Ingin Tahu Siapa yang Copas Artikelmu? Pakai Cara Ini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 10:55 AM
10 comments
Pernahkah artikel mu dicopy-paste (copast) oleh blogger lain tanpa Anda sadari? Saya yakin banyak blogger yang mengalami kasus seperti ini.

Reaksinya pun bermacam-macam. Ada yang cuek. Ada yang kesal trus lapor ke Google. Ada yang menegur langsung. Bahkan ada yang justru merasa bangga artikelnya ada yang nyontek.

Bagi saya, dalam dunia blogging, aksi copas meng-copas itu sudah lumrah. Makanya saya termasuk blogger yang apatis saat ada yang mengcopy salah satu artikel yang pernah saya tulis. Disitu malah kadang saya merasa sedikit bangga. Artinya, tulisan saya membawa ‘manfaat’ buat blogger lain.

Tapi ngomongin soal aksi copas, tahukah Anda cara termudah untuk mengetahui siapa dan apa nama blog yang telah tega melakukan aksi yang ‘brutal’ itu?

cara mengetahui pelaku artikel copas

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya, “Kok nama tag di menu navigasinya ‘Artikel Pendek’ mas?

Karena ini adalah tag khusus yang sengaja saya buat untuk menampung artikel pendek yang akan saya tulis. Jumlah karakternya pun saya batasi maksimal 500 kata dengan topik-topik ringan seputar permasalahan yang sering dialami oleh para blogger. Salah satunya adalah materi perdana yang saat ini sedang Anda baca.

Oke, kembali ke permasalahan.

Cara Melacak si Tukang Copas


Melacak siapa orang dibalik aksi plagiat terhadap karya Anda sangatlah mudah. Tapi cara ini akan 100% bekerja jika artikel Anda di copas secara utuh. Mulai dari gambar, susunan paragraf, sampai tag heading nya.

Disamping itu, cara ini juga berfungsi untuk mengetahui blog mana saja yang telah memakai gambar original Anda tanpa ijin.

Inilah cara sederhana untuk mengetahui siapa yang telah copas artikel Anda.
  1. Dari menu ‘Pos” pada dasbor blogger, pilih artikel yang Anda curigai telah di copy paste oleh blogger lain. Utamakan yang paling banyak dilihat pengunjung atau yang berhasil duduk di pageone.
  2. Arahkan kursor mouse ke gambar pada artikel lalu klik kanan dan pilih “Telusuri Google untuk gambar”.
  3. Pada hasil pencarian gambar Google, akan muncul daftar artikel dari beberapa blog dengan gambar thumbnail pada sisi sebelah kiri snippet nya.
  4. Selanjutnya, silahkan Anda telusuri sendiri gambar thumbnail dari tiap-tiap blog yang kira-kira sama persis dengan gambar original pada artikel Anda.
  5. Jika sudah ketemu, klik saja URL nya dan perhatikan apakah konten di dalamnya benar-benar sama dengan artikel Anda. Kalo memang 100% sama persis, lihat apakah ada link yang menginformasikan bahwa sumber artikel tersebut berasal dari blog Anda.
  6. Andai tidak ada, langkah berikutnya terserah sampean. Mau dilaporin, diomelin, disumpahin,..up to you.

Coba artikel di bawah ini dibaca juga bro..buat nambah ilmu :
ARTIKEL COPAS, MAHAKARYA BLOGGER PEMALAS
KISAH SEORANG BLOGGER COPY PASTE

Di bawah ini adalah hasil penelusuran gambar di Google yang pernah saya lakukan. Dari situ terlihat blog yang tertangkap basah telah mengcopas bulat-bulat salah satu artikel dan gambar original dari blog ini.

hasil penelusuran gambar google

contoh hasil gambar yang dicopas

Berhubung saya orangnya baik hati dan tidak sombong (preeet..), dengan rela hati artikel tersebut saya biarkan dicopas orang. Karena dari kacamata indeksasi Google, hadirnya artikel copas tersebut tidak membawa dampak yang berarti terhadap hasil pencarian untuk artikel tersebut.

Nah, itulah sedikit tips untuk mengetahui siapa aktor dibalik aksi copas terhadap artikel Anda.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

10 komentar:

  1. Balasan
    1. kalo dibilang bahaya ih ngga kang,..pengaruhnya mungkin hanya pada indeksasi peringkat artikel kita di search engine..

      kalo pelakunya berasal dari blog yg kekuatannya melebihi blog kita, mungkin posisi artikel bisa tergeser,

      Hapus
  2. Copas secara utuh tanpa sumber memang bikin sakit hati mas. Gimana nggak sakit hati pas di blog nya orang itu banyak yang komentar dan mengapresiasi tulisan tersebut.

    Ibaratnya, kita yang capek tapi orang lain yang di akui. Hehe.. Tapi mau gimana lagi, resiko jadi penulis artikel di Internet memang itu salah satunya. Selama aman dari bot Google, mungkin cuek aja. Nah Kalo bermasalah, sebaiknya memang perlu bikin laporan khusus ke Google. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang begitulah mas Nino dinamika di dunia blogging,..ada yg legowo, ada yg kritis, ada yg nyantai,..

      tapi ngurusin yg kya gituan, menurut sya sih buang2 waktu, makanya sering saya biarin...lbh baik ngurus ternak blog sendiri

      yg ptg kita percaya dg kualitas artikel sendiri..

      thanks Mas Nino buat opininya

      Hapus
  3. Terimakasih sudah selalu konsisten dengan hasil karya sendiri. Pasti jauh lebih bermanfaat bagi diri kita dan banyak pembaca lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama...makasih udh mau BW di blog ini,..

      Hapus
  4. Sya salut sama masteguh.
    slam bloger newbie dari papua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bung sansul,..

      salam sejahtera juga buat masyarakat papua ya...

      Hapus
  5. Kalo blogger kopas nanti juga akan males sendiri... Tidak akan bertahan lama,,, tapi yang mau saya tanyakan bagaimana memunculkan gambar dipencarian google yah mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara ini hanya work pada browser Chrome, mas Irwin,...selain chrome ngga bisa, soalnya yg punya fitur klik kanan berisi "telusuri Google untuk gambar" hanya ada di chrome..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam