Biaya Iklan di Facebook Ads, Berapa Duit sih ?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:10 AM
11 comments
Biaya iklan di Facebook Ads. Saya sendiri sering bingung saat ditanya berapa biaya iklan di Facebook Ads. Karena Facebook tak mematok biaya melebihi dari anggaran Anda.

Artinya begini, jika anggaran Anda sebesar Rp. 100000 per hari, maka biaya iklan Facebook tak akan lebih dari itu per harinya. Jadi biaya iklan di Facebook cenderung fleksible dan relative.

Namun masalahnya, ada sejumlah faktor yang mempengaruhi seberapa jauh anggaran Anda menentukan keberhasilan iklan sesuai dengan uang yang telah Anda kucurkan.

Dengan pendekatan yang lebih simple, suksesnya iklan Facebook tergantung bagaimana Anda mengatur anggaran untuk hasil terbaik bagi bisnis Anda.

Untuk membantu Anda memahami persis bagaimana mengoptimalkan belanja iklan Facebook untuk hasil terbaik, saya menggali beberapa sumber dan studi kasus untuk mengidentifikasi beberapa benchmark iklan Facebook.

Hasilnya, ada tujuh faktor kunci penentu biaya iklan Facebook. Dalam postingan ini, akan saya beberkan semua tentang biaya iklan Facebook dan cara mengatur anggaran Anda.

Anda berminat ? Ayo hajar aja….

biaya iklan di facebook ads

Berapa Patokan Biaya Iklan Facebook?


Anda tentu penasaran, berapa biaya riil dari impressi, klik, atau konversi melalui iklan Facebook. Namun sayang, tak ada jawaban mutlak untuk pertanyaan ini.

Pakar Facebook marketing pun tak akan bisa menuliskan nominal angka secara akurat tentang berapa biaya iklan di Facebook Ads.

Tapi untungnya, mitra pemasaran Facebook seperti AdEspresso, Salesforce, dan Nanigans rutin menganalisis fluktuasi belanja iklan di media sosial.

Sementara tak ada pedoman secara persis berapa banyak Anda akan dikenakan biaya untuk kampanye iklan Facebook, hasil analisis mereka mungkin bisa menjadi titik referensi besar untuk Anda.

Saat ini, benchmark dari AdEspresso dinilai paling up-to-date. Mereka mengkaji belanja iklan pada tahun 2016 lebih dari 100 juta dolar. Berikut adalah hasil temuan mereka (dalam $ AS) :
  • Biaya rata-rata Per Click (CPC) adalah sekitar $ 0,35 dan khusus di U.S sekitar $ 0,28.
  • Biaya rata-rata per Like di U.S sekitar $ 0,23.
  • Biaya rata-rata per install aplikasi sekitar $ 2,74.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

Biaya per klik (BPK) sesuai negara

biaya per klik iklan facebook sesuai negara
sumber gambar : adespresso.com

Biaya per Like sesuai Negara

biaya per like iklan facebook sesuai negara
sumber gambar : adespresso.com

Biaya per instal aplikasi sesuai negara

biaya per install iklan facebook sesuai negara
sumber gambar : adespresso.com

Cara Facebook menampilkan Iklan Anda


Bagaimana Facebook menentukan iklan yang muncul? Lalu kenapa budget gede belum tentu menang?

Disinilah pentingnya pemahaman tentang bagaimana sistem iklan Facebook bekerja - dengan kata lain, cara Facebook memutuskan iklan yang akan ditampilkan untuk masing-masing penggunanya.

Menurut Facebook:
Ketika menampilkan iklan, kami mencoba untuk menyeimbangkan dua hal:

  • Menciptakan nilai bagi pengiklan dengan membantu mencapai dan mendapatkan hasil positif dari orang-orang dalam target audiences mereka.
  • Memberikan pengalaman positif dan relevan untuk pengguna Facebook, Instagram serta Audience Network.
Cara terbaiknya adalah melalui lelang yang mewakili kedua kepentingan. Dengan metode itu, pengiklan bisa menjangkau pengguna sebagai target iklan untuk melihat apa yang mereka minati.

Saat ada ruang iklan yang tersedia, Facebook akan membuka taruhan untuk diperebutkan semua pengiklan. Pemenang lelang akan mendapat jatah ruang spesifik untuk iklan mereka agar tampil ke pengguna. Dan menariknya, lelang seperti ini berlangsung setiap hari hingga miliaran kali.

Mekanisme Proses Lelang Iklan Facebook


Jauh berbeda dengan lelang tradisional. Di Facebook Ads pemenang lelang bukan ditentukan dari tawaran tertinggi.

Bagi Facebook, pengalaman positif dan relevan untuk semua pengguna sangatlah penting. Itulah sebabnya pemenang lelang ditentukan dari nilai keseluruhan yang diciptakan oleh iklan untuk pengguna yang ditargetkan.

Facebook menganalisis nilai potensial yang diciptakan oleh setiap iklan didasarkan pada tiga faktor:
  1. Advertizer bid (tawaran pengiklan)
  2. Ad quality and relevance (kualitas dan relevansi iklan)
  3. Estimated action rate

Setiap kali ada lelang iklan, Facebook akan mengakumulasi nilai dari tiga faktor tersebut dan menampilkan iklan dengan nilai tertinggi.

Artinya, Anda tak perlu memasang bid tinggi agar iklan Anda tampil, asalkan kualitas dan relevansi iklan Anda lebih unggul dari pesaing Anda.

Setelah lelang dimenangkan, Facebook akan mengakomodir semua iklan yang telah ikut bersaing.  Dan biaya iklan ditentukan dari jumlah minimum yang diperlukan untuk memenangkan lelang (artinya Anda tidak akan selalu ditagih untuk iklan di Facebook berdasarkan bid maksimum).

7 Faktor Penentu Biaya Iklan Facebook


1. Bid Anda


Bila Anda membuat iklan Facebook, pada dasarnya Anda sedang bertarung dalam lelang global, bersaing dengan pengiklan lain untuk sebuah ruang iklan di Facebook.

Jumlah bid mewakili skor Anda dalam hal optimalisasi sebuah iklan. Semakin tinggi bid nya, peluang iklan tampil makin besar. Di Facebook, Anda dapat menentukan bid (tawaran) secara otomatis atau manual.

Berikut adalah ringkasan dari kedua pilihan itu :
  • Tawaran otomatis. Artinya Facebook yang memutuskan jumlah bid untuk Anda. Nantinya Facebook akan menghabiskan seluruh anggaran iklan Anda untuk memaksimalkan hasil yang Anda inginkan. Jika merasa tidak yakin dengan jumlah bid yang harus Anda tentukan, Facebook merekomendasikan Anda untuk memilih opsi ini.
  • Tawaran manual. Jika memilih opsi ini, Anda harus memberitahu Facebook jumlah maksimum yang sanggup Anda habiskan untuk menggoalkan tujuan Anda (misalnya $ 5 untuk klik).

Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya baca tips dari AdEspresso ini:
Jika tawaran terlalu rendah, kampanye mungkin tidak mendapatkan eksposur yang layak, dan tujuan iklan Anda bisa jadi gagal. Ingat, jangan takut pasang bid tinggi, hasilnya akan sesuai dengan apa yang Anda bayar. Toh pada akhirnya Anda hanya membayar jumlah terendah dalam lelang, agar iklan Anda tayang.

2.Kualitas dan Relevansi Iklan


Facebook menilai kualitas dan relevansi iklan berdasarkan kinerjanya.

Untuk melihat data metriknya, Facebook menyediakan fitur Relevance Score untuk setiap iklan.
Jika skor relevansi iklan Anda tinggi, Facebook akan menampilkan iklan Anda dengan biaya murah dan jangkauan target audience lebih banyak.

Untuk melihat berapa skor Anda, buka menu Iklan Facebook Manager Anda.

3. Estimated Action Rate


Saat memutuskan target pembaca untuk tampilan iklan Anda, Facebook memperkirakan seberapa besar kemungkinan orang akan take action terhadap optimalisasi iklan Anda (ini disebut Estimated Action Rate).

Misal, jika Anda menjalankan iklan untuk alat pemasaran yang dioptimalkan untuk konversi website, Facebook akan menampilkan iklan kepada orang-orang yang dianggap punya potensi mem-follow up produk Anda.

Facebook menentukan ini berdasarkan perilaku orang pada target audiens Anda sebelumnya ("berapa sering mereka membeli produk lewat iklan facebook?") Dan kinerja iklan sebelumnya ( "berapa banyak konversi didapat selama iklan berjalan?").

Jika Estimated Action Rates Anda rendah, kemungkinan biaya iklan Facebook Anda akan tinggi. Karenanya, pastikan iklan Anda menang di beberapa lelang iklan dan tayang sesuai target audiens Anda agar Facebook memberi kompensasi dengan meningkatkan tawaran iklan (hanya untuk opsi bid otomatis).

Kata Facebook,
Untuk membantu kami melakukan estimasi seakurat mungkin, sebaiknya atur anggaran dan bid setinggi mungkin untuk mengoptimalkan goal iklan Anda per hari.

4. Target Pemirsa Anda


Siapa dan berapa banyak orang yang Anda targetkan akan mempengaruhi biaya iklan Facebook Anda. Hal ini disebabkan tingginya tingkat persaingan untuk menjangkau khalayak tertentu.

Saat pemasar online menargetkan specific audiens, untuk menjangkaunya mereka akan dikenakan biaya iklan yang  lebih mahal.

Selain lokasi, biaya iklan Anda juga dipengaruhi oleh :
  • Age
  • Gender
  • Languages
  • Demografi, minat, atau perilaku yang lebih spesifik
  • Koneksi  (dengan halaman Fanpage, aplikasi, atau event Anda)

Saya sarankan Anda bereksperimen dengan berbagai khalayak untuk menemukan formula terbaik pada kampanye Iklan Facebook.

5.Time Years


Ketika jumlah pengiklan meningkat akibat naiknya target penonton, maka biaya iklan pun ikut naik. Sesuai pernyataan Ana Gotter di situs AdEspresso,
Saat akhir tahun, banyak pengiklan berbondong-bondong belanja Iklan Facebook diluar batas standar harian. Akibatnya, kompetisi iklan makin ketat sehingga muncul peningkatan biaya iklan.

SocialCode juga mempelajari CPM iklan Facebook selama musim liburan tahun 2014 dan menemukan peningkatan biaya di berbagai jenis tawaran dan penempatan iklan.

peningkatan-nilai-cpm
sumber gambar : socialcode.com


Mitra pemasaran Facebook, seperti Ambush dan Salesforce keduanya menemukan kecenderungan yang sama saat mempelajari data dari tahun yang berbeda (2013, 2014, dan 2015).

Jika Anda berencana kampanye iklan disaat musim liburan, atau hari besar lainnya, penting untuk menganilsa jumlah kompetitor yang  dapat mempengaruhi biaya iklan.

6. Penempatan iklan


Penempatan menggambarkan di mana iklan Anda ditampilkan dalam ekosistem Facebook. Berikut beberapa lokasi iklan di Facebook :
  • Facebook’s desktop News Feed
  • Facebook’s desktop right column
  • Facebook’s mobile News Feed
  • Instagram’s mobile News Feed
  • Audience Network
  • Messenger

penempatan iklan facebook
sumber gambar : adespresso.com

Dalam upaya memaksimalkan hasil iklan, para pemasar disarankan untuk menempatkan iklan mereka di Instagram dan Audience Network serta Facebook.

Menurut pihak Facebook sendiri, hal itu dapat mengurangi biaya rata-rata per hasil iklan:
Jangkau lebih banyak orang melalui Instagram dan Audience Netwotrk

Kemunculan iklan di Instagram dan Audience Network memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk menjangkau orang dari berbagai platform. Cara ini bisa menekan biaya iklan. Pada menu pembuatan iklan, pastikan Anda memilih penempatan tambahan pada kedua jenis platform tersebut.

Kedengarannya menarik dan layak dipertimbangkan. Terlebih jika target audiens Anda aktif di Instagram dan iklannya selaras dengan strategi Instagram Anda.

7. Optimalisasi Pengiriman Iklan


Saat membuat iklan, di bawah menu "Budget & Schedule" klik pilihan "Show Advanced Options". Di situ akan muncul opsi bernama "Optimization for Ad Delivery".

Optimasi pilihan Anda dapat mempengaruhi kepada siapa iklan Facebook Anda ditujukan. Misalnya, jika Anda memilih untuk mengoptimalkan klik, maka Facebook akan menampilkan iklan pada orang-orang yang paling mungkin untuk klik iklan.

Hal ini berpengaruh pada biaya iklan, karena tindakan yang diambil pada iklan akan mempengaruhi skor relevansi dan estimated action rates.

Andaikan iklan tidak dioptimalkan, Facebook tak akan menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling mungkin untuk bertindak positif pada iklan Anda. Jadi jangan kaget jika nantinya budget iklan Anda makin membengkak.

Eksperimen AdEspresso pada dua opsi optimasi yang berbeda menemukan bahwa pilihan optimasi dapat mempengaruhi biaya pada hasil optimalisasi iklan Anda.

Pertimbangan aspek ROI – selain Cost Ads


Alih-alih hanya focus pada biaya iklan Facebook, ternyata penting juga untuk melihat return on investment (ROI) sebagai metric kunci.
ROI = (Return - Investasi) / Investasi

Ada dua jenis ROI sebagai pertimbangan saat beriklan di Facebook yaitu :

1. Financial ROI

ROI ini menitikberatkan investasi Anda di Facebook Ads terhadap hasil bisnis (pendapatan).

Jika Anda dapat mengukur kecenderungan perilaku belanja pelanggan Anda, maka konversi laba pun dapat Anda tentukan dari situ .

Contoh kasus. Target konversi sebesar $ 10 tentu dianggap terlalu muluk. Tapi coba bayangkan seandainya seorang pelanggan yang dikonversi dari iklan Facebook Anda bisa menghabiskan $10 - $50, Anda tentu akan untung dengan ROI hampir 5x lipat.

ROI juga berguna untuk mengambil keputusan apakah harus beriklan selama kenaikan harga. Misalnya, tingginya biaya iklan Facebook saat musim liburan.

Jika penjualan Anda cenderung meningkat (melebihi kenaikan biaya iklan) waktu musim liburan, artinya investasi iklan Facebook masih mungkin dianggap layak.

2. Social ROI

Jenis lainnya adalah ROI sosial. Selain pendapatan, melalui Facebook Ads Anda juga bisa menghasilkan beberapa interaksi pada iklan Anda.

Sosial ROI menganggap jumlah interaksi sosial (like, komentar, dan share) dari iklan Facebook adalah investasi relatif.

Anda harus memutuskan berapa banyak keterlibatan sosial yang layak untuk brand Anda. Begini cara sederhana untuk menghitung ROI sosial Anda:

Jika Anda membayar $ 50 untuk mempromosikan postingan Anda di Facebook lalu menerima 80 like, 15 komentar, dan 5 share (total 100 interaksi). Jika dikalkulasi, maka setiap interaksi biayanya $ 0,50. Apakah itu masuk akal bagi Anda?

Penutup


Optimasi dan biaya iklan Facebook adalah topic yang luas. Postingan ini pun mungkin baru menggores permukaannya saja. Tak cukup sehari kalau ngomongin Facebook Ads.

Bagaimana Anda mengukur ROI iklan Facebook? Atau mungkin Anda punya tips menurunkan biaya iklan Facebook?

Kini giliran Anda berbagi pengalaman! Jangan ragu untuk berkomentar. Mari gabung dan ngobrol.

Thank’s banget buat yang udah mau baca. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

11 komentar:

  1. Kalau hitung-hitungan berapa duit beriklan di Facebook Ads kudu pinter2 ngatur Mas Teguh. Pengalaman saya batas minimal beriklan 1 hari kalau gak salah adalah rp.10.000. Jadi misal kita punya dana rp.150.000 maka dapat berlaku selama 15 hari. Tapi 1 hari gak mesti diharga 10.000, kadang bisa < rp.10.000 dan kadang > rp.10.000. Itupun bisa kita atur harga perlikenya kalau gak salah, cuma saya lupa berapa harga perlikenya :D :D .

    Tapi paling nyaman buat saya pribadi 1 hari cukup 15rb s/d 20rb saja, Gak harus banyak-banyak. Kecuali kalau punya dana lebih silahkan bayar yang agak banyak agar jangkauan kiriman facebook ADS juga banyak/lebih luas.

    Satu lagi, jika ingin beriklan di Facebook Ads jangan lupa diatur/tawar harga perlikenya seperti saya sebutkan di atas agar tidak terlalu mahal dan tidak TEKOR balance kita. Misal jika dari FB diharga 1.000 coba diturunkan rp.500 (ada batas minimalnya juga, cuma saya lupa :D ). Dan untuk letak settingannya harga perklik hmm... saya lupa lagi hhhhha...

    Haduhh.. kok saya banyak lupanya. Insya Allah kapan2 kalau beriklan di Facebook Ads akan saya catat biar gak lupa terus, :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. matur nuwon mas Indra udh mau berbagi pengalamannya (meski banyak lupanya nih,..he he he)

      berdasarkan pengalaman beberapa teman, memang untuk wilayah Asia, khususnya Indonesia, tarif iklan per harinya rata2 lebih kurang rp 10000 ,..dg total jangkaun maksimal antara 2000 - 3000 (tergantung bid nya),.

      tapi semua kembali pd tujuan utama kita beriklan, dan produk apa yg kita iklankan,..dari situ kdg muncul treatment yg berbeda dari tiap2 pengiklan yg mempengaruhi biaya iklan di Facebook Ads,..

      kura2 begitu ya mas Indra,..?

      Hapus
    2. Iya Mas sama-sama. ini saya juga baru beriklan lagi cuma 2 hari. Habisin sisa balance yang masih tersimpan 26.700. Jadi diatur perhari 13.000 saja. Kira2 nanti dapat berpa ya LIKE-nya hehe... :D

      Hapus
    3. kalo boleh tau kang indra, tujuan iklan di fb apa ya? jualan kah? traffick kah?

      Hapus
  2. Terima kasih mas teguh informasi yang diberikan cukup bermanfaat bagi saya yang masih awam. Tapi saya ada pertanyaan. Saya memiliki blog http://kamarhotel.web.id nichenya seputar review kamar hotel. Tapi trafficnya masih rendah sekali. Rencananya mau menggunakan fb ads untuk menambah traffic. apakah dari pengalaman mas teguh cara ini efektif atau ada saran lain. Dan untuk budget, apa bisa 100 ribu untuk sebulan?Mohon penjelasannya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya efektif mas,..pilih goal nya ke kunjungan website, jangan yg "Like",..untuk budgetnya, sesuaikan dg target yg Anda inginkan

      Hapus
  3. Mas teguh, Kalau budgetx 20 ribu perhari selama 1 minggu, itu kira-kira jangkauan potensial target yg pas dgn budget sehlgitu berapa yah?

    krn sya kurang paham jdi terkadang Jangkauanx itu 5 juta sampai 20 jutaan...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pihak Facebook memberi resume berapa jangkauan pemirsa sesuai harga,..dan realisasinya pun kurang lebih ga jauh berbeda mas,..
      jadi lebih baik ikuti dulu aja saran atau resume dari Facebook,

      Hapus
  4. mas teguh, iklan fb di eropa cenderung mahal ya, kasih triknya kang, boncos mulu ini,,,

    BalasHapus
  5. ini pake patfrom blogspot ya mas

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam