5 Aplikasi Layanan Konsumen Paling Smart dan Hebat, Percayalah!

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:52 AM
8 comments
Menelusuri aplikasi layanan konsumen terbaik. Jika bicara soal layanan konsumen, Zappos.com adalah contoh paling real dan bisa dibilang sebagai kiblatnya toko online.

Raksasa toko sepatu online yang berlokasi di Las Vegas ini, terkenal karena budaya perusahaannya dengan metode dukungan konsumen yang legendaris. Hal ini tak lepas dari filsafat yang dipegang teguh oleh CEO-nya yaitu Tony Hsieh.

“Selama bertahun-tahun, branding kami bentuk melalui layanan konsumen sebagai alat pertumbuhan kami dalam menarik pelanggan tetap dan promosi dari mulut ke mulut. Filosofi kami, berinvestasi untuk iklan berbayar dan layanan pelanggan dan membiarkan pelanggan melakukan pemasaran bagi produk kami dari mulut ke mulut.”
-- Tony Hsieh --

Sebuah filosofi marketing yang menurut saya “Genius”.

Pelanggan atau konsumen adalah pihak yang bisa mendorong kemajuan bisnis Anda. Untuk melayani orang-orang ini, tanpa metode yang tepat, operasional bisnis Anda bisa terhenti seketika.

Akan datang suatu titik dimana Anda butuh suatu alat yang akan membantu Anda fokus pada layanan konsumen dengan model yang lebih rapi sehingga bisnis Anda dapat terus tumbuh.

Saya punya solusinya untuk Anda. Ini dia.

Aplikasi Layanan Konsumen Terbaik

5 Aplikasi Layanan Konsumen paling Smart


Berikut ini adalah aplikasi menakjubkan untuk layanan pelanggan yang bisa menjadi software hemat bagi nafas bisnis Anda.

Zendesk

Zendesk adalah layanan pelanggan berbasis cloud dengan dukungan platform yang sangat mudah digunakan untuk segala jenis bisnis dari semua ukuran. Sudah lebih dari 75.000 klien di seluruh dunia sudah menggunakan Zendesk.

Banyak fitur yang ditawarkan dan bisa disesuaikan, termasuk opsi untuk membangun aplikasi Zendesk Anda sendiri.

zendesk dasbor

Layanan ini tidak hanya menyediakan alat pendukung seperti chatting dan SMS yang terintegrasi, tapi juga bisa mempromosikan kepada pelanggan untuk membantu diri mereka sendiri dengan menyediakan artikel yang disesuaikan untuk membantu mengurangi pertanyaan yang berulang.

Selain itu, upaya layanan pelanggan dapat dipantau dan ditingkatkan melalui survei skor net promoter yang terletak di bagian bawah pada tag komunikasi pelanggan.

Help Scout

Help Scout adalah layanan berbasis cloud lainnya, tapi aplikasi yang satu ini lebih berfokus pada e-mail dan percakapan dalam menciptakan koneksi company-to-customer. Sambil mengelola e-mail, antarmuka pada Gmail seolah membangun keakraban antara Anda dengan pelanggan.

Help Scout memungkinkan pengguna untuk mengelola inbox sebanyak mungkin sebagai bentuk support kepada pelanggan. Masing-masing dengan alamat yang terpisah, untuk dipakai memperbaiki rincian manajemen dengan berbagai folder dan kategori berdasarkan aturan yang telah ditetapkan.

helpscout dasbor

Selain itu, Help Scout juga menyediakan sejumlah fitur yang berguna seperti pelaporan real-time, respon otomatis, basis pengetahuan terpadu untuk artikel dan tutorial, dan masih banyak lagi.

Jika dua anggota tim bekerja pada tiket yang sama, Help Scout akan mengirimkan warning ke salah satu individu sehingga pelanggan tidak akan merasa kebingungan. Ketika e-mail dibuka, Help Scout juga akan menampilkan percakapan sebelumnya dari pelanggan dan informasi media sosial sehingga setiap e-mail dapat dipersonalisasi.

Desk.com

Dikembangkan oleh Salesforce, Desk.com menawarkan segala manfaat dari e-mail yang lebih terkonsentrasi pada panggilan telepon dan kontak media social. Layanan multi-channel ini memungkinkan Anda mengoperasinalkan berbagai tiket agar bekerja secara simultan.

deskdotcom dasbor

Dashboard pada Desk memberikan gambaran lengkap pada pengguna tentang layanan operasional untuk membantu mengidentifikasi daerah yang membutuhkan perbaikan pada wilayah ekspansi bisnis Anda.

Desk mampu scaling up untuk menampung sebanyak mungkin perwakilan layanan yang diperlukan oleh pelanggan. Ini adalah alat yang hebat dan cocok untuk pemilik bisnis yang sedang berkembang.

UserVoice

Saat ini UserVoice telah digunakan oleh lebih dari 160.000 brand yang berbeda, Aplikasi ini menggabungkan dukungan pelanggan dengan fitur manajemen proyek dan forum sehingga feedback-nya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu layanan pelanggan.

Pelanggan bisa berkontribusi dengan memberikan ide-ide bisnis melalui pesan publik atau swasta yang dapat direspon dari dashboard utama. Melalui UserVoice, selain berbagi tips, pelanggan juga bisa menentukan peringkat kepuasan mereka selama 30 hari terakhir sebagai bentuk evaluasi perusahaan.

uservoice dasbor

Perangkat lunak ini bisa terintegrasi dengan berbagai CRMs, koneksi internet berbasis telepon, dan jaringan sosial sehingga Anda dapat membantu pelanggan melalui layanan segala arah.

Salah satu fitur keren dari UserVoice adalah clock system dimana segala informasi dikumpulkan dari beberapa fitur lalu digabungkan untuk merakit daftar manajemen proyek yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan.

Freshdesk

Dukungan dan layanan untuk konsumen kadang bisa menjadi tugas yang monoton dan membosankan. Apalagi merespon e-mail complain dari pelanggan dengan cookie cutter sangatlah tidak efektif.

Freshdesk punya solusi untuk membasmi masalah ini. Aplikasi layanan konsumen ini berfungsi memberdayakan karyawan dalam meng-handle pelanggan dengan fitur gamification nya.

Dengan Freshdesk Arcade, karyawan memperoleh insentif melalui sistem poin berdasarkan respon tanggapan ke konsumen, tingkat layanan, peringkat kepuasan pelanggan dan banyak lagi.

freshdesk dasbor

Untuk pelanggan, Freshdesk menyediakan fitur saluran kontak,  seperti e-mail, profil media sosial, live chat, yang mencakup semua basis. Selain itu, membangun kebijakan terkait support layanan memungkinkan Anda untuk memprioritaskan keinginan konsumen.

Freshdesk bahkan menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan agar pengguna lebih leluasa memainkan branding mereka melalui logo dan tema perusahaan untuk memastikan bahwa citra perusahaan terjaga dengan baik.

Penutup


Layanan konsumen adalah jantung dan jiwa dari bisnis Anda. Tanpa pelanggan dan orang-orang yang melayani mereka, Anda seperti tidak memiliki perusahaan.

Mengutip dari buku Tony Hsieh dalam hal menempatkan layanan pelanggan di garis terdepan operasional bisnis Anda maka akan membuka peluang Anda untuk mengoleksi pengikut setia dan pelanggan seumur hidup.

Apa aplikasi layanan konsumen favorit Anda? Bagikan lewat kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, “SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

8 komentar:

  1. wahh, baru tau mas, memang yah setelah baca artikel ini saya jadi tau dan memang apk yang pintar..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo punya web toko online,..aplikasi2 diatas sangat pas utk dipakai,..

      Hapus
    2. pas juga untuk mengingkatan pendapat dan pendapatan ya kang mas teguh hehe

      Hapus
    3. nah itu....ujung2nya pasti dolar tho?...he ha ha

      Hapus
  2. Mas Teguh, Jika diijinkan saya ingin bertanya Bagaimana cara membuat Kotak Dialog di bawah Artikel yg berisi : "Ingin dapat kiriman artikel terbaru dari guweh" Bagimana yaaaa???

    Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu namanya subcriber box mba Elma,..

      kalo pingin yg kaya punya saya ini linknya

      https://docs.google.com/document/d/1xjeTAvWaysqihWWi4p9InL08kyaTAth7yMAyVrfsCcg/edit

      tinggal diganti tulisan yg saya tebalkan dg data blog punya mba Elma..selanjutnya pasang pada template.. di bagian body cari kode lalu letakkan kode script trsbut dibawahnya...

      kalo pingin model yg lain silahkan googling aja, ketik dg keyword "cara membuat kotak subcriber pada blog"

      semoga bisa membantu..salam

      Hapus
    2. Ada link artikel mas teguh yang berisi cara pemasangan subcrib artikel?

      Hapus
    3. belum ada mas Riyan,...tapi berhubung ada yg request,.saya buatin artikelnya hari ini,...nanti saya tempatkan di label "artikel pendek",..

      saya usahakan tutorialnya detail dan jelas...

      di tunggu aja ya..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam