Pelaku Bisnis Wajib Pakai SnapChat, Why?

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:42 PM
2 comments
SnapChat untuk bisnis. Bagi para pemain marketing, Snapchat adalah alat pemasaran yang paling berharga. Snapchat adalah aplikasi yang unik untuk berbagi foto dengan cara kerja yang sederhana.

Anda tahu film Mission Impossible? Perhatikan saat agen Ethan Hunt mendapat pesan untuk misi baru. Setelah terkonfirmasi, pesan tersebut akan musnah dalam hitungan detik. Nah, seperti itulah kira-kira aplikasi Snapchat bekerja.

Dengan aplikasi ini, pesan berisi foto atau video yang Anda kirim kepada target penerima secara otomatis akan hilang di ponsel si penerima sesuai setingan waktu yang Anda tentukan (maksimal 10 detik). Keren kan?

snapchat untuk pelaku bisnis

Apa itu Snapchat?


Di Amerika, aplikasi ini sudah sangat populer. Bahkan kemunculannya mampu menggeser dominasi Facebook yang notabene merupakan media berbagi foto dan video terbesar saat ini.

Aplikasi ini di rancang oleh Evan Spiegel (22 tahun) serta kedua rekannya Bobby Murphy (24 tahun) dan Reggie Brown. Dirilis pertama kali di AppStore pada September 2011. Hingga pada Mei 2013, tercatat 150 juta foto di upload setiap harinya setelah aplikasi tersebut diluncurkan untuk versi Android pada November 2012. Selain itu, 4 miliar video telah ditonton setiap harinya melalui aplikasi ini.

Kenapa Snapchat begitu cepat populer? Karena aplikasi ini secara fundamental berbeda dibandingkan platform lain.

Lalu apa hubungannya dengan dunia bisnis? Agar lebih tahu kenapa aplikasi ini sangat cocok untuk pelaku bisnis, baca terus sampai tuntas artikel ini.

6 Alasan Pelaku Bisnis Harus Menggunakan Snapchat


1. Snapchat makin populer

Sebagai bukti kejayaan Snapchat, lihat saja history nya. Tahun pertama pada saat dirilis pada 2011, dalam sekejab terjadi aktivitas miliaran login pada platform ini.

Dalam upaya untuk mengklaim, pada tahun 2013 pentolan Facebook (Mark Zuckerberg) menawarkan 3 miliar dolar dalam bentuk cash untuk aplikasi ini, meskipun tawaran tersebut akhirnya ditolak.

Sekarang, aplikasi ini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna dan menghasilkan lebih dari 400 juta setiap harinya. Jika dilihat secara kontekstual, ini melebihi value dari Facebook dan Instagram.

Di masa depan, banyak pelaku industri yang memprediksi bahwa platform ini akan terus booming di tahun-tahun mendatang.

2. Lebih melibatkan audiens yang ada

Untuk membangun sebuah koneksi, Snapchat bisa dikombinasikan dengan platform sosial media Anda yang lain seperti Twitter dan Facebook.

Banyak pemasar senang mengunakan Snapchat dengan alasan mudah digunakan, free dan bebas virus.

Dengan melibatkan audiens yang ada, tarik mereka untuk mengikuti Anda di Snapchat. Anda akan menemukan cara baru dalam menciptakan konten eksklusif, dan memberikan kesempatan kepada fans setia untuk mengintip profil bisnis Anda.

3. Media promosi yang efektif dan powerful

Seperti kita tahu, tahun 2015 bisa dibilang tahun adblockers. Jumlah orang yang menggunakan perangkat lunak adblocker telah mengalami kemajuan pesat. Akibatnya, sebuah produk mengalami kesulitan untuk menyampaikan pesan mereka melalui bentuk-bentuk iklan tradisional.

Untungnya, Snapchat menawarkan solusi pintar untuk masalah ini.

Saat pengguna mem-follow Anda di Snapchat, mereka akan mendapatkan akses ke segala sesuatu dari produk Anda. Hal ini karena Snapchat adalah platform opt-in, yang bisa memberikan nilai lebih secara langsung kepada pelanggan Anda dibanding iklan konvensional.

4. Membangun ‘brand awareness’ yang fantastis

Dalam dunia pemasaran, akhir-akhir ini "brand awareness" seperti mati suri. Setiap perusahaan tentu tahu persis betapa pentingnya meningkatkan kesadaran merek agar selalu diingat di benak pelanggan.

Secara historis, platform seperti Facebook dan Twitter memang telah dikenal lebih dulu oleh para penggila media sosial. Tapi sekarang Snapchat yang akan muncul sebagai leader.

Alasan nya? Karena Snapchat dirancang semata-mata untuk memudahkan para personal creative dalam me-lobby pelanggan mereka melalui fitur Snapchat Story.

Dalam fitur ini, merek individu Anda akan tersimpan 24 jam guna menghadirkan narasi berjalan kepada follower. Fitur inilah yang banyak mendapat pujian dari para pemilik industri dalam membangun personal branding mereka.

5. Dapat meningkatkan volume penjualan

Saat ini, 58% pengguna dari kalangan mahasiswa melaporkan bahwa mereka tertarik untuk membeli suatu produk jika mereka menerima kupon melalui Snapchat. Selain itu, 67% dari mahasiswa ingin mendapat akses kupon Snapchat dari perusahaan favorit mereka.

Melihat statistik ini, jelas bahwa Snapchat merupakan platform yang kuat untuk meningkatkan jumlah lalu lintas perusahaan Anda dan memberikan insentif kepada pelanggan untuk melakukan penjualan.

Snapchat juga mampu memberi dorongan trafik yang kuat untuk toko online Anda dengan cara mengharuskan konsumen untuk login pada halaman konten toko Anda. Atau minimal turut berpartisipasi dalam promosi produk Anda di Snapchat.

6. Sebagai Alat Rekrutmen

Saat ingin merekrut tim kerja untuk sebuah bisnis, kemungkinan Snapchat bukan aplikasi pertama yang jadi pilihan Anda.

Hal ini jauh bertentangan dengan apa yang Anda pikirkan. Snapchat telah menjelma sebagai alat yang tangguh untuk perekrutan.

Saya ambil sebuah contoh kasus perekrutan karyawan dari perusahaan food delivery bernama GrubHub (Amerika). Melalui platform ini, GrubHub mengajak para follower-nya untuk mengajukan permohonan magang di perusahaan mereka. Strategi yang dipakai pun cukup kreatif.

Pengguna diminta untuk mengirim tulisan terbaik mereka tentang profil perusahaan GrubHub. Bagi para follower ini sesuatu yang menyenangkan. GrubHub pun merasa telah menemukan cara yang fantastis melalui sebuah aplikasi untuk menemukan calon karyawan yang punya pengetahuan tinggi tentang media sosial serta pribadi yang kreatif.

Setiap perusahaan tentunya akan tertarik untuk mencari karyawan dengan label staf tech-savvy (karyawan penggemar teknologi) dengan mudah melalui pendekatan yang sama.

Kesimpulan


Pemilik perusahaan yang sedang mencari inovasi baru dalam melibatkan follower sosial media harus segera beralih ke Snapchat.

Ini cara paling ideal untuk meluncurkan sebuah produk baru, memberi akses pada follower untuk  mengintip profil bisnis, atau berinteraksi dengan pengguna baru.

Tidak diragukan lagi bahwa saat ini, Snapchat adalah salah satu aplikasi terbaik yang sangat cocok untuk dunia bisnis dan marketing .

Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

2 komentar:

  1. Bingung untuk memberi komentar, karena artikel ini lengkap. Namun saya menungu sebuah tips dari kang mas teguh, katanya akan segera di posting... ditunggu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. sori kang, komen nya baru di bales, lagi sibuk upgrade 5 blog blogspot saya nih,..artikel yg saya janjikan saya pending dulu,..

      sabar kang,..matur nuwon

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam