Strategi Diterima Adsense Full Approved dalam Lima Hari - BLOG MUST TEGUH

Strategi Diterima Adsense Full Approved dalam Lima Hari

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 2:58 PM
Cara agar diterima Google Adsense dengan cepat. Ngomongin AdSense lagi nih…!

Sebagai info awal, Adsense tak pernah memilih publishernya secara acak. Konon, mereka hanya meloloskan 3 akun dari tiap 1000 aplikasi yang mereka terima setiap hari. Melihat fakta itu, tak heran banyak orang mencoba trik mengelabui AdSense hanya demi status FULL APPROVED.

Ngga munafik sih kalo Adsense adalah cara termudah, terpercaya dan profesional untuk menghasilkan uang di internet. Khususnya bagi penulis blog.

diterima-adsense-full-approved

Tapi, untuk menembus pintu Adsense tidaklah mudah. Ketatnya minta ampun. Perlu pendekatan khusus agar lamaran Anda diterima. Untuk itu, pelajari 6 hal pokok berikut ini sebelum maju ke medan tempur.
  • Bagaimana cara mendaftar Google AdSense?
  • Apakah blog saya memenuhi syarat untuk AdSense atau tidak?
  • Apakah saya layak mengajukan permohonan untuk Google AdSense?
  • Apa saja persyaratan Google AdSense?
  • Mengapa Google AdSense menolak lamaran saya?
  • Apa yang harus dilakukan jika Google AdSense menolak pinangan saya?

Pertanyaan di atas jawabannya bisa Anda temukan di halaman support Google Adsense. Terlalu panjang jika dijabarkan di sini.

Saya hanya coba bantu memecahkan masalah terpenting yang biasanya dialami para kontestan yaitu CARA DITERIMA ADSENSE.

Rahasia Full Aproved Adsense dalam 5 Hari

Sebelum mendaftar Adsense, pastikan Anda mengikuti panduan ini dengan benar.

Jangan kompromi masalah postingan, domain, desain dan metrik lainnya. Kemungkinannya, penolakan akan jadi akhir cerita Anda.

Ingat! Semua yang saya sebutkan di bawah ini benar-benar akan diperhitungkan oleh tim review Adsense. Jangan ada yang terlewat, atau pengajuan Anda akan ditolak.

Jadi, ikuti dengan seksama 14 panduan penting ini. Mari kita mulai.

1. Perhatikan kualitas konten 

Yang dicari Adsense adalah nilai dan kualitas sebuah blog. Google menyukai blog dengan konten yang bisa dinikmati oleh pengunjungnya secara langsung.

Aplikasi Anda ditinjau oleh manusia, agar disetujui - buatlah mereka terkesan. Jadi sebelum mendaftar program ini, pastikan mereka melihat konten unik di situs Anda. Makin banyak yang unik, makin bagus.

Inilah kriteria konten yang saya maksud :
  • Unik dan asli
  • Terdapat judul dan daftar sub judul yang sesuai
  • Bebas dari kesalahan tata bahasa dan ejaan
  • Padat berisi
  • Berguna dan informatif

2. Punya beberapa postingan yang bagus

Berapa batas minimum artikel sebelum mendaftar Google AdSense? Ngga ada yang tahu, karena Google tak pernah mempublikasikan masalah itu.

Ada yang udah ngumpulin 300 postingan tapi tetap gagal. Di lain kasus, ada teman saya dengan modal 3 artikel, pageview harian 115, dan 2 komentar,..eh bisa diterima Adsense secara penuh.

Awalnya rada ngga percaya. Saya datangi blognya dan menemukan 5 poin penting kenapa Adsense dia disetujui, antara lain :
  • Desain blognya sederhana dan clean
  • Blog mudah dinavigasi 
  • Nichenya unik
  • Isi artikel detail dan terstruktur
  • Tidak ada widget yang "lebay"
Meski tak bisa diprediksi, bukan berarti Anda harus nekad dan buru-buru daftar Adsense walau sudah mengantongi 10 artikel.

Menurut pengalaman saya, waktu terbaik untuk mendaftar AdSense adalah saat Anda memiliki setidaknya 20 pos dengan artikel yang benar-benar berkualitas, berdaging, dengan gambar yang relevan dan original.

Panjang postingan usahakan lebih dari 600 kata. Atau cobalah menulis artikel pilar (minimal 2000 kata) yang mampu membuat pembaca Anda takjub.

3. Periksa jenis atau niche konten Anda

Hati-hati memilih niche, karena ini penting. Jika Anda sudah terlanjur menulis tentang konten yang tidak diizinkan AdSense, berarti harapan Anda sangat tipis pake banget.

Berikut adalah beberapa jenis konten (niche) yang tidak diterima oleh AdSense.
  • P0rn0gra4fi / materi dewasa
  • Konten bajakan
  • Tutorial H4ck*ng atau Cr4ck*ng
  • Obat / perlengkapan ilegal
  • Barang Ilegal Lainnya
Tim Google AdSense juga menyebutkan bahwa mereka mulai menyetop menerima niche yang sudah terlalu membosankan, misalnya making money online, marketing, website, blogging dan SEO.

Pengajuan akan lebih cepat disetujui jika Anda memiliki sejumlah artikel berkualitas tentang Kesehatan, Internet Marketing, Bisnis, Hukum, Teknologi, Kewirausahaan, Travelling, Gaya Hidup dan Media Sosial.

4. Copot jaringan iklan pihak ketiga

Sebelum mendaftar ke AdSense, bersihkan dan hilangkan kode iklan banner pihak ketiga di situs web Anda.

Tim Google meninjau situs Anda secara manual. Dijamin mereka akan benci dan malas saat melihat beberapa iklan pihak ketiga yang terpasang di situs Anda.

Google Adsense memang tidak melarang publishernya memasang iklan selain Adsense. Dengan catatan, muatan dan penempatannya tidak melanggar.

Jadi, sebelum mengirimkan aplikasi ke Google AdSense hapus dulu semua iklan dari jaringan lain di blog Anda. Blog Anda harus bebas dari iklan sampai akun Anda disetujui.

5. Terapkan desain web berbasis UX 

Google ingin penggunanya puas saat melihat-lihat situs manapun yang mereka kunjungi dari mesin pencari. Itulah sebabnya desain blog Anda sangat penting.

Rancangan blog yang buruk dan sulit dipahami pengunjung bakal ditolak oleh AdSense. Navigasi berbasis user experience (UX) akan meningkatkan peluang Anda mendapatkan persetujuan AdSense.

Google percaya, jika skema warna situs Anda terlihat professional, kemungkinan besar pengunjung akan kembali dan mengeklik iklan yang relevan yang terpasang di dalam konten Anda.

Jadi, Anda harus memiliki desain yang bagus, rapi, menyejukkan mata dan cantik tampilannya. Terlebih jika loading time situs Anda bagus, blog Anda akan lebih dihargai oleh Google.

Desain web adalah hal terbesar setelah konten. Mencerminkan keahlian, pengalaman, dan profesionalitas Anda. Berikut fitur yang harus ada :
  • Simpel dan profesional
  • Mudah dinavigasi
  • Menu yang tepat
  • Widget di sidebar atau footer sesuai fungsinya
  • Ramah mesin pencari 
  • Skor loadingnya bagus

6. Halaman Peta Situs XML

Membuat peta situs tidak memakan banyak waktu. Jika Anda pemakai WordPress, saya merekomendasikan Google XML Sitemaps By Arne Brachhold.

peta situs

Dan jika Anda pengguna platform lain (Blogger), cukup masukkan format sitemap.xml pada halaman Google webmaster (search console).

Memasang peta situs dapat membantu mempercepat bot mesin telusur untuk mengindeks situs web Anda. Ini menyangkut faktor kepercayaan bagi bot terhadap sebuah situs.

7. Kode Google Analytics

Menambahkan kode Google Analytics di situs web Anda adalah faktor terpercaya untuk mendapatkan persetujuan. Hal ini menunjukkan bahwa Anda secara aktif melacak pengunjung dan sangat serius dengan statistik pengguna yang mengunjungi situs web Anda.

Jika situs Anda belum punya kode Google analytic, buruan bikin. Trus caranya gimana mas? Hadeuh,..cari aja di Google, masa kudu disuapin melulu.

8. Submit ke Google / Bing Webmaster

Sama seperti Google Analytics, segera verifikasi situs Anda di Google Webmaster. Tujuannya jelas, agar mereka memiliki akses lengkap ke situs web Anda dalam perspektif pencarian.

Dengan Alat Webmaster Google, setiap kesalahan kritis di situs Anda dapat dilacak dan diperbaiki setiap hari.

Untuk menambah kredibilitas dan visibilitas domain Anda pada hasil penelusuran, verifikasi juga situs Anda ke Bing Webmaster Tool.

Kedua hal ini kelihatannya sepele, tapi banyak orang mengabaikan pentingnya memasang alat ini. Menambahkan dua kode verifikasi pada situs atau server Anda akan menunjukkan hasil yang baik pada visibilitas pencarian.

9. Robots.txt

Membuat file Robots.txt akan menyingkirkan pengindeksan sampah di situs Anda yang tidak diinginkan ke Google. Batasi semua indeksasi data yang tidak diinginkan ke mesin telusur.

robot text

Tambahkan lebih banyak nilai pada upaya SEO Anda untuk menentukan peringkat halaman yang lebih tinggi di Google. File robots.txt adalah fitur hebat lainnya yang perlu ditambahkan ke situs Anda sebagai faktor kepercayaan.

10. Rank Alexa

Terkait Google Adsense, peringkat Alexa masih menjadi kontroversi. Banyak orang berpendapat bahwa Adsense tidak terlalu peduli dengan rangking global Anda.

Tapi maaf, saya termasuk orang yang tidak sependapat dengan opini itu.

Percayalah, rank Alexa adalah salah satu check list paling penting yang dilakukan operator manual Adsense sebelum mereka membuka statistik situs Anda.

Bagaimana seseorang bisa menilai kinerja sebuah situs dengan cepat? Jawabannya sederhana – melalui rangking Alexa-nya.

Untuk proses persetujuan yang lebih cepat, pastikan ranking Alexa website Anda kurang dari 400K. Di atas peringkat itu, situs Anda dianggap baru dan cenderung diremehkan karena tidak banyak data yang terlihat oleh mereka.

11. Halaman Penting

Adsense termasuk penyumbang laba terbesar bagi Google. Sebelum ikut berkontribusi ke program mereka, tentu Google ingin mengetahui identitas Anda. Jadi, buatlah halaman penting berikut di situs Anda sesegera mungkin.
  • Privacy Policy
  • Disclaimer
  • Terms of Sevice (ToS)
  • Contact Us
  • About Us 

halaman penting

Untuk lolos Adsense, hal pertama yang perlu Anda terapkan adalah kebijakan privasi blog.

Mengapa penting? Kebijakan privasi menandakan blog Anda bukan scam dan menunjukkan kerjasama bisnis yang serius. Google akan memeriksa kondisi blog Anda hanya jika Anda memiliki kebijakan ini.

Di bagian About Us, jelaskan siapa diri Anda, mengapa situs web ini dibuat, dan apa manfaat yang orang dapat saat beranjak dari situs Anda. Semakin jelas, makin terbuka peluang Anda. Jaga kesalahan ejaan, tata bahasa dan tanda baca.

Anda bisa menulis semuanya sendiri atau membuatnya secara online. Untuk halaman kontak, kunjungi link tentang cara paling mudah membuat halaman contact ini.

12. Dapatkan sumber trafik yang layak

Informasi yang beredar di forum menyebutkan bahwa jumlah pageview tidak berpengaruh terhadap proses persetujuan akun Adsense Anda.

Sekali lagi, saya tidak sependapat dengan mereka. Sebab, jika situs Anda tidak mendapatkan lalu lintas yang cukup, kemungkinan terbesarnya adalah penolakan.

Jangan terburu-buru mendaftar. Biarkan usia blog Anda sekurang-kurangnya genap 2 bulan. Santai aja bro, tunggu sampai pengunjung unik blog Anda minimal 50 - 100 per hari.

Google paling benci situs yang sumber trafiknya nggak jelas (illegal). Anda boleh mencari traffic dari search engine atau lewat metode yang Anda inginkan. Tapi khusus untuk Google AdSense, lalu lintas premium bukanlah solusinya.

Jadi, fokuskan trafik situs Anda dari sumber yang legal seperti media sosial, mesin pencari, serta blog terkait.

13. Gunakan TLD dan verifikasi email Anda

Ada yang bilang, domain blogspot lebih cepat diterima Adsense dibandingkan yang lain.

Hmm,…masuk akal, karena domain blogspot adalah produk langsung dari Google. Masalahnya, apakah selamanya Anda memakai domain itu?

Akun Adsense yang diperoleh dari domain blogspot statusnya adalah HOSTED. Artinya, akun Adsense itu tidak bisa digunakan ke domain selain blogspot.

Jadi, seandainya suatu saat Anda ingin berganti ke top level domain (.com, .net, .id, dll), Anda pun harus meng-upgrade akun Adsense Anda ke versi NON HOSTED. Proses dan peluangnya sama persis seperti saat Anda pertama daftar Adsense. Bisa DITERIMA, bisa juga DITOLAK.

Agar tidak kerja dobel, sebelum daftar Adsense sangat saya sarankan domain blog Anda sudah TLD. Gunakan nama domain yang pendek, unik, mudah diingat yang terkait dengan niche Anda. Dan pastikan ekstensinya .com.

Begitu Anda memiliki domain sendiri, sekalian buat ID email dengan nama Anda (misal: mugeni@katro.com) untuk didaftarkan ke AdSense. Fitur ini biasanya disediakan secara gratis oleh semua jasa penyedia domain TLD.

ID email dengan nama Anda akan mendapat perhatian lebih dari tim Adsense dibandingkan mugeni@gmail.com.

Jangan lupa cantumkan nama dan alamat email Anda di beberapa area halaman yang mudah terlihat seperti pada laman about dan contact pages. Ini akan mengkonfirmasi ke tim Google AdSense bahwa itu adalah orang yang sama yang mengajukan AdSense - dan bukan spam.

Cara ini akan mempercepat proses verifikasi. Dalam waktu singkat, Anda dapat menikmati akun AdSense yang disetujui sepenuhnya.

14. Umurmu harus 18+

Dari mana Google tahu umur Anda? Ya, dari data yang Anda input saat membuat akun gmail.

Inilah kesalahan awal blogger baru yang berusia di bawah 18 tahun. Mereka menulis usia yang salah sehingga pengajuan Adsense mereka bermasalah.

Beberapa orang tidak menyadari masalah ini saat menerima penolakan berkali-kali. Google AdSense bukan untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

“Usiaku belum 18th tapi pingin main Adsense, gimana dong mas?”

Gampang, pakai nama salah satu anggota keluarga atau kerabat terdekat Anda. Bapakmu, ibumu, atau kakakmu, tak jadi soal. Bikin akun Gmail baru dengan nama mereka untuk didaftarkan ke Adsense.

Usahakan nama dan tanggal lahir pada akun Gmail dan akun Adsense harus sama. Sesuaikan datanya dengan yang tertera di KTP/SIM kerabat Anda.

Penutup


Jika saat ini Anda berniat mau daftar atau sebelumnya pernah ditolak Adsense, silahkan ikuti panduan di atas untuk mendapatkan akun Adsense Anda sendiri hanya dalam 5 hari.

Meskipun akun Anda tidak disetujui seketika, namun jika Anda menerapkan setiap langkah di atas dengan tepat, saya yakin bisa tembus.

Jika status permohonan Anda telah diterima, silahkan berikan testimoni melalui kolom komentar. Jangan lupa ceritakan pengalaman Anda.

Semoga akun Adsense Anda diterima secepatnya. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________