Cara Bikin Opening Video Keren lewat Online

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 12:35 AM
23 comments
Cara membuat opening video keren secara online. Sebagai pemain baru di Youtube, Anda tentu berharap lebih agar video yang Anda buat punya banyak viewer.

Tak ada bedanya dengan menulis artikel, membuat video untuk di upload ke Youtube juga tak bisa asal-asalan. Jika ingin mendapat viewer yang melimpah dari video yang Anda buat, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan kuasai.

Agar orang tertarik, Anda harus membuat sesuatu yang menarik. Salah satu komponen agar kemasan video Anda lebih sedap dipandang mata adalah sampul atau cover nya. Bisa berbentuk gambar atau juga video.

Nah, di artikel ini saya tawarkan cara membuat opening video secara online yang nantinya bisa Anda pakai sebagai cover pada setiap video yang Anda ciptakan.

Opening video atau video sambutan adalah video singkat yang muncul sebelum penonton melihat video utama. Untuk mengedit video, gunakan software editing video terbaik dan termudah.

Dalam opening video, Anda bebas mengekspresikan kata-kata untuk meyakinkan atau mempengaruhi penonton (viewer) bahwa video pada channel Anda adalah yang terbaik. Bisa berupa slogan, promosi, atau apapun.

Anda tak perlu was-was, proses pembuatan video ini gratis. Makin nggak sabar kan? Mari simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Bikin Opening Video Keren lewat Online

Membuat Opening Video Keren via Online


Perhatikan dengan seksama, langkah-langkahnya berikut ini.

1. Buka tab baru pada browser Anda, kunjungi alamat ini https://flixpress.com lalu klik register.

2. Isi form pendaftaran dengan lengkap. Centang kotak I agree, lalu klik register.

opening video tutorial satu

3. Lihat inbok dari flixpress pada email yang tadi Anda pakai saat mendaftar. Klik link untuk verifikasi alamat email Anda. Lalu login dari halaman web yang ditampilkan.

4. Pada halaman berikutnya, “Select Your Plan”. Karena saya yakin pada doyan yang gratisan, jadi pilih saja “free plan’, setelah itu klik 'sign up'.

opening video tutorial dua

5. Selanjutnya, “Confirm Your Selection”. Nggak usah lama-lama, klik ‘That’s Right, Next”.

opening video tutorial tiga


6. Setelah semua settingan udah pas (You Are All Set), saatnya membuat opening video dengan memencet kotak merah bertuliskan “Start Creating Your Video”.

opening video tutorial empat

7. Scroll ke bawah. Ada beberapa sampel display opening video yang bisa Anda pilih. Tapi karena Anda pilih yang gretongan, maka cari display dengan label bertuliskan ‘trial’ dan pilih try it pada kotak merah di dalam display tersebut. Salah satu contohnya seperti gambar di bawah ini.

opening video tutorial lima

8. Pada halaman yang ditampilkan lihat ke pojok kanan bawah, lalu klik try pada kotak hitam.

opening video tutorial enam

9. Selanjutnya centang kotak sebelah tulisan ‘I confirm that,…’ lalu pencet Next.

10. Pada kolom Customization, masukan teks yang ingin Anda munculkan pada opening video nantinya. Jika sudah, pada kolom Instruction klik “Place Order”. Saat muncul pop up 'confirm order' pilih yes.

opening video tutorial tujuh

opening video tutorial delapan

11. Muncul halaman baru, pada pojok kanan bawah klik aja "View My Preview". Untuk melihat hasil opening video Anda, tekan ‘click to preview/edit’.

opening video tutorial sembilan

12. Jika sudah puas dengan preview video Anda, silahkan segera diunduh. Caranya, klik More Option, pencet tulisan ‘Download SD’.

opening video tutorial sepuluh

Nah, kini opening video 100% sudah jadi milik Anda. Mudah kan?

Sekedar info nih, untuk versi yang free hanya tersedia  9 model opening video. Anda jangan kaget jika ada watermark bertuliskan 'preview' pada video yang dihasilkan. Wajar dong namanya juga gratisan, kalo ingin watermark itu hilang, silahkan upgrade level videonya ke premium.

Jadi jika punya banyak channel di Youtube, manfaatkan ini untuk mempercantik display channel video Anda. Bukan itu saja, untuk Anda para blogger yang nyambi jadi youtuber, opening video ini bisa dimanfaatkan sebagai bentuk promosi untuk blog Anda.

Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

23 komentar:

  1. Thanks, Bermanfaat sekali mas. :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. trima kasih mas wijaya,..kalo punya channel youtube, tutorial ini silahkan dicoba..

      salam

      Hapus
  3. sip kang mas teguh, saya ambil ilmunya kang, izin yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo kang, disedot aja biar video youtube nya maknyuss..

      ngopi dulu kang.....

      Hapus
  4. Mau tanya, kok saya coba buat opening video yang gratisan ada watermarknya "PREVIEW". Saya sudah mendownloadnya dan watermark tulisan "PREVIEW" tetap ada. Bagaimana cara menghilangkannya? Terima kasih

    BalasHapus
  5. watermark emg tidak bisa dihilangkan gan,..klo mau yg ga ada tulisan watermarknya,.ya pilih yg premium gan..he he he

    BalasHapus
  6. Saya sudah pernah mencobanya gan, tepat seminggu yang lalu. Masalahnya, ada satu langkah lagi untuk mengkonfirmasi email tapi tidak kunjung masuk, padahal email sudah benar.

    Sampai 2 hari lamanya, konfirmasi email itu pun belum masuk juga. Wah, ada-ada saja ya bolaneters #eh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk konfirmasi email, temponya cuma 1 hari,..kalo ngga masuk, mungkin nyangkut di folder spam, di cek aja mas arief...

      salam

      Hapus
  7. tulisan preview nya bisa ilang ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mba, asalkan pake yg premium,..
      klo yg free, tulisan 'preview' akan selalu ada,..namanya juga gratisan mba,..

      Hapus
  8. Gamblang banget ngejelasinnya...
    Bisa dicoba...

    BalasHapus
  9. Kalau saya cari template camtasia studio intro gratis (tidak pakai watermark) yang telah banyak beredar di internet, terus tinggal di edit pakai camtasia dan render beres
    Saya pakai aplikasi camtasia untuk render video

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya kalo mau kreatif, banyak kok software offline yg bisa dipake buat bikin opening video,..salah satunya camtasia, blender, adobe premier, dll..
      ya lantaran byk org yg maunya serba gampang, akhirnya byk yg milih pake cara online... watermark udh pasti selalu nempel..
      agan ini menurut sy termasuk yg kreatif,..

      Hapus
  10. gan cara pasang di youtubeny gimana ya? ko di youtube saya gak ada bacaan "untuk pengunjung baru"

    BalasHapus
    Balasan
    1. video opening yg udh jadi digabungin sama video yg mau kita upload mas pake software camtasia,...setelah itu baru di upload ke youtube

      Hapus
  11. Camtasia d laptop ya? Klo pake smartphone gmn cara bos ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak software buat edit video di smartphone mas,..tinggal pilih sesuai tipe androidnya,..ada Adobe Premiere Clip, Magisto, Andro vid Video Editor,..dll

      Hapus
  12. Misalkan saya beli yang personal durasi 2 menit untuk membuat template opening video.
    Nanti kira² jadi 5 opening templatenya...
    Itu bisa di download dan di gunakan secara terus menerus kan untuk video youtube yg di monetasi tanpa melanggar hak cipta kan gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sifatnya premium, udh jadi milik kita gan,,.
      tapi takutya biar ga ilang, mendingan langsung didownload aja kelimanya,..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam