Memilih Template Blog Jangan Sembarangan - BLOG MUST TEGUH

Memilih Template Blog Jangan Sembarangan

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:03 AM
Ingat! Memilih, mengganti, atau merombak template blog jangan sembarangan. Meski banyak bertebaran template gratisan yang hadir di internet untuk memudahkan kita membangun sebuah blog, tapi ada aturan tertentu yang harus Anda ketahui.

Untuk situs bisnis, tampilan web adalah titik kontak pertama bagi pelanggan dan penting untuk mengatur nuansa yang tepat dalam menciptakan kesan awal yang baik. Hal yang sama juga berlaku untuk website non-komersial.

Menggunakan template siap pakai adalah salah satu solusi terbaik untuk membangun website Anda sendiri.

Hal ini sangat berguna bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan desain web untuk membuat website profesional agar lebih menghemat banyak waktu, tingkat kerumitan serta stres.

tips memilih template berkualitas seo

Poin-poin Penting pada Template


Lalu bagaimana memilih template yang sempurna agar klop dengan kinerja website kita? Nah, poin-poin berikut layak dipertimbangkan sebelum memilih template.

1. Navigasi


Hal pertama yang dipertimbangkan ketika melihat sebuah template adalah, apakah setiap elemen nya memberikan pengalaman terbaik buat pengunjung? Kegunaan adalah kunci utama.

Poin ini juga menjadi titik tumpu bagi Google dalam menyeleksi blog yang terdaftar di Adsense. Jika navigasi blog Anda buruk, maka penolakan siap menanti Anda.

Selain itu, jika situs web sulit dinavigasi dengan tata letak yang membingungkan, saya jamin pengunjung pun tidak akan betah.

Pertimbangkan cara paling ideal agar orang mudah menjelajah situs Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Jika website mudah dinavigasi maka lebih mungkin untuk menarik pengunjung dan menjaga mereka agar tinggal lebih lama.

2. Dampak visual


Kesan pertama itu penting, terutama untuk sebuah blog yang menampilkan sejumlah besar konten pada setiap halaman. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk mendapatkan perhatian pengunjung.

Ketika memilih template, pikirkan apa yang bisa menarik orang-orang agar tertarik pada produk, layanan atau konten pada web Anda.

Gambar besar pada homepage, beberapa teks berjalan, atau mungkin infographic? Yang penting, pastikan situs Anda ’bersuara’.

3. Skema warna


Memilih skema warna untuk website kadang bisa sedikit menyulitkan. Sekali lagi, itu semua tergantung selera masing-masing pemilik blog.

Warna-warna yang cerah biasanya dipakai sebagai simbol rasa senang dan vitalitas, sementara warna yang lebih konservatif seperti abu-abu, biru tua dan putih dipakai sebagai simbol dominasi.

Untuk menciptakan kesan dan tema website melalui permainan warna, kunjungi situs LiveCity. Banyak pilihan dan kategori template yang bisa Anda pilih, sehingga memburu skema warna yang ideal bukan lagi jadi masalah.


4. Fungsi


Umumnya orang memilih template blog hanya berpegang pada dasar-dasar dan pakem yang sudah ada. Meski desain nya kurang pas di hati, namun demi mengejar poin SEO atau apalah itu, mereka rela di buat tidak happy dengan tema blog sendiri.

Perlu diingat bahwa meski kesan pertama itu penting, namun mempertimbangkan fungsionalitas yang dibutuhkan untuk kemajuan website adalah lebih utama.

Tips Memilih Template yang Benar


Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda memilih template yang tepat untuk blog Anda:

Pilih menurut bidang Anda

Banyak template dibuat dengan tema tertentu. Anda dapat menemukan template yang dirancang untuk restoran, event organizer, LSM, instruktur yoga dan banyak lagi!

Tata letak pada tema tentu sudah memperhitungkan kebutuhan khusus dari pemilik website. Gunakan template yang sesuai dengan jenis bisnis Anda, ini akan menghemat banyak waktu dalam hal kustomisasi.

Pilih yang bisa mewakili bahasa Anda

Maksudnya disini adalah bahasa visual. Template yang ideal akan membutuhkan perubahan setidaknya pada warna, font, ikon atau gambar.

Gunakan bahasa visual yang paling efektif untuk target pasar Anda dengan memilih template yang sesuai dengan deskripsi website.

Sesuaikan desain web dengan konten

Tiap situs web memiliki jenis konten yang berbeda. Web berita membutuhkan ruang untuk teks yang lebih panjang serta arsip. Situs web konsultan perlu cara yang tepat untuk menampilkan berbagai layanan yang ditawarkan. Seorang aktor film tentu butuh infrastruktur yang baik untuk konten video.

Bagaimana dengan Anda? Template yang Anda pilih harus menawarkan cara mudah untuk meng-upload dan mengedit konten yang Anda butuhkan di website Anda.

Mudah dieksplorasi

Jangan memilih template hanya dengan melihat tampilan homepage nya saja. Jelajahi setiap halaman dan cobalah untuk memahami aliran seluruh template.

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah situs web adalah navigasi yang sederhana dan intuitif, untuk itu biasakan ngeblog dengan navigasi template yang mudah.

Tata letak yang dinamis

Tata letak menentukan bagaimana struktur informasi website Anda. Kunci untuk menggunakan template desain web adalah memilih salah satu yang berkinerja persis seperti yang Anda butuhkan dan inginkan tanpa terlalu banyak melakukan perubahan.

Hindari template yang terlihat baik tetapi memerlukan desain ulang yang berlebihan untuk memenuhi kebutuhan praktis Anda. Perhatikan struktur dari halaman beranda dan halaman interior ketika Anda membuat website.

Apakah Anda ingin sebagian besar halaman berisi teks, grafik, tabel, atau link? Apakah Anda suka navigasi di bagian atas atau ke samping?

Tidak membutuhkan banyak kustomisasi

Kebanyakan desain template memungkinkan Anda untuk membuat perubahan yang mencerminkan citra diri Anda. Kustomisasi berkisar pada warna, font dan menambahkan logo dengan menambahkan multi-media atau animasi.

Ingat, template harus ringan loading nya, ramah mesin pencari dan mudah bagi pengguna untuk menavigasi. Apa kustomisasi yang Anda butuhkan?

Pastikan template yang Anda pilih mendukung tingkat kustomisasi yang Anda butuhkan.

Catatan: kustomisasi harus meningkatkan performa template yang ada, tanpa memerlukan desain ulang yang rumit.

Pilih yang premium (disarankan)

Ada segudang template yang dijual dengan biaya yang bervariasi. Penting untuk memilih template website yang menyeimbangkan antara desain profesional dengan kegunaan.

Tujuan utama dari setiap halaman web adalah untuk memandu pengunjung. Ini harus terlihat baik, mudah dibaca, cepat untuk men-download, mudah diakses ke mesin pencari, dan bekerja di semua browser web.

Untuk membuat desain lebih sempurna dalam format nya, percayakan pembuatan template pada desainer web dan programmer yang sudah profesional.

Penutup


Desain web template dapat menghemat waktu, uang dan tenaga Anda ketika membuat website.

Template yang tepat untuk situs Anda adalah salah satu yang akan memberikan tampilan yang  menarik dan mencakup semua fitur yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada apa yang Anda tambahkan ke situs Anda daripada pusing memikirkan cara membuatnya.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________