Punya Akun SosMed? Kelola dengan 10 Situs Canggih Ini

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 8:55 AM
1 comment
Mengelola akun media sosial lewat situs canggih. Menyulap akun sosial media memang rada rumit, beresiko dan juga memakan waktu.

Untungnya, kita hidup di era di mana banyak pengembang atau developer yang mampu memberi solusi untuk masalah ini.

Sekarang ada banyak alat sehingga kita dapat mengupdate dan memonitor semua akun kita dengan mudah dan santai. Tapi ada beberapa tool mantap yang telah dinonaktifkan seperti TweetDeck dan Summify milik Twitter yang telah diakuisisi dan akan ditutup oleh Twitter.

Tapi, itu bukan berarti tidak ada lagi amazing software di luar sana yang bisa Anda pakai untuk mengelola akun sosmed kamu.

Agar hidupmu lebih enjoy dan rileks, inilah 10 tool yang saya tawarkan untuk mengelola akun sosial media milik Anda.

situs pengelola akun sosial media

10 Situs Pengelola Akun Sosial Media


Crowdbooster

Crowdbooster berfokus pada pengumpulan data feed dari akun Facebook dan Twitter Anda. Meskipun tidak akan mengkompilasi akun media sosial yang berbeda ke dalam satu lokasi.

Tapi hal itu justru akan memberi Anda beberapa informasi penting mengenai strategi media sosial Anda, seperti target pembaca yang tepat untuk update gambar atau video terbaru Anda.

Fitur lain dari alat ini adalah kemampuan untuk menganalisis tayangan, jumlah jangkauan, dan keterlibatan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memodifikasi dan meningkatkan strategi Anda dengan mengetahui mana yang bekerja dan yang tidak.

Selain itu, ada fitur keren lainnya yaitu notifikasi tentang anggota Twitter baru yang mungkin tertarik pada profil atau merek Anda.

Sayangnya, Crowdbooster tidak cocok buat Anda yang suka software gratisan.  Plan paling murah $9 per bulan untuk target 50.000 follower. Ini mungkin investasi yang paling pas untuk para pelaku bisnis.

SocialFlow

Bagi pelaku bisnis atau dalam kampanye pemasaran online, berbagi konten di media sosial sangatlah penting.

Dengan memanfaatkan algoritma optimasi yang terintegrasi dengan data Twitter dan Facebook Anda, SocialFlow mempertimbangkan tiga faktor yaitu pesan yang relevan, audiens yang tepat (siapa yang online sekarang), dan waktu yang tepat (momen yang tepat untuk mempublikasikan konten).

Singkatnya, SocialFlow memastikan pesan Anda dikirim keluar selama waktu optimum.

SocialFlow adalah layanan berbayar dengan planning yang fleksibel dengan ongkos mulai dari $ 99 sebulan.

Bitly

Bitly adalah situs untuk memperpendek link artikel yang akan diposting ke akun media sosial. Dengan alat ini, link URL Anda jadi lebih rapi dan ringkas.

Bitly memiliki analisis real-time, bookmark halaman dari situs favorit Anda, dan kemampuan untuk melacak klik.

Bitly bekerja di beberapa platform, seperti Twitter dan Facebook. Kabar baiknya, semua fitur tersebut bisa Anda nikmati dengan gratis. Yeah, it’s free.

Everypost

Everypost adalah aplikasi yang berguna untuk mengirim semua pembaruan Anda ke jaringan sosial utama dari satu tempat pada waktu yang bersamaan.

Menulis pesan, menambahkan foto atau video, dan mengirim hashtags ke Twitter, Google+, Pinterest, Facebook, LinkedIn, Tumblr, atau melalui e-mail.

Fitur lain nya yang jarang dimiliki oleh tool lain yaitu teks shortener Twitter. Ini secara otomatis akan mempersingkat tweet Anda di bawah 140 karakter. Meskipun kadang sering terjadi beberapa gangguan maintenance, alat ini bisa berguna, dan yang penting status nya free alias gretong bro.

SproutSocial

SproutSosial adalah alat canggih lainnya yang bisa untuk mengolah, posting, memantau, dan menganalisa beberapa akun media sosial dari satu lokasi.

Misalnya, Anda bisa mencari konten yang terintegrasi dengan feedly nya, mengatur jadwal posting, dan membalas pesan di Facebook dan Twitter.

Anda juga dapat memantau pesan di Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan profil pribadi lewat fitur streaming inbox. Tapi tidak hanya itu. Sprout Sosial juga menawarkan analisis sehingga Anda dapat memvisualisasikan beberapa metrik penting.

Untuk permulaan, Anda bisa mendaftar dengan layanan gratis pada bulan pertama. Setelah itu, ada tiga paket yang harus dipilih. Tarifnya mulai dari $39, $59, dan $99 per bulan.

Memang biayanya sedikit lebih mahal dari alat-alat lain, tetapi ini dapat menjadi investasi besar untuk bisnis yang super.

Buffer

Buffer adalah salah satu penjadwalan pesan media sosial dan share aplikasi paling populer yang pernah ada.

Dengan sekali klik, Anda akan dapat berbagi posting konten dan jadwal melalui Twitter, Facebook, LinkedIn, dan Google+.

Pada dasarnya, ini memungkinkan Anda untuk menstabilkan konten. Nantinya akan ada update yang konsisten lewat feed media sosial Anda untuk waktu sekarang dan berikutnya dengan disertai analisis tentang keterlibatan dan jangkauan postingan yang telah Anda update.

Buffer menawarkan layanan gratis yang singkat. Setelah itu, untuk $ 10 per bulan Anda dapat menjadwalkan posting sebanyak yang diinginkan dengan menggunakan maksimal 12 profil sosmed Anda.

Spredfast

Spredfast adalah alat untuk mencari dan mengukur data yang dikumpulkan dari Facebook, Twitter, YouTube, dan Flickr. Alat ini mampu melihat berapa banyak target audiens yang telah dijangkau dan bagaimana keterlibatan mereka.

Data disajikan dalam format grafik. Selain sebagai alat analisis canggih, ada fitur lain yang berguna, seperti kalender yang akan memberitahu Anda terkait pengoptimalan tweeting yang optimal.

Tweepi

Dari semua platform media sosial, Twitter lah sosmed dengan pengguna yang paling fanatik. Untuk itu, manfaatkan Tweepi.

Disitu ada alat manajemen yang akan memungkinkan Anda untuk menghapus unfollowers, pembersihan follower yang tidak aktif, mention and follow, dan mem-follow tweets baru yang menarik. Sebuah alat yang sederhana tapi efektif untuk menjaga akun Twitter Anda lebih rapi.

Ada dua jenis tarif yang dikenakan untuk pemakai software ini. Plan Silver ($7,49 per bulan) dan Plan Platinum ($14,99 per bulan). Namun, jika Anda berlangganan Tweepi per tahun, akan di kenakan biaya lebih murah sebesar 17%.

SocialOomph

SocialOomph adalah alat untuk menjadwalkan tweet sepanjang hari dengan fitur auto-follow untuk pengikut baru Anda.

Dari dasbord, Anda dapat menggabungkan Facebook, Twitter, LinkedIn, Plurk, dan blog dalam satu lokasi untuk menjadwalkan posting atau memantau aktivitas media sosial.

Ada versi gratis, ada juga yang berbayar (profesional) yang tentunya memiliki manfaat lebih untuk membantu meningkatkan produktivitas media sosial Anda.

HootSuite

Jika Anda sedang mencari yang terbaik, ini mungkin pilihan terbaik Anda. HootSuite adalah alat manajemen media sosial untuk suatu tujuan khusus. Selain mampu melaksanakan kampanye di beberapa jaringan sosial dari satu dashboard berbasis web, Anda juga dapat mengelola media sosial, track percakapan, dan hasil kampanye secara terukur.

HootSuite juga menawarkan sistem analisis custom built-in dengan fitur penjadwalan posting pada semua platform.

Hootsuite juga menawarkan versi gratis.  Untuk versi pro ($ 8,99 per bulan) sering jadi pilihan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan individu, usaha kecil, dan organisasi besar.

Apa alat manajemen media sosial favorit Anda? Jangan malu-malu, tulis saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

1 komentar:

  1. Untuk ini baru tahu bos, nyatanya ada rujukan situs untu mengelola akun sosmed. artikel ug fress

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam