Mau Belajar Bikin Teks 3D? Klik Aja Di Sini - BLOG MUST TEGUH

Mau Belajar Bikin Teks 3D? Klik Aja Di Sini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:52 PM
Leave a Comment
Cara membuat teks 3D dengan photoshop. Setiap hari ngulik tentang blogging, rasa bosan mulai terasa. Belakangan ini saya punya hobbie baru yaitu ngutak-atik tentang photoshop. Lumayan lah buat refreshing otak.

Bagi saya dunia photoshop adalah teknik seni yang tak terbatas. Dengan ilmu ini, gambar apapun bisa Anda rekayasa. Mulai dari bentuk, background, warna hingga membentuk gambar baru yang jauh berbeda dengan gambar aslinya.

Inilah yang membuat saya sangat getol mengembara ke berbagai blog indo hingga manca negara hanya sekedar mencari teknik baru tentang photoshop yang unik dan eksentrik.

Nah, kali ini saya akan membagi salah satu teknik photoshop yaitu membuat sebuah teks dengan efek 3 dimensi. Penasaran? Monggo di simak.

cara membuat teks 3d - photoshop

Cara Membuat Teks 3D


Sebenarnya teknik ini tergolong sudah usang dalam dunia photoshop. Terlebih bagi pemain photoshop kawakan, membuat teks 3D tentu super easy. Tapi nggak ada salahnya saya sebagai newbie juga ingin berbagi ke sesama newbie.

Disamping itu, karena saya orang nya rada pelupa artikel ini itung-itung sebagai dokumentasi alias bahan contekan agar mudah saya baca kembali.

OK, langsung saja kita ke tahap proses pembuatan nya.

1. Buka photoshop kamu. Untuk membuat file baru, pilih tag FILE lalu klik new, isi kolom-kolomnya sesuai gambar di bawah ini.

teks 3d tutorial satu

2. Cari horizontal type tool, lalu buat tulisan “Bitte”. Pilih font model elephant dengan ukuran 188 pt. Hasilnya bisa Anda lihat seperti gambar ini.

teks 3d tutorial dua

3. Selanjutnya, dari tag LAYER cari type lalu pilih convert to shape. Hasilnya, akan muncul garis putus-putus yang melingkari teks Anda. Dan tampilan pada palet layer sesuai gambar di bawah ini.

teks 3d tutorial tiga

4. Pada tag EDIT, pilih transform path lalu klik perspective. Dengan menggunakan mouse, tarik path sehingga membentuk teks dengan model seperti gambar ini.

teks 3d tutorial empat

Setelah teks Anda sesuai dengan gambar di atas, kini kita buat efek 3 dimensinya. Lanjut ke langkah berikutnya.

5. Pertama klik move tool. Pada keyboard tekan tombol ALT sambil menekan tombol anak panah ke kiri sebanyak 20 kali. Pencet tombol SHIFT sambil mengarahkan kursor ke tulisan ‘bitte copy’ pada palet layer, lalu tekan ctrl+E.

teks 3d tutorial enam

6. Geser ke bawah layer pertama (bitte copy 20) hingga posisi layernya menjadi seperti gambar di bawah ini. Berikutnya, klik tombol add layer style (ikon fx), lalu pilih color overlay.

teks 3d tutorial tujuh

Untuk pengaturan yang lain, bisa Anda sesuaikan dari layer style. Buat sesuai seleramu, mulai dari warna, kontras, bevel dan lainnya.

teks 3d tutorial delapan

8. Agar efek 3D nya makin kuat, klik layer ‘Bitte’ lalu add layer style, dan atur blending option nya.

teks 3d tutorial sembilan

Hasil akhir dari langkah di atas bisa Anda lihat pada contoh gambar pada artikel ini.

Silahkan berkreasi dengan bentuk, warna dan model sesuai selera Anda. Oh ya, cara ini pun bisa Anda pakai untuk membuat gambar flat menjadi 3 dimensi, silahkan dicoba.

Ini juga wajib disimak.

Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam