blogger yang ingin mencari nafkah dari blognya (seperti blogger populer lainnya), Anda perlu mengembangkan pola pikir pelaku bisnis. Jadikan blog sebagai investasi masa depan.

Anda harus rela membelanjakan uang untuk blog Anda. Jika segalanya dilakukan dengan benar, reward besar menanti Anda.

4. Mengabaikan mailing list


Penelitian oleh Monetate menunjukkan bahwa e-mail marketing mendorong lebih banyak konversi dibandingkan saluran pemasaran lainnya, termasuk hasil pencarian dan social media.

Jika ini benar, mengapa sebagian besar pemasar mengabaikannya?

Intinya adalah, Anda tidak dapat membangun bisnis online yang menguntungkan tanpa melibatkan pemasaran email. Banyak alat pemasaran email terbaik yang tersebar di internet. Silahkan dipakai.

Penelitian oleh Content Marketing Institute membuktikan bahwa 81% pemasar B2B menggunakan buletin email untuk pemasaran konten. Sementara Forrester menemukan fakta bahwa 90% email yang dikirim ke kotak masuk diterima oleh penerima yang dimaksud.

mailing list conten marketing

Bagaimana membangun mailing list ?

Yang paling mudah adalah dengan menciptakan “An irresistible offer” di blog. Beri iming-iming sebagai insentif bagi yang mendaftar di newsletter Anda. Banyak tidaknya subscriber bergantung penawaran yang Anda berikan.

Agar mereka rela memberi emailnya, tawarkan sesuatu yang relevan dan logis yang pastinya sulit ditolak. Jangan pernah menawarkan insentif generic.

Mau contoh? Lihat gambar di bawah.

mailing list blog tyrant

Itu contoh insentif paling menggiurkan milik Blog Tyrant. Mereka berani menawarkan domain gratis buat para pelanggan kontennya. Siapa sih yang nolak dikasih domain gratis? Saya aja mau, he he he.

Tawarkan kepada calon subcribber Anda sesuatu yang tak mungkin mereka tepis. Letakkan form-nya di tempat paling strategis di blog Anda.

Kini, tak perlu lagi membuang waktu berharga Anda di media pemasaran social. Mulailah membangun mailing list.

Inti Penutup


Blogging adalah bisnis cantik dan manis asalkan Anda memahami peraturan dan mematuhinya. Pandang diri Anda sebagai marketer yang memiliki blog.

Check up lagi cara ngeblog Anda. Apakah ada kesalahan blogging yang saya sebutkan di atas?

Jika jawabannya ya, hentikan mulai sekarang. Garap bisnis blogging Anda lebih serius. Jika Anda melakukan apa yang seharusnya Anda lakukan, saya yakin akan ada perubahan yang luar biasa dalam bisnis Anda.

Moga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________