Cara Menggaet Backlink Gratis dari Wikipedia

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:55 AM
9 comments
Cara untuk mendapatkan backlink berkualitas oke dari Wikipedia. Tahu kan Wikipedia? Ya, inilah situs yang sering muncul di halaman pertama pencarian Google saat Anda mencari sebuah info di internet.

Kenapa para blogger profesional banyak yang mengincar backlink dari situs ini? Menurut para pakar website, Wikipedia adalah salah satu situs yang memiliki struktur web terbaik. Bersih dari iklan dengan formasi link building yang mantap.

Konon situs yang didirikan oleh Jimmy Wales ini termasuk situs yang paling ‘dihormati’ dan ‘disegani’ oleh Google. Makanya, jika punya backlink dari situs ini, percayalah, blog Anda pun tak akan dipandang sebelah mata oleh Google.

Tapi saya yakin tidak semua blog punya backlink dari situs ini. Beberapa blogger mengakui, sulitnya minta ampun untuk mendapat link tautan balik dari Wikipedia, meski segala cara telah mereka pakai.

Tapi jangan khawatir, saya beri Anda cara mendapatkan backlink dari Wikipedia. Karena alhamdullilah blog ini sudah kebagian backlink dari tante Wiki. Jadi, pengalaman saya ini mungkin saja bisa Anda pakai.

backlink wikipedia

Cara Mendapatkan Backlink Wikipedia


Menurut yang saya ketahui, ada dua cara untuk meraih backlink dari Wikipedia, antara lain :
  1. Menjadi kontributor di Wikipedia
  2. Mensubtitusi link yang mati (dead link)

Mari kita mulai dari teknik yang mudah dulu hingga yang paling njlimet alias sulit. Jangan lupa baca Bismillah, biar cepet ngerti.

1. Menjadi kontributor Wikipedia


Untuk bisa mengirim artikel ke Tante Wiki, pertama Anda wajib punya akun di sana. Udah punya belom? Kalo belom, kunjungi beranda Wikipedia. Pada pojok kanan atas, cari tag link “Buat Akun Baru” lalu klik.

Lengkapi formulir pendaftaran Anda dengan mengisi data pada kotak-kotak yang telah tersedia. Jangan lupa verikifikasi akun pada email yang dikirimkan tante Wiki pada inbox Anda.

Jika akun Anda sudah jadi, ikuti langkah berikutnya di bawah ini:
  • Buat artikel yang benar-benar unik dan informatif untuk dikirim ke Wikipedia. Ngga ada ide? Gampang. Anda bisa mulai membuat tulisan dari sesuatu yang menarik di wilayah tempat tinggal Anda. Bisa tradisi, kuliner yang aneh, tempat bersejarah atau apapun. Yang penting, belum pernah muncul di Wikipedia. Tahu nya belum muncul dari mana Mas? Jawabannya ada di step berikutnya.
  • Ketik sebuah link pada address bar di halaman Wikipedia dengan menambahkan kata di belakang link tersebut. Misalkan saya ingin membahas tentang “sulam bibir”,  maka tampilan link URL di address bar menjadi : https://id.wikipedia.org/wiki/sulam_bibir (gunakan underscore (_) untuk memisahkan spasi). Kemudian klik enter.
  • Jika judul yang Anda ketik memang belum pernah ada di Wikipedia, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Selanjutnya klik "Bergabung menjadi kontributor" lalu "Buat halaman "judul Anda".
  • halaman not found wikipedia
    buat halaman wikipedia
  • Nah, inilah saatnya Anda menulis artikel sesuai dengan materi yang telah Anda persiapkan berdasarkan judul yang tadi Anda buat. Pakai ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Jangan gunakan bahasa ‘alay’ atau prokem. Ingat, hindari sistem copy paste dari draft atau file artikel yang Anda miliki, saya jamin bakal ditolak oleh moderatornya.
  • Setelah artikel rampung ditulis, klik tanda link (berbentuk rantai), dan masukkan link URL yang ingin Anda kaitkan. Gunakan tanda titik (.) untuk memisahkan spasi antar kata pada judul. Buat formatnya sesuai gambar di bawah. Lalu klik “Simpan”. .
  • format tautan link
  • Selanjutnya, Anda harus sabar menunggu beberapa hari, minggu, bahkan bulan sampai backlink dari Wikipedia mendarat di webmaster tool Anda.

2. Mensubtitusi ‘dead link’ di Wikipedia


Cara yang kedua ini sedikit merepotkan serta butuh kejelian dan kesabaran. Tugas Anda adalah mencari link mati pada artikel yang diterbitkan oleh salah satu kontributor di Wikipedia.

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda tempuh.

a. Mengidentifikasi broken link artikel Wikipedia sesuai niche

Di langkah pertama ini Anda harus menemukan external broken link (link eksternal yang mati) pada salah satu artikel yang telah terpublikasi di Wikipedia. Gunakan query di bawah ini
site:wikipedia.org “kata kunci” intext:”dead link”
Ganti tulisan ‘kata kunci’ dengan keyword sesuai niche blog Anda.

Agar lebih mudah Anda pahami, saya gunakan contoh kata kunci ‘suku dayak’. Pada tampilan hasil pencarian Google saya ambil contoh judul Mandailing People – Wikipedia untuk dianalisa. (lihat gambar)

hasil query pencarian Google

Disinilah kesabaran Anda diuji, karena tiap judul pada hasil pencarian harus Anda buka satu persatu. Pada halaman Wikipedia, gunakan CTRL+F untuk menemukan dead link nya.

Pada eksternal link di Wikipedia, saya temukan link mati dengan anchor text ‘Horas Mandailing’ yang mengarah ke www.mandailing.org. (lihat gambar)

spot broken link

b. Mengidentifikasi broken link dengan Multiple Referring Domain

Anda harus benar-benar mencari link rusak di Wikipedia yang memiliki referral domain yang menuju ke website yang Anda analisa.

Dalam beberapa kasus, terkadang link mati terjadi karena beberapa hal. Ada yang habis masa domainnya, dihapus oleh pemiliknya, kesalahan server, dll.

Kebetulan contoh website yang saya analisa (mandailing.org) sudah habis masa domainnya (lihat gambar).

domain tidak aktif

Untuk melihat berapa jumlah referral link yang dimiliki website tersebut, saya gunakan situs Majestic. Masukkan URL nya, dan hasilnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

hasil site explorer

c. Ekstrak konten asli menggunakan Wayback Machine

Selanjutnya kita perlu memulihkan kembali konten asli dari halaman yang rusak tersebut (page not found) dengan bantuan situs Wayback Machine (situs yang mengarsipkan semua konten di internet).

Dari sini kita bisa melihat halaman sebuah website yang mati ketika link nya masih berfungsi. Anda bisa mengakses isinya melalui poin-poin berwarna biru pada masing-masing bulan berdasarkan tahun nya. (lihat gambar)

wayback machine

Dan inilah salah satu halaman mandailing.org saat link tersebut masih aktif.

artikel hasil wayback machine

d. Menghidupkan halaman 404 di situs Anda

Inilah sebabnya kenapa dari awal saya sarankan untuk memilih link mati yang sesuai dengan niche Anda. Karena dead link di Wikipedia akan Anda subtitusi dengan link dari website Anda. Sedangkan kontennya dibuat dari hasil pengembangan revisi halaman pada Wayback Machine.

Usahakan hasil revisi Anda lebih bagus, lengkap, menarik, dan original. Silahkan berimprovisasi sampai Anda yakin konten pada halaman tersebut mudah dipahami, mengasyikkan dan berguna.

Dan yang terakhir, jangan lupakan unsur SEO, gunakan kata-kata yang efektif dan transparan. Sebisa mungkin, cobalah untuk menggabungkan semua ini ke konten yang baru Anda buat.

e. Menanti golden link dari Wikipedia

Inilah bagian tersulitnya. Selanjutnya tinggal factor keberuntungan. Semuanya bermuara pada niat dan maksud Anda.

Tidak ada lagi strategi yang kompleks atau taktik licik. Anda hanya perlu menghubungi Editor Wikipedia atau contributor artikel tersebut. Beritahu mereka bahwa salah satu referensi mereka mengarah ke page not found. Tawarkan link alternatif Anda dan yakinkan mereka bahwa konten Anda adalah link pengganti yang lebih baik.

Seorang Brian Dean dalam salah satu artikel di Backlinko.com memberikan pendekatan yang lebih smart.

“saat Anda menghubungi orang terkait broken link, jangan hanya mengajukan link alternative, tapi berikan alasan dan maksud Anda,…sebelum memilih yang terbaik untuk melampirkan konten Anda, lakukan riset kata kunci (kalau perlu ciptakan keyword Anda sendiri),… meniru gaya Wikipedia dalam konten Anda akan membuka kesempatan memperbarui link mereka dengan salah satu artikel Anda”.

Jika tawaran subtitusi link Anda mendapat sambutan positif, sebuah golden link dari Wikipedia akan terpajang manis di halaman webmaster Anda.

Kesimpulan


Semua konten ensiklopedis di Wikipedia harus ditulis dari sudut pandang yang netral, proporsional, dan tanpa prasangka. Semua pandangan tentang suatu topik secara signifikan telah diterbitkan melalui sumber terpercaya.

Untuk menggaet link dari ensiklopedia terkenal sekelas Wikipedia, tulislah dengan gaya yang netral sesuai dengan prinsip dasar mereka. Jangan terkesan mengejar backlink semata.

Hampir setengah dari semua hasil pencarian Google dikuasai oleh Wikipedia. Makanya tak heran jika setiap webmaster memimpikan link Wikipedia mengarah ke situs mereka.

Dalam dunia SEO, metode ini sering digunakan dan disalahgunakan. Inilah penyebab Wikipedia menerapkan kebijakan ‘nofollow’ pada semua ekternal link mereka.

Akibatnya, ada yang beranggapan ‘nofollow’ menjadi pemicu menurunnya pagerank atau anchor teks link dari Wikipedia. Meskipun begitu, backlink dari mereka tetap yang paling berharga di mata para webmaster kelas dunia.

Semoga bermanfaat. Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks dan wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

9 komentar:

  1. Cita-cita ane nih punya backlink dari tante wiki, cobain pake tutorial ini ah. Mudah-mudahan berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet backlink dari tante wiki bisa bikin klepeg2 lho mas, malah sampai ngga bisa tidur saking girangnya,..tak doain moga aja sampean bisa ikut ketularan...

      Hapus
  2. untuk mendapat backlink dari wikipedia kaya gini saya nyerah mas, belum mampu membuat artikel yang benar berkualitas.

    dapet backlink dari blognya mas Teguh aja udah cukup saya. hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan nyerah mas,..klo udh paham dan terbiasa, cara ini bisa dipakai untuk blog Anda yang lain, biar semua blog bisa sama2 menikmati gurihnya backlink dari tante wiki,.

      Hapus
    2. wheee jadi makin penasaran aja, apalagi rasanya gurih kaya gini. hehee

      Hapus
  3. Simpan dulu nih halaman, tuk berpikir tentang budaya lokal tempat saya, dan apakah bisa blogspot mas tuk kaitkan ke wiki, kareana TLD yang satu lagi punya saya rada lembek seonya,dan saya mau kaitkan blog yg ini CS

    BalasHapus
    Balasan
    1. di wikipedia, tim moderatornya sangat ketat menyeleksi artikel setiap kontributornya,.
      selama tulisannya oke, unik, menarik, dan sesuai dengan gaya mereka,.ga peduli blogspot atau TLD, tetap bisa dapet backlink dari mereka,..

      yg penting sabar menunggu, blog ini dpt backlink dr tante wiki setelah 7 bulan menjadi kontributor dg 3 jenis artikel yg berbeda.

      Hapus
  4. tergiur sekali mas dengan cara yang ini, belajar lagi bikin artikel seperti yang tante wiki minta, mungkin suatu saat bisa menikmatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga tante wiki cepet kasi backlink buat sampean mas...yg sabar aja, klo rejki ga bakal kemana

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam