5 Tips Cara Mengukur dan Menilai Kualitas Backlink - BLOG MUST TEGUH

5 Tips Cara Mengukur dan Menilai Kualitas Backlink

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:57 AM
Menilai kualitas backlink perlu dilakukan secara berkala dan dengan cara yang benar. Boleh saja punya banyak backlink dari berbagai sumber, asalkan selalu dianalisis apakah itu alami atau tidak.

Jika usia domain Anda sudah uzur, tentunya tautan yang Anda kumpulkan tidak cukup kualitatif. Seperti yang dibilang Matt Cutts (mantan kepala tim web spam di Google), "membangun backlink butuh keringat dan kreativitas dan Anda harus membuatnya sealami mungkin."

Agar tidak kehilangan nilai dan kualitasnya, perlu direncanakan pengukuran kadar backlink secara rutin. Dan ini wajib.

Masalahnya adalah jika backlink berasal dari situs jadul atau yang sudah dihapus serta menuju ke halaman eror 404. Efeknya akan sangat terasa ketika link tersebut menurunkan kualitas profil tautan Anda.

Berhati-hatilah dengan ancaman link spam. Jika fakta itu tidak menggugah Anda untuk mulai menilai kualitas backlink, saya tidak tahu harus ngomong apa lagi.

cara mengukur kualitas backlink

Cara Melakukan Penilaian Kualitas Backlink


Anda mungkin akan bertanya, bagaimana membuat link balik yang berkualitas untuk web?

Tak ada cara mudah untuk melakukan ini. Walaupun beberapa tips link building yang pernah Anda baca mungkin saja bisa berguna. Tujuan artikel ini bukan mengarah ke soal itu. Tapi sekedar memberi Anda tips tentang cara melakukan penilaian kualitas backlink.

Kapan kualitas backlink harus diukur?

Menilai kualitas backlink adalah kebutuhan. Waktu tepatnya Anda sendiri yang menentukan. Ini proses yang panjang, tak cukup satu kali. Terserah bagaimana Anda merencanakannya.

Yang penting adalah memeriksa kualitas tautan dengan melakukan beberapa perubahan secara real time sesuai rentang waktu Anda sendiri.

Untuk menghemat waktu, berikut 5 tip tentang cara menilai kualitas backlink dengan benar untuk situs web Anda.

1. Mengidentifikasi referral domain sebagai sumber data backlinks


Situs besar biasanya memiliki banyak backlink (setidaknya, itu teorinya). Wajar lah, karena untuk meningkatkan peringkat pencarian, banyak domain “akar rumput” yang sengaja menautkan link mereka ke sana.

Jadi untuk profil natural dengan backlink kualitatif, pastikan Anda memiliki backlink unik dari masing-masing domain pengarah. Amankan profil yang bersih. Buang dan hapus domain yang merujuk kode status 404 atau domain tanpa halaman yang diindeks.

Anda juga dapat menggunakan teknik ini untuk memverifikasi tautan eksternal sehingga situs Anda tidak akan terkait dengan domain buruk. Terutama, jika Anda melakukan pertukaran link atau pun taktik spammy jenis lainnya.

Ini termasuk cara terbaik untuk mendeteksi serangan-serangan SEO negatif yang kemungkinan menyerang situs Anda.

Gunakan berbagai tool backlink agar hasil audit link lebih komprehensif. Menggabungkan alat SEO yang berbeda dapat menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin situs tetap bertahan di peringkat pencarian.

Yang doyan nyicipin tool gratisan, gunakan Site Explorer dari Majestic ataupun Ahrefs. Dua-duanya bagus dan mudah digunakan. Di bawah ini Anda bisa melihat screenshot dengan daftar backlink dari alat ini:

majestic site explorer

Atau yang webnya terdaftar di Google Search Console (Google Webmaster), Anda bisa menggunakannya untuk melakukan audit backlink. Sayangnya, semua detail backlink tidak ditampilkan secara lengkap sehingga susah untuk dievaluasi.

Alat lain yang bisa Anda gunakan adalah Bing Webmaster tool. Masuk ke akun Anda, pilih tab Laporan dan Data lalu Inbound Links. (lihat gambar)

bing webmaster data inbound link

2. Periksa DA/PA (domain dan page authority)


Pengecekan DA/PA penting untuk mengetahui profil backlink kualitatif. Makin tinggi DA/PA-nya, semakin bagus.

Sebaliknya, jika situs Anda lumayan oke, penting untuk mengawasi distribusi domain yang meng-influence dan yang tidak. Lebih baik punya sedikit backlink asalkan otoritatif daripada banyak tapi tak punya power.

Dalam jangka panjang, PA dan DA adalah penting. Meskipun otoritas domain (DA) kastanya lebih tinggi dibandingkan otoritas halaman (PA), keduanya tetap harus diperhatikan.

3. Lakukan verifikasi pada Anchor Texts


Tips menilai kualitas backlink lainnya adalah dengan memverifikasi anchor teks. Fokuskan pada dua jenis anchor teks yaitu komersial dan merek.

Misal :  Gucci (anchor merek), tas wanita (anchor komersial).

Contoh penerapan dalam kalimat pada paragraph :

“Melesatnya Gucci sebagai brand tas wanita ternama mampu mengangkat gengsi bagi para pemiliknya, terutama kaum sosialita.”

Ada juga anchor yang tidak termasuk dalam salah satu kategori di atas, misalnya, "nama situs", "sumber", "klik di sini", "kredit" dll. Anchor ini tampil sebagai N/A yang artinya tidak memiliki teks jangkar.

Untuk menilai kualitas tautan dari anchor N/A, selidiki lebih lanjut dengan melihat tampilan halamannya.
Cara lainnya, gunakan alat kognitifSEO untuk menganalisis setiap teks jangkar dan menandai masing-masing sebagai anchor komersial, merek atau lain-lain.

Fokuskan strategi pemasaran konten Anda dengan menciptakan konten berkualitas. Cara ini bisa menyempurnakan metode anchor teks Anda secara alami.

Mengenai link internal, lakukan perbaikan untuk mengoptimalkan tautan karena teks jangkar dari link internal juga penting.

4. Analisis naturality on-page melalui Backlink In-Depth


Aspek penting lainnya dalam penilaian kualitas link adalah membuat analisis on-page untuk setiap backlink. Gunakan panduan / metrik berikut ini :
  • Bagaimana hubungan alami yang muncul di halaman: OK, suspect atau not easy link;
  • Dimana posisi link: on flip, body atau footer;
  • Apakah itu link teks, gambar atau redirect;
  • Status link: aktif atau non aktif;
  • Apa jenis halaman itu di: posting blog, komentar blog, blogroll, thread forum, signature writer, widget video, signature forum, banner, artikel, paragraf hak cipta, paragraf teks pendek, atau link group;
  • Link diposisikan di: konten atau kelompok link;
  • Apakah itu internal link atau homepage;
  • Status HTTP dari halaman;
Backlink yang buruk biasanya ditempatkan pada list link, laman yang penuh pesan iklan, atau bentuk lain yang serupa. Jenis tautan ini memiliki skor spam tinggi dan dapat membahayakan dan menurunkan peringkat situs Anda.

Itulah sebabnya Anda perlu memeriksa backlink Anda. Gunakan alat penolakan (disavow) untuk menghindari penyalahgunaan pada situs web Anda.

Lakukan audit backlink dengan CognitiveSEO. Tool ini memiliki fitur Detector untuk mengendus link unik yang tidak wajar serta analisis mendalam terhadap setiap backlink yang Anda miliki untuk diverifikasi.

Jus link bisa hilang jika tautan ditempatkan dalam daftar link. Makin banyak link dalam sebuah halaman, makin kecil kemungkinan link diklik akibatnya dapat menurunkan kekuatan masing-masing tautan pada halaman itu.

5. Mendeteksi Social Share Magnitude dari Backlinks Anda


Untuk menilai kualitas backlink situs Anda, komponen media social tak boleh dilewatkan. Lakukan analisis dengan menyusuri rekam jejak konten yang telah Anda share di sosmed.

Social share dan interaction rate adalah dua metrik sosial terpenting. Saham sosial ke laman yang memiliki tautan, mewakili lalu lintas kualitatif ke situs web Anda dan dapat meningkatkan rasio konversi. Link dari jenis ini layak untuk dipertahankan.

Menurut Shareaholic, media sosial menggerakkan 31% dari semua lalu lintas rujukan. Hal ini menjadikannya pengemudi nomor 1 dari semua lalu lintas rujukan situs web.

Kesimpulan


Untuk analisis backlink komprehensif, saya sarankan Anda mempertimbangkan tip SEO berikut ini :
  • mengidentifikasi tautan domain dari berbagai sumber data backlink, 
  • memeriksa otoritas domain, 
  • mengoptimalkan teks jangkar Anda, 
  • memverifikasi naturalitas backlink pada setiap halaman, 
  • review jejak social share. 
Selain itu, dari total backlink, berapa banyak link dofollow yang Anda miliki. Profil tautan dikatakan alami jika persentase nofollow lebih besar dari dofollow. Pastikan hal ini dalam strategi pemasaran online Anda.

Moga ada manfaatnya. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________