8 Aplikasi Blogging ini Cocok buat Ngeblog via Ponsel/Tablet Android

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:49 AM
2 comments
Aplikasi blogging telah ada di android.  Sekarang ini, ngeblog ngga mesti harus punya laptop atau komputer. Via smartphone androids, segala urusan blogging jadi lebih mudah.

Beberapa aplikasi di bawah ini sangat cocok buat yang sibuk hingga sulit menyisihkan waktu meng-update blog secara teratur di rumah. Atau yang ingin berbagi pengalaman, petualangan, atau sharing motivasi ke seluruh dunia.

Memposting, update atau revisi artikel, riset kata kunci, edit gambar, dll cukup dikerjakan lewat ‘g0yang4n’ jari jemari di atas layar ponsel Android yang Anda bawa.

Anda pun bisa mulai menulis dan mengelola arsip pribadi melalui ponsel. Asyiknya lagi, semua bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Asalkan ponsel atau tablet ada digenggaman Anda.

aplikasi blogging ponsel android dan tablet

Aplikasi Blogging untuk Ponsel Android/Tablet


Aplikasi blogging bisa didownload lewat Android marketplace. Saking banyaknya kadang sulit menentukan mana yang harus Anda pakai. Tapi jangan kuatir, saya bantu Anda mempersempit pilihan itu.

Inilah 8 aplikasi blogging terbaik untuk ponsel android dan tablet, agar ngeblog Anda lebih menyenangkan.

1. WordPress atau Blogger (blogging platform) 


Sebelum mulai ngeblog, tentukan dulu platform untuk mempublikasikan situs Anda. Ada pilihan host free yang populer seperti WordPress dan Blogger.

Kedua platform ini telah hadir dalam bentuk aplikasi yang akan memungkinkan pengguna untuk menulis, mengedit dan mempublikasikan tulisan mereka di mana saja.

Blogger (Android dan iOS)

Aplikasi Blogger

Karena Blogger adalah anak perusahaan Google,  semua proses pendaftaran jadi lebih mudah. Anda tak perlu membuat username dan password lagi, cukup gunakan kredensial Google Anda untuk login dan mulailah ngeblog.

Konfigurasi pada aplikasi ini cukup sederhana, sehingga mudah digunakan. Selain itu, dilengkapi pula dengan fitur publikasi artikel, menambahkan gambar dan label ke entri blog. Anda pun dapat menambahkan lokasi ke setiap postingan.

Jika Anda punya banyak blog, jangan khawatir. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk beralih ke tiap blog yang Anda miliki.

WordPress (Android dan iOS)

aplikasi wordpress androids

Aplikasi WordPress sangat pas buat Anda yang punya postingan berbasis teks. Wordpress app dikembangkan untuk bersaing dengan tuntutan blogging smartphone yang lebih sempurna dan nyaman.

Aplikasi ini slim and fast, tapi sayang kinerja terbaiknya hanya pada perangkat tablet. Untuk smartphone mungkin sedikit sulit, karena kendala ukuran layar yang jauh lebih kecil.

Sama seperti pada desktop, aplikasi WordPress memungkinkan Anda untuk membuat dan mengedit postingan, melihat statistik blog, dan mengelola komentar.

Manfaat lain aplikasi ini adalah bahwa ia support pada WordPress.com dan WordPress self-host.

Tip buat Anda:

Setelah Anda posting ke blog dari salah satu aplikasi di atas, tes hasilnya lewat browser pada ponsel Anda. Jangan lupa aktifkan tampilan desktop nya untuk memastikan apakah postingan Anda terlihat seperti untuk pembaca non-mobile.

Buat yang ingin mulai posting di kedua platform di atas, download aja aplikasinya di Android Market. Gratis mas? pasti dong…

2. Google Docs (text editor)


aplikasi google docs android
sumber gambar : play.google.com

Kebanyakan blogger memposting teks mereka langsung pada aplikasi blogging. Teorinya sih memang begitu. Sebenarnya itu adalah ide buruk, karena bisa saja draft tulisan Anda hilang sebelum artikel diterbitkan.

Antisipasinya mudah. Gunakan aplikasi text editor bernama Google Docs. Tulis semua postingan Anda di situ agar konten Anda selalu aman dan mudah diakses kembali pada semua platform. Saat artikel akan diterbitkan, cukup pindahkan filenya ke aplikasi blogger yang telah Anda install sebelumnya.

Tip buat Anda :

Lewat fitur kolaborasi Google Docs, tambahkan teman terpercaya yang punya skil tata bahasa yang solid untuk lebih menyempurnakan dokumen Anda.

3. Pixlr Express (photo editor)


aplikasi pixlr express
sumber gambar : play.google.com

Gambar menarik mutlak diperlukan untuk sebuah blog yang sukses. Dulu sebelum smartphone merajalela, mengedit gambar atau foto lewat ponsel hampir mustahil dilakukan.

Tapi dengan munculnya aplikasi editing foto hasil kreasi pengembang terkenal seperti Autodesk, ngutak-atik foto atau gambar jadi hobi baru para pemakai ponsel.

Layaknya fotografer professional, gambar biasa jadi luar biasa berkat aplikasi photo editor semacam Pixlr Express.

Fitur pada aplikasi ini cukup lengkap, seperti adjust image, filtering, collapse, dan banyak lagi. Bahkan para pakar foto editing berpendapat, Pixlr Express ibarat Photoshop tapi dalam versi mobile.

Tip buat Anda :

Temukan filter yang Anda suka (jangan terlalu ekstrim). Gunakan pada semua foto yang Anda posting. Efeknya akan memberikan konsistensi visual pada blog Anda sepanjang masa.

4. Buffer (jaringan sosial)


aplikasi buffer androids


Interaksi pembaca lewat jaringan social yang relevan adalah cara penting untuk membangun dan mempertahankan audience Anda.

Banyak blogger berpendapat, media social seperti Twitter, Facebook, Pinterest, dan Linkedin, rada sulit jika dimanfaatkan untuk kepentingan itu jika hanya melalui postingan yang rutin.

Coba pakai Buffer. Ini adalah web app yang sangat berguna untuk mengantri posting jaringan sosial untuk berbagai situs. Bekerja secara otomatis pada postingan yang Anda kirim dengan interval tertentu.

Tip buat Anda :

Jadwalkan setiap minggu untuk mengisi antrian social media Anda dengan postingan. Agar lebih efektif, lakukan uji coba untuk menentukan intensitas dan kapan tepatnya Anda harus posting.

5. Google Analytics (analisa trafik)


aplikasi google analytic android
sumber gambar : play.google.com

Google Analytics adalah alat penting untuk mengumpulkan data terkait kebiasaan dan aktivitas pembaca di situs Anda. Ada beberapa konfigurasi backend yang harus dilakukan pada blog agar Analytic bisa berfungsi.  Proses instalasinya cukup mudah, baik pada WordPress ataupun Blogger.

Tip buat Anda :

Cara agar Google Analytics bekerja efektif, cobalah untuk tidak membuat perubahan struktur web secara acak. Lakukan perubahan pada jadwal yang telah ditetapkan. Atur interval waktu pada setiap perubahan untuk mengukur dampaknya terhadap lalu lintas Anda.

6. LiveJournal


aplikasi livejournal android
sumber gambar : play.google.com

Jika Anda pengguna lama dari LiveJournal, saya yakin Anda tak akan kecewa.

Aplikasi resmi LiveJournal memberi Anda akses mudah ke jurnal Anda melalui perangkat smartphone atau tablet. Hampir mirip dengan versi desktop-nya, aplikasi ini bisa untuk mengirim entri, mengelola komentar, serta mengelola pos yang telah dipublikasikan.

Selain itu, aplikasi LiveJournal memungkinkan Anda untuk menulis draf sehingga Anda dapat mengirim segala hal yang Anda tulis untuk dibagikan ke semua teman Anda saat draf ready to publish.

Anda pun bisa membaginya ke social media. Tak hanya konten teks, melampirkan foto serta posting jajak pendapat pun bisa.

Ingin memulai posting LiveJournal? Download langsung aplikasinya.

7. Posterous Spaces


aplikasi posterous spaces androids


Posterous Spaces adalah aplikasi Android yang dikembangkan oleh Posterous yang memungkinkan pengguna untuk mengelola ruang (space) mereka.

Layaknya tumblelogs, banyak ruang yang bisa dipakai pengguna untuk meng-upload gambar, berbagi video atau postingan teks.

Aplikasi ini membebaskan pengguna membuat space sebanyak yang mereka mau. Atau bahkan menciptakan ruang untuk grup sehingga setiap orang yang terlibat dapat ikut berkontribusi.

Tidak seperti Tumblr, WordPress, LiveJournal dan Blogger, pada apikasi Posterous Spaces pengguna bisa mengontrol dengan siapa mereka dapat berbagi space. Ada banyak lagi privasi yang bisa Anda tentukan sendiri.

Mulai berbagi ruang dengan teman Anda, download aplikasi Posterous Spaces di MoboMarket.

8. Blogger-droid


aplikasi bloggeroid android
sumber gambar : play.google.com

Aplikasi Blogger-droid mungkin kurang dikenal dibandingkan Blogger. Padahal  layanan aplikasi ini punya tujuan yang sama.

Dikembangkan oleh Anders Hedstrom, aplikasi ini memiliki banyak kesamaan fungsi dengan aplikasi Blogger. Anda dapat dengan mudah membuat, melihat, dan mengedit posting blog di blog Blogger Anda.

Anda juga dapat meng-upload dan menambahkan gambar ke entri-entri, sekaligus menentukan ukuran dan kualitas gambarnya.

Jika Anda ingin membuat antrian postingan, Blogger-droid juga memiliki fitur yang hampir sama. Memungkinkan Anda untuk menetapkan tanggal dan waktu postingan diterbitkan.

Blogger-droid sudah bisa didownload di Android Market. Sayangnya aplikasi ini berbayar, tapi ngga mahal kok cuma Rp. 19000. Murah tho?

Penutup


Dengan aplikasi portabel untuk berbagai platform blogging, Anda tak perlu lagi menunggu sampai punya desktop atau laptop.

Jika ingin meng-upload konten segar untuk blog Anda, ponsel Android atau tablet kini bisa diandalkan. Dengan daftar aplikasi android di atas, siapa pun dapat memulai dan mengelola sebuah blog yang sukses kapan pun dan di manapun.

Yang mana aplikasi blogging pilihan Anda? Atau mungkin ada alternatif lain? Bisikin dong lewat komentar…

Oke lah, semoga bermanfaat. Akhir kata SAY NO TO COPY PASTE. Thanks n wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

2 komentar:

  1. tambahan gan blogaway sama editor gambar paling joss picsay pro

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas Adya, thanks ya udh mau nambahin

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam