Virus (Adware) Trotux.com Bikin Anda Terusik ? Musnahkan dengan Cara Ini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:10 AM
9 comments
Cara menghilangkan adware Trotux.com dari beranda browser.

Browser merupakan media yang dipakai orang saat browsing di internet. Entah itu Google Chrome, Mozilla, Safari, Internet Explorer, dan lain-lain.

Tapi apa jadinya kalo ada situs yang tiba-tiba nongol di halaman awal browser Anda, salah satu contohnya adalah Trotux.com ? Sedangkan situs itu bukanlah halaman default yang Anda inginkan.

Kasus ini saya yakin pernah Anda alami. Atau mungkin sekarang Anda sedang dibuat repot oleh kenakalan si Trotux.com ini.

adware trotux

Tentang Trotux.com


Kalo ingin tahu, itu adalah salah satu bentuk Adware. Dan si adware ini akan selalu muncul setiap kali Anda membuka browser, karena dia menyusup dan terinstal secara otomatis tanpa Anda ketahui.

Pada saat terinstal, Trotux akan mengganti provider pencarian dan homepage Anda lalu melancarkan sejumlah iklan saat Anda sedang browsing.

Ada yang berpikir, “Ah, tinggal di close aja halaman situsnya, beres.” Jika itu dianggap menyelesaikan masalah… Anda keliru!

Adware ini jangan didiamkan atau dianggap sepele. Trotux termasuk virus yang bisa merusak kinerja browser, seperti memperlambat loading, atau kadang memaksa browser untuk closing dengan sendirinya.

“Apakah bisa dilenyapkan lewat settingan browser nya?”

Inilah kurang ajarnya Trotux. Dia sulit dihapus secara manual, apalagi hanya lewat setingan pada browser, dijamin ngga bakal mempan bro.

Jalan keluarnya mudah, Anda cukup ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Cara Menghapus Adware Trotux.com dari Browser


Pertama Anda instal dulu aplikasi bernama Zemana Anti Malware. Aplikasi ini ukurannya sangat kecil (5.41Mb), jadi saya jamin ngga akan memberatkan kompi Anda. Tapi kalo malas googling, buka saja langsung situsnya di https://www.zemana.com/AntiMalware.

Meskipun software ini ngga gratis, tapi untuk membuktikan ketangguhannya Anda bisa mencoba versi trialnya selama 15 hari.

zemana anti malware

Karena antivirus pun tak mampu menaklukan Trotux, maka aplikasi ini sangat cocok jika disandingkan dengan antivirus yang Anda pakai untuk memberantas Trotux.com dan kroni-kroninya. Jangan kuatir, software ini tak akan mengganggu kerja antivirus pada komputer Anda.

Setelah Zemana Anti Malware terinstal, ikuti instruksi selanjutnya di bawah ini :

1. Jalankan aplikasi dengan cara double click pada ikonnya. (jangan lupa koneksikan internet Anda).

2. Setelah program selesai loading, klik tombol Scan. Nantinya akan terdeteksi semua malware yang menempel pada browser Anda, termasuk Trotux dan konco-konconya.

proses pemindaian zemana

3. Saat proses pemindaian (scanning) selesai, klik Next. Biasanya sih ngga butuh waktu lama, karena sesuai dengan slogannya, “Clean your computer in minutes, no matter how badly infected.” (tahu kan artinya?)

pendeteksian virus malware

4. Jika semua proses sudah Complete, agar hasilnya lebih maknyuus, restart komputer Anda. Lalu lihat hasilnya.

5. Selesai.

Mudah kan?

Agar software ini full version, gimana caranya mas? Ya, beli aja yang premium. Tapi kalo Anda ngga mau keluar duit, setelah si Trotux musnah dari browser Anda, uninstall aja.

Kalo adware nya muncul lagi? Ya instal lagi tho mas,…. gitu aja kok repot!

Udah ya, moga ada manfaatnya. Seperti biasa, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks dan wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

9 komentar:

  1. tempo hari saya terkena malware, awalnya saya ga tau sudah kena, heran aja laptop tiba2 cepat panas, loading lambat, internet mutar2 aja, buka gmail aja lambat minta ampun... anehnya suatu hari ane dapat email dari instagram untuk mengganti password akun instagram... padahal belum pernah daftar diinstagram... ane ganti aja tuh password... eh berhasil dan akun tersebut ternyata milik seorang warga malaysia... dan anehnya lagi email akun tersebut adalah email ane... puchiing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo boleh tau, sekarang udh normal apa belum mas? dan pake solusi apa? boleh dong sharing di sini,..biar pembaca sya juga bisa ikut baca, he he he

      Hapus
    2. terpaksa install ulang mas... saya format hardisnya...

      Hapus
  2. server error mas,,, ada link lain, ato kalo punya masternya bolehlah di bagi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. lewat kontak aja mas Irga, nanti saya bagi filenya...

      Hapus
  3. benar juga mas, saya pernah kaya gitu namun saya tak tahu itu trotux atau bukan, namun ada iklan yg bukan milik saya ada di tiap halaman blog saya dan yang website lain, pake anti virus mugen tak kunjung hilang. munghkin saja itu berupa file dari trotux. Alhasil saya plash saja tuh lepi. pengalaman ini seperti sobat yg komen diatas hampir sama.

    Sukses saja mas tuk websitenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kena virus semacam trotux sebenarnya ngga perlu instal ulang sih mba, karena virus ini cuma menyerang browser dan muncul saat kita terkoneksi dg internet,..

      matur nuwon atas doanya,,,btw itu foto adiknya atau putrinya? lucu bingiit..

      Hapus
  4. Dulu pernah pake zemana hbs itu sy uninstall trus pas kena trotux.com sy coba install lg (kebetulan msh ada file exe nya) tapi kok nggak bisa ya? di situ tertera masa trial sdh habis.jd bgmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di uninstall ngepas dengan habisnya masa trial,..pas di install lgi ya pasti ga bisa,..aturannya sebelum habis masa trialnya,.langsung diuninstall aja,..
      atau klo udh terlanjur,..download aja Zemana Anti Malware Portable,..atau Zemana Anti Malware Free Download tapi yang full version atau yg udah di crack,..setahu saya di Google udh ada yg punya filenya,..monggo di hunting

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam