10 Cara agar Artikel Page One Tak Mudah DiGoyang

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 6:30 PM
8 comments
Menjaga dan mempertahankan artikel page one akan menstabilkan aliran trafik organik ke situs Anda. Meskipun caranya terbilang gampang-gampang susah.

Ada saja kendala hingga artikel turun peringkat di Google. Dan yang paling sulit dibendung adalah munculnya kompetitor baru.

Jangan keburu senang saat menjuarai pageone page. Bisa jadi kenyamanan artikel Anda terganggu. Entah karena merosot ke juru kunci atau mundur beberapa halaman.

Situasi seperti ini jamak terjadi. Tak pandang bulu. Junior atau senior, bahkan blog lama atau pun yang baru. Butuh pengalaman dan jam terbang dalam merintis peringkat di SERP’s untuk sebuah kata kunci.

Konten bagus saja tidak cukup. Anda perlu teknik yang bisa memperkokoh posisi di SERP’s terlebih saat terjadi algoritmik Google. Karena apa yang berhasil hari ini belum tentu sama diesok hari.

Menurut studi Optify, situs pada daftar pertama hasil pencarian Google berpeluang mendapat klik sebesar 36,4 persen. Itu berarti seseorang di luar sana akan berusaha mati-matian menabrak dan menggusur Anda dari posisi itu.

Cara Mempertahankan Peringkat Artikel di Google

Cara Mempertahankan Artikel Tetap di PageOne Google


Jika ingin reputasi artikel di hasil pencarian tetap aman, Anda perlu terus fokus pada SEO. Berikut adalah cara yang bisa Anda tempuh.

1. Optimalkan track record Anda untuk muncul di SERPs

Setelah halaman Anda berperingkat tinggi di SERPs, fokuskan pada bagaimana mengoptimalkan upaya Anda untuk mencapai hal itu. Begini caranya :
  • Lihat melalui “kacamata” orang yang menelusuri kata kunci Anda.
  • Pastikan judul Anda menarik.
  • Buat deskripsi Anda lebih menarik dan akurat
  • Optimalkan meta keyword Anda

2. Sempurnakan artikel secara pelan dan pasti

Artikel panjang punya pengaruh yang lebih baik di SERP’s. Terlebih setelah Panda 4.1 dirilis, situs yang memiliki konten sangat pendek, seperti Answers.com, dipastikan kebagian pukulan telak.

Perubahan Google tampaknya lebih mendukung konten beefier. Beberapa penelitian membuktikan, konten yang lebih panjang bisa mengantar ke peringkat lebih baik.

Misal artikel pageone Anda tergolong pendek (di bawah 500 kata), cicillah sedikit demi sedikit sampai tembus 1000-2000 kata. Bisa 2 hari sekali atau per minggu.

Untuk memperkuat peringkat # 1 Anda, tiap kali update jangan lupa tempel dengan keyword turunan agar hasil pencarian kata kunci Anda lebih dinamis.

3. Gunakan teknik Skyscraper

Teknik Skycraper dipopulerkan pertama kali oleh Brian Dean (seorang expert SEO). Konsepnya sederhana bahwa orang cenderung hanya mengingat hal terbaik dari semua hal yang baik.

Dari situ, Dean memperkenalkan teknik “pencakar langit” untuk membantu optimisasi hasil pencarian. Teknik ini memiliki tiga bagian penting yaitu :
  • Mencari konten yang sudah dipublikasikan dan daftar blog yang memiliki backlink berkualitas. (Buzzsumo adalah tool yang disarankan)
  • Menulis sesuatu yang lebih baik daripada apa yang telah mereka tulis lalu menawarkan kembali ke mereka. Ini mirip dengan guest blogging ber-steroid. Anda hanya memilih situs dengan peringkat tinggi untuk mendongkrak situs Anda dari backlink yang nantinya Anda terima.
  • Rangkul blogger lain dan mintalah mereka untuk mempromosikan konten Anda.

4. Berpikir di luar pakem

Cobalah sesuatu yang belum pernah Anda tawarkan di situs Anda. Ide-ide di bawah ini mungkin bisa Anda terapkan :
  • Menyematkan statistik infografis unik yang jarang ditemukan pembaca Anda di tempat lain.
  • Buat motion graph, video explainer, atau konten video lainnya.
  • Tambahkan tool share interaktif 
  • Buat list source data dengan cakupan luas dan up to date.

5. Optimalkan kata kunci

Udah ngga zaman menumpuk kata kunci. Sekarang eranya kata kunci dengan nuansa dan aliran alami dalam sebuah artikel. Jangan terlalu banyak menyebar keyword tanpa bobot.

Bongkar kembali postingan lama Anda dan hapus keywords yang tidak wajar. Tambahkan kata kunci long tail yang mungkin belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Ambil keyword yang benar-benar bakal diketik orang pada box searching. Alternatif pilihannya bisa Anda temukan di Google Keyword Planner atau tool keyword online lainnya.

Penempatan keyword yang tepat membuat SEO makin tajam dan konten pun lebih tahan goncangan.

Posisikan setiap variasi kata kunci Anda pada area paling strategis. Awal judul artikel, permulaan URL, paragraf pertama dan terakhir.

Perhatikan Laten Semantic Indexing (LSI) yaitu frase kata yang muncul pada hasil penelusuran saat kita melakukan pencarian untuk sebuah kata kunci. Jika ingin tahu bagaimana menerapkan LSI pada artikel silahkan berkunjung ke --->  LSI - Bekal Penting Menuju Pageone.

6. Atasi masalah mobilitas

Menurut Pew Research Center, 64% orang dewasa memiliki smartphone. Jumlah ini diyakini terus bertambah, yang berarti makin banyak orang mengakses situs melalui perangkat mobile.

Google sangat paham situasi ini. Buktinya, algoritma terakhir mereka menyasar peringkat situs berdasarkan keramahan perangkat seluler – AMP (Accelarated Mobile Pages).

Saya pikir, pemeringkatan versi seluler ini akan bertahan lama. Tak mungkin berubah dalam waktu dekat. Untuk tetap survive di pageone, pastikan situs Anda diterjemahkan dengan baik pada perangkat seluler khususnya AMP.

7. Internal link sepadan

Jika Anda belum melakukannya, koneksikan konten internal Anda saat ini juga pada lokasi yang masuk akal melalui panduan berikut ini :
  • Pilih hanya link yang bisa mengangkat topik Anda. Jangan paksakan tautan yang tidak ada koneksinya.
  • Saat memposting sesuatu yang baru, coba cari pos lama yang tautan internalnya nyambung.
  • Jaga quality balancing antara link eksternal maupun internal.
  • Agar artikel page one tetap anteng, terus perbaiki situs Anda dari hari ke hari. Pantau konten lama dan pastikan praktik SEO-nya up to date.

8. Berkomentar di situs kompetitor demi inbound link

Agar artikel tak mudah digoyang, Anda perlu mengumpulkan inbound link dari penghuni page one lainnya. Minimal 5 backlink kudu Anda kantongi.

Begini caranya…

Tentukan minimal 5 situs di daftar halaman pencarian yang topiknya sangat mirip dengan artikel Anda. Pilih situs dengan kolom komentar model re-captcha. (lihat gambar)

kolom komentar model re-captcha

Jika sudah, silahkan bertamu ke sana dan mulailah berkomentar.

Berikan ulasan atau kutipan dari isi artikel Anda yang belum ada di tulisan mereka. Sampaikan dengan sopan dan sedikit persuasif. Tak lupa, taruh link artikel Anda (bukan link homepage).

Jika semua inbound link sukses diperoleh, secara tak langsung artikel Anda mendapat pengakuan dari situs-situs pesaing.

Jadi, misalkan terjadi update algoritma Google ataupun muncul kompetitor baru, niscaya situs mereka yang bakal tergeser lebih dulu.

9. Tambah kecepatan loading

Pantau terus loading blog lewat Pagespeed Insight. Sebisa mungkin benahi masalah yang ada dari hasil analisa yang ditampilkan.

Loading blog yang bagus, membuat kerja robot Google kian mudah. Pengunjung akan lebih cepat mengakses setiap konten pada blog Anda. Ini termasuk bagian dari upaya mengurangi tingkat bouncing.

10. Rutin update

Sengaja poin ini saya taruh paling akhir, karena ini termasuk tugas seorang blogger. Meng-update bisa berarti merilis artikel baru atau mempercantik artikel lama.

Jika Anda malas melakukan ini, besar kemungkinan peringkat Anda di SERP's secara perlahan akan terkikis. Pageone adalah bentuk persaingan dimana rival Anda akan hadir dengan mengusung materi baru yang mungkin saja kualitasnya lebih baik.

Kesimpulan


Menjuarai page one bukan untuk dirayakan apalagi sebagai ajang pamer. SEO adalah ilmu yang tak mudah diprediksi. Metode hari ini belum tentu sama untuk kemudian hari.

Jangan bosan untuk berbenah. Perbaikan-perbaikan kecil pada website Anda, bisa menutup lobang yang akan membuat situs Anda makin perkasa.

Semoga bisa dipahami dan ada manfaatnya. Akhir kata, “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.

8 komentar:

  1. Thanks banget tips nya gan..

    BalasHapus
  2. memang susah mempertahanin artikel tetap di atas terus.terima kasih atas penjelasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti kata pepatah,.."mempertahankan gelar juara itu lebih sulit dibanding mendapatkannya"

      Hapus
  3. Artikelnya sangat memotivasi mas.

    BalasHapus
  4. Bermanfaat bangets buat nubi seperti saya

    BalasHapus
  5. mkasih banyak gan udah berbagi,,saya udah masuk page one,,tapi mudah sekali terlempar,saya langsung telempar,,mungkin agan bisa berbaik hati ngasih link ke blog saya,ngarep dot com heheehe

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam