10 Profesi Online ini Terbukti Penghasil Dolar yang Agresif, Tertarik?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 3:45 PM
11 comments
Ada profesi sampingan yang bisa dilakukan selain ngeblog. Dan pastinya mendatangkan uang. Sebagai blogger, cermati peluang ini.

Bagi yang nguber Adsense tapi selalu ditolak. Atau yang ngaku publisher senior tapi isi dompetnya masih kempes, celah kecil ini jangan dilewatkan.

Apalagi jika nantinya level Anda sampai ke taraf expert atau spesialis, duitnya bisa melebihi gaji bulanan Adsense yang selalu Anda idam-idamkan itu.

Penasaran kan? Oke lah, baca terus artikel ini, jangan sampai berkedip.

10 Profesi Online Pencetak Dolar


Sebenarnya udah banyak onliner yang mengais rejeki di internet. Ada yang fokus di Youtube, penjual artikel, jasa SEO, theme website, dan masih banyak lagi.

Tapi yang saya tawarkan ini lain dan unik. Apa saja itu? Simak aja.

1. Virtual Assistant


Banyak perusahaan yang sebagian besar beroperasi secara online. Maka tak heran asisten virtual sering direkrut untuk mengelola tugas-tugas administratif secara terorganisir.

Menurut Asosiasi Asisten Virtual Internasional, para asisten virtual disebut sebagai ‘kontraktor independen’. Mereka bekerja jauh dari lokasi perusahaan kliennya. Tugasnya adalah sebagai support kepada klien di berbagai industry dengan menyediakan layanan administrasi, kreatif, dan teknis.

Seorang asisten virtual haruslah dinamis. Job deskripsi nya mencakup :
  • Menjawab email
  • Mendistribusikan dokumen bisnis
  • Merespon media terkait masalah bisnis perusahaan
  • Menulis dan membuat konten
  • Mengatur jadwal seorang eksekutif, dan masih banyak lagi.
Apa kriterianya ?
  • pengalaman di bidang Administrasi (disarankan menguasai Microsoft Office)
  • keterampilan organisasi dan manajemen waktu yang sangat baik
  • ramah dalam percakapan telepon

Bagaimana memulainya?

Untuk area domestic (Indonesia), Anda bisa mengajukan proposal di situs Yesbos (http://yesbossnow.com).

2. Jual Website, Nama Domain atau Mobile Apps


Profesi Online Penghasil Dolar

Jika Anda memiliki nama domain, aplikasi seluler atau website (bahkan yang udah mati!) dan Anda ingin menjualnya, silahkan kunjungi Flippa, Sedo atau Lelang di GoDaddy.

Pada website tersebut, Anda dapat menetapkan harga dasar untuk produk yang Anda jual. Lalu pembeli akan mengajukan perspektif penawaran dalam format lelang.

Nama domain, situs web atau aplikasi mobile - ngga harus punya sendiri. Anda bisa hunting dan membeli website yang udah ngga diurus pemiliknya.

Kalo memang niat banget, koleksilah beberapa website yang khusus dibuat untuk di jual lagi. Yang penting kualitasnya oke, agar nilai jualnya lebih kompetitif.

Jika saat ini Anda 'ngeblank', ngga ada rencana untuk melangkah lebih jauh dengan website Anda, lebih baik banting setir jadi penjual website.

3. Freelance Writer / Content Writer


Profesi Online Penghasil Dolar

Website bisnis, ecommerce, toko online dan situs-situs baru bermunculan hampir setiap hari. Perusahaan pun kadang kekurangan staf untuk menciptakan konten pada situs web mereka. Situasi ini memaksa naiknya demand terhadap jasa freelancer dan penulis konten.

Bagi yang udah jago nulis, manfaatkan itu buat nyari duit di internet. Jangan hanya berkutat di blog yang Anda rasa prospeknya masih simpang siur.

Itulah mengapa skill menulis itu mahal harganya. Jual kemampuan Anda lewat profesi freelance atau pun content writer.

Khusus yang mahir bikin artikel bahasa Inggris, daftarkan diri Anda ke Upwork, Odesk, atau ke Freelancer. Jika ingin bermain di area local, kunjungi saja situs Sribulancer.

Untuk mendapatkan klien, Anda perlu memiliki portofolio kerja, atau setidaknya beberapa sampel tulisan yang disertakan pada resume Anda.

Apa syarat pendukungnya ?
  • Presentasikan bakat Anda, bisa lewat video atau tulisan.
  • Tulis sebuah ide kreatif 
  • Jangan melewati deadline.

Biasanya klien atau perusahaan lebih memilih konten yang berkaitan dengan bidang tertentu. Untuk itu, ‘jual diri’ Anda sesuai keahlian.

Baca ini bro,biar makin mantep :
CARA MENJADI PENULIS FREELANCE TANPA PENGALAMAN

Bagaimana prospek incomenya?

Di Freelancer, besaran bayaran tiap proyek tidaklah sama. Semua tergantung kesulitan, kuantitas, dan status keuangan si pemberi proyek. Mulai dari $30 hingga $1000 per job.

Untuk penulis fulltime, rata-rata bisa mencapai $35.000 bahkan ada yang mencapai $66.000. Gimana, tergiur kan?

4. Tutor atau Guru Online


Private Online saat ini telah menggeser pusat bimbingan belajar yang telah ada selama bertahun-tahun. Ini pilihan menarik buat Anda yang ingin mencari uang tanpa harus keluar rumah. Terlebih jika Anda menguasai satu materi pelajaran tertentu, katakanlah matematika, atau sains.

Bekal apa yang harus Anda persiapkan?

Sebagian besar perusahaan tutoring mengutamakan mereka yang bergelar sarjana.  Atau setidaknya lulusan program Diploma pada bidang studi tertentu. Karena sifatnya online, biasanya pengalaman sebagai instruktur (guru) tidak terlalu diutamakan.

Cara memulai

Buat iklan atau selebaran berisi informasi kontak Anda. Pasang di perpustakaan, toko kelontong, atau di halaman social media Anda.

Jika Anda seorang guru, mintalah asisten administrasi di sekolah-sekolah untuk menempatkan 'flier' Anda di kotak surat guru.

Atau ajukan resume Anda di situs Ruangguru.com. Jangan lupa lampirkan jadwal harian Anda. Perlu diingat, private online biasanya berlangsung pada sore atau malam hari setelah siswa pulang sekolah.

Berapa sih standar gajinya?

Untuk guru bersertifikat dengan spesifikasi matematika lanjutan atau sains, besaran tarifnya antara Rp. 150.000 – Rp. 300.000 per jam.

5. Designer Merchandise


Profesi Online Penghasil Dolar

Anda suka menggambar? Atau senang mendesain mug, t-shirt, tas dan lain-lain? Pernahkah terpikir untuk menguangkan hobi Anda itu lewat online?

Ada seorang teman saya yang sangat kreatif dalam membuat desain. Sekarang dia punya toko online sendiri di Zazzle.com. Semua hasil kreasinya, dia jual di sana.

Berikut cara kerjanya (saya kutip dari pengalamannya) :
  • Membuat desain
  • Mendaftar di Zazzle.com dan membuat toko Anda sendiri (prosesnya mudah). Zazzle memiliki item barang seperti cangkir, kartu, t-shirt dll.
  • Konsumen datang ke toko online Anda. Mereka memilih desain dari katalog Anda dan kemudian memilih item barang.
  • Pelanggan menempatkan rangka untuk mendapatkan item dengan desain Anda di atasnya.
  • Zazzle mencetak desain Anda pada item yang dipilih dan mengirimkannya kepada pelanggan.
  • Anda mendapat bagian dari uang yang diperoleh Zazzle.
Selain Zazzle, ada pula CafePress dan Threadless yang bisa Anda pilih untuk meraup pendapatan online dari hobi corat-coret.

6. Musik Online Seller


Profesi Online Penghasil Dolar

Sekarang giliran Anda yang piawai bermain musik.

Jika Anda hafal dan menguasai akord alat music di luar kepala, kini saatnya menulis music dan menjualnya secara online.

Ngga perlu capek menawarkanya ke perusahaan rekaman. Banyak perusahaan jenis lain yang juga butuh music. Anda bisa mulai membuat dan menjual lagu yang lebih simple seperti jingle, ringtone dan lagu .

Ada banyak toko musik online di mana Anda dapat langsung menjual file musik MP3 Anda seperti iTunes, Pandora, Amazon, Spotify, serta Google Play.

Ada juga layanan online yang akan memajang musik Anda di toko mereka atas nama Anda. DistroKid dan loudr.fm adalah salah satu pilihan yang paling baik.

7. Rental Suara (voice over)


Profesi Online Penghasil Dolar

Apa jenis suara Anda? Bariton kah? Sopran atau tenor?

Saat ini, suara pun bisa dijadikan asset untuk mengais rejeki di dunia online. Dan profesi yang saya tawarkan adalah sebagai voice over (VO).

Dalam dunia broadcast, voice over adalah suara dari announcer atau penyiar  untuk memperkuat isi cerita tapi tidak nongol di layar. Jadi hanya suaranya saja.

Ngga perlu merdu layaknya seorang vokalis band. Karena disini Anda bukan mau ikut kontes menyanyi. Yang penting suara Anda enak didengar.

Selanjutnya, sediakan seperangkat audio record yang berkualitas dirumah Anda. Pilih job-job yang ada di situs VoiceBunny atau Voice123. Sesuaikan dengan karakter suara Anda.

Mulailah buat proyek rekaman Anda sendiri seperti mendongeng, membaca narasi atau berita, menirukan salah satu karakter kartun, atau apa saja.

Upload file audio yang Anda hasilkan ke situs yang saya sebut di atas. Jika proposal sample suara Anda ‘lulus sensor’, dollar pun akan mengalir ke kantong Anda.

Asyiknya lagi, semua ini bisa dikerjakan di rumah. Ngga kebayang kan?

8. Konsultan Market Social Media


Profesi Online Penghasil Dolar

Punya akun media social jangan hanya dipakai buat ngobrol dengan teman. Sekarang ini kehadiran social media telah mengubah cara orang dalam berbisnis.  Termasuk menjangkau konsumen dan membangun loyalitas sebuah merek dagang.

Perusahaan butuh orang yang bisa membaca dinamika pasar yang terjadi  di social media seperti Facebook, Google Plus, Instagram dan Twitter.

Terdengar kan gemerincing dolar nya?

Persiapan yang dibutuhkan

Pengalaman di bidang komunikasi, jurnalistik, public relations atau marketing adalah mutlak. Yang terpenting adalah bisa berkomunikasi dengan konsumen lewat fasilitas media social untuk membangun brand awareness yang bisa mengarahkan lalu lintas ke situs web perusahaan.

Mampu menciptakan fanspage di Facebook secara professional. Jago nge-tweet untuk penawaran khusus sebuah produk.

Dengan $ 25 per bulan, Anda bisa ikut kursus singkat di Lynda.com untuk belajar tentang teknik pemasaran media sosial.

Cara memulai

Tampilkan potensi skil Web Anda dengan memasukkan link ke akun Facebook, LinkedIn dan Twitter pada resume Anda. Usahakan account akun Anda selalu aktif.

Berikan alasan kuat kenapa orang perlu memakai jasa Anda. Sorot di halaman Facebook dan Twitter feed Anda. Buatlah link yang berisi narasi singkat bagaimana cara Anda memperoleh banyak follower.

Kirim resume Anda ke situs seperti jobsinsocialmedia.com dan elance.com.


Berapa gajinya?

Untuk pemula, Anda bisa memperoleh $ 10 sampai $ 25 per jam. Beberapa konsultan yang udah pro, tarif mereka bisa mencapai  $ 75 per jam.

9. Foto Online Seller


Profesi Online Penghasil Dolar

Kini, fitur kamera pada smartphone levelnya hampir setara dengan kamera digital sekelas Nixon, Sony, atau pun Canon.

Fotografi jadi mainan baru. Hampir setiap orang suka selfie lewat ponsel.

Nah, yang demen jepret sana jepret sini, mulai sekarang, jangan sia-siakan foto Anda. Kunjungi situs seperti iStockphoto dan CreativeMarket. Siapa tahu ada pembeli yang berminat dengan hasil jepretan Anda.

Jangan berpikir foto Anda tidak layak. Coba saja, ngga ada ruginya. Di internet, banyak orang butuh segala jenis foto untuk penerbitan dan percetakan online. Jadi, jumlah dan berbagai foto yang diperlukan tidak pernah cukup. Ambil kesempatan ini. Jadilah fotografer profesional!

Satu lagi. Jika tampang Anda keren dan fotogenik, pose foto narsis Anda bisa laku di pasaran. Apalagi jika punya ribuan follower di Instagram, saya yakin banyak endorsement yang akan melirik Anda. Bersiaplah untuk kejutan yang tak terduga.

10. Interview Transcriber


Profesi Online Penghasil Dolar

Seperti kita tahu, para wartawan atau jurnalis serta penulis nonfiksi sering melakukan banyak wawancara. Di antara mereka ada yang tidak punya waktu untuk menuliskannya.

Disinilah Anda bisa menempatkan diri sebagai interview transcriber.

Melalui email file digital dari wawancara audio si jurnalis, Anda hanya perlu mendengarkan dengan cermat, lalu ketik, dan mengirimkan kembali hasilnya.

Untuk itu diperlukan akurasi dan kecepatan Anda dalam mengetik, ditambah sepasang headphone agar isi wawancara lebih mudah dipahami.

Reward untuk proyek ini tergantung negoisasi dan jam terbang Anda. Biasanya antara Rp. 65.000 sampai Rp. 500.000 per jam.

Bagaimana untuk memulainya?

Anda bisa menghubungi surat kabar lokal, majalah dan stasiun berita TV. Salah satu cara untuk menemukan penulis nonfiksi adalah dengan memeriksa situs penerbit penulis buku '. Dari situ, cari link e-mail atau alamat surat dari si penulis.

Penutup


Duh,.. panjang banget ya artikelnya? Capek deh.

Sekarang giliran Anda yang menentukan. Profesi mana yang kira-kira pantas untuk dilirik.

Ingat, ngeblog bukanlah satu-satunya cara untuk mencari peruntungan di internet. Jika ingin sukses, keluarlah dari zona nyaman Anda. Jangan mau jadi burung dalam sangkar. Ayo terbang meraih mimpi.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

11 komentar:

  1. Waww nice post mastah
    Mohon kunjungan nya. Saya masih butuh bimbingan hhe

    BalasHapus
  2. Benar bos . Seperti ada orang mau belajar blog dan saya kasih rujukan sudah banyak di google dan dia mau yg instan mendapatkan uang dari blog walu rintangan memang saat ngeblog salah satunya njlimet dan bikin pusing dan yang saya sampai ingat merasa benar gak dapat uang dari blog dan pas gajian cuma $126
    memangnya dapat uang segitu gak perlu perjuangan panjang dan saya kasih yg ingatan dengan seperti artikel diatas bisa beli blog TLD langsung dari saya akan buatkan ca postingan baru 5 dengan kisaran harga 2 jeri tapi dia tak mau, sudah kasih kering an itu yang insatan dari pada buat dari awal diterangkan tak masuk masuk kotaknya dan mungkin ia berniat beli jadi saya punya orde dan satu website denagn nama dia TLDm Cuma masarkannya di tempat saya susah lebih baiknya denagn cara jual online tidak akan ribet ya
    Salam sukses saja tuk mase teguh semoga jadi panutan pemilik blog seperti seperti saya.
    Ujung ujungnya intip url mohon jadi
    pertimbangan.
    http://www.idesat.com
    Saya sering masuk blog muse teguh nmun belum kasih jejak
    saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. panjang ya komennya,.he he he

      kalo saya tangkep, kesimpulannya - semua ngga ada yg instan,..lha wong mie instan aja bikinnya kudu direbus dulu,..bukan begitu mas Uut?

      Hapus
    2. Panjang mase maaf ya ini pengalaman saya, ada orang mau instan buat blog dan saya kasih keringan dengan blog siap pakai, murah bos 2 juta heheh , cuma ia gak mau , maaf ya kemarin komennya pake hp jadi numpuk di kotak komen jadi tidak rapi.
      ralat di atas
      jeri=jeti
      orde = order
      denagn= dengan

      Hapus
    3. siip mas Uut..makin panjang makin bagus kok...itung2 nambah keyword buat blog saya he ..he he

      thanks ya

      Hapus
  3. Artikel seperti ini yang kadang membuat saya ingin banting setir dari dunia blogging mas.
    Maaf menyimpang dari topik di atas tapi saya (taufik) tidak pernah menyimpang. hehehe
    Entah kenapa saya orangnya gampang bosan. baru buat 1 blog digarap bentar eeeh udah merasa males.
    padahal saya dulu punya sekitar 5 artikel page one, walaupun minim pesaing namun di tahun 2016 cukup lumayan trafik blog hampir 500 visitor hanya dengan 2 artikel page one itupun teratas dengan 3 kata kunci.
    namun karena kecerobohan saya merasa visitor kurang saya malah membuat artikel yang tidak 'seniche' dengan postingan sebelumnya.
    ditambah lagi karena tidak diterima adsense saya pasang iklan yng justru mengganggu pengunjung. ternyata makin lama makin sepi. dan karena campur aduk hampir semua postingan saya hapus.
    setelah itu saya jadi buat blog baru dan buat lagi tanpa memikirkan jangka panjang.
    sekarang jadinya bingung harus gimana mas?
    apalagi dengan membaca postingan ini ada beberapa kemampuan saya yg terdapat di artikel diatas, membuat lagu, ngetik dengan cepat saya lumayan jago hehehe
    Dari itu tambah agak males lagi ngeblognya.
    Tapi kadang2 rasa keinginan buat ngeblog menggebu lagi mas.
    Mohon solusinya mas, apa yg harus saya perbuat?
    maaf kalau komentar saya mblibet dan gak jelas, tapi ini pakai bahasa manusia kok mas. hehe
    sukses terus blognya mas teguh. joooos!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4 kunci sukses ngeblog ada 4 mas,...FOKUS, KONSISTEN, SKILL, dan, SABAR...
      klo salah satunya ga ada, ngeblog bisa melenceng dari tujuan semula,..

      yg penting jgn tergiur atau tergoda earning orang,..biarin aja, toh rejeki Tuhan yg ngatur,..

      ya kalo dirasa mas Taufik punya kemampuan sesuai dg salah satu profesi di atas, tekuni aja,..kalo kerjaan kita bener, hasil pasyi ngikut..

      thanks mas Taufik udh mau nulis komentar yg begitu singkat,.he he he,..salam kenal, dan sukses buat Anda

      Hapus
  4. Iya betul mas, terimakasih solusinya mas.
    Akan saya pertimbangkan lagi.
    Kok salam kenal to mas?
    Saya following yang gak ketinggalan update blognya mas teguh, cuma biasanya saya komen pakai blogger terbatas mas. sekarang pakai g+
    Terimakasih jawabannya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh pantesan,..saya klo ada yg pake blogger terbatas suka bingung mau kunbal nya,...blognya suka ga kecantum,..klo pake G+ kan biasanya langsung kliatan, jadi mudah ditelusuri,..

      sekali maaf ya mas Taufik,..dan thanks udh selalu mantengin setiap update dr blog ini,..sukses terus

      Hapus
  5. Wah.. Nambah lagi ilmu cari duit swcara online...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sekiranya punya keahlian yg bisa dikonversi ke dolar,..dicoba aja mas,..
      di internet, segala peluang terbuka lebar, asal mau sabar

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam