Untuk Dibaca! Kumpulan Tips SEO Para Pakar Search Engine Dunia

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:23 AM
5 comments
Kumpulan berbagai tips SEO dari pakar search engine manca negara. Beda orang – beda cara. Meski teknik dan teorinya sama, tapi hasilnya belum tentu seragam. Ini pun berlaku dalam dunia SEO.

Blogger kerap menilai SEO sebagai ilmu pasti. Dimana saat teknik diterapkan dengan benar, mereka berharap hasil sesuai perhitungan. Padahal ngga semudah itu.

SEO bukan cabang ilmu matematika. Walau sistem algoritma melibatkan angka-angka, bukan berarti output-nya bisa diprediksi dengan mudah dan pasti. Semua berjalan secara dinamis dan fluktuatif.

Itulah sebabnya kenapa ada blogger sukses dan ada yang gagal. Hal itu karena perbedaan cara pandang tiap individu dalam melihat SEO. Akibatnya, banyak studi kasus yang melahirkan berbagai macam tips tentang SEO.

Tips SEO

Kebetulan di postingan ini sengaja saya rangkum beragam tips SEO dari para pakar search engine kelas dunia. Mereka telah membuktikan keampuhan SEO dalam mengangkat eksistensi web yang mereka kelola.

Siapa tahu salah satunya ada yang nyantol di memori otak Anda.

Kumpulan Tips SEO Langsung dari Pakarnya


Silahkan seduh kopi, duduk yang manis. Mari kita baca tips SEO berikut ini mulai dari yang pertama.

Asah Teknik SEO Anda

dan liebson - tips SEO

“Jika harus memberikan satu tip SEO, saya anjurkan asah skill teknis SEO Anda semaksimal mungkin.”
Penjabaran SEO sangat luas, sehingga aspek teknisnya masih terasa buram bagi banyak orang. Tak ada cara pintas. Sampai kapanpun, SEO akan selalu diminati.

>> Dan Liebson, pendiri Local SEO Guide <<

Fokus pada Kualitas Konten

rishi lakhani - tips SEO

“Tip SEO yang saya berikan berfokus pada kualitas konten. Selama setahun terakhir, saya banyak bereksperimen tentang berapa banyak swing hasil pencarian telah beralih ke kualitas konten.”
Google mulai menarik konten yang benar-benar menjawab sebuah kueri.

Kami sering membahas konten dan terbiasa memasarkannya di area yang tidak memiliki struktur. Misalnya halaman arahan kategori produk di situs eCommerce.

Itu sudah cukup bagus untuk mendominasi kueri jangka pendek, menengah dan panjang selama link building Anda kuat.

Eksperimen saya menunjukkan bahwa meskipun Anda mendominasi kueri ini hanya dengan kuantitas link, Anda sebenarnya dapat berperingkat lebih baik dengan minimalitas link (selama kualitas konten Anda layak).

Kualitas di sini berarti readability content, jawaban spesifik, pemecahan konten yang dilapisi semantic.

>> Rishi Lakhani, SEO Consultant di Fast Fwd  Multimedia <<

Bangun  Website dan Eksperimen Sendiri

mark porter - tips SEO

“Tip SEO yang saya tawarkan, berlaku bagi mereka yang pemula atau yang berpengalaman. Bangun situs web Anda sesegera mungkin.”
Ketika memulai di industri website, saya terobsesi untuk menerbitkan artikel yang sarat SEO. Namun akhirnya semuanya kandas saat situs web saya rilis. Tak satu pun yang berhasil.

Tapi pengalaman itu membuat saya mencoba hal-hal yang bebas risiko tanpa membahayakan kampanye klien. Saya berimprovisasi ke SEO exchange, mencoba-coba teknik hitam dari link building yang menyebabkan salah satu situs saya terkena sanksi. Bagi saya, permainan ini sunguh menyenangkan!

Agar tahu cara kerja situs web, saya pikir penting untuk memiliki beberapa pengalaman, dan menjadikannya lebih mudah dari yang Anda bayangkan.

>> Mark Porter, Senior SEO Manager di Screaming Frog <<

Situs Anda harus Ramah Ponsel

andy drinkwater - tips SEO

“Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan SEO. Namun saya anjurkan, Anda harus memastikan situs Anda mobile-friendly.”
Google sedang menguji algoritma baru bernama “Mobile First”. Selama tes berjalan baik, sistem ini akan segera diluncurkan. Alasannya sangatlah penting. Algo ini akan mengubah cara Google memberi peringkat pada situs web.

Saat ini, Google masih menggunakan situs desktop Anda untuk menentukan peringkat pada pencarian desktop. Mobile First akan mengubah ini sesuai peringkat desktop Anda di situs mobile Anda.

Jadi, jika situs seluler Anda sangat buruk, atau tidak ada sama sekali, ini jelas akan membawa masalah bagi Anda.

>> Andy Drinkwater, SEO Consultant di IQ SEO <<

Uji Strategi Lebih Intens, Ukur Setiap Langkahnya

bill sebald - tips SEO

“Apa mungkin strategi tunggal bisa membuat perbedaan besar? Tidak juga. Saat berinvestasi di SEO, Anda akan menemui permainan yang panjang.”
Google banyak membuat gebrakan pada sistem pencarian mereka. Akibatnya, teknik SEO ikut beradaptasi.

Banyak taktik legendaris telah didevaluasi oleh Google. Meskipun masih ada, bobotnya makin diragukan. Tapi SEO bukan untuk golongan pesimis – butuh waktu lama untuk mengantar posisi mencapai sasaran Anda. Perlu ketekunan, trial and error, dan kesabaran.

Google mengangkat peringkat situs yang mengutamakan kepuasan penggunanya. Dalam hal ini Google tak mudah dipengaruhi berkat pencarian model baru dan AI (artificial intelegence) yang dirancang untuk benar-benar memahami pengguna.

>> Bill Sebald, Owner Greenlane Search Marketing <<

Pahami Target Pembaca yang Mungkin Anda Cari

bill slawski - tips SEO

“Pastikan Anda memahami apa yang mungkin dicari audiens target Anda saat mereka menemukan situs yang Anda optimalkan.”
Belajarlah "bersikap responsif". Buat segalanya terasa mudah untuk audiens Anda. Katakan YA pada setiap pertanyaan yang ditujukan kepada Anda.

Menjadi responsif berarti membangun situs untuk audiens Anda sehingga memudahkan mereka untuk belajar tentang apa yang Anda tawarkan agar pembelian mudah terealisasi.

Menjadi sukses di SEO berarti membangun situs web untuk audiens.

>> Bill Slawski, President and Founder  SEO by the Sea <<

Lakukan Analisis SWOT In-Depth SEO

marcus miller - tips SEO

“Tip SEO terbaik saya adalah melakukan analisis SWOT SEO (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat). Apa Kekuatan SEO Anda? Apa Kelemahan SEO Anda? Apa Peluang SEO Anda? Apa Ancaman SEO Anda?”
Kadang sulit menemukan tips SEO generic yang belum pernah dilihat orang.

Apa yang cocok untuk bisnis lokal belum tentu tepat untuk bisnis nasional. Apa yang sesuai untuk perusahaan B2B bisa jadi mogok untuk toko B2C eCommerce.

Jika Anda membuat grid SWOT dan mulai merinci kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman Anda, maka Anda bisa mendapatkan ide terbaik tentang jenis SEO yang Anda butuhkan.

Sebagai contoh. Jika kelemahan Anda di otoritas domain, maka Anda bisa fokus pada area itu. Atau semisal Anda lihai bermain SEO Onpage tapi kurang trampil dalam riset keywords. Mungkin saja konten Anda berkualitas tapi tanpa otoritas.

Mulailah fokus pada kekuatan untuk menutupi kelemahan Anda. Jadi, identifikasi situasi Anda saat ini juga dan fokuslah pada kelemahan Anda.

>> Marcus Miller, Manager Director di Bowler Hat <<

Berinvestasi lebih pada Konten

eric enge - tips SEO

“Berinvestasi lebih pada konten. Tak diragukan lagi, ini adalah hal yang paling kurang diperhatikan orang, namun penerapannya selalu memberi hasil maksimal, baik dalam hal konversi dan SEO.”
Di Stone Temple, banyak studi kasus tentang pekerjaan yang telah kami lakukan. Hasilnya, kenaikan trafik 2x lipat ke halaman yang kami kerjakan. Cukup dengan penyempurnaan terhadap konten di halaman tersebut.

>> Eric Enge, CEO di Stone Temple <<

Jadikan Topik Halaman Anda Terbaik di Internet

andy crestodina - tips SEO

“Buat topik Anda sebagai halaman terbaik di internet. Google dikenal memiliki 2000 lebih staf bergelar Doktor Matematika. Saya anggap mereka lebih pintar dari saya. Dan saya ingin mereka menjadi tim saya.”
Jadi, inilah cara saya memikirkan SEO.

Jika Anda membuat halaman terbaik di internet untuk topik Anda, akan ada 2000 Sarjana Matematika yang mencoba untuk MEMBANTU Anda. Tapi jika sebaliknya, mereka justru akan menghadang langkah Anda.

Tentu halaman terbaik saja tidaklah cukup. Itu adalah langkah pertama. Kombinasikan upaya ini dengan pemahaman yang jelas tentang SEO, link, dan pemahaman dasar tentang bagaimana meningkatkan otoritas domain Anda.

>> Andy Crestodina, CoFounder/Strategic Director  di Orbit Media <<

Bangun Website Berbasis Data dan Riset Keyword

trond lyngbo - tips SEO

“Saya rekomendasikan agar Anda membangun arsitektur informasi situs web Anda, mulai dari struktur URL dan planning bagaimana konten domain disusun berdasarkan riset kata kunci dan analisis terperinci dari data pencarian Anda.”
Perusahaan saya, Search Planet, mengkhususkan diri dalam SEO E-commerce.

Alih-alih ingin fokus pada kebutuhan pelanggan, banyak toko e-commerce justru menghabiskan pendapatan dan keuntungan mereka hanya untuk memenuhi kebutuhan dan struktur organisasi mereka secara online.

Tanpa sadar mereka telah mengorbankan prospek terbaik di hasil pencarian. Atau saat itu terjadi, tak ada peningkatan pada pembelian, konsumen malah pindah ke pesaing mereka.

Ubah kehadiran online Anda agar fokus sepenuhnya ke pelanggan. Cara ini bisa memangkas resiko, mendominasi mesin pencari, menarik lalu lintas yang ditargetkan ke situs web Anda, dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

>> Trond Lyngbo, Founder di Search Planet <<

Buatlah Konten yang Linkable

sujan patel - tips SEO

“Salah satu tip utama SEO saya adalah memastikan bahwa di antara konten spesifik yang Anda buat, semua harus mudah dinavigasi dan linkable.”
Konten linkable adalah konten dengan topik yang cukup luas sehingga Anda dapat membaginya menjadi postingan tamu dengan disertai link natural, tanpa artikel harus terkait langsung dengan konten yang Anda tautkan.

Misal, saya menulis tentang “Customer Satisfaction” - sebuah panduan lengkap tentang bagaimana cara membuat pelanggan Anda puas. Dari sini saya bisa menautkan artikel ini dengan topik mulai dari pemasaran dan penjualan hingga operasi dan manajemen karyawan.

Dengan cara ini berarti Anda tidak akan pernah melewatkan kesempatan untuk terhubung ke konten Anda.

>> Sujan Patel, Co-Founder di WebProfits <<

Konten untuk Pelanggan, bukan Mesin Pencari

omi sedo - tips SEO

“Optimalkan konten Anda untuk pelanggan dan bukan untuk mesin pencari. Apa maksudnya? Sangat mudah menemukan beberapa kata kunci volume tinggi dan mengubahnya menjadi postingan blog. Dan saya tahu - setiap orang butuh visitor.”
Memproduksi konten yang tidak relevan dan tidak signifikan terhadap keinginan dan kebutuhan audiens hanya akan menghasilkan satu hal - orang akan menganggap Anda tak serius.

Orang mengeklik tautan Anda di SERPs tapi tidak berinteraksi dengan situs Anda. Ini sama artinya membuang kesempatan untuk mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Jadi bagaimana saya menemukan apa yang menjadi persona pembeli saya (jangan disama artikan dengan 'profil pembeli') ?

Cari pertanyaan yang sering diajukan orang tentang produk atau layanan Anda. Tempat yang bagus untuk memulai adalah Quora.

>> Omi Sido, SEO Manager di Daily Mail <<

SEO Bukan Hanya tentang Peringkat

phil frost - tips SEO

“Jika saya boleh merekomendasikan satu tip, maka pastikan Anda memahami bagaimana SEO sesuai dengan gambaran strategi pemasaran Anda.”.
Saya sering berdiskusi dengan banyak pemilik bisnis yang menganggap peringkat tinggi di Google adalah cara untuk menjadi sukses.

Faktanya adalah bahwa SEO hanyalah salah satu dari banyak taktik untuk mengarahkan calon pelanggan ke situs web Anda.

Memang, peringkat tinggi di Google itu penting, tapi itu tak ada artinya jika Anda tidak memiliki situs yang dipersiapkan dengan benar untuk mengubah lalu lintas menjadi prospek dan penjualan.

Plus, peringkat tinggi Anda takkan bertahan lama kecuali Anda memiliki pelacakan yang tepat dan metode untuk memantau dan menganalisis usaha SEO Anda.

SEO bukan hanya tentang ranking. Tapi juga tentang pengoptimalan tingkat konversi dan analisis serta pelacakan situs web. Hal itu penting untuk Anda pahami sebelum mulai berinvestasi di SEO.

>> Phil Frost, Founder & COO di Main Street ROI <<

Kesimpulan


Untuk jangka panjang, optimasi mesin pencari masih perlu.  Perubahan algoritma hanyalah metamorfosis ke dalam bentuk dan pendekatan yang sedikit berbeda.

Dalam artikel ini,  para pakar SEO berpendapat bahwa setiap pengelola web harus fokus pada konten, pengujian, analisis mendalam, produktivitas penghasilan, responsivitas pelanggan, teknis SEO, dan kualitas konten yang unik.

Ada banyak video Youtube berisi tip optimisasi SEO. Tapi yang pasti, advis dari para professional lapangan merupakan taktik SEO yang bisa Anda pelajari secara langsung.

Jika hanya muncul di halaman 2 pencarian Google, sama artinya konten Anda terkubur hidup-hidup. Karena " page two " bukanlah target pencarian pengguna.

Itu sebabnya, Anda perlu memperhitungkan jenis tips SEO yang bisa dipercaya (langsung dari pakar SEO) demi pencapaian peringkat lebih tinggi di Google.

Banyak orang ingin lalu lintas organik, fresh content yang relevan, loading cepat, mendapat link berkualitas, memiliki situs otoritas dan aman dari hukuman Google.

Dengan strategi SEO, submit ke Search Console, Google Analytics, Adwords, dan alat pemasaran digital lainnya bisa membantu Anda to be number one.

Pastikan taktik SEO Anda up-to-date. Tapi jangan lupakan tips basic SEO seperti teknik internal link, brand awareness social media, link building yang relevan dengan mengoptimalkan teks jangkar, perbaikan broken link, riset kata kunci, update konten, konten readable, pengoptimalan SEO Onpage untuk long-tail keyword, alt-teks gambar, judul dan deskripsi meta yang unik dan menarik.

Integrasikan seluruh strategi SEO ke dalam media sosial, karena ini adalah bagian penting dari sebuah personal branding.

Moga aja rangkuman tips SEO ini bisa membantu tumbuh kembang web blog Anda.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Thank’s dan wassalam.

5 komentar:

  1. Pelajaran SEO dari pakar di atas cukup berguna bagi kemajuan serta kreativitas blogger tanah air. Selama beberapa tahun terakhir saya masih mengandalkan teknik SEO onpage dan offpage alakadarnya tanpa mendalami strukturnya. Terimakasih banyak Mase..

    BalasHapus
  2. terimakasih tips SEOnya, saya butuh bimbingan tips seperti ini. Diskusi sama temen-temen kalo mau traffic melejit sih kudu pake SEO. Bukan bermaksud mencari keuntungan, tapi lebih kepuasan berbagi tulisan kita dibaca oleh yang membutuhkan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Prayugo,..
      moga2 aja dengan memberi dan berbagi bisa menambah rejeki,.amin

      Hapus
  3. Banyak pakar yang memiliki ilmu SEO yang berbeda beda , saya sendiri suka pusing mau ikutin yang mana, tapi hampir semua yang mereka terapkan itu bener hahahha

    BalasHapus
  4. jadi pengen ikut ketawa..ha ha ha

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam