5 Konten Video Youtube dengan Potensi Klik Paling Tinggi - BLOG MUST TEGUH

5 Konten Video Youtube dengan Potensi Klik Paling Tinggi

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:28 PM
6 comments
Ingin cepat gajian dari Youtube? Atur strategi channel video Anda.

Please, pahami dulu hal ini. Ada dua sebab utama kenapa orang mengklik iklan. Pertama karena MAU, kedua karena TIDAK TAHU.
  • Golongan yang MAU, bersumber dari mereka yang suka dengan video Anda. Biasanya mereka mengenali dan tertarik dengan iklan yang ditawarkan.
  • Golongan TIDAK TAHU, tak menyadari bahwa yang mereka klik itu adalah iklan, terlepas mereka suka atau tidak. Penyebabnya hanya karena penasaran dan ‘terhipnotis’ oleh sponsor pada video Anda.

Jadi, kalo ingin dolar Youtube mengalir ke rekening Anda, buatlah channel yang berisi konten dengan target orang dari golongan yang kedua (tidak tahu iklan).

Alasan nya?

Pengguna Youtube jumlahnya sudah tak terhitung lagi. Dan anehnya, ngga semua tahu dan mengenali iklan Google pada video yang ditayangkan. Inilah jalur emas yang bisa di utak-atik untuk disulap jadi duit.

Bagaimana dengan viewer? Itu sih, kembali ke tujuan Anda bermain Youtube. Mau ngejar viewer atau dollar?

Kalo sekedar mengumpulkan penonton, lewat headline yang ‘heboh’ dengan ditopang promosi ke sosial media, video Anda bakal ada yang nonton. Tapi masalahnya, apakah iklan Anda bakal di klik oleh mereka?

Ingat bro, Youtube berkali-kali memberi penjelasan bahwa mereka tidak mau keluar duit hanya untuk jumlah view. Dollar didapat saat iklan tampil sempurna dan di klik orang. Komitmen mereka – “No click no money”.

Konten Video Youtube dengan Potensi Klik Paling Tinggi

5 Konten Video Youtube yang Berpotensi Klik Tinggi


Mulai saat ini, arahkan konten video Anda kepada orang yang tepat dengan potensi loyalitas klik yang tinggi. Apa saja itu? Scroll ke bawah, akan saya jelaskan satu per satu.

1. Video khusus Anak

Coba ajukan pertanyaan ini pada adik atau ponakan Anda yang masih anak-anak.
“Suka nonton video Youtube dek?” mungkin mereka akan menjawab ‘iya’.

“Senengnya nonton video apa?” jawaban mereka bisa macam-macam. Ada yang ngefans Upin Ipin, Sopo Jarwo, Naruto, atau film kartun lainnya. Tak ketinggalan che4t game serta video lucu.

“Kamu tahu ngga dek iklan Google?” Nah kali ini saya yakin mereka pasti geleng kepala.

Dialog di atas hanyalah ilustrasi betapa anak-anak adalah salah satu target klik iklan yang menggiurkan.

Merebaknya teknologi smartphone menjadi jembatan mereka untuk mengakses video di Youtube. Konten animasi, kartun, game, tutorial toys, funny video adalah destinasi mereka.

Anak-anak ngga peduli mana video dan mana sponsornya. Mereka polos dan ‘buta’ soal iklan Google. Pop up apapun yang nempel di video (termasuk iklan), bakal di klik secara random.

Dari cuplikan ini, Anda bisa mulai ancang-ancang. Konten seperti apa yang cocok untuk mereka. Silahkan start mulai sekarang.

2. Video Resep dan Kuliner

Masyarakat urban inginnya serba mudah dan instan. Dengan kecanggihan internet pada perangkat mobile, membuat aktivitas sehari-hari jadi kian mudah.

Tak terkecuali kaum wanita yang punya hobi nguplek di dapur. Dulu, untuk berburu resep masakan, mereka rela berlangganan majalah wanita, koran, atau menyontek dari acara kuliner di TV.

Kini, Youtube jadi teman setia di dapur. Semua resep kuliner ada lengkap dengan tutorialnya.

Dan asyiknya, mereka adalah golongan yang loyal ngeklik iklan. Terlebih iklan Google pada video yang berisi promo produk fashion, bazaar, pesta diskon, dan sejenisnya.

Jangan sia-siakan ini. Segera buat channel baru. Isi dengan video kuliner yang uptodate, komplit, dan mudah dipraktekkan.

Siapa tahu mereka masuk daftar subscriber Anda.

3. Video Hobi dan Skil Unik

Kerja paling enak adalah hobi yang dibayar. Jika punya hobi atau kemampuan yang rada aneh, salurkan lewat Yotube.

Banyak youtuber sukses lewat video dari hobi dan skil yang tak biasa. Selama dibungkus dengan kreatif, video jenis ini bisa mendatangkan dolar yang lumayan.

Ngga percaya?

Sebut saja PewDiePie, youtuber terkaya asal Swedia. Berawal dari kecintaan nya dengan dunia gamer, kini channel nya menempati peringkat teratas di Youtube berkat komentar konyolnya pada setiap permainan game yang dia videokan.

Temukan! Aktivitas apa yang paling Anda sukai - skil unik apa yang Anda miliki. Ceritakan semuanya lewat video. Kalo perlu, bagikan tip-tips penting terkait dengan hobi Anda itu.

Tidak mustahil akan ada penonton dengan minat yang sama, dan menjadi pelanggan setia channel Anda.

4. Video Tutorial

Percaya atau tidak, konten yang mengedukasi punya peluang klik lebih baik dibanding video hiburan. Salah satunya niche tutorial. Boleh tutorial apa saja, asalkan bernilai.

Hadirnya video tutorial bisa untuk menambah ilmu dan memperluas wawasan. Menjawab sebuah persoalan sampai membuat yang tidak tahu menjadi tahu.

Itulah sebabnya kenapa video tutorial potensi klik nya lebih tinggi. Dia punya ‘add value’. Sedekah klik iklan sering diberikan oleh penonton sebagai bentuk 'balas jasa'.

Selain itu, durasi untuk video jenis ini biasanya antara 10 – 30 menit sehingga bisa menampilkan lebih dari satu iklan. Ada settingan mid-roll ads nya. Jadi kemungkinan dapat klik iklan lebih gede.

Kalo target utama Anda adalah klik iklan (bukan viewer), konten tutorial bisa jadi pilihan.

Lebih jelasnya, buka artikel ini :

5. Video Traveling

Suka jalan-jalan? Berpetualang saat liburan? Atau dolan-dolan ke wisata alam nan eksotik? Abadikan momen holiday Anda lewat video. Jangan lupa, upload ke Youtube.

Saat musim liburan, video Anda bakal dicari orang. Hasil rekaman Anda bisa menjadi referensi dan informasi para pencari info wisata.

Kenapa konten ini peluang kliknya tinggi? Yang pasti karena viewernya jelas. Para pelancong, tukang piknik, traveller, dan backpacker adalah target Anda.

Mereka lebih suka visualisasi dari sebuah video yang bisa bercerita secara real  tentang obyek wisata yang akan mereka sambangi.

Itulah sebabnya Youtube dianggap sebagai katalog sekaligus panduan wisata bagi mereka.

Buatlah info traveling lewat konten video yang tak hanya berisi foto keindahan alamnya saja. Berikan juga info detail lainnya, seperti lokasi penginapan, jalur transportasi, ataupun culture masyarakat sekitarnya.

Jangan kaget jika channel Anda akan banyak di subcribe oleh para pelancong dunia.

Kesimpulan


Perlu diingat, fokus uraian saya di atas hanya pada konten yang punya potensi klik terbaik berdasarkan target penontonnya. Urusan nilai BPK, CTR dan lainnya tergantung teknik penempatan iklan dan kemasan video yang Anda buat.

Hanya ada 2 tipe penonton di Youtube. Pencari hiburan dan pengumpul informasi, itu saja.

Untuk bisa gajian rutin dari Youtube, Anda harus smart dalam memilih materi video. Jangan merilis konten yang hanya mendatangkan ribuan viewer tapi tanpa kontribusi klik iklan. Perjelas dulu misi dan visi video Anda – “for who and how?”.

Punya pandangan lain? Ayo tuliskan komentar Anda sebagai referensi untuk pembaca lainnya.

Ojo lali, mampir juga ke artikel ini :

Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

6 komentar:

  1. Pantesan tanpa disadari kenapa film kartun yg saya aplod di yutub lebih banyak penontonnya dari pada video lainnya yg saya anggap akan banyak mendapatkan penonton... Dan bener kata mas teguh tadi setelah sya upload video kartun tau2 pendapatan sedikit meningkat dari sebelumnya... Jadi itu alasannya... Keren ini... harus dilanjutkan sistem gerilya macam ini..hee... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jendral Sudirman nya udh wafat mas, ngga bisa gerilya lagi,.ha ha ha

      sebenarnya semua konten punya peluang di klik iklannya,.hanya saja menurut saya, kelima konten diatas yg peluangnya rada bagus...

      sukses terus buat channel nya mas Iwe,.. thanks ya, salam

      Hapus
  2. Wow...tulisan Mas Teguh membuat saya semangat lagi untuk bikin konten youtube...makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow sukur deh klo tambah semngat...ya emang harus gitu gan

      Hapus
  3. Salut buat web anda mas, traffik harian lumayan bagus, bahkan bagus menurus saya, hampir 1000 orang per hari, Semoga makin sukses kedepannya dan terimaksih artikel yang dibuat lumayan memberikan pencerahan. trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mas atas doanya,..moga blog sampean juga sukses melebihi blog ini..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam