Invalid Activity Google Adsense plus Cara Menangkisnya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:10 AM
6 comments
Aktvitas tidak valid di Google Adsense. Saat berita gajian, ada yang bikin publisher Adsense sering nahan nafas. Ya, munculnya sosok Invalid activity pada laporan payment. Nominalnya mirip undian lotere - unpredictable.

Jangan keseringan apalagi dibiarkan. Aktivitas tidak valid adalah masalah serius. Bisa-bisa akun Anda dinonaktifkan secara permanen. Hampir 72% akun Adsense kena disable, suspend bahkan banned hanya gara-gara aktivitas klik tidak valid.

Banyak webmaster merasa tidak mengklik iklan mereka sendiri ataupun memprovokasi orang untuk ngeklik iklan. Tapi nyatanya, laporan aktivitas tidak valid tetap saja nongol.

“ Mungkin Google udah kehabisan modal ” atau “ jangan-jangan Google ngga mau bayar ? 

Opini berbalut suudzon pun makin liar menggelinding bak bola panas. Dan parahnya, mereka anggap itu hanyalah akal-akalan Google buat nipu publishernya. Helloooow...

Makanya biar clear, sebagai penayang Adsense Anda harus tahu betul apa itu Invalid Activity dan bagaimana cara menangkisnya. Kebetulan kedua aspek ini akan saya bahas dalam postingan kali ini.

Apa itu Aktivitas Tidak Valid (invalid activity) ?


Sesuai definisi, jika klik berasal dari minat pada iklan atau menunjuk pada produk yang ditayangkan lalu pengguna mengklik iklan tersebut, itu akan dihitung sebagai klik legit (valid).

Pengguna yang hanya mengklik iklan tanpa aksi apa pun sesuai yang muncul di layar mereka, itu pasti akan dihitung sebagai klik yang tidak valid.

aktivitas tidak valid

Aktivitas tidak valid bisa melambungkan biaya pengiklan atau penghasilan penayang, meski itu semu. Dan Google tidak akan narik ongkos ke pengiklan karena invalid activity.

Invalid activity tidak hanya terbatas pada klik iklan sendiri. Barteran klik iklan, klik otomatis, robot klik, atau melalui perangkat lunak tipuan lainnya termasuk dalam kategori itu.

Jadi ingat, klik pada iklan Google harus asli berasal dari minat pengguna, dan segala taktik yang menghasilkan klik atau tayangan iklan sangat dilarang oleh kebijakan program AdSense.

Cara Google Mencegah Aktivitas Tak Valid


Klik dan tayangan iklan Google dipantau dengan sangat cermat. Hal ini untuk melindungi kepentingan penerbit maupun pengiklan.

Untuk tugas ini, sistem otomatis dan review manual dipakai untuk menganalisis semua klik dan tayangan iklan pada setiap aktivitas tidak valid.

Khusus untuk program Adsense, Google mengandalkan bot dan algoritma canggih karena ini adalah sumber pendapatan utama mereka.  Untuk persaingan pasar, jelas mereka tidak mau kompromi.

Google menggunakan tracking algorithm rats (algoritma pelacakan tikus) yang bisa menganalisis setiap pola mouse pengguna saat berada di salah satu situs publisher Adsense.

Dari pola mouse mereka, Google bisa mendeteksi psikologi pengguna saat mereka mengklik iklan. Proses ini terlalu rumit dengan melibatkan banyak algoritma yang kompleks.

Hasilnya, sistem Google mampu menyaring dan merilis hasil klik dan tayangan paling valid. Untuk proses ini, pengiklan tidak dikenakan biaya apapun.

Selain sistem otomatis, Google mempekerjakan tim yang didedikasikan untuk mendeteksi setiap kegiatan tidak valid. Mereka dilengkapi alat bantu khusus berdasarkan teknik dan pengalaman dalam melacak dan memantau perilaku pengguna dan menganalisis skenario.

Kenapa Invalid Klik bisa Muncul di Blog Saya ?


Ini pertanyaan lucu. Ibarat kepergok nyolong tapi ngeles saat diinterogasi. Sorry, bukan bermaksud memvonis setiap webmaster berbohong tentang aktivitas klik tidak valid di situs mereka.

invalid klik iklan adsense

Ini lebih mengarah ke proses bagaimana hal itu terjadi. Banyak publisher kurang mesra dengan Kebijakan Google Adsense. Akibatnya, mereka kerap menuding Google atas kesalahan mereka sendiri.

Tapi ada juga kok yang jujur. Hanya anehnya, rule sudah dipatuhi tapi masih aja kena suspend karena aktivitas klik tidak valid. Kenapa begitu?

Yah, secara teknis ini disebut “Adsense Cyber Fraud Attack” - serangan ke pengguna Adsense untuk menghasilkan klik tipuan.  Efeknya, bisa terjadi pemblokiran pada akun Adsense Anda.

Tak ada alasan atau motif khusus di balik serangan ini. Mereka hanya mengincar Google dan produknya, terutama pemilik akun Adsense yang mereka musuhi.

Dari hasil penelitian dijelaskan bahwa aktivitas klik tidak valid paling besar dipicu dari negara asal penulis atau si pemilik web.

Secara khusus ini dilakukan oleh orang atau teman dekat blogger yang iri dengan kesuksesan web rivalnya. Memang sulit meraba psikologi manusia. Tak ada yang tahu pasti niat para cyber fraud  ini.

Mungkin mereka senang lihat orang susah. Atau dendam karena akunnya kena banned akibat persaingan sesama publisher. Jadi, mereka berusaha untuk menutup sumber pendapatan utama penayang iklan.

Cara Antisipasi Invalid Activity


Antisipasi pertama adalah jangan pamer. Ngga perlu pengumuman besar-besaran kalo Anda baru diterima Adsense. Bagi Anda mungkin itu moment istimewa, tapi buat blogger lain? Ngga ngaruh bro…

Jangan biasakan unjuk earning Adsense. Biarpun niat Anda ingin memotivasi, tapi bagi orang lain itu bisa dianggap intimidasi.

Sedangkan cara teknis untuk mencegah aktivitas invalid bisa Anda lihat di bawah ini :

Pelajari lalu lintas pengunjung iklan di situs Anda

Buat laporan terpisah di Adsense pada menu URL Channel, Custom Channel atau pun unit iklan DFP (mitra Adsense).

Dari sini bisa diukur setiap perubahan source traffic yang dapat mempengaruhi lalu lintas iklan Anda. Berikutnya, gunakan Google Analytics untuk rincian informasi tentang pengunjung situs Anda.

Waspadai setiap perilaku pengguna yang mencurigakan. (dari mana mereka berasal, halaman mana yang mereka lihat).

Jangan bermitra dengan sembarang pihak

Dalam upaya meningkatkan trafik, aktivits invalid bisa juga terjadi karena Anda terlibat jaringan iklan abal-abal, mesin pencari, atau pun situs direktori.

Jangan klik iklan sendiri, meski Anda yakin itu aman

Para publisher sering penasaran dengan sumber URL pada iklan. Untuk memastikan itu, saran saya, jangan coba-coba mengklik iklan Anda sendiri. Biarpun Anda memakai Google Filter, tetap saja klik tersebut dipantau oleh Google.

Jika sampai muncul laporan penerbit yang mengklik iklan sendiri untuk menggelembungkan pendapatan atau biaya pengiklan, Google tak segan mencoret akun Anda demi melindungi advertizer mereka.

Periksa implementasi iklan Anda

Ada penerbit yang suka melakukan kustomisasi iklan. Biarpun konsekuensinya tak sesuai dengan permintaan iklan mereka.

Pastikan rekayasa pemrograman iklan Anda sesuai dengan kebijakan AdSense. Lakukan pengujian pada browser dan platform yang berbeda untuk memastikan adanya interaksi wajar antara iklan dengan semua pengguna seperti yang Anda harapkan.

Gunakan fitur otorisasi

Sekali lagi, pastikan penghitungan statistik pada akun Adsense Anda benar-benar berasal dari iklan yang tampil pada situs yang telah Anda tentukan.

Otorisasi situs Anda dengan benar. Jika tidak, sistem filter Adsense akan tetap menghitung jumlah tayangan iklan, namun earning-nya tak mengalir ke saldo Anda. Hal terburuknya, bisa memicu timbulnya invalid activity.

Senjata Efektif Melawan Invalid Activity dan Bomb Click


Dalam beberapa bulan terakhir, banned akun AdSense meningkat secara eksponensial.  Kebanyakan karena invalid click.

Saya merasa iklim persaingan antar publisher Adsense di Indonesia makin tidak sehat. Akun Adsense gugur satu persatu akibat ulah oknum blogger tengil yang tega menjatuhkan kompetitor lewat cara tak sportif.

Banyak teman menghubungi saya minta solusi dan bantuan. Pada mereka saya hanya menyarankan sebuah plugin bernama Adsense Invalid Click Protector.

adsense invalid click protector

Plugin ini mampu memblokir pengguna yang mengklik iklan Anda lebih dari jumlah yang telah Anda tentukan dan mengatur berapa lama mereka diblokir.

Ini plugin keren banget. Mampu menekan invalid klik pada website Anda. Anda pun bisa memblokir negara tertentu agar iklan Anda tak muncul di sana.

Sayangnya plugin ini hanya bekerja pada platform WordPress. Jadi buat Blogger mania, maaf ya belum bisa bantu.

Tanya Jawab Seputar Invalid Activity 


Saya tak sengaja klik iklan sendiri, apakah akan bermasalah bagi akun saya?

Meskipun penayang dilarang mengklik iklan mereka sendiri dengan dalih apapun, tapi Google paham bahwa kemungkinan klik yang tidak disengaja tetap bisa terjadi.

Oleh karena itu Anda tak perlu menghubungi mereka. Yakinlah bahwa akun Anda sedang benar dikreditkan hanya untuk klik dan tayangan yang mereka anggap valid.

Tapi ingat, dua kali ketidaksengajaan adalah bentuk kesengajaan. You knpw?

Banyak aktivitas klik tak biasa pada akun saya. Bagaimana cara mencegah hal itu ?

Jika Anda menduga klik tidak valid mungkin berasal dari pengunjung situs Anda, AdSense menyarankan untuk memberitahu mereka terhadap setiap aktivitas mencurigakan yang Anda temukan.

Informasi ini dapat membantu Google mengatasi masalah apa pun, meskipun telah dijelaskan dalam Persyaratan dan Ketentuan mereka, Google akan menggunakan kebijaksanaan tunggalnya saat menentukan kasus klik yang tidak sah.

Pastinya Google akan memantau situasi Anda dengan cermat, untuk memastikan akun Anda menerima semua klik dan tayangan yang mereka anggap valid.

Bolehkah melihat situs sendiri tanpa menimbulkan tayangan yang tidak valid?

Boleh, Anda dibebaskan melihat halaman Anda sendiri tanpa menghasilkan tayangan yang tidak valid. Cukup melihat halaman Anda sendiri tak akan membahayakan performa Anda dalam program AdSense.

Namun, untuk menghindari Anda mengklik iklan sendiri, lebih baik jangan berlebihan. Google menilai masalah klik tidak valid dan tayangan halaman secara serius.  Dan mereka punya tim spesialis yang berdedikasi, serta sistem otomatis untuk menandai dan meninjau aktivitas yang tidak biasa.

Apakah  Google bisa memblokir alamat IP saya atau alamat IP pengguna saya?

Google tidak dapat memblokir alamat IP yang disediakan oleh penerbit. Karena alamat IP dapat dialokasikan dari berbagai sumber, yang bisa berakibat klik yang valid mungkin bisa ikut terblokir.

Jika Anda mencoba untuk memblokir IP Anda agar dapat mengunjungi tujuan iklan atau menambahkannya ke daftar filter Anda, sebagai alternative, gunakan Adsense Publisher Toolbar. Dengan toolbar ini Anda bisa memeriksa tujuan iklan pada halaman Anda tanpa risiko klik yang tidak valid.

IP adress saya sama dengan pengguna lain. Apakah ini bisa menimbulkan masalah?

Google maklum, Anda mungkin saja menggunakan komputer yang sama atau berbagi alamat IP dengan pengguna lain – Jangan kuatir bro,… mereka punya algoritma dan teknik canggih untuk memahami perilaku klik yang tidak valid.

Di laporan ada tampilan klik pada iklan tapi tidak ada penghasilan. Kenapa bisa terjadi?

Kemungkinan klik atau tayangan pada akun Anda terjadi secara berulang, dan oleh sistem Google dipantau dan dianggap tidak valid. Hasil pantauan sistem ini akan muncul dalam laporan payment sebagai invalid activity.

Pada kasus ini pengiklan tidak dikenakan biaya oleh Google sehingga penerbit pun tidak akan menerima pendapatan untuk setiap klik tersebut.

Penutup


Istilah “Aktivitas Tidak Valid” mungkin terdengar enteng dan sepele. Padahal banyak hal yang terjadi di belakang layar.

Jagalah akun Adsense Anda. Amankan dari orang-orang yang berpotensi merugikan dan menjatuhkan.
Jalin kerjasama positif dengan blogger lain. Tak perlu unjuk gigi dengan earning Anda.

Be Silence, Give Solution, Yoy Will Move On 

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Thank's dan Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

6 komentar:

  1. benar banget tuh mas,saya sering mengalami hal seperti itu,
    sampai sekarang belum nemu solusinya,mungkin pakai wordspress seperti yang mas jelaskan invalid seperti ini bisa di tekan ya...
    Artikel keren mas...semangat terus blogging nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga aja plugin yg saya sarankan ada manfaatnya,..
      thanks ya mas Hendrik

      Hapus
  2. Mantab mas, panjang dan lengkap..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. moga aja sampean ngga capek bacanya mas,...he he he

      Hapus
  3. Saya pernah baca, tapi lupa baca dimana mas, udah lama soalnya. Katanya untuk platform Blogger juga udah ada penangkal nya. Belum lama ini tim Google adsense rupanya menyoroti secara serius serangan klik, dan mereka membuat informasi di halaman bantuan Google adsense mengenai bom klik tersebut. Mereka mengatakan dalam tulisan, bahwa sistem penangkal utk perlakuan dari pengguna yang tak dikehendaki seperti bom klik, untuk sistem keamanan nya lebih baik lagi. Walaupun begitu, publisher ads tetap perlu menjaga atau bertanggung jawab atas kesehatan akun nya. Secara sederhana, aktivitas bom klik saat ini mmg terus bergilir dengan berbagai motif, tapi penurunan prosentase dari akibat aktivitas tersebut sudah berkurang dan mereka berharap akan mengupayakan agar alat mereka makin maksimal untuk melindungi publisher nya dan bot milik mereka bisa semakin cerdas membedakan mna yang palsu, asli, ulah iseng orang lain dan semacamnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk blogger, kalo secara teknis memang ada mas upaya pencegahannya, itupun setelah bom klik terjadi, bukan aksi preventif,..
      saya udah searching kesana kemari, alhamdulillah sampe sekarang emang belum nemu plugin anti bom klik buat blogger yg bisa dipasang pada blog.
      Moga aja mas Nino bisa inget kembali artikel yg pernah dibaca terkait soal tool buat pencegahan bom klik, dan bisa dibagikan disini,..
      atau tulis diblognya mas Nino, nanti tolong linknya diarahin ke artikel ini, sebagai referensi tambahan
      Makasih ya mas Nino untuk informasinya..salam publisher

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam