Strategi Mengoptimalkan Bisnis Lewat Profil LinkedIn - BLOG MUST TEGUH

Strategi Mengoptimalkan Bisnis Lewat Profil LinkedIn

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:31 AM
4 comments
Cara mengoptimalkan bisnis lewat profil LinkedIn. Umumnya orang mengenal jejaring sosial media sebagai tempat berbagi, cari teman, ngobrol, dan jualan online.

LinkedIn berbeda dengan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau yang lainnya. Karena LinkedIn memang orientasi utama nya khusus untuk jaringan bisnis. Disinilah para pelaku bisnis dan kaum intelektual sering berkumpul.

Media sosial yang didirikan pada 5 Mei 2003 ini telah memiliki pengguna yang tersebar di seluruh dunia hingga 300 juta member. Jadi, jika Anda pemilik bisnis atau yang baru merintis sebuah usaha baru, situs yang satu ini bisa dijadikan target pemasaran produk Anda.

Dengan LinkedIn, ada 3 manfaat yang mungkin tidak Anda jumpai di media sosial lainnya, antara lain :
  • Membangun profil bisnis secara online dengan membentuk jaringan dengan member lain.
  • Menjalin komunikasi dengan orang lain lewat grup untuk menciptakan sebuah koneksi kerjasama bisnis.
  • Mencari relasi, profesi, dan perusahaan-perusahaan baru.

strategi bisnis dengan linkedin

Cara Mengoptimalkan Profil LinkedIn


Saat ingin tahu tentang sesuatu, sumber mana yang Anda tuju? Saya yakin Google adalah pilihan utama Anda.

Dengan begitu banyak data yang tersedia, mesin pencari merupakan bagian integral dari kehidupan kita akhir-akhir ini. Di Google, Anda dapat menemukan informasi apapun hanya dalam hitungan detik.

Mengoptimalkan profil LinkedIn mirip dengan mengoptimalkan website atau blog, dengan tujuan mendapat peringkat tinggi di Google sehingga orang mudah menemukan profil Anda melalui fungsi pencarian.

Proses ini secara langsung membantu LinkedIn merekomendasikan orang-orang yang terlibat langsung dengan bisnis atau pekerjaan Anda.

Berikut beberapa metode sederhana yang bisa Anda terapkan untuk memaksimalkan profil bisnis Anda di LinkedIn.

Rekomendasi yang ditargetkan

Untuk membuat rekomendasi yang ditargetkan, LinkedIn memindai profil menggunakan frase kata kunci Anda. Semakin disarankan, profil LinkedIn Anda semakin ditargetkan.

Setelah profil LinkedIn Anda pada tuned yang tepat, setiap kali Anda login Anda akan melihat rekomendasi yang ditargetkan pada sisi sidebar. Hal ini karena algoritma LinkedIn memang dirancang sebagai alat intelijen yang sangat kuat.

Kata Kunci Terfokus

Komponen yang paling penting dari optimasi mesin pencari adalah pemilihan kata kunci. Mesin pencari menggunakan frase kata kunci untuk menemukan dan memberi peringkat sebuah situs.

Basis kerja mesin pencari adalah perayapan robot spider yang memfilter jutaan situs untuk disimpan di database mereka dengan mengikuti aturan sebuah algoritma.

Tapi tahukah Anda, LinkedIn memiliki algoritma pencarian sendiri. Peringkat profil pengguna ditentukan oleh beberapa faktor termasuk kata kunci Anda. Semakin fokus frase kata kunci Anda, profil Anda akan semakin menonjol.

Agar profil LinkedIn Anda memiliki peringkat tinggi, gunakan kata kunci Anda pada bagian berikut ini dari profil Anda:
  • Profil Headline
  • Pengalaman Kerja saat ini
  • Pengalaman Kerja masa lalu
  • Ringkasan
  • Spesialisasi

Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan ini agar sekaligus menciptakan daftar frase kata kunci:
  • Apa keterampilan Anda?
  • Apa keahlian Anda?
  • Pekerjaan apa yang Anda cari?
  • Apa yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda?
  • Apa yang membuat Anda lebih baik dari pesaing Anda?

Faktor Peringkat di LinkedIn


Banyak yang sering menanyakan, bagaimana cara LinkedIn menentukan peringkat pencarian profil anggota pada situsnya? Namun sejauh ini, LinkedIn tidak memberitahu secara resmi apa yang menentukan peringkat pencarian mereka.

Dari beberapa analisa dikatakan bahwa, LinkedIn menggunakan otoritas algoritma nya untuk menentukan peringkat dan memberikan hasil pencarian ketika orang mencari profil perusahaan atau perorangan di situs tersebut.

Agar profil Anda mudah ditemukan di pencarian LinkedIn, letakkan kata kunci yang Anda targetkan pada judul profil, nama belakang, serta dalam ringkasan profil Anda.

Tidak seperti mesin pencari yang sering Anda lihat, dalam sistem pencarian LinkedIn tidak ada peringkat tunggal. Setiap anggota memiliki skor relevansi yang unik dan berbeda.

Meskipun query akan mengembalikan hasil yang sama untuk semua orang, namun peringkat sangat ditentukan oleh profil, keaktifan, dan koneksi. Pengujian penelusuran dari beberapa pengguna tidak serta merta mencerminkan peringkat keseluruhan profil dari jutaan pertanyaan yang di input di LinkedIn setiap harinya.

Relevansi pencarian didasarkan pada berbagai faktor. Relevansi itu sendiri merupakan otoritas algoritma yang terus-menerus dievaluasi perkembangan nya. Tujuan nya adalah untuk mengoptimalkan hasil pencarian.

Sebelum hasil pencarian ditampilkan, aktivitas si pengguna juga dipertimbangkan dalam hasil penelusuran. Dalam menentukan peringkat, profil di kembalikan oleh query dan member lain yang juga melakukan pencarian yang sama.

Bersama dengan faktor-faktor lainnya, data hasil penelusuran digabungkan untuk meningkatkan kualitas keseleruhan hasil pencarian anggota.

Sama juga di Google, kata kunci yang berlebihan tidak selalu berefek positif. Disarankan untuk memasukkan kata kunci yang benar-benar mencerminkan keahlian dan pengalaman Anda.

Mengintegrasikan kata kunci ke dalam profil Anda mungkin akan membuka peluang munculnya data profil Anda di sejumlah besar pencarian. Namun apakah profil Anda akan relevan dengan pencarian mereka? Jika tidak, perilaku pengguna sebagai kelompok kolektif mungkin bisa mempengaruhi algoritma yang digunakan untuk menentukan peringkat Anda dalam hasil pencarian di LinkedIn.


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

4 komentar:

  1. Sepertinya ini cocok dengan masalah blog saya yang belum ada profil linkedln nya, kebetulan mas teguh nulis, baru saya mulai ngerti. Mungkin saya bisa memasarkan usaha herbal saya di linkedln ini,,,atau setidaknya promosi, gimana kira-kira Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di promosikan produknya di LinkedIn mas,.saran saya, gunakan nama produknya sebagai nama profil,.biar mudah dikenal dan dicari orang,..

      semoga sukses,..

      Hapus
  2. siang kang must teguuuh.. udah saya laksanakan nih. Oya kang, abdurrohim Rosyidah sementara masih malas untuk dipakai hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo wes,.sekali-kali ganti baju, biar lebih sueegerr..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam