Dua Cara Meraih Backlink 'DoFollow' dari Google, 100% Tokcer

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:07 PM
6 comments
Cara mendapatkan backlink dari Google. Sebagian besar, para webmaster berusaha memompa kinerja DA/PA (dulu Pagerank) website mereka dengan melibatkan backlink.

Berbagai cara bisa saja dilakukan. Ada yang pakai cara santun (etis) ada pula yang sedikit licik. Masalahnya, beberapa dari mereka sering tidak mau terbuka ketika saya konfirmasi tentang metode apa yang mereka pakai untuk menyerap backlink.

Ya sudahlah, itu urusan dapur blog mereka. Yang penting sekarang kita fokuskan gimana caranya agar dapat backlink gratis yang berkualitas. Kebetulan kali ini saya mau bahas tentang cara mendapatkan backlink dari Google. Sudah punya backlinknya belum?

Cara ngeceknya gimana mas?

Dari halaman Search Console, pada fitur menu “Lalu Lintas Penelusuran” klik sub menu “Tautan ke Situs Anda”. Semua backlink yang Anda kumpulkan akan terekam di situ.

Sekarang lihat, adakah tautan dari google.com yang mengarah ke blog Anda? Kalau belum, Anda harus baca artikel saya ini sampai habis.

cara mendapatkan backlink dofollow Google

Cara Mendapatkan Backlink Dofollow dari Google


Seperti kita tahu, website besar mayoritas memasang status ‘nofollow’ pada link mereka. Hal ini bisa Anda temui misalnya saat memposting sebuah link di Facebook atau di halaman Google+ Anda. Beberapa waktu lalu Google memang menerapkan link dofollow pada postingan di G +, tapi kini statusnya telah berubah ke nofollow.

Kebanyakan website besar tidak akan memberi Anda link 'dofollow'. Anda hanya akan kebagian link nofollow.

Alasannya adalah link nofollow tidak akan menyumbang poin pada salah satu link juice (otoritas sebuah domain dari inbound link). Ini ibarat selang yang nyambung tapi posisi katup keran tidak terbuka.

Sedangkan, dengan link dofollow, katup keran selalu terbuka sehingga situs Anda akan selalu mendapatkan bahan bakar untuk membantu mendorong peringkat Anda di SERP’s.

Semakin banyak Anda memiliki link juice / bahan bakar dari situs yang lebih besar, blog Anda makin kuat posisinya di peringkat hasil pencarian. Salah satu contohnya adalah link dari Google. Tentu Ada sudah tahu kalau Google punya pagerank sempurna serta peringkat teratas di Alexa, bukan?

Nah, jika ingin dapat backlink gratis dari situs pagerank tinggi seperti Google, saya punya dua metode yang bisa Anda pakai. Bukan trik curang atau pun teknik blackhat. Pokoke dijamin aman bos.

Ini gratis dan cukup mudah diterapkan. Mari kita mulai.

METODE 1 – Membuat Custom Google Maps

Metode yang pertama ini sedikit sulit. Tapi jika sudah terbiasa, metode ini bisa dipakai untuk beberapa blog yang Anda miliki. Perhatikan langkahnya di bawah ini.

Langkah 1:
Untuk membuat custom Google Map, masuk dulu ke akun Google Anda, selanjutnya masuk ke link ini https://www.google.com/mymaps lalu klik “Buat Peta Baru”.

buat peta baru

Langkah 2 :
Pada kotak pencarian, ketikkan apa yang ingin Anda cari, bisa nama situs, nama orang, ataupun nama teman Anda, dengan catatan mereka sudah memiliki halaman Google Bisnisku yang masih aktif.

Untuk contoh ini, saya gunakan informasi pencarian dengan kata kunci “mas teguh” (maaf, saya orangnya emang narsis).

Langkah 3 :
Salin informasi NAP yang ditampilkan kemudian tekan "Tambahkan ke peta". Nantinya pin pada peta akan berubah dari warna hijau menjadi biru.

salin info NAP - tambahkan ke peta

Langkah 4 :
Sekarang di sisi sebelah kiri, klik tulisan "peta tanpa judul". Akan muncul pop up seperti gambar dibawah ini.

edit judul dan deskripsi

Pada kolom ‘judul peta’ isikan sesuai dengan kata kunci yang Anda inginkan. Sedangkan pada kolom ‘deskripsi’, masukkan 200-300 deskripsi kata yang mirip dengan halaman Google Bisnis Anda. Usahakan yang bisa menggambarkan bisnis Anda.

Pada kolom deskripsi, Anda juga dapat menempatkan URL Google Bisnisku Anda, ataupun url website. Dan jangan lupa, pada baris paling akhir, masukan info NAP yang tadi telah Anda salin. Kemudian tekan tombol “Simpan”.

Langkah 5 :
Selanjutnya, masih di sisi sebelah kiri, klik tulisan "Lapisan tanpa judul".
lapisan tanpa judul

Akan muncul pop up lain seperti gambar di bawah ini. Pada kolom ‘edit nama lapisan’, masukkan longtail keyword Anda. Lalu klik ‘Simpan’.

edit nama lapisan

Langkah 6 :
Tekan tombol "Bagikan" pada di sisi sebelah kiri. Akan muncul pop up ‘Setelan berbagi’ seperti gambar di bawah ini.

tombol bagikan

setelan berbagi

Ubah setingannya ke “Public”. Lalu klik ‘Simpan’.

setelan berbagi publik

Langkah 7 :
Saat Anda kembali ke halaman pop up ‘Setelan berbagi’, jangan lupa copy dulu url link yang ada pada kotak ‘Tautan berbagi’.

url tautan berbagi

Langkah 8 :
Selanjutnya, paste kan URL yang tadi Anda copy pada browser yang lain dengan akun G+ tidak pada posisi login. Paste kan link tadi ke address bar lalu tekan enter.
Lihat gambar di bawah ini.

browser login akun google plus

browser tanpa login akun google plus

Perhatikan url yang ada pada addres bar di browser pertama (G+ login), dan browser (G+ no login). Link berubah dari link "edit" menjadi link "viewer". Pada link ‘viewer’ itu adalah link Anda.

Sekarang perhatikan link di sisi sebelah kiri pada halaman browser yang tanpa login akun G+. Anda akan melihat dua link dofollow  yang sumbernya langsung dari google.com (lihat gambar).

link dofollow google

Agar Anda lebih yakin, silahkan klik link dofollow yang pertama. Perhatikan, alamatnya (info NAP) sama persis dengan yang tadi Anda simpan pada langkah ke 3.

Untuk membuktikan bahwa itu link dofollow, yang harus Anda lakukan adalah melihat kode sumber untuk halaman tersebut (gunakan CTRL+U).

Metode ini bisa Anda terapkan pada website Anda yang lain, tentunya dengan akun Google+, kata kunci, deskripsi  yang berbeda tetapi dengan info NAP yang sama.


METODE 2 - Menggunakan Google+

Ini cara yang mudah. Butuh waktu tak lebih dari 2 menit. Anda mungkin tanpa sadar telah melakukan cara ini.

Jika belum, saatnya tanam link Anda di sana. Caranya, masuk ke halaman profil Google+ Anda, lalu klik link “Tentang”.

Masukkan URL website Anda pada kotak bar seperti pada gambar di bawah ini.

edit situs profil google plus

Selanjutnya, ketikkan nama dan alamat blog Anda pada form ‘Tautan’ dan ‘Kontributor di’ lalu klik “Oke”.

tautan situs

tautan kontributor di

Udah, begitu saja. Mudah kan?

Silahkan dipraktekkan, semoga link dofollow dari Google bisa segera Anda miliki.

Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks dan Wassalam.

6 komentar:

  1. QUOTE: "Untuk contoh ini, saya gunakan informasi pencarian dengan kata kunci “mas teguh” (maaf, saya orangnya emang narsis)." hhhhha bisa saja Mas.


    Ohya untuk cara kedua memang secara gak sadar saya telah melakukannya. Cuma cara yang pertama belum pernah, mungkin patut dicoba juga Mas. Trims telah mengingatkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi malu saya, diketawain sama mas Indra..
      ya sudah mas, monggo klo mau dipraktekkan,..andaikan ada yg belum mudeng,..tanyao ok..

      matur nuwon mas Indra,.salam

      Hapus
  2. sebelumnya mau tanya nih mas, maap soalnya belum tau bedanya backlink nofollow dan dofollow

    kalau yang ada di search consol, tautan ke situs anda itu backlink dofollow ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua backlink akan terekam di search console mas, baik nofollow atau pun dofollow, jadi tergantung sumber backlinknya,..klo sumber linknya dofollow, ya backlink yg didpt pasti dofollow, begitu juga sebaliknya...

      masing2 punya sifat sendiri2, klo utk pengaruhnya pada SERP's, backlink dofollow lebih baik dibanding nofollow,

      agar lebih mudah mmbedakan antara link dofollow dan nofollow yg ada pd sebuah situs,..gunakan plugin NoDoFollow untuk browser Mozilla

      Hapus
  3. Kalau cara pertama buat backlink link artikel boleh gak mas?

    Terus kalau banyak banyak bikin backlink lebih dari satu dari maps ada pengaruh buruknya gak?

    NganjukBlog.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin yg dimaksud mas Nanda itu link internal,..gpp mas yg penting antar linknya saling terkoneksi dg topik yg masih relevan,..
      cara itu malah bangus, bisa ngurangin bounce rate blog

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam