Awas DeIndex Google! Baca 12 Penyebab dan Solusinya Di Sini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:03 AM
27 comments
Solusi dan penyebab deindex Google. Pernah merasakan kena deindex? Salah satu blog yang saya kelola, sempat mengalami itu.

Mendapati blog  terjaring deindexed memang mengerikan. Meskipun hanya satu pelanggaran yang Anda lakukan, faktanya Google akan menyapu bersih seluruh domain Anda.

Ingin rasanya cepat atasi deindex Google agar segera normal kembali. Sayangnya, ini tidak bisa selesai dalam semalam. Dalam situasi seperti itu, ungkapan ‘lebih baik mencegah daripada mengobati ’ makin jelas maknanya.

Penalti deindex Google menjadi pengalaman paling pahit seorang blogger selain ditolak Adsense. Keduanya membuat semangat ngeblog langsung ngedrop.

Trafik menurun drastis. Semua artikel pageone menghilang entah sembunyi dimana. Efeknya benar-benar bikin jungkir balik.

Jalan keluar terbaiknya adalah mencoba menemukan alasan dan memahami mengapa Google sampai tega menjatuhkan hukuman deindex pada website Anda.

penyebab dan cara mengatasi deindeks google

Cara Mengetahui Blog Kena DeIndex


Deindex Google adalah menghilangnya konten website di hasil pencarian mesin telusur Google. Pada kasus deindex, web masih bisa diakses oleh admin blog serta visitornya melalui link selain dari search engine. Beda dengan banned, dimana blog atau website sama sekali tidak bisa dimasuki oleh pengunjung bahkan admin nya sekalipun.

Gejala deindex yang paling mudah dikenali yaitu menurunnya trafik secara drastis. Terutama bagi Anda yang mengandalkan lalu lintas organik dengan sumber utama visitor berasal dari Google.

Cara termudah mengetahui blog deindex atau tidak, Anda bisa menggunakan query penelusuran "site:http://namadomainAnda". Kalo masih kurang yakin gunakan query tersebut pada salah satu atau artikel Anda, misalnya "site:urlartikelAnda".

Blog Anda positif terserang deindex, jika hasil yang muncul pada halaman mesin pencari seperti gambar di bawah ini.

hasil penelusuran google

Selain itu, untuk memastikan bahwa blog Anda aman dari deindex, masuk ke halaman Search Console --> Lalu Lintas Penelusuran --> Tindakan Manual. Jika hasilnya tertulis "Tidak ditemukan tindakan webspam manual" itu artinya website Anda masih beruntung. (lihat gambar)

tindakan manual lalu lintas penelusuran

Penyebab DeIndex Google dan Solusinya


Penjelasan Google soal deindex kadang sedikit membingungkan, makanya disini perlu saya terangkan kenapa blog sampai terkena rapor merah dari Google. Untuk cara mengembalikan deindex Google nantinya tak lepas dari jalan keluar sesuai isu-isu di bawah ini.

1. Kesalahan noindex

robot teks noindex

Inilah kesalahan sederhana yang sering terjadi.

Terkait operasional sebuah blog, Google menyediakan fitur bernama robot.txt untuk menavigasi kerja robot crawling. Diindeks tidaknya sebuah halaman tergantung pengaturan perintah yang Anda input pada fitur ini.

Jika melalui fitur tersebut tanpa sengaja Anda telah meminta Google untuk tidak mengindeks website Anda, maka deindex pasti akan terjadi.

Untuk itu, selalu cek setingan robot text Anda. Siapa tahu ada kesalahan yang tidak Anda sengaja.

Solusinya

Untuk blogger, masuk ke menu Setelan --> Preferensi Penelusuran --> Robot.txt khusus.
Biar aman, seting robot.txt ke versi default nya.

Untuk wordpress, dari Dashboard --> Setting Reading.
Periksa bahwa parameter ‘noindex’ tidak muncul dalam file robot.txt, direktori root, direktori web, atau pun pada meta data Anda (bagian <head> di halaman HTML).

2. Nama domain expired

Jangan lupa memperpanjang nama domain Anda. Jika sampai telat bayar, resiko website menghilang secara otomatis tak bisa dihindari. Akibatnya sudah bisa ditebak. Website Anda deindex.

Solusinya

Selalu periksa domain Anda. Cek secara rutin, jangan sampai lewat tanggal kadaluarsanya. Kalo perlu tandai di kalender. Upgrade sebelum jatuh tempo.

Atau login ke penyedia domain Anda dan pilih 'Auto Upgrade'. Nantinya secara otomatis pembayaran domain Anda diperbarui ketika saatnya tiba – asalkan ada uang di rekening Anda!

3. Server Crashes

Banyak server handal di Indonesia. Tapi saat server web host Anda sedang ‘down’ dan jika kebetulan ada inspeksi Googlebot lalu kondisi web Anda belum stabil (normal), ini dapat menyebabkan domain Anda delisting atau bahkan deindexed sama sekali.

Solusinya 

Jika Anda rasa website mengalami deindexed, periksa web host Anda. Apakah sempat terjadi ‘crash’ pada kurun waktu sebelum masa deindex. Jika tidak, situs Anda harus reindexed pada perayapan Googlebot berikutnya.

Upaya ini diharapkan agar halaman web bisa kembali muncul pada perubahan peringkat berikutnya. Proses ini butuh waktu hingga peringkat asli Anda benar-benar pulih.

4. Broken Link

broken link

Banyak orang memasang link keluar di web mereka, tapi jarang dikontrol. Untuk waktu yang lama mereka seperti tidak peduli status link tersebut. Apakah masih hidup atau sudah mati.

Ini sering terjadi dimana link mengarah ke web lain yang dulunya eksis lalu menghilang karena suatu sebab sehingga status link menjadi rusak atau mati (broken link).

Terlalu banyak link menuju halaman web yang tak aktif bisa mengurangi simpati Google terhadap blog Anda. Peringkat halaman di mesin pencari bisa turun karena blog Anda dianggap banyak kebocoran dan tak terurus.

Solusinya

Gunakan Search Console (Google Webmaster Tool) atau link checker gratis untuk memeriksa link Anda, salah satunya drlinkcheck. Tool ini akan menyoroti semua link non aktif di situs Anda. Lakukan pengecekan minimum sebulan sekali untuk memastikan semua link Anda sehat walafiat.

5. Outbound Link berlebihan dalam tempo singkat

Jika terlalu banyak link Anda mengarah ke halaman web lain (outbound link) dalam waktu singkat, deindex bisa saja terjadi. Google menganggap ini sebagai bukti Anda terlibat dalam aktivitas berbagi link atau jual-beli link.

Mesin pencari pasti melihat keanehan pada aktivitas tersebut. Mereka bisa beranggapan web Anda telah diretas orang dengan menyusupkan link mereka di situs Anda.

Solusinya 

Bangun outbound link dan inbound link secara perlahan-lahan. Jangan gunakan software apapun, apalagi beli link. Bila terdeteksi Google, pentungannya akan terasa menyakitkan.

Google lebih suka backlink alami dari orang-orang yang terkesan dengan konten Anda. Layanan positif kepada pengunjung lah yang akan mendongkrak peringkat website Anda. Percayalah, link buatan justru dapat mematikan blog Anda.

6. Link Tersembunyi (hidden link)

Selain backlink tak wajar, Google juga dapat menyetop aktivitas blogging Anda akibat hidden link (link tersembunyi) yang Anda tanam.

Link tersembunyi adalah tautan dengan warna yang sama dengan background halaman (misalnya teks putih pada latar putih atau hitam dengan hitam).

Jika teknik blackhat ini tetap Anda pakai, saat terdeteksi Google, web Anda bisa hilang seketika dari mesin pencari. Anda juga perlu hati-hati. Seorang hacker bisa saja menyusupkan link ini ke halaman web tanpa Anda sadari. Karena cara ini memberi mereka link afiliasi gratis tanpa resiko.

Solusinya

Sesekali periksa source code halaman Anda (tekan CTRL+U), untuk mendeteksi link apapun yang seharusnya tidak ada. Gunakan editor teks untuk melakukan pencarian. Periksa format warna teks HTML nya, dan pastikan itu link Anda.

7. Konten miskin kualitas

Beberapa situs awalnya beroperasi dengan wajar. Sampai si webmaster mulai malas dan jenuh. Mereka mulai membuat konten dengan software otomatis. Hasilnya, ejaan dan tata bahasa yang semrawut mengakibatkan blog terdeteksi spam.

Ada sumber yang mengatakan, ejaan dan tata bahasa yang buruk bisa jadi pemicu hukuman Google.

Solusinya

Perbaiki ejaan dan tata bahasa Anda. Jangan gunakan perangkat lunak apapun untuk menghasilkan sebuah konten. Karena bisa muncul homonim pada teks artikel yang bisa membuat bingung pengguna web Anda.
Jika skil English writing Anda pas-pasan, ngga ada salahnya menyewa jasa penulis artikel bahasa Inggris.

8. Link Afiliasi berlebihan

Etos kerja Google adalah ingin agar penggunanya menemukan informasi yang berguna. Halaman web yang dipenuhi link afiliasi terlebih untuk produk komersial sangat dibenci Google. Delisting bisa jadi kado istimewa untuk web seperti itu.

Solusinya

Jangan hanya pasang link afiliasi, cantumkan review produk secara detail. Tulis secara jelas apa kelebihan dan kekurangannya, bagaimana proses registrasinya, dan lain-lain. Setelah itu, link afiliasi boleh Anda sertakan.

9. Duplikat Konten

duplikat konten

Masih ada saja blogger yang merintis blog dengan modal menyalin utuh dari tulisan orang. Boleh saja, asalkan ngga ketahuan sama yang punya artikel dan razia dari Google.

Yang penting, pastikan setiap duplikasi dalam web Anda dikendalikan menggunakan atribut 'noindex', atau atribut kanonik pada halaman duplikat. Sesuaikan mana yang lebih tepat.

Recommended

Kalau bisa, jangan lakukan itu! Tulis semua konten Anda sendiri, atau pekerjakan seseorang untuk melakukan tugas Anda.

10. Auto Generated Content (Konten Scraping)

Konten scraping artinya mengambil konten dari situs satu ke situs lainnya. Hasil dari konten yang terkumpul di-spin lagi untuk menciptakan konten baru. Media yang dipakai biasanya berupa software yang banyak dijual bebas secara online.

Kalo ada yang bilang cara ini aman, itu bohong. Ini hanyalah bentuk lain dari duplikat konten. Jika digunakan secara ekstensif, kemungkinan website Anda bisa di delisting (banned) oleh Google.

Makanya hati-hati, karna target utama algoritma Panda menyasar pada bentuk kecurangan seperti ini.

Solusinya

Jika Anda terlanjur menggunakan konten scraping atau spinner, maka lebih baik hapus semua halaman yang mengandung unsur itu. Atau Anda tulis ulang konten dengan kata-kata sendiri.

Eksekusi bisa saja batal asalkan masalah ini segera Anda perbaiki, meski peringkat halaman Anda menurun.

Tapi deindex tetap bisa terjadi jika virus ini telah meluas di website Anda dan selalu terulang selama periode tertentu.

11. Cloaking dan Doorway Pages

Cloaking page adalah suatu cara yang dipakai untuk memanipulasi konten website. Konten akan ditampilkan dan dibedakan tergantung siapa visitornya.

Jika yang datang spidernya search engine, maka konten muncul seperti artikel pada umumnya. Tapi saat pengunjungnya manusia, yang muncul hanya summary beritanya saja. Untuk membacanya kita harus register atau login terlebih dulu.

Sedangkan doorway page pengertiannya hampir sama dengan cloaking, hanya saja konten web nya tidak dimanipulasi. Tujuannya adalah membuat banyak halaman web yang akan me-link ke halaman web yang diinginkan lewat redirecting atau dengan trik tertentu agar pengunjung mengklik link.

Solusinya

Perhatikan ini, Google menegaskan bahwa konten yang muncul di halaman pencarian harus sama dengan yang ditampilkan ke pengguna, begitupun sebaliknya.

Hindari teknik cloaking atau pun doorwaypage. Jangan pernah sekalipun mencoba permainkan Google dengan cara apapun.

12. Update Algoritma Google

Tentu Anda pun tahu, Google seringkali mengupdate algoritma mereka terkait aspek pencarian, pengindeksan, dan peringkat. Ada Panda, Penguin 1 & 2, dan yang terbaru Google mengupdate algoritma Page Layout.

Untuk algoritma yang terakhir, Google memberi sanksi tegas pada halaman web yang miskin kontennya pada area “On Flip”. Halaman yang didominasi iklan dan grafis pada onflip bisa jatuh peringkatnya di tangan Googe.
on flip = bagian atas halaman yang dilihat paling awal oleh pengunjung tanpa scrolling
Solusinya

Jika situs Web Anda telah deindexed, periksalah apakah kejadiannya bertepatan dengan peluncuran setiap update algoritma. Jika iya, pelajari tentang karateristik algoritma yang sedang terjadi.

Selanjutnya, modifikasi website atau blog Anda agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh si algoritma.

Cari informasi lebih lanjut tentang update postingan Google di Google Hummingbird dan Pembaruan Algoritma Google.

Tips Recovery Deindex


Jika Anda mendapat peringatan Google terkait link yang tidak wajar, hapus link tersebut. Seandainya susah menghapus backlink, gunakan alat yang tersedia di Google Webmaster tool yaitu Disavow Tool Google.

Tinjau seluruh web Anda, mulai dari Judul dan Deskripsi Meta tag, dan pastikan konten Anda unik. Cek web Anda ke situs Copyscape untuk memastikan muncul tidaknya konten duplikat.

Jika web Anda terlanjur kena deindexed…..Jangan putus asa! Peringkat web Anda masih bisa dipulihkan. Memang butuh waktu.

Hindari 12 penyebab deindex yang sudah saya bahas di atas. Agar aman dari deindex, ikuti solusi yang ada.

Semoga bermanfaat. Akhir ucap “SAY NO TO COPY PASTE”. Thanks. Wassalam.

27 komentar:

  1. Ada satu halaman di sembunyikan link yg menuju halaman lain masih di blog saya (link building), buka aja teks hitamnya. ketahuaan sekarang penyebabnya, sukses all admin dan pengunjung mase teguh blog.

    ( link yg disembunyikan itu mas jagonya pengunjung tiap hari atau ( biasa mas menyembunyikan ini tahu maksudnya hik hik maklum menyumbang traffic ribuan jadi bahan copas )

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan keseringan ngumpetin link mba,..klo robot sampai susah nemuinnya trus kesel,.hayo, repot nanti urusannya,..he he he

      tapi yo wes,.moga2 aja smuanya aman,..itu yg diharapkan, thanks mba Erica, sukses terus ya buat blognya, salam blogger

      Hapus
  2. Mantap gan link nya khususnya blog saya yg msih baru harus hati2 buat artikelnya ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama2 mas Nauval,..moga makin hati2 ngurus blognya, biar tambah sukses

      thanks, salam

      Hapus
  3. Nah sudah di balas, dan....ini agak jauh dari artikel atas eat ada dong kaitnnya di publish ya.

    Berat banget mas dan aneh bila buat artikel asuransi optimasi sampai 4 jam dan dua hari tidak muncul page 1 walau sudah ditembak 4 hingga 5 kata , namun pencaian menunjukan 30.000 , bila sudah 1 bulan manteng di page satu ga obah ( cuma awalnya bikin pusing sampai outlink dll sudah di pakai hingga halaman 12 tak ketemu ) lain lagi untuk yg lain memang susah semuannya masukhaaman 1 dan 2 , tapi ada baiknya 1 menit hingga 1 jam sudah muncul , anehnya selang 2 hari di goyang lagi dengan KW sama.

    Belajar daripengalaman dan trik yg ada di atas hampir semua tuntas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga perlu terobsesi dg pageone, mba Erica,.
      klo sy lebih percaya aja sama Google, selama artikel kita disukai, lengkap dan berguna untuk pembaca, lambat laun posisi pageone akan mendekat dg sendirinya, tentunya lewat bantuan dr pembaca juga (lewat share, like, follow dan komentar)

      pageone itu lewat proses mba,.ga bisa sekali kita publish langsung jadi juara, meskipun bisa, posisinya rapuh dan mudah digoyang,..atau istilahnya "pageone semalam/google honeymoon",..

      memang setiap bikin artikel, optimasi SEO selalu sy sertakan,..hanya saja porsinya ngga terlalu dominan, sy lbh mengutamakan kepuasan pembaca, biar artikel enak dibaca dan terlihat lebih humanis..

      itu saja opini saya soal pageone,,thanks

      Hapus
    2. Saya suka nih blogger kayak begini, menulis buat kepuasan pembaca, bukan buat mesin perayap google

      Hapus
  4. Sukses fix 7 link error pada blog saya setelah baca artikel mas teguh ini . untung di ingatkan. selebihnya makasih gan ,

    sekalian ingatkan mas teguh juga.. ada beberapa link error di blog agan

    coba segera di fix

    Selebihnya , seperti bahasa anda .. salam bloggers..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 om udh saling mengingatkan,..eror udh sy minimalisir

      thanks

      Hapus
  5. ngeri ya BOSS soalnya aku ini orangnya gatel banget kalau sehari aja gak edit template......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ngerti coding2 an ya ngga masalah pak,..malah tambah ilmu plus ningkatin performa blognya...

      matur nuwon pak hamid,..salam

      Hapus
  6. sukses terus mase teguh, baru kali ini saya nemuin mastah blogger kelas jempolan kaya gini, apalagi soal opini page one nya.. jempol pokoknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah..cuma sekedar opini kang EL,..bisa benar, bisa juga salah,..ya kan,? sebab pengalaman tiap2 blogger berbeda..

      Hapus
  7. Sepertinya memang harus selalu berhati-hati dalam membuat conten yang original. Google memang menyukai conten original beserta efek-efeknya. Pembahasan yang sangat komplit

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu....mas Indra udah tahu..dimana-mana, yg 'original' banyak dicari dan disukai orang, karena nilainya langka dan kesannya ekslusif...

      setuju kan mas Indra?...

      Hapus
  8. sebdnarnya klo ngeblognya nggak macem2 dan aneh2 kemungkinannya kecil kena deindeks. yg kena biasanya memang main curang ingin mengakali google. jadi pas kedeteksi sama algoritmanya ya langsung deindeks.

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. sama2 mas dodif,..thank juga atas komen nya

      Hapus
  10. Nah ini yang lagi ane butuhin. Bulan kemaren di webmaster masih tercatat terindeks 30 link blog ane, bulan baru malah indeksnya berkurang jadi 21. Tengkiu mase, ane praktek dan diagnosa blog dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. turunnya angka indeks pada link blog tidak selalu menjadi sebuah masalah kok mas,..kecuali memang kita utak atik konten dr link yg bersangkutan, dan hasil indksasinya bisa diketahui 1-2 minggu setelahnya...

      silahkan diagnosa secara rutin mas kesehatan blognya, biar blog tetap sehat agar makin gesit nyari duitnya buat kita...ya tho

      thanks mas kandra,..moga blognya selalu berkibar...salam

      Hapus
  11. Pertanyaan saya awam nih mas. Seumpama artikel kita di copas dan yg kopas itu justru di page one gimana dong mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja laporin ke Google DMCA mas,..sertakan link sampean yg udh dicopas,..nanti bakal ketahuan. Andai terbukti, peringkat pesaing bisa langsung ngedrop,..kemungkinan malah bisa kena penalti, ga peduli blog mereka lebih bagus atau tidak,.

      Hapus
  12. mau tanya mas:
    blog saya tiba2 visitornya nol. Kemudian saya coba cek dikolom google apakah kena deindek atau tidak dengan mengetikkan site:https://lirik-dan-terjemahanlagu.blogspot.co.id/ ternyata masih muncul, diwebmaster "tindakan manual" juga tidak ada pelanggaran. yg jadi pertanyaan kenapa tiba2 visitor blog saya nol. sebelumnya akun youtube saya yg terdaftar dari email blog tersebut kena banned yg mengakibatkan akun Googleplusnya kena nonaktif untuk sementara. Apakah gara gara hal tersebut visitor blog saya jadi nol dan tidak terindek sama skali di google?
    Mohon di jawan mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di search engine konten kita masih muncul,..kemungkinan deindek rada mustahil,,.
      Jumlah pengunjung yg tiba2 nol, byk sebabnya mas, bisa karena perubahan template, konten duplikat, akun google sedang bermasalah,..dll
      Jadi telusuri lgi apa yg sudah kita lakukan sebelumnya,.

      Hapus
  13. Jika beli konten di CW dan artikel copy paste dari word aman ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk aman tidaknya, sy ga berani memastikan, hanya saja..
      - klo konten dr CW, sebelum dipublish cek dulu di plagiarsm checker utk menghindari duplikat konten dr blog lain
      - klo copas dr ms word, resikonya atribut atau kode2 bawaan dr msword akan ikut terbaca di post entry, efeknya hanya pd masalah valid atau tidak html blog,..lbh baik copas ke notepad dulu

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam