Podcast Anda Gagal Total? Ini Biang Keroknya - BLOG MUST TEGUH

Podcast Anda Gagal Total? Ini Biang Keroknya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 11:45 PM
Leave a Comment
Apa penyebab podcast Anda gagal? Begitu banyak orang yang sudah terjun ke dunia podcast, tapi apa hasil yang sudah mereka dapat? Hanya KEGAGALAN.

Pertanyaan besar lalu muncul di benak mereka, “kenapa podcast saya bisa GAGAL?”.

Untuk mengatasi itu, pertama Anda harus paham alasan Anda butuh podcasting. Setelah itu, silahkan simak tulisan saya di bawah ini agar Anda lebih tahu penyebab kegagalan dalam podcasting.

Penyebab Utama Podcast Anda Gagal


Di semua bidang, sebuah kesuksesan selalu di awali dengan kegagalan. Dari kegagalan bisa kita runut alur kesalahan yang telah kita lakukan untuk diperbaiki dan disempurnakan.

Gagalnya podcast terjadi akibat kesalahan dari podcaster itu sendiri. Berikut ini beberapa penyebab yang menjadi biang kerok dari setiap kegagalan dalam dunia podcasting.

penyebab podcasting gagal

Kurang Fokus

Saat berinternet, banyak ‘senjata pemusnah massal’ di mana-mana yang bisa mengganggu konsentrasi Anda saat akan bermain podcasting.

Agenda yang sudah terjadwal biasanya sering buyar oleh hal sepele. Seperti membuka inbok pada email, link dari forum tentang studi kasus dimana seorang internet marketing pamer penghasilan, atau sekedar melihat video dari timeline di media sosial yang ujungnya bisa merembet kemana-mana.

Ketika kembali ke agenda, ternyata waktu sudah habis terbuang percuma. Apa yang telah Anda lakukan bukanlah kerja konstruktif yang menghasilkan uang.

Untuk menapaki jalan sukses, yang Anda perlukan hanyalah F.O.K.U.S. Jika Anda serius untuk terjun di atmosfer persaingan dunia podcast, Anda harus fokus pada apa yang Anda lakukan.

Buat rencana bisnis yang matang dan jangan biarkan godaan yang mengkilap membutakan visi Anda. Jangan sampai Anda teralihkan dari ‘track planning’ yang sudah tersusun rapi.

Luangkan waktu Anda selama tiga puluh menit. Buat rencana podcast Anda dan apa yang akan Anda katakan saat mengudara. Lalu rekam. Tiga puluh menit yang dihabiskan dengan efektif nantinya akan menjadi modal penting bagi podcast Anda.

Hukum Parkinson

Anggaplah Anda ingin mulai membuat sebuah file audio digital tetapi tidak ada urgensi untuk memulainya. Akibatnya,  waktu hanya akan berlalu tanpa podcast yang mengudara.

Ubah rencana Anda. Manfaatkan waktu yang paling berharga dengan menyisihkan beberapa menit untuk membuat file audio digital Anda.

Andaikan Anda bekerja selama 25 menit dengan 5 menit sebagai waktu istirahat dan metode ini terus Anda lakukan selama seminggu. Apa yang akan terjadi?

Tanpa Anda sadari, serangkaian file audio digital telah Anda kumpulkan dan siap untuk diluncurkan. Tak perlu panik, abaikan segala jenis gangguan. Bulatkan niat Anda hanya dengan sekali klik.

Niche Not On Target

Anda tentu bermimpi mendapat banyak penggemar dari podcast. Jika topik yang Anda pilih kurang spesifik atau masih terlalu luas, Anda tidak akan punya banyak fans. Tak seorang pun akan melirik podcast Anda. Pahami itu.

Apa solusinya?

Jawabannya adalah dengan mempersempit niche, persempit lagi dan lagi untuk ketiga kalinya. Anda akan mulai terlibat dengan fans melalui obrolan.

Mendominasi niche adalah langkah pintar. Ini benar-benar saran yang dianjurkan dan momentum dimana Anda bisa mendapatkan traksi. Obrolan dari para penggemar akan menjadi daya tarik podcast Anda dan mereka akan berbagi podcast Anda dengan teman-teman mereka. Setelah Anda memiliki traksi, saatnya mulai move on untuk memperluas topik.

Mayoritas kompetisi selalu mencari pemenang. Mereka yang masih bergelut pada niche yang luas tak akan mendengar obrolan dan kicauan dari penggemar.

Harapan tidak realistis

Podcasting kini mulai banyak dikenal. Ada banyak pelaku podcaster yang sudah sukses bermain di bisnis ini. Namun Anda harus hati-hati.

Podcasting bukanlah lari sprint yang cepat sampai ke garis finish. Ini adalah lari maraton dengan jarak yang lebih panjang dan kecepatan yang jauh lebih lambat.

Untuk membangun audiens, Anda butuh waktu. Seorang master podcast dengan banyak pengikut awalnya juga dimulai pada titik di mana Anda berada sekarang.

Mereka juga pada awalnya hanya memiliki 7download pada hari pertama, itupun sebagian besar berasal dari download sendiri. Pada minggu kedua naik dua puluh download - itu adalah pertumbuhan yang lambat tapi mantap, di mana Anda perlu untuk membangun audiens Anda perlahan-lahan.

Dibutuhkan ketekunan yang gigih untuk menghasilkan file audio digital setiap hari, agar terwujud harapan yang lebih realistis. Mungkin Anda hanya dapat menghasilkan podcast sekali seminggu atau bahkan sebulan sekali. Konsistensi adalah kuncinya serta tidak membuang waktu yang telah dijadwalkan untuk memproduksi file audio digital.

Enggan berinvestasi

Dalam proyek podcast, berinvestasi tidak hanya cukup dengan uang. Waktu, energi dan kemauan adalah bentuk investasi dalam diri Anda sebagai faktor penting untuk menunjang investasi uang Anda dalam proyek tersebut.

Mentor, director, dan kursus podcast adalah alat inventaris sebagai bentuk investasi untuk lebih menghemat waktu guna mencapai keberhasilan Anda lebih cepat. Tetapi semua itu tentu butuh biaya yang harus Anda keluarkan.

Sindrom kecemasan

Sindrom kecemasan mempengaruhi semua manusia secara negatif. Ini menyerupai keraguan dan ketakutan kita. Namun, pesaing Anda juga dipengaruhi oleh keraguan dan ketakutan yang sama. Akibatnya, memungkinkan Anda untuk bergerak maju dan menjadi master dari ketidakpastian menjadi lebih percaya diri.


Itulah sedikit info yang bisa saya bagi. Baca juga pesan penting ini.

Semoga bisa bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

0 komentar:

Posting Komentar

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam