Rahasia Sukses Buka Lapak di Amazon

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 9:26 PM
6 comments
Cara sukses berjualan di Amazon. Situs e-Commerce raksasa sekelas Amazon merupakan urat nadi yang vital buat para pedagang kecil di internet.

Melalui situs ini, banyak pelaku bisnis online yang ikut numpang tenar agar produk mereka cepat dikenal oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Disadari atau tidak, ini termasuk alat fundamental bagi eksistensi sebuah brand yang dibangun oleh para pemilik perusahaan.

Sayangnya, berbisnis di Amazon tidaklah mudah. Persaingan yang ketat dari para pelaku bisnis online profesional siap membayangi langkah Anda.

Pedagang online sering dibuat putus asa akibat tajamnya permainan strategi bisnis dari kompetitor mereka. Ini akibat banyaknya penjual di Amazon yang ikut ‘bermain’ namun tanpa skil untuk mengoptimalkan diri mereka sendiri agar bisa mendominasi pasar.

Rahasia Sukses Buka Lapak di Amazon

6 Teknik Jualan di Amazon


Dengan enam elemen penting ini, keberhasilan membangun toko di Amazon bukan sesuatu yang mustahil lagi. Simak di bawah ini.

1. Gambarkan Produk secara Definitive


Sebagai seller di Amazon, deskripsi produk is number one. Definisi fitur produk harus berisi daftar informatif yang mencakup kegunaan, manfaat dan sebagainya. Tanpa itu, konsumen akan cepat beralih ke toko lain yang akan menyediakan apa yang mereka cari.

Ketika calon pelanggan mengunjungi halaman Anda, mereka ingin tahu apakah karateristik produk Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Untuk setiap produk yang Anda jual, rincilah setiap aspek barang dagangan Anda.

Berikan deskripsi yang mencakup aspek manfaat dan keunikan produk Anda dibandingkan produk pesaing. Kalau perlu buatlah daftar. Buat judul dalam daftar tersebut yang memuat fitur produk.

Ini bisa membantu mengarahkan lalu lintas ke halaman web Anda. Tanpa informasi ini, halaman web bisnis Anda bisa ‘tenggelam’.

2. Display Gambar Illuminating


Gambar bisa di modif menjadi senjata untuk menarik minat pengunjung. Tidak hanya di pemasaran sosial media atau pada konten marketing, di Amazon image juga punya power.

Kapan terakhir kali Anda membeli sesuatu dari Amazon tanpa referensi dari gambar?

Konsumen membeli produk secara online, tentu ingin tahu persis apa yang mereka beli. Jika ada sedikit perbedaan saat produk sampai ke kosumen dengan display online nya, ini bisa merugikan langganan Anda.

Selalu sertakan gambar berkualitas tinggi dan up-to-date pada daftar barang Anda. Kemas gambar agar bisa dilihat dari berbagai sudut, dan jangan lupa sertakan fitur-fiturnya.

Semakin banyak gambar yang Anda miliki, justru semakin baik. Jika ingin menampilkan produk Anda dengan cara yang menarik, buat video singkat yang menunjukkan setiap fitur dari produk Anda. Video adalah alat eCommerce yang paling kuat.

3. Pertanyaan dan Jawaban (FAQ)


Meski sebuah produk terkenal sudah disertai deskripsi yang detail, pertanyaan ringan seputar produk pasti akan muncul di benak beberapa konsumen.

Saat memesan produk, ada konsumen yang cerdas mencari jawaban untuk pertanyaan mereka sendiri. Disisi lain, ada konsumen yang butuh jawaban untuk pertanyaan yang menyangkut produk pesanan mereka.

Untuk alasan ini, Q (question) dan A (answer) menjadi bagian tolok ukur keberhasilan sebuah strategi penjualan. Bagian ini akan membuat konsumen merasa lebih nyaman tentang produk yang telah mereka beli.

Yakinkan konsumen Anda melalui penjelasan rinci yang disertakan pada kemasan barang saat pengiriman ke tempat tujuan.

Pastikan untuk memeriksa bagian ini secara teratur dan mintalah feedback dari pelanggan potensial Anda secara rutin agar taktik penjualan makin terarah.

4. Tonjolkan Ulasan yang Remarkable


Nominal, nama produk, dan sales word pada daftar barang, harus Anda tonjolkan. Dalam bisnis online, ulasan positif dan jujur terhadap sebuah produk sangatlah penting.

Memperoleh kepercayaan dari konsumen agar menentukan pilihan mereka kepada produk Anda adalah di atas segalanya. Akan muncul reaksi timbal balik dari konsumen yang telah menggunakan produk Anda.

Pelanggan dengan pengalaman positif tentu akan memberi testimoni terbaru yang menarik dan meyakinkan.

Tapi ingat, ini tidak bisa dimanipulasi. Amazon sangat teliti dalam mengidentifikasi hubungan antara penjual dan pembeli, sehingga ulasan terbaik benar-benar lahir dari statement pelanggan yang sebenarnya.

Jadi, cara terbaik untuk meninjau produk Anda adalah dengan meminta penilaian yang obyektif dari konsumen melalui email. Anda tidak bisa membujuk konsumen agar memberi komentar yang positif terhadap produk Anda. Seburuk apapun pendapat mereka, semua harus di update secara otentik.

5. Komunikasi Pelanggan


Faktor paling penting untuk sukses di bisnis ini adalah ‘pelayanan’ yang luar biasa. Dalam bisnis di era sekarang ini, tak ada lagi yang bisa Anda samarkan. Apalagi sampai mengecewakan bahkan mengabaikan pelanggan.

Profil usaha Anda dapat dengan mudah di ketahui publik dalam waktu singkat.

Sebagai seller Amazon pada level menengah, pedagang dapat proaktif dengan pelanggan mereka pasca-pembelian. Ini untuk memastikan bahwa mereka puas dengan serve yang di berikan.

Interaksi proaktif dengan pelanggan, juga akan membantu menaikkan loyalitas branding dan membuka kesempatan bagi Anda untuk meminta ulasan jujur dari mereka. Pada saat yang sama, Anda punya kesempatan untuk memperbaiki review negatif yang dapat merusak daftar produk Anda.

Jangan kompromi dengan pengalaman buruk. Anda harus mampu menghandle semuanya untuk memperbaiki setiap kendala yang muncul agar pelanggan jangka panjang dan brand advocate bisa Anda dapatkan. Umpan balik negatif yang menghalangi pelanggan potensial akan bisa diantisipasi tanpa Anda sadari.

6. Pemasaran dan Penjualan


Meski Anda masuk dalam daftar top seller di Amazon, bukan berarti Anda tidak butuh promosi lagi. Di hampir setiap skenario penjualan, pemasaran adalah suatu keharusan; orang perlu tahu bahwa Anda ada. Banyak cara yang bisa tempuh.

Setelah terdaftar sebagai mid-seller, Amazon akan memberi $ 50 dalam bentuk iklan gratis. Ini memberi Anda kesempatan untuk promosi gratis langsung dari ‘bat’.

Sementara itu, memasarkan produk di Amazon bisa di tempuh lewat blog, konten video, serta dari media lain yang fokus menyoroti manfaat langsung dari produk Anda. Dengan cara ini, biasanya orang akan lebih mudah tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.

Penutup


Dengan pendekatan yang tepat, menjual produk melalui Amazon ibarat memindahkan gunung untuk bisnis Anda.

Atur daftar visual produk Anda secara informatif untuk menarik banyak komentar dari konsumen. Anda akan melihat aliran pendapatan yang dapat membangun bisnis e-Commerce Anda secara substansial.

Punya rahasia lain agar sukses buka lapak di Amazon? Atau mungkin Anda punya platform retailer terbaik selain Amazon yang recomended?

Mari berbagi di kolom komentar.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

6 komentar:

  1. Sayang mau coba apa buku berbahasa Indonesia berpeluang banyak juga kalau dijual disana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba mas,..memang di Amazon, produk elektronik dan gadget paling mendominasi,..
      tapi kadang di Amazon ada juga pembli berdasarkan pencarian minat khusus, mungkin saja dari celah itu produk mas Adam bisa coba di tawarkan..

      Hapus
  2. mas di amazon harga jualnya kok beda jauh sama di e commerce indonesia? tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga jual sebuah barang di ecommerce biasanya di pengaruhi 4 hal :
      -geografi
      -segmen pasar
      -vendor
      -reputasi toko ecommerce ybs
      utk penjelasannya, nanti saya buat artikelnya,..insya Alloh di tunggu aja ya

      Hapus
  3. cara mengupload foto produk nya gmna mas?

    BalasHapus
  4. mau tanya mas...untuk seting pembayaran...itu bisa diisi pake payoneer ga ya?? semisal bisa apa dr pihak amazon mencharge dulu dr akun payoneer kita?? soalnya waktu ane isiin pembayaran dengan no debit permata..pihak amazon mencharge dulu untuk konfirmasinya

    BalasHapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam