10 Strategi Membuat Video Page One di Google dalam Sekali Upload

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 3:00 PM
8 comments
Cara cepat membuat video Anda muncul di page one Google. Bukan rahasia lagi, makin banyak para marketer cerdas yang beralih ke video untuk membantu membangun dinasti mereka.

Intinya, jika video marketing diabaikan, sama juga Anda kehilangan perahu.

Anda pikir ini lebay ? pertimbangkan statistik ini ...
  • YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna - sepertiganya bersumber dari Internet. (Youtube)
  • 92% dari pemirsa mobile rutin share video. (Invodo)
  • Di tahun 2016, trafik video online mencapai 55% dari semua lalu lintas pemakai internet. (Cisco)
  • 52% konsumen mengaku lebih percaya diri membeli produk setelah menonton videonya. (Invodo)
  • 90% dari semua konsumen rutin menonton video (Invodo)
  • Konsumen yang menonton video hingga 2 kali lebih berpotensi untuk membeli (Invodo)

Melihat statistik itu pasti membuat air liur Anda menetes. Tapi sayangnya itu semua tak semudah dan secepat yang bisa Anda harapkan.

Untuk lonjakan penonton yang besar, video Anda harus muncul di Google. Dan sebaiknya di halaman satu. Makanya bikin video jangan asal-asalan.

Anda harus punya metode sistematis dan konsisten yang terbukti menghasilkan peringkat baik di Google sehingga video Anda mudah ditemukan orang sekaligus bisa menggiring mereka ke situs Anda.

Tapi jika setiap menit ada 300 jam video baru yang diupload ke Youtube, lalu bagaimana memastikan video Anda page one di Google?

“Huft, sepertinya mustahil untuk berdiri diantara semua kompetisi itu." Please, jangan kendor begitu brow, baca nih kelanjutannya…

cara membuat video pageone youtube

10 Cara agar Video Page One di Google


Banyak pendapat mengatakan, menggapai peringkat tinggi dengan video lebih mudah dibandingkan konten tertulis.

Saya yakin Anda tentu berpikir, “Jika lebih gampang, mengapa tidak semua orang melakukannya?” Itu pertanyaan yang wajar.

Jawabannya adalah - tidak semua orang memiliki proses sistematis step by step dalam upaya mencapai peringkat tinggi di Google secara konsisten.

Dan berikut ini adalah metode sistematis yang saya tawarkan.

1. Siapa penontonmu?

Mulailah dari awal. Langkah pertama sebelum merekam, ketahui dulu secara persis untuk siapa video itu Anda buat? Jangan sekedar hantam kromo. Bikin video trus diupload, tapi ujung-ujungnya Anda sendiri sebagai penonton setianya.

Pahami dulu hope, dream, and fear calon penonton Anda dengan lebih rinci. Jika tidak,  semua teknik SEO di dunia tak akan membuat orang terhubung dengan video Anda.

2. Apa keywords-mu ? Itu kuncinya

Inilah strategi dasar untuk mencapai peringkat. Segalanya bergantung pada cara Anda memilih kata kunci yang tepat.

Setelah Anda memahami audiens Anda, cobalah untuk memberi solusi sebagai jawaban atas setiap pertanyaan atau masalah mereka.

Anda harus memikirkan beberapa kata yang mungkin bakal diinput orang untuk menemukan jawaban saat mereka googling di internet.

Setelah terkumpul daftar kata kunci dan frase, lakukan riset kata kunci untuk menentukan seberapa populer dan kompetitif kata kunci itu. Idealnya, cari kata kunci yang tingkat pencariannya tinggi tapi dengan persaingan yang relatif rendah.

riset kata kunci

Ada ratusan tool untuk riset kata kunci yang bisa digunakan. Berikut ini yang saya rekomendasikan karena fiturnya yang lengkap dan simple :

Gunakan alat yang Anda rasa paling nyaman dan benar-benar mewakili kebutuhan Anda dengan memperhatikan informasi yang Anda temukan.

Ingat, memilih kata kunci berdasarkan riset jauh lebih baik daripada hanya menebak. Secara sadar, Anda pun akan tahu mana kata kunci untuk video Youtube dengan potensi klik iklan paling tinggi.

3. Ciptakan konten unggulan

Ada satu langkah sangat penting yang perlu Anda ambil selanjutnya, yaitu menciptakan konten video yang HEBAT.

Hebat bukan berarti harus dibuat dengan peralatan studio yang canggih dan mahal. Atau dikemas dengan efek CGI yang keren.

Maksudnya hebat adalah video Anda lebih unggul dibandingkan video lain yang serupa dalam menjawab pertanyaan audiens Anda.

Cari frase kata kunci Anda di YouTube dan tonton beberapa video peringkat atas. Lalu tanyakan pada diri sendiri,

"Jika video saya seperti itu, agar lebih hebat, apa lagi yang harus ditambahkan?" Kemudian lakukan beberapa perbaikan.

4. Apa nama file video Anda?

Sekarang masuk ke strategi berikutnya ...

Sebelum Anda meng-upload video ke YouTube, pilih kata kunci terbaik dan ubah nama file video Anda dengan kata kunci tersebut.

nama file video youtube

Dengan kata lain, jika frase kata kunci Anda adalah "cara membuat video pageone" maka nama file Anda menjadi cara-membuat-video-pageone.mov. Nama ekstensi tergantung format yang Anda pakai saat menyimpan video (avi, mp4, mkv, dll).

Tetapi bagian pentingnya adalah penamaan file yang sama dengan frase kata kunci utama Anda. Ini langkah penting yang sering dilewatkan. Google akan memperhatikan dan memberikan kredit untuk nama file Anda - jadi pastikan nama itu adalah kata kunci terbaik Anda.

5. Judul itu penting (pake banget)

judul video youtube


Bila Anda memasukkan judul di YouTube, pastikan kata kunci utama Anda adalah bagian dari judul - sebaiknya letakkan di awal.

Google akan mengindeks judul seperti halnya teks, dan memberi bobot lebih kepada kata kunci yang relevan (harus nyambung bro).

Jadi misalnya kata kunci Anda "cara membuat video pageone", Anda dapat memilih judul, " 5 Langkah Cepat Menaikkan Peringkat Video di Google "... atau contoh lain yang serupa.

Satu lagi nih, perhatikan panjang judul Anda, jangan sampai melebihi 65 karakter (huruf) atau judul Anda akan disunat oleh Google tanpa ampun

6. Susun deskripsi yang purposeful 

Banyak tips di luar sana tentang cara menulis deskripsi di video YouTube. Tapi agar video Anda mendapat jatah kursi di Google, fokuskan pada dua faktor ini yaitu : URL web dan kata kunci.

Antara kata kunci dan URL web, mana yang harus diletakkan paling awal? Ini sama dengan pertanyaan, “duluan mana - ayam atau telur?” Ngga perlu bingung, Anda boleh menggabungkannya sekaligus.

Jadi misalnya kata kunci Anda adalah, "cara membuat video pageone", maka baris pertama bisa Anda isi URL yang mengarah ke situs Anda dan diikuti kata kunci utama yang klop dengan URL itu.

Untuk website, URL dan kata kunci di awal deskripsi range nya antara 140-150 karakter. Itulah standar karakter yang dipakai Google sebagai meta description. Tapi di YouTube Anda bisa menggunakan hingga 5.000 karakter dalam deskripsi video Anda.

Jadi meskipun tujuan Anda adalah peringkat video di Google, tapi menggunakan 5.000 karakter dalam sebuah deskripsi sangatlah menguntungkan dari perspektif pemasaran -  selain untuk menggiring orang ke profil sosial media Anda.

deskripsi video

Tips pertama :
Selalu awali URL dengan ‘http://’ dalam deskripsi Youtube Anda, jangan hanya ‘www’. Dengan awalan http, Youtube akan membuat URL link Anda aktif (dapat diklik) sehingga melancarkan proses pengideksan Google agar memudahkan penonton mengunjungi situs Anda.

Tips Kedua :
Jangan terlalu mengulang satu kata kunci tertentu dalam deskripsi video jika tak ingin pentungan Google mendarat di kepala Anda. Gunakan frase kata kunci utama serta keyword lain yang masih satu tema.

Google menggunakan LSI dalam sistem peringkatnya. Bobot lebih akan diberikan untuk “tema utama” dari konten bukan pada kepadatan kata kunci.

Perhatikan! Link dari Youtube statusnya adalah “NOFOLLOW”, artinya Anda tidak akan mendapat link juice dari mereka. Meski begitu, Google tetap akan menyoroti dan membantu men-direct trafik ke web Anda serta mengindeks visibilitas halaman secara keseluruhan.

7. Cobalah ini – “Tactics Tricky Tag” (tip membuat TAG)

Sejauh ini kita sudah ngomongin tentang kata kunci utama dalam nama file, judul video, dan deskripsi. Tapi bagaimana dengan kata kunci lain yang Anda temukan saat melakukan riset keywords ?

Padahal itu semua bisa berguna bagi Anda, dan bagian TAG adalah tempat paling strategis untuk menempatkan temuan kata kunci itu. Tapi ingat, pilih yang paling relevan.

tag video

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang cara menempatkan tag di YouTube  :
  • Masukan tag terbaik pertama dengan kata-kata terpendek
  • Gunakan tag yang sesuai untuk video Anda karena algoritma Google dapat mencium aroma tag spam. 
  • Jika tag Anda berupa frase, selalu gunakan tanda kutip misalnya "peringkat video".
  • Tag Anda harus konsisten dengan judul dan deskripsi.
  • Tahu Laten Semantic Indexing (LSI) ? Ini berlaku juga untuk tag. Gunakan tag yang bertema sama (tanpa tag spamming) untuk membantu meningkatkan peringkat Anda.

8. Call to action dari konten teks dan video

Agar video meraih peringkat pertama di Google, apakah bisa memakai kata-kata call to action (CTA) dari sebuah artikel? Jawabannya YA dan BISA.

Itu bukanlah trik SEO tersembunyi, tetapi CTA jelas bisa meningkatkan klik Anda. Dari klik tentu akan menghasilkan kunjungan dan share.

call to action video

Anda boleh menyebutnya de base. Tapi yang jelas, panggilan direktif untuk bertindak adalah penting.

Gunakan grafis overlay atau anotasi (akan dibahas berikutnya) pada 20 sampai 30 detik pada video Anda untuk mengarahkan pemirsa agar mengklik link Anda. Kemudian di akhir video, (secara verbal) pastikan meminta mereka untuk take action lagi.

Itulah salah satu cara mendapatkan viewer dan subcriber di Youtube selain share dan klik link.

9. Jangan Lupakan Anotasi

Pernah lihat pesan berbasis teks yang muncul di atas layar saat Anda menonton video? Itulah yang disebut fitur anotasi Youtube. Dari fitur anotasi inilah konten Anda mudah ditemukan oleh Google.

Manfaatkan anotasi untuk Anda bekerja dengan kata kunci yang relevan pada poin yang tepat dalam video Anda.

Gunakan ini dengan irit, jangan boros. Terlalu banyak anotasi bisa bikin penonton jengkel. Ingat, tujuan anotasi adalah agar konten video Anda yang lain bisa terekspose oleh penonton.

promosi video

10. Promosikan video Anda lebih intens

Seperti yang saya sebutkan di atas, setiap klik berpotensi merubah kunjungan menjadi share, link, dan subcriber.

Jadi promosi video bisa mempengaruhi peringkat Google lebih dari yang Anda harapkan.

Bagikan video Anda di media sosial, email list, atau pajang di website Anda (kalo punya). Setiap kali Anda berbagi, jangan lupa sertakan kalimat ini, "Jika Anda suka video ini, silakan bagikan ke teman-teman dan follower Anda."

Penutup


Konsisten membuat video hebat dengan memanfaatkan strategi di atas, saya yakin upaya Anda akan membawa hasil.

Seiring waktu, Anda akan menemukan strategi kombinasi Anda sendiri yang akan bekerja secara konsisten untuk Anda dan audiens Anda.

Tidak ada yang bisa menjamin Anda akan menjadi the next phenomenal di YouTube. Tapi dengan menggunakan strategi ini, setidaknya akan mempercepat pergerakan peringkat Anda di Google dan mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.


Tolong beritahu saya, metode apa yang paling efektif untuk mengantarkan video Youtube Anda ke halaman 1 Google? Yuk sharing di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks dan Wassalam.

8 komentar:

  1. wah, belum pinter buat video saya, cuma nulis saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali-kali coba sesuatu yang baru mas,..ngga ada ruginya kok, malah nambah ilmu dan wawasan,..kan ada pepatah,.."semua orang pandai, dulunya adalah orang bodoh"....

      thanks ya mas,..sampean komentator pertama artikel ini..he he he..salam kenal

      Hapus
  2. Jujur mas, saya punya canel tutorial yang dibuat tahun 2014 kemarin tapi tidak terurus
    Tapi pertengahan tahun 2016 kemarin saya fokus dan rutin update video 1 hari 1 video selama kurang lebih 4 bulan, dan sekarang hasilnya sangat mengesankan [bagi saya, nggak tahu kalau bagi orang lain], subscriber & penonton organik juga meningkat drastis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. segala hal kalo diurus lalu ditelateni, cepat atau lambat pasti ada hasilnya mas,..percaya aja, Tuhan ngga tidur..
      ibarat kita naik genteng pake anak tangga,..kan untuk sampe ke atas,..satu persatu anak tangganya kita pijak,..betul tidak (A'a Gym version) he he he

      moga chanel sampean makin kenceng viewernya,..tetap semangat ngrampok Adsense

      Hapus
    2. Amin mas :D
      Waduh penggemar si A'a juga ternyata hehehe

      Intinya kalau rajin update konten, pasti ada salah satu yang page one :D

      Hapus
  3. Aku pernah buat video judulnya
    " cara membuat video muncul di halaman pertama youtube" ternya ta nongol di baris ketiga...aku tak tau mungkin tak sengaja ya atau saingannya sedikit bgitu buat lagi ga bisa index pertama...yg ada mlh pusing..

    BalasHapus
  4. Penjelasannya sangat rinci.. saya suka artikelnya.. namun semua butuh proses dan konsistensi.. thanks mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sama-sama mbak Herrick,..
      Sukses buat sagoe Tunong nya,..headlinenya mantap2,

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam