Cara Desain Blog agar Trafik Melesat Ngga Karuan, Coba Aja! - BLOG MUST TEGUH

Cara Desain Blog agar Trafik Melesat Ngga Karuan, Coba Aja!

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:54 PM
50 comments
Puaskah dengan hasil kerja blog Anda saat ini? Atau justru galau karena trafik blog masih ngambang. Naik ngga, turun malah iya. Lalu Anda merasa template yang Anda pakai ngga bawa hoki.

Eiits, nanti dulu….kok template yang disalahkan?  Kasian dong pembuatnya, sudah capek bikin malah dijadikan tersangka. Apalagi mereka tulus membaginya tanpa minta imbalan apapun dari Anda.

Mari berpikir.

Setiap desainer template pasti telah mengoptimasi karya mereka dengan elemen dan suplemen yang menjadi standarisasi sebuah blog ataupun website.

Semua tinggal bagaimana kita mendesain ulang tata letak blog sesuai dengan template yang kita pakai.

Jangan samakan template dengan desain. Template ibarat rumah. Sedangkan desain berhubungan dengan cara kita merancang interior dan eksteriornya. Seperti warna tembok rumah, pagar, penataan dapur, ruang tamu, dll.

Jadi, naik turunnya trafik tergantung dari kemampuan Anda mengatur layout widget, modifikasi script, penataan gambar, dan konten yang Anda buat.

Nah, disini saya akan berbagi cara sederhana menata blog tanpa perlu ganti template agar trafik Anda naik berlipat-lipat.

Tips ini saya pungut dari blognya kangmas Jon Morrow. Monggo kalo mau di praktekkan…!

cara mendesain blog agar trafik naik

5 Cara Mendesain Blog agar Trafik Naik


Beberapa perubahan akan segera terasa, setelah tips dibawah ini Anda terapkan. Kita mulai dari yang pertama.

1. Jangan gunakan gambar resolusi tinggi


Resolusi artinya jumlah piksel atau elemen yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Resolusi merupakan salah satu aspek yang menentukan kualitas sebuah gambar atau foto.

Makin tinggi resolusinya, gambar semakin tajam dan jernih. Bagi seorang fotografer, memang ini yang dicari. Tapi untuk blogger, justru tidak dianjurkan.

Meskipun terlihat menawan, gambar resolusi tinggi bisa melemahkan loading.  Terutama bagi pengunjung yang mengakses blog Anda lewat perangkat browser yang telah kadaluarsa.

Toleransi kesabaran pembaca di internet sangatlah rendah. Saat halaman web di load terlalu lama (meski hanya beberapa detik), mereka akan pergi.

Google sangat cermat membaca situasi ini. Mereka akan menghukum situs yang loading halamannya lebih dari 1,5 detik. Peringkat situs Anda bisa melorot karena terganjal masalah ini.

Jadi, jika kecepatan blog Anda kurang ngebut, lupakan impian untuk duduk di peringkat pencarian teratas Google.

Bijaklah saat memasang gambar. Mulai saat ini, hapus gambar resolusi tinggi terutama model slideshow. Atau ambil solusi lain dengan cara mengkompres ukuran file gambar tersebut. Tetapkan batas maksimalnya tak lebih dari 20kb.


2. Buat tombol ‘share’ Melayang


Tombol share penting untuk pertumbuhan blog.

Tombol berbagi seakan membiarkan pengunjung menyebarkan konten Anda ke berbagai situs social media. Semua terjadi hanya dengan sekali klik.

Tombol ini sebagai bukti sosial yang kuat bahwa konten Anda memang layak di share ke calon pembaca lainnya. Dengan catatan, letaknya harus tepat.

Jika posisinya di atas postingan, saat selesai membaca, kecil kemungkinannya pembaca akan menggulir kembali ke halaman atas. Terlebih jika di bawah postingan, pembaca mungkin malah tidak akan melihat tombol ini.

Solusinya mudah. Buat tombol share Anda mengambang alias melayang tepat di tengah halaman postingan. Tombol akan tetap stagnant kemanapun scroll mouse bergulir.

Saat pembaca berniat membagikan artikel Anda, tombol share tetap setia pada posisinya menunggu klik dari pembaca.

3. Batasi jumlah Widget dan Plugin


Hadirnya widget dan plug-in bisa menambah tampilan halaman web jadi lebih keren. Tapi seperti juga gambar resolusi tinggi, widget dan plugin merupakan penyumbang beban terbesar bagi sebuah web.

Hal ini bisa memicu hukuman Google seperti yang sudah saya singgung di atas.

Pintarlah sedikit.

Jalankan plugin dan widget yang bisa menarik keterlibatan pembaca, memberi kontribusi teknis, dan mengarahkan mereka menuju artikel Anda yang lain.

Widget yang berisi outbound link sebaiknya hapus saja. Misalnya blog roll, recent Tweet, halaman socialbookmark, widget stat, dan lain-lain.

Cobalah untuk membatasi diri. Jaga desain Anda agar tetap bersih dari noda yang bisa mengalihkan perhatian pembaca dari tindakan yang seharusnya tak perlu terjadi.


4. Sematkan Fitur Box di header


Dalam upaya peningkatan website, pastikan Anda menambahkan fitur box tepat di bawah header.

Fitur box adalah kotak widget yang berisi tulisan kreatif yang menginformasikan sebagian atau cuplikan dari konten blog melalui kalimat yang menghibur dan menarik.

Sering kita lihat teks berjalan di bagian atas halaman sebuah website. Itulah salah satu bentuk fitur box. Idealnya berisi teks kalimat penawaran secara intens kepada visitor, bisa berupa newsletter, update terbaru, atau promosi artikel.

Meletakkan fitur ini di sidebar, tidak efektif lagi. Cara ini membuat fitur box sering diabaikan orang. Makanya ubah mulai sekarang. Pasang sebuah kotak fitur di bagian atas halaman website Anda.


5. Sederhanakan header dan navigasi


Header dan bagian atas halaman pertama dari halaman website Anda adalah real estate online yang paling berharga. Saat orang melongok situs Anda, bagian atas halaman website inilah yang akan terlihat pertama kali.

Bagian dari halaman yang pengunjung lihat lebih dulu (tanpa scrolling) dikenal sebagai daerah "on flip." Sebaiknya gunakan ruang ini dengan bijak.

Idealnya, logo dan navigasi berada pada satu baris di bar bagian atas. Dengan begitu, ketika Anda menambahkan fitur box, pengunjung masih akan melihat judul postingan terakhir Anda.

Beri jarak tab label navigasi Anda dengan ringkas dan jelas. Pastikan tidak ada pengunjung yang kebingungan ketika mereka ‘sowan’ ke situs Anda.

Judul tab jangan terlalu panjang, lebay, apalagi bertele-tele. Misalnya, tab judul halaman "About" ditulis "Kisah Hidup dan Blogku" atau "Lihat Profilku Disini".

Penutup


Rendahnya trafik semata-mata bukan kesalahan dari template. Cara Anda mendesain blog, itu yang menentukan.

Percuma Anda pakai template premium jika penataan widget dan plugin masih terkesan acak-acakan.

Blog akan bekerja maksimal jika theme dan desainnya diatur dengan benar. Lima tweak di atas bisa Anda terapkan untuk mengubah website Anda menjadi mesin penghasil trafik.

Semoga bermanfaat. Akhir ucap, SAY NO TO COPY PASTE. Thanks. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

50 komentar:

  1. Om kalo pake widget kayak widget share,recent post,box berlangganan,dll. Dari luar kayak Sumome,addthis dll. itu optimal apa gak ya? Saolnya saya lihat situs/blog yg besar juga banyak yg pake kayak gitu...
    Maturtengkyu sebelumnya untuk tipsnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. SumoMe, Addthis, Delivered, dll..termasuk tool share yang bagus buat menaikkan trafik,..soal optimal atau ngga nya,..ya tergantung kualitas konten blog itu sendiri mas,..tugas mereka hanya meng-counter,.




      Hapus
  2. Wah kayaknya harus inspeksi mendadak nih, btw thanks mase teguh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama-sama mas Deni,,nanti kpan2 tak inspeksi lagi..he he he

      Hapus
  3. makasih mas Teguh artikel nya. Akan saya terapkan perlahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan..monggo klo mau di terapkan

      Hapus
  4. Saya sudah menerapkan 3 diantaranya. Makasi Mas atas tipsnya. Salam blogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Riyan,..
      tak perhatiin blog riyanpedia makin oke aja nih,..moga makin sukses terus ke depannya..

      thanks ya..happy blogging selalu

      Hapus
  5. Mantep impohnya...suwun juragaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 gan, moga impohnya bisa bermanfaat

      Hapus
  6. salam mas Teguh, saya nyasar ke mari pas lagi nyari tips buat nambah trafik blog.

    saya pengen punya blog yang kaya gini, mohon bimbingane sampeyan. suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok mas Budi, apa yan ingin sampean tanyakan, tulis saja dikolom komentar,..nanti akan terus saya bimbing, selama saya bisa,..

      kalo bisa, baca juga tips2 dari teman2 blogger yg lain, biar makin cepet mahir ngeblognya,..

      thanks mas Budi..salam

      Hapus
  7. mantep jadi banyak ilmu....
    mampir ia mas..

    BalasHapus
  8. Terima kasih Mas Teguh, patut untuk di coba nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba,..silahkan dipraktekan siapa tahu akur.

      Hapus
  9. mas, saya baru saja mengganti gambar header yg ukurannya 1000x160px, tp pas saat saya terapkan di blog, kok malah ngecil gitu ya? kalo saya liat di pengaturan tataletak, disamping kotak header ada kotak tambahkan gadget gitu mas, apa itu mesti di hilangkan dulu ya? cara ngilanginnya itu lho yang pusing he...he... newbi mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. template skrg rata2 udh responsif mas,..bisa jadi itu pengaruh bawaan dr templatenya..klo menghapus gadget saya ras ga akan berpengaruh, kecuali kita ubah css templatenya

      Hapus
  10. Bermanfaat sekali artikelnya, terutama bagi saya, yg baru aj ganti template dan menata ulang widget. Mohon koreksi dan saranya..... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok sama-sama,..

      saran saya cuma satu,..template ga matching sama niche nya, coba gnti dg yg lebih pas buat blog resep..itu aja

      Hapus
  11. Kalo baca paparan mas teguh diatas ane jadi gatel mau oprek template blog lagi. Tapi kepikiran kalau malah ga optimal bikin konten. Belom lagi kalau udah riset keyword buat naikin pageview. Kok kalo sendiri gini kek banyak yg mau dilakuin ya. Mulai dari mana nih sebaiknya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat merubah desain, kalo saya lebih fokus pd kecpatan loading blog kok mas,..ngga ke yg lain2...bagi saya cuma itu modal biar pengunjung tetap stay.

      monggo klo mau ditiru,..sapa tahu ada lonjakan yg berarti...

      Hapus
  12. Salam Mas Teguh, mungkin kalau ada waktu coba review tenplate saya mas, kok traffic stagnan di kisaran 2500 an terus ndak mau naik, atau mungkin emang artikel saya yang ecek-ecek yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. met malam mas isrofi..
      menurut saya template nya udh oke,..ringan, simple, dan penataan layout juga udh pas..
      klo trafic stagnan, mungkin bukan dr templatenya, coba koreksi dan revisi lgi artikel2 lama yg sudh tidak produktif dalam menyumbang trafik,..jangan sampai pageview tinggi hanya dari satu ata beberapa sumber artikel saja, klo semua artikel mampu menyumbang trafik secara merata, hasilnya tentu akan berbeda..

      rajin2 aja mantau perkembangan tiap artikel klo pas ngga lg nulis,

      itu saja sedikit saran dr saya..

      Hapus
  13. setelah, lama cuma nyari-nyari artikel tutorial, akhirnya nyangkut disini, hehehe. Mantap deh

    BalasHapus
  14. Saya sudah pasang widget widget. kalo boleh visit blog saya
    jika sempat search google :

    komunitas hobi fotografi informasi beragam
    apakah ada kekurangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya kekurangannya lumayan banyak gan,..diantaranya ;
      - layoutnya rada berantakan
      - navigasi situsnya membingungkan
      - konten artikelnya masih sangat minim
      - terlalu banyak tag

      itu dulu mungkin yg baru bisa sya telusuri,..silahkan di perbaiki gan

      Hapus
  15. mau nanya out of topics nih mas, boleh kan?

    1.tampilan template blog saya gimana nih mas?
    2.kalau daftar go ads kan perlu privasi policy. kalau privacy policy/kebijakan privasi diubah ke b.indo akan diterima g.ads gk?

    saya lihat mas punya adssssssssssssense, plis jawab mas no2 pnting

    BalasHapus
    Balasan
    1. privacy policy termasuk halaman pendukung/pelengkap, dan wajib ada,..untuk format bahasanya ga ada aturan yg mengikat khususnya saat daftar ke Adsense,..

      sekedar saran, saat daftar adsense ubah letak halaman pendukung pada header, agar terindeks lebih awal oleh robot Google,..untuk tips lainnya silahkan baca disini
      http://www.maseteguh.com/2015/07/mau-daftar-google-adsense-baca-dulu-artikel-ini.html


      Hapus
    2. udah mas, udah saya ganti tempat nya sambil modif template dikit hihihi, coba cek http://banicyber.blogspot.com

      Hapus
    3. klo ingin menampilkan postingan tanpa gambar di homepage, usahakan ketebalan huruf antara judul dg snippet nya harus kontras...dan ukuran fontnya juga perlu di bedakan..
      jangan sampai saat pengunjung melihat halaman homepage seolah-olah malah mirip halaman artikel,..coba dioprek lagi mas

      Hapus
  16. ok mas, makasih sarannya... akan saya modif lagi + pake gambar pada postingan halaman beranda nya. Kalau udah siap nanti say modif, cek lagi ya mas.. :) hiihihi...

    btw kalau pake addsite share button gak berat mas... saya kemaren make kek gitu jg tapi takut kebratan di gt metrix... [saya nya anti berat2 gitu]

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya, klo situs masih baru speed loading memang sangat perlu biar visitor unik nya ga kabur,.
      tapi klo situs yg udh kawakan yg punya byk pembaca setia, mau lelet atau kuenceg kayaknya ga pengaruh mas, soalnya mereka udh punya branding,..
      jadi addthis button sengaja saya sertakan biar menjaring pengunjung baru mas lewat share dr pembaca setia blog ini,.meski resikonya loadinging rada lambat,..

      Hapus
  17. wow, terima kasih byak atas tulisan ini.

    BalasHapus
  18. jadi kecepatan dan tata letak blog cukup berpengaruh yamas? kalau tata letak mungkin untuk memudahkan pengunjung blog ya, saya kemarin pasang livechat di blog apakah itu bikin berat? Tapi saya coba buka di hp hp saya lumayan cepet sih loadingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. loading dan layout pengaruh banget pada time on site visitor...

      utk pemasangan widget live chat, asalkan fungsinya benar2 krusial, ga masalah mas utk dipasang...selama ga mempengaruhi loading time, lanjutkan aja

      Hapus
  19. manteb advise nya, njawani tapi tetep ilmiyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya maklum aja mas,..wong jowo tulen ini..he he he
      matue nuwon njeh

      Hapus
  20. Salam kenal mas Teguh,
    informasi seperti ini yang sedang saya cari mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga bang toyib,..

      Hapus
  21. Sebelumnya terimakasih infonya bagus sekali...oya mas teguh bisa kasih saran mengenai channel youtube saya ndak soalnya masih newbie banget channel saya ochid85 thanks before.

    BalasHapus
  22. sanagat berterimakasih dengan informasinya, mohon bimbingan jika berkenan untuk cek blog saya gudangpengertian.com yang masih minim pengunjung.. saran dan krtitik sangat saya harapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. judul artikelnya terlalu seragam bang, seolah-olah kaya ngejar keyword,..itu saja yg saya liat kurang humanis,..lainnya sih udh oke

      Hapus
  23. Kayaknya harus mulai berbenah nih hehe
    Mas bisa koreksi blog saya? Terimakasihh hehe

    Boleh juga ninggalin komentar pertama :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. homepagenya diatur lg mas Rizqi, biar scrolling-nya ngga kepanjangan..

      Hapus
  24. sangat terinspirasi artikelnya mas boss

    BalasHapus
  25. Mas? kalau pasang gambar dengan ukuran extra large gak pengaruh pada traffic? mohon pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. fungsi gambar untuk membuat konten lebih hidup, tapi jangan sampai kehadirannya malah menyakiti mata pembaca,..

      untuk masalah trafik, pengaruh gambar tergantung dr ukuran filenya, selama tidak memberatkan loading, efeknya bagus untuk trafik dan indeks Google.

      ok mas Epa, itu pendapat saya, thanks for visit,..happy blogging

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam