Kenapa Strategi Pemasaran Digital Butuh SEO ? Ini 3 Alasan Utamanya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 3:02 PM
Leave a Comment
Saat kalah bertarung dengan pesaing terberat dalam industri yang Anda pilih, ada kemungkinan SEO yang buruk adalah biang keladinya.

Tanpa strategi SEO skala penuh dalam setiap praktek pemasaran digital, jelas pesaing Anda bisa lebih unggul.

Seiring bergulirnya update algoritma pada mesin pencari yang terjadi secara tiba-tiba, sering dijadikan alasan oleh sebagaian pelaku marketing sebagai awal kematian SEO.

Tapi yakinlah, selama orang masih berinteraksi dengan search engine - SEO akan tetap ada.

Sampai saat ini SEO tetap memegang kendali, mengingat sekitar 15 persen dari 3,5 miliar pencarian unik Google setiap harinya terjadi lewat mesin pencari. Apakah situs Anda terindeks di pencarian ini atau tidak sama sekali,  SEO tetap jadi pilihan utama.

Jika website bisnis Anda sudah terlanjur dibanjiri dengan berbagai senjata strategi digital marketing (sosmed, publishing content, e-mail, PPC campaign, marketing influencer) jangan kuatir, SEO bisa mewakili itu semua.

Bagi Anda yang terbiasa dengan tren SEO untuk mendorong peringkat situs di SERP’s, digital marketing bukan lagi ilmu yang rumit.

Bagi yang awam, pertimbangkan peran SEO dalam strategi pemasaran digital Anda. Simak pendapat Alison Herzog selaku direktur marketing dari Dell berikut ini :
SEO adalah elemen dasar dari pemasaran digital. Dalam waktu dekat, saya tidak melihat adanya perubahan. Perusahaan harus fokus pada bagaimana mengintegrasikan semua elemen pemasaran mereka, sehingga strategi Omni-channel tidak hanya fokus pada net profit tetapi juga untuk kustomisasi kepada pelanggan.

Strategi Pemasaran Digital

Peran SEO dalam Dunia Digital Marketing


Sebagai pelaku bisnis online, perlu kiranya Anda ketahui peran terbesar dari SEO sebagai ujung tombak penjualan produk dalam setiap strategi marketing digital Anda.

Ini penjelasannya.

SEO menghasilkan ROI tertinggi dalam Pemasaran Digital


Memang sulit menerapkan SEO secara efektif. Agar bisa berkembang, butuh waktu dan sumber daya. Disitulah tantangannya.

Tapi jangan salah, pada investasi dari berbagai modalitas pemasaran digital, SEO lah yang menghasilkan keuntungan tertinggi. Karena situs yang duduk di tiga kursi teratas Google biasanya menangkap sekitar 33% dari keterlibatan semua pengguna internet.

Namun semua tergantung pada popularitas niche Anda. Jika mampu menyetir jutaan pengunjung setiap hari dengan tingkat konversi yang maksimal, maka penjualan Anda akan makin besar dan kuat.

Disamping meningkatkan daya beli konsumen, sebuah situs berperingkat tinggi akan mudah menanamkan kepercayaan dan kredibilitas sebuah merk dagang. Dampaknya tentu bisa meningkatkan pendapatan perusahaan.

Pastikan semua upaya Anda diorientasikan untuk tujuan mulia ini.

SEO adalah penunjang konten berbasis video

Video online dengan cepat menjadi salah satu cara terbaik dan paling efektif untuk menangkap keterlibatan pemirsa, mendidik penonton, mengontrol penjualan dan mencapai sejumlah tujuan lainnya.

Video online kini mendominasi Web. Akan tetapi banyak pemasar yang jatuh bangun ketika mengoptimalkan konten video untuk tujuan SEO.

Berbagai cara dipakai guna membumbui konten untuk meningkatkan SEO. Saat pilihan jatuh pada video digital, gerak si creator sedikit lebih terbatas walau masih bisa mencapai hasil yang sama.

Dalam rangka mengoptimalkan video, sebagai permulaan, gunakan judul yang simple dan menarik (sekitar 70 karakter) dengan kata kunci deskriptif dan relevan.

Untuk menggambarkan informasi yang penting, sisipkan kata kunci pada dua kalimat pertama dari deskripsi video. Selain itu, penambahan transkrip video dengan optimasi kata kunci akan bisa sedikit membantu.  

Kaitkan link video Anda ke profil sosmed, video terkait, dan website perusahaan. Terakhir, leverage semua tag dan file Anda dengan memasukkan kata kunci yang Anda targetkan.

SEO adalah Infrastruktur Email Pemasaran dan Kampanye PPC


Banyak faktor dalam strategi pemasaran digital seperti, kampanye PPC (pay per click), e-mail marketing, iklan banner, serta bentuk-bentuk lain dari pemasaran outbound.

Semua elemen ini harus didukung oleh SEO.

Menjalankan kampanye iklan melalui AdWords atau Facebook secara alami akan memperkuat SEO, karena iklan ini sering ditampilkan sesuai dengan permintaan kata kunci.

Disamping itu, pergerakan e-mail marketing pun harus sama lincahnya dengan upaya optimasi mesin pencari yang bisa membantu melengkapi upaya yang dilakukan melalui iklan.

Dengan penggabungan kekuatan semua planning keywords di semua lini , maka akan mendorong melimpahnya pengguna unik masuk ke situs Anda.

Cara ini sangat dianjurkan untuk pelaku bisnis kecil dalam upaya melakukan outsourcing SEO mereka. Alasannya karena mereka sering tak punya cukup waktu atau tahu-bagaimana menyelesaikan pekerjaan ini dengan benar.

Waspadalah, industry SEO sering ditunggangi oleh orang-orang yang mengaku pakarnya mesin pencari meski belum terbukti kredibilitasnya. Jadi, hati-hatilah ketika memakai jasa SEO untuk menangani optimasi Anda.


Penutup


Faktanya adalah bahwa SEO harus dirajut di seluruh strategi pemasaran digital Anda. Kata kunci yang bakal di input pelanggan untuk mencoba menemukan produk dan jasa Anda harus dimasukkan ke dalam konten, iklan, e-mail, posting sosial, salinan website dan segala sesuatu yang Anda publikasikan dan share ke penjuru dunia.

Ingat bahwa SEO adalah proses maraton, bukan keberuntungan semata. Anda harus terlibat untuk jangka panjang sehingga upaya yang telah Anda lakukan tidak mudah tertiup angin di fase awal.

Dengan terus membuat lompatan kecil untuk mengungguli pesaing Anda, Anda telah mencetak dasar SEO yang solid.

Apakah saat ini strategi pemasaran digital Anda telah bersinergi dengan SEO? Jika demikian, apa taktik kunci Anda? Berikan komentar Anda.

Semoga bermanfaat. Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thank's and wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam