Tips Bikin Blog Download agar Banjir Pengunjung - BLOG MUST TEGUH

Tips Bikin Blog Download agar Banjir Pengunjung

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:55 PM
36 comments
Tips membuat blog download agar banyak klik dari pengunjung. Sebagian beranggapan, membuat dan membangun sebuah blog download itu mudah. Hmm…benarkah?

Mungkin saja mereka berpikir seperti itu karena rata-rata halaman artikel sebuah blog download biasanya memang minim kata-kata. Cukup diisi sambutan, deskripsi singkat materi, dan memasang link file download nya,…beres.

Hal ini tentu berbeda dengan konten artikel pada blog selain topik download. Yang disusun hingga memeras otak dan memakan waktu hingga berhari-hari.

Tapi perlu Anda tahu, membuat blog download yang benar-benar berkualitas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apapun materi downloadnya, entah itu tentang musik, aplikasi, film, animasi, dan lainnya, semua butuh pengorbanan waktu dan biaya dengan porsi yang sama.

Tengok saja situs STAFABAND yang merajai pageone dan selalu menjadi destinasi utama para pencari file musik gratisan. Atau Bagas31, yang jadi idola para pengunduh software dan aplikasi free version.

Kedua blog tersebut merupakan contoh betapa sebuah blog download pun bisa diakui eksistensi nya dan mampu meraup dollar di dunia maya, selama diolah dan dirintis dengan serius dan profesional.

The big question is…. Bagaimana membuat sebuah blog download agar selalu eksis dan ramai pengunjung? Nah, untuk itu ikuti tips dari saya di bawah ini.

tips membuat blog download

Tips agar Blog Download Banjir Klik dari Visitor


Supaya Anda tidak sangsi, beberapa tips di bawah ini adalah murni dari pengalaman saya dalam mengelola beberapa blog yang saya miliki, salah satunya adalah blog download. Kebetulan topik nya sebagian besar tentang dunia musik.

Alhamdulilah, blog download saya kini mampu menempel ketat salah satu penguasa pageone seperti yang saya sebut di atas. Berikut tips untuk Anda.

URL harus SEO Friendly

Kenapa harus SEO friendly? Karena saat sedang butuh file untuk diunduh, umumnya orang akan langsung menuju ke mesin pencari. Nggak mungkin mereka nyari di media sosial atau pun di forum-forum. Bukan begitu?

Menurut saya. blog download sangat bergantung dengan search engine. Jadi, untuk mengolah nya Anda pun butuh yang namanya teknik optimasi SEO.

Andai konten blog Anda banyak yang jadi langganan pageone, tidak mustahil blog Anda akan banyak dikunjungi oleh para pemburu file gratisan. Ini adalah modal awal agar blog download Anda cepat dikenal.

File download milik pribadi

Jangan membuat halaman konten download yang link nya mengarah ke blog lain. Ini bisa menghancurkan reputasi blog Anda, dan justru membuat blog target link Anda makin populer.

Selain itu, di mata para downloader mania, blog Anda akan dicap sebagai website kacangan alias tanpa modal atau blog tukang nebeng.

Sebisa mungkin arahkan link file download pada situs hosting dimana Anda menyimpan semua berkas unduhan yang Anda miliki. Misalnya di MediaFire, UpFile, Ziddu, Google Drive dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengupload file ke situs hosting tersebut sudah pasti Anda butuh kuota atau akses internet yang pastinya butuh biaya. Itu yang saya sebut 'pengorbanan'.

Persingkat jalur download

Ketahuilah, orang masuk ke blog download harapannya tentu ingin secepat mungkin menggondol file yang mereka cari. Jangan membuat jalur yang berliku-liku untuk sampai ke link unduhan.

Jika Anda sedang memonetisasi konten blog, cukup pasang maksimal 2 lapis halaman redirect. Satu untuk iklan, dan satu untuk link unduhan nya.

Saya pun kadang sedikit kesal saat mau ngunduh file tapi harus redirect ke sini, ke sono, ke situ tapi ujung-ujungnya malah nggak ketemu link download nya.

Sisipkan alamat blog pada file download

Menyisipkan alamat blog pada file download bisa lewat berbagai cara. Untuk file unduhan musik, bisa kita pasang dalam bentuk gambar atau logo blog. Saat file mereka putar lewat player musik, gambar atau logo blog kita akan muncul disana.

Sedangkan untuk file jenis aplikasi, bisa Anda sertakan file promosi iklan Anda pada bundel file unduhan yang dibungkus dengan format rar atau zip.

Jika unduhan Anda berupa video, sisipkan alamat blog pada awal atau akhir durasi video.

Loading halaman super ngebut

Sebagian besar blog download yang saya kunjungi memiliki kecepatan loading yang memprihatinkan. Hal ini karena rata-rata mereka memasang terlalu banyak iklan yang notabene merupakan sumber pendapatan dolar bagi si pengelola blog.

Meskipun wajar, tapi ini justru mengorbankan kenyamanan pengunjung blog Anda nantinya. Siapa sih yang mau nunggu lama? Anda juga perlu mempertimbangkan kecepatan akses internet setiap pengguna yang sudah pasti berbeda.

Tips dari saya, pilih template yang benar-benar ringan loadingnya.

Navigasi yang jelas

Target pertama visitor saat masuk ke blog download adalah link. Jangan sampai pengunjung kebingungan mencari file yang ingin mereka cari karena terlalu banyak redirect halaman pada blog Anda.

Ada beberapa blog yang justru sengaja menipu pengunjungnya melalui link unduhan berisi program referral iklan bukan redirect ke file yang sebenarnya. Bagi saya, ini jahat banget.

Berikan navigasi yang mudah kepada visitor blog Anda dengan menampilkan link apa adanya.

Minimalisir halaman not found (jalan buntu)

Halaman not found biasanya akibat dari link yang rusak (broken link) atau url yang sudah tidak aktif lagi atau karena kesalahan penulisan url alamat blog oleh pengguna. Sebab lainnya karena file yang kita upload pada situs hosting telah dihapus karena beberapa alasan internal.

Hal ini bisa merusak citra blog. Saya jamin, pengunjung bakal kecewa dan enggan untuk balik lagi ke blog Anda. Untuk itu, Anda harus selalu memantau semua link unduhan pada blog.

Manfaatkan situs Free Broken Link Checker dan pantaulah selalu blog Anda pada Google Search Console untuk mengetahui link mana saja yang sudah tidak berfungsi.

File gratis, up to date, dan komplit

File download yang up to date sudah pasti banyak dicari orang, apalagi jika itu gratisan. Entah itu file musik, movie, aplikasi, game, template, ebook, atau apapun.

Selain itu, kelengkapan materi unduhan juga perlu Anda perhatikan. Misalnya blog download tentang software atau aplikasi. Sebisa mungkin berikan file yang bisa diakses untuk semua jenis platform dari versi yang paling baru.

Hal ini berlaku juga untuk beberapa materi blog download yang lainnya.

Tunjukkan demonya

Meskipun file yang Anda bagikan sifatnya free, tapi tetap saja pengunjung tak ingin seperti membeli kucing dalam karung. Terlebih untuk file movie atau software anti virus yang memakan waktu unduhan yang cukup lama karena besarnya file yang harus di load.

Jangan sampai mereka kecewa. Untuk itu, agar lebih meyakinkan pengunjung tak ada salahnya Anda tampilkan ilustrasi dalam bentuk demo gambar, suara, thriller video, atau halaman web (untuk template).

Penutup


Semakin orang percaya dan mudah mengakses setiap halaman download Anda, saya yakin tak butuh waktu lama blog Anda akan cepat berkembang.

Yang terpenting, utamakan kepuasan pengunjung. Satu visitor yang mem-bookmark blog Anda, itu adalah sinyal blog download Anda disukai oleh mereka.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

36 komentar:

  1. Hallo Mas Teguh...
    Blog Download jika di bangun dengan benar dan jujur, saya yakin akan terus kebanjiran pengunjung...
    Namun hal demikian juga tergantung dari niche-nya masing-masing disesuikan dengan keahliannya...
    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo juga kang deddy,.ketemu lagi nih..he he he

      artikel ini sengaja saya buat memang akhir2 ini saya lg repot ngurus 3 blog download saya yg kebetulan abis di upgrade ke TLD,..

      betul kata kang deddy niche download perlu keahlian dan minimal ada pengalaman pernah memakai atau menerapkan jenis file yg bersangkutan,..kan ngga lucu klo orang udh download di blog kita tapi tak ada panduan operasionalnya..

      hatur nuhun kang,..wilujeng peuting

      Hapus
  2. wah setelah baca pengalamannya jadi semangat ngeblog nih mas hehehe...intinya tetap fokus dan telaten ya...oya mas, jika bersedia kunjungan baliknya ya di blog saya redaksianers...klik di google jg cm nemu 1 kog hehehe...haturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Yosef,..

      saya liat niche blognya bagus,..target pembacanya khusus dan populer di kalangan para wanita,.

      sedikit saran saya,.

      - coba font nya rada di perbesar,
      - tampilan sidebar kalo bisa dibuat model standar aja,
      - tmbah beberapa widget penunjang agar artikel yg lain bisa lebih terekspose,..seperti recent post, random post

      ok itu saja,..moga blognya tambah sukses,..

      salam

      Hapus
  3. manteb mas , tapi butuh waktu tuk cari visitor, masalahnya nice konten blog hampir semuanya sama , harus cari konten yang bener2 dikit tapi di cari pengunjung , pripun ?

    BalasHapus
  4. tips dari saya di atas, rasanya sudah cukup jelas mas,..silahkan dipraktekkan,

    yg penting harus sabar dan telaten....

    BalasHapus
  5. Mantap gan infonya, thank,.. salam kenal dr saya blogger ecek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mas Ahmad,..

      thanks dari saya blogger ecek2 juga,..he he he

      Hapus
  6. bagus infonya dan sedikit berbeda dari tipok sejenis yang ada di blok lain yang keliatannya cuma copas aja dan dirubah-rubah sedikit bahasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bung Sofyan atas perhatiannya yg mendalam,..widih lebayy ya? he he he

      setiap menulis saya berusaha memberi yg terbaik dari hasil pemikiran sendiri, meski kadang mengambil refrensi dari blogger lain,..

      sekali lg thanks..salam kenal

      Hapus
  7. makasih mas atas infonya dan sangat bermanfaat postingannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas Ari..silahkan dipraktekkan semoga ada hasilnya..

      salam blogger

      Hapus
  8. Mas saya mau tanya nih, tips untuk blog download pemula minimal berapa posting ya kira"?
    Soalnya blog saya satu hari bisa 2-3 post, hehe. Apa itu bisa meningkatkan atau malah menurunkan popularitas blog saya?
    Mampir juga ya mas di Izulaf Blog. Barangkali ada masukan dari mas teguh, hehe. Makasih mas sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung materi downloadnya mas,...

      saya lihat blog mas izul kayanya nggak murni blog download,..

      saran saya, kalo bisa fokus aja khusus pada materi download, biar pengunjung ngga rancu,..untuk tutorial atau tips yg berkaitan dg topik downloadnya, buat aja blog baru, nanti bisa ditautkan lewat link...

      setelah itu, supaya blog downloadnya banyak pengunjung, silahkan dicoba tips yg sudah saya tulis diatas,..

      thanks mas izul atas kunjungannya,..klo ada yg masih ngganjel, tanya lagi aja ya,..ojo malu2..

      salam

      Hapus
    2. Bener mas, pertama saya buat blog niatnya cuma mau share tutorial gitu. Tapi saya juga gak ada waktu lebih untuk buat tutorial.

      Dan pada waktu itu sodara nyaranin ganti blognya jadi blog download aja, akhirnya saya coba mas, hehe.

      Enaknya itu post yang menyimpang dihapus atau dibiarin aja ya mas?

      Hapus
    3. dikembalikan lg aja jadi draft,..salin dulu di notepad, buat blog baru, trus pindahin artikelnya kesitu..setelah itu baru dihapus,..

      hapusnya satu2, jangan sekaligus, biar nggak terdeteksi spam..

      kalo blog downloadnya udh byk pengunjung, pilih iklannya yg aman jgn asal, bisa kena deindex google..

      ok mas izul..itu saja saran dr saya

      Hapus
    4. Oke mas teguh, terimakasih atas sarannya. Semoga bisa diterapkan di blog saya :)

      Hapus
  9. Mau tanya mas. Platform yg bagus buat blog download itu apa ya ?

    BalasHapus
  10. mau blogger atau WP,..sama bagusnya mas,...yg penting isinya komplit

    BalasHapus
  11. Mau tanya mas, Blog Download Music gitu aman gak? Maksudnya bisa kena hukum pidana gitu,he. Soalnya kan masuk pelanggaran hak cipta. Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga punya blog download musik mas,..udh 2 tahun berjalan...alhamdulillah sampe sekarang aman dan tentram..

      karena semua filenya milik pribadi, meskipun lagunya punya orang he he he..

      Hapus
  12. mantap sekali tipsnya masteguh, saya sedang mengembangkan blog niche download saya agar kedepannya lebih baik dan disukai oleh pengunjung

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih mas Arga,..moga blog downloadnya cepet melesat dan dikenal byk orang

      Hapus
  13. Lagi2 saya mau komentar karena diarahkam kesini ke mas teguh sebagai refrensinya. hehe
    Informasi terbaru katanya blog download bisa di pasang GA ya mas?
    Sama minta tolong kasih saya saran untuk blog saya yg "download software gratis bukan bajakan" mas.
    Terimakasih.
    Maju terus blognya mas teguh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo blog download boleh dipasangi Adsense,..sy belum dengar beritanya mas, meskipun byk website download dr luar negeri yg bisa menerapkan itu,.andaikan bisa pun mungkin syaratnya lebih ketat dan rawan penalti,..

      utk blog mas Taufik saran saya cuma tiga hal :
      1. gambar diheader klo bisa lbih disederhanakan, biar lebih jelas
      2. tag header menu navigasinya klo belum ada linknya, mending dikosongin aja, biar pengunjung ga nyari2
      3, diperbanyak lgi artikelnya..
      itu aja,.yg lainnya ntar nyusul ya..

      thanks, salam blogger

      Hapus
    2. Terimkaisih banyak mas teguh, jadi senang saya berkunjung disini karena tanggapannya begitu cepat.
      Saran saya terima mas, artikel memang masih sedikit karena saya ingin beda dengan blog lain. selain download didalamnya saya bumbui beberapa hal yang berkaitan dengan software tersebut. jadi memang agak lama untuk membuat 1 artikelnya mas.

      Hapus
    3. ok sama2 mas Taufik,..saya doain juga blognya moga makin rame dan berkembang, yg penting,..santai, fokus, dan konsisten.

      Hapus
    4. Siap mas, terimakasih mas atas do'anya.

      Hapus
  14. Maaf mas tanya lagi, hehe (jgn bosen menjawab ya)
    ada tutorial safelink gak mas?
    saya searching kagal nemu yg work, rata2 nawarin jasa alias minta bayar.
    maaf jika banyal tanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk safelink, yg paling aman memang yg premium mas..
      tapi klo penasaran ingin buat sendiri,..ya dicoba aja tutorial yg ada di google, pke aja keyword "cara membuat safelink", karena dulu saya sempat nyoba, hasilnya blog malah jadi kacau balau...semua link hidup pada lari ke blog safelink semua, jdi sya ga bisa kasi tutorial yg akurat takut yg baca pada komplain..he he he
      akhirnya blog download yg sya kelola pake shortener link aja, aman dan tetap menghasilkan,..yg ptg pengunjung ga dibuat muter2,..itu aja kok mas

      sori nih,.ga bisa kasi solusi yg memuaskan..

      Hapus
    2. Oke mas, gak papa.
      Kalau udah disaranin gitu saya manut. Hehe

      Hapus
  15. trims mas sangat bermanfaat ..tapi saya ada pertanyaan mas begini ..cara mencari file untuk blog download yang aman di mana ya mas..takut kena DMCA

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya sih kalo file download memang rawan komplain mas,..tapi itu juga tergantung jenis filenya,
      tapi saya punya sedikit saran,..klo mau nyari file download silahkan dari search engine selain Google, boleh dari Yandex, Baidu, atau yang lain,..namun sekali lagi, itu tetep ga jamin filenya kena DMCA, tapi minimal boleh dicoba..

      Hapus
  16. bermanfaat banget mas buat saya, ada pertanyain ni dari saya , apa yang harus di siapin ya gan klo untuk buat situs download, dan web nya lebih bagus mana .net, WP, apa blogspot , soal nya gw masi pemula gan jadi gw lgi butuh refrensi ... ( maaf ya gan klo pertanaan nya kepanjangan ehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama yg harus disiapin tentu file downloadnya,..tentukan hosting buat menyimpan file tsb, usahakan cari yg mudah diaksesnya,.
      utk masalah ekstensi, lebih baik pake .com mau platform WP atau blogger ga jadi soal, yg ptg TLD..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam