Tips Membuat Pengunjung Blog Betah Lebih dari 5 Menit

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:24 PM
12 comments
Cara membuat pengunjung blog betah. Saya asumsikan visitor blog sama dengan tamu penginapan. Bayangkan, Anda di posisi itu.

Misalkan ada fasilitas kamar yang ngadat seperti lampu kurang terang, keran air macet, ranjang berderit, dsb – apa yang Anda pikirkan?

Sebagai tamu, situasi ini tentu bikin Anda ngga kerasan hingga memilih cek out - pindah ke hotel lain.

Begitupun ngeblog….

Kepuasan pengunjung (user experience) adalah mutlak. Memang itu yang dicari. Makanya hati-hati, pelayanan buruk bisa menggerus kenyamanan pengunjung Anda.

Tips Membuat Pengunjung Blog Betah

Kenapa Pengunjung Harus Tinggal Lebih Lama?


Lama tidaknya orang singgah di website Anda adalah indikasi yang menggambarkan perasaan mereka. Jika pengguna inginnya buru-buru pergi, berarti ada yang salah dan perlu diperbaiki.

Efeknya apa? Durasi kunjungan jadi rendah sehingga bouncing naik. Itu bisa mematikan konversi Anda.

Metrik rata-rata waktu kunjungan pengguna bisa Anda lihat pada laporan Google Analytic. Tepatnya pada menu Pemirsa >> Ikhtisar (Ringkasan).

Rata-rata untuk metric time on site (durasi kunjungan) yang bagus tergantung pada jenis konten yang Anda tawarkan. Jika itu artikel panjang tapi durasinya hanya beberapa detik, jelas itu sebuah masalah.

metrik laporan analytic

Sebagai pemilik situs, tugas Anda adalah membuat pengunjung se-betah mungkin agar mereka menikmati apa yang Anda sajikan. Itu saja.

Nah, pada artikel ini akan saya bahas 10 cara agar pengunjung mau duduk manis menghabiskan waktu mereka di situs Anda.

Cara Membuat Pengunjung Blog Betah


Berikut cara yang dapat Anda terapkan untuk menjaga pengunjung lebih lama tinggal di website Anda lebih dari 5 menit. Silahkan disimak.

1. Rapikan desain Anda

Umumnya pengguna web hanya beberapa detik menghabiskan waktu di sebuah situs sebelum akhirnya memutuskan pergi. Jendela waktu yang sangat singkat.

Kalo ingin pengunjung betah, atur desain seapik dan serapi mungkin.

Tata letak proporsional, mengisyaratkan Anda siap menyambut pengunjung yang datang. Jangan sampai ada kesan berantakan tak beraturan.

Pengunjung harus bisa melihat langsung bagian penting dari halaman saat mereka menginjakkan kaki di situs Anda.

Usahakan desain web se-simple mungkin. Lepaskan widget konyol agar pengguna lebih fokus pada konten Anda untuk tinggal lebih lama.

2. Tingkatkan readability halaman 

Readability artinya mudah dibaca.

Anda tentu pernah ketemu web yang sulit dimengerti isinya. Entah karena ukuran font-nya, kerapatan spasinya, gaya bahasanya, dll. Hal ini sering tak disadari oleh pemiliknya.

Mulai sekarang, buat semua halaman web Anda mudah dibaca khususnya pada semua perangkat. (janji lho ya….)

readability halaman

Agar artikel mudah dibaca, pilih ukuran font yang rada besar. Jangan terlalu kecil untuk menghindari scrolling yang tidak perlu.

Perhatikan bagian paragraph. Usahakan jangan terlalu panjang. Pecah paragraph besar menjadi beberapa potongan agar ada jeda nafas untuk membaca.

Satu lagi. Atur format artikel dengan rapi. Mulai dari susunan paragraph awal-akhir, sub judul, daftar bullet, hingga peletakkan gambar.

3. Pasang Gambar Kualitas Tinggi

Objek paling menarik dalam sebuah konten web adalah gambar. Kalo disuruh memilih, orang lebih suka melihat gambar daripada membaca teks.

Itulah sebabnya situs-situs populer sering memasang full background berupa gambar pada landing page mereka.

Tempat untuk menemukan gambar berkualitas terbaik adalah Shutterstock. Mereka punya ribuan gambar, vektor, dan ilustrasi untuk digunakan pada website Anda. Tapi semua itu ngga gratis.

Tak perlu khawatir, banyak juga situs lain yang menyediakan gambar gratis berkualitas tinggi. Silahkan hunting di Google.

4. Percantik Foto Anda

Gunakan alat editing gambar seperti Canva atau PiktoChart untuk membuat grafis Anda sendiri.

Dengan alat ini, grafis Anda akan terlihat lebih profesional untuk dipasang pada website Anda.

Sebelum dipasang ke website, optimalkan dulu gambar atau foto Anda. Kebanyakan gambar berkualitas tinggi resolusinya juga tinggi. Wajar saja karena ukuran dan kerapatan pixel menjadikan ukuran file gambar makin besar.

Untuk itu perlu adanya rekayasa gambar agar tidak mempengaruhi kecepatan loading situs web Anda. Satu-satunya cara adalah compressing.

Lihat panduan cara kompres gambar agar loading blog ringan.

5. Tambahkan Video agar lebih Interaktif

Peran video bisa memberi pengalaman yang lebih menarik untuk pengguna.

Setiap hari, ratusan juta jam orang menonton video di Youtube. Ini membuktikan banyak pengguna suka lihat video.

Video adalah salah satu bentuk konten yang paling efektif, interaktif, dan menarik. Menambahkan video ke halaman Anda dapat meningkatkan interaksi pengguna untuk menambah durasi kunjungan mereka di situs Anda.

Ngga harus video sendiri. Anda boleh menyertakan link referensi video orang lain, asalkan relevan dan tidak melanggar.

6. Bangun Internal Link dengan wajar 

Tahu kan algoritma Google Fred ?

Di algoritma ini bekerja sosok robot yang siap menjatuhkan konten berisi link-link sampah dari halaman pencarian Google. Khususnya irrelevant link.

Anda boleh saja pasang internal linking sebanyak mungkin, asalkan NYAMBUNG.

Contoh mudahnya begini…

Anda nulis tentang definisi bounce rate. Lalu di dalam konten itu ada link yang menuju ke artikel lain tentang cara diet untuk menurunkan bounce rate. Ini termasuk relevan, dan pastinya aman dari si Fred’s.

Lain soal jika Anda menyisipkan link tentang youtube, ini jelas ngga konek. Dijamin algojo Fred bakalan melotot sambil megang pentungan.

Jadi, pastikan halaman Anda memiliki banyak link internal yang relevan. Karena mustahil orang mengunjungi halaman web kecuali linknya Anda sodorkan langsung ke mereka.

Selain bisa menurunkan tingkat bouncing, cara ini juga bagus untuk SEO.

7. Jangan ada link rusak

Hal paling menjengkelkan bagi pengguna web adalah broken link (link rusak). Seolah Anda mengecoh pengunjung untuk masuk ke halaman tak bertuan. Meski Anda tak ada niat seperti itu.

Link bodong sering jadi alasan utama pengunjung cepat pergi. Hal ini memunculkan kesan seakan Anda tak ingin mereka datang. Jelas, broken link sangat merugikan.

Anda harus siap menerima kunjungan visitor dengan memastikan semua link internal bekerja dan hidup. Orang akan bergerak bebas menggali semua materi di situs Anda.

Lakukan audit menyeluruh untuk semua link yang rusak. Hapus atau perbaiki terserah Anda.

8. Buat konten yang memancing komentar

Libatkan pengguna dalam komentar.

Sejak awal blogging, komentar dianggap sebagai standar menilai keterlibatan pengunjung. Inilah alat dialog termudah sebagai jembatan antara pengguna dan pemilik web.

Pertanyaannya, bagaimana cara agar orang mau mengomentari website Anda?

Teknik paling efektif adalah menghadirkan sesi pertanyaan ringan dalam konten Anda. Letakkan pada paragraph penutup. Berikan pendapat pribadi Anda lalu mintalah pengunjung untuk menyuarakan apa yang mereka pikirkan.





9. Tampilkan kredibilitas

Kredibilitas adalah alasan paling konkrit kenapa orang mau mempercayai sebuah situs. Inilah sebabnya mereka betah berlama-lama di situs itu.

Percayalah bro, ngga gampang membangun sebuah kredibilitas. Tapi bukan hal mustahil untuk diperoleh. Dan itu bisa dimulai dari sekarang.

Yang pertama, tunjukkan siapa Anda. Gunakan foto terbaru agar pengunjung cepat dan mudah mengenal personality Anda. Pasang di bawah postingan pada profil author. Bisa juga di halaman About.

Tambahkan biografi, sertifikasi, penghargaan atau kalo perlu testimony klien yang pernah Anda tangani. Dan jangan lupa hubungkan profil social media Anda.

Cara ini 100% dipercaya bisa menambah kepercayaan pengguna untuk berbagi informasi atau bahkan berinteraksi bisnis di website Anda.

10. Gunakan Exit Intent untuk melepas pengunjung

Tak peduli apa yang Anda lakukan, pada akhirnya pengguna akan meninggalkan situs Anda. Tapi jangan sampai itu jadi kunjungan terakhir mereka.

Anda masih punya kesempatan terakhir untuk mengkonversi pengguna menjadi subscriber.

Cukup gunakan teknologi Exit-Intent Pop Up. Anda bisa ambil scriptnya di situs SumoMe, Gleam, atau Privy. Mau yang gratis atau berbayar tergantung pilihan Anda.

Cara kerjanya sederhana. Popup akan muncul tepat saat pengguna akan meninggalkan situs atau ketika kursor mouse bergeser ke tab halaman yang lain.

Biasanya ini sering dipakai toko online atau situs ecommerce untuk menawarkan diskon khusus, meminta untuk berlangganan, atau merekomendasikan fitur terbaru.

Metode ini benar-benar bisa meningkatkan returning visitor dan menurunkan tingkat bouncing situs secara signifikan. Ngga percaya? Silahkan dicoba.

Penutup


Memang content is king. Tapi membuat pengunjung betah di blog tak cukup dengan modal itu.

Sebagai visitor, manusia punya sisi humanis yang harus disentil ego dan logikanya. Dari koneksi keduanya akan muncul interaksi yang akan menambah durasi kunjungan ke situs Anda.

Begitulah kira-kira….

Apakah Anda punya cara lain untuk membuat visitor betah? Bagikan lewat kolom komentar.

Semoga ada manfaatnya. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Thank’s n wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

12 komentar:

  1. Kalau blog 1 niche mungkin banyak orang yg sudah sukses, tapi karena banyaknya blog yang punya niche yang sama membuat saya berpikir untuk beralih ke gado2 aja, lebih banyak ide yang bisa di share dan kemungkinan lebih banyak model pengunjung yang datang hehehehe pendapat pribadi mas

    BalasHapus
  2. Blog gado2 juga nggak jelek, asal topik yang di bahas sifatnya abadi, jadi kita nggak perlu selalu update..ok mas rudy..maju terus happy blogging

    BalasHapus
  3. Tulisan nya renyah di baca dan mudah dipahami. Tiap mas Teguh buat posting artikel, saya selalu baca tiap detail nya, gak pernah ada yang saya skip, kalau di tempat lain, terkadang masih saya skip, karena bahasa nya bulet atau banyak menggunakan kalimat yang sebetulnya tidak perlu dikatakan. Untuk tambahan agar pengunjung situs betah, faktor terpenting dari beberapa faktor di atas adalah penggunaan kalimat atau struktur kalimat, sekiranya kalimat bisa disampaikan hanya beberapa kata, mengapa harus banyak menggunakan kalimat yang terlalu banyak dan berputar putar. Untuk Mas Teguh, gaya penulisan nya jujur saja menarik dan jadi inspirasi saya untuk membuat tulisan. Happy Blogging. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada prinsipnya, orang membaca artikel di internet berbeda dg saat mereka baca buku, makanya para blogger senior kita sering menganjurkan " MENULISLAH SECARA EFEKTIF", seperti yg mas Nino maksudkan itu,..
      alasannya apa?
      dalam satu halaman artikel, byk godaan berupa link2 yg bisa memecah konsentrasi membaca, meskipun itu link ke halaman kita sendiri. Akibatnya kadang kita sering berpindah topik bacaan, sedangkan artikel sebelumnya belum selesai dibaca,...

      Thank's mas Nino atas opini dan masukkannya,..moga sukses terus blognya

      Hapus
  4. Standar nya berapa menit ya di blog-blog yg bagus. Di blog saya rata2 nya 01:47

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo standar pastinya sih relativ mas, tergantung konten blognya,...intinya, makin lama durasinya makin bagus, berarti visitor benar2 betah di blog sampean,..

      Hapus
  5. Artikel nya menarik gaya bahasa nya mudah dipahami, , saya akan coba terapkan tips tips nya. Terima kasih om semoga bermafaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama-sama,..
      moga tips di atas bisa membuat visitor Anda betah..salam blogger

      Hapus
  6. Say suka dengan artikel yang bahasanya
    gampang dibaca dan paragraph dan paragraphnya..dengan terus belajar dengan adanya arahan arahan pada blog
    Mas Teguh

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Adi,..saya senang andaikan apa yg saya tulis ternyata berguna buat pengunjung..

      sekali lagi thanks ya,..salam sukses

      Hapus
  7. tolong bang kunjungi juga www.santri.co
    dijamin ketagihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. blognya udh saya liat gan,..keren kok,
      di source codenya saya nemu kode adsense tapi kok iklannya ga muncul ya? apa sedang masa review?

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam