Mengenal Google AdWords Beserta Plus Minusnya - BLOG MUST TEGUH

Mengenal Google AdWords Beserta Plus Minusnya

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 1:43 PM
2 comments
Mengenal Google Adwords beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika bicara soal Google Adsense, tak afdol rasanya jika tidak ngomongin produk andalan Google ini yaitu AdWords.

Di Adsense, sebagai publisher kita digaji oleh Google, namun ini justru kebalikannya. Kita harus keluar duit untuk membayar ongkos pasang iklan di AdWords. Karena konon katanya, gaji publisher Adsense dibayar dari uang para advertizer yang memakai jasa iklan di AdWords.

Itulah yang dinamakan simbiosis mutualisma. Meski sebenarnya perputaran dolarnya hanya di seputar lingkaran itu juga.

Apa itu Google AdWords?


Secara lugas, Google Adwords bisa diartikan “iklan kata-kata dari Google”. Tapi kok kayaknya tidak enak di dengar ya.

Intinya, AdWords adalah sumber pendapatan utama google berupa program periklanan dengan mekanisme unik yang diperuntukan bagi produsen agar dapat mengembangkan bisnisnya melalui promosi produk atau jasanya lewat jaringan internet. Sedikit intelek kan kedengaran nya.

Pasti banyak yang belum tahu seperti apa tampilan iklan dari AdWords.  Perhatikan saat anda mengetik sebuah kata kunci lalu muncul deretan situs di halaman Google.

Jika ada kotak kuning di bawah judul artikel bertuliskan ‘Ad atau Ads’, nah itulah salah satu bentuk iklan dari Google tersebut. Bahkan terkadang juga muncul di sisi sidebar halaman pencarian Google.

Mengenal Google AdWords Beserta Plus Minusnya

Manfaat Google AdWords


Banyak manfaat yang kita peroleh jika kita menggunakan jasa Google AdWords. Seperti kita tahu, mesin pencari terbesar saat ini adalah Google, sedangkan Adwords merupakan salah satu produk periklanan yang dimilikinya.

Sudah pasti produk atau jasa yang kita iklankan di Adwords akan mendapatkan perlakuan istimewa dari Google melalui penempatan posisi di halaman pertama mesin pencari. Selain keuntungan tersebut, masih ada lagi manfaat dari Google AdWords, antara lain.

1. Mengangkat trafik lebih cepat dan tertarget

Kenapa bisa begitu? Dengan menggunakan perhitungan Pay per Click, dana kampanye Anda akan dikonversi ke pengunjung sesuai harga klik.  Misal tarif klik Rp. 1000 dan anda beriklan sehari Rp. 50.000,  maka Anda akan mendapatkan pengunjung sekitar 50 Klik/pengunjung dari perhitungan 50.000 di bagi 1000.

2. Mendapatkan visitor yang sesuai dengan target bisnis

AdWord menampilkan iklan kita sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalkan Anda seorang pengusaha restoran dengan target kata kunci “restoran murah di Jakarta” maka pengunjung blog Anda yang masuk lewat AdWords adalah orang-orang yang melakukan pencarian sesuai kata kunci Anda.

Inilah yang disebut pengunjung yang tertarget. Jadi iklan Anda nantinya tidak akan muncul pada halaman yang tidak sesuai dengan kata kunci Anda.

3. Meningkatkan reputasi website sesuai SEO

Begini penjelasannya. Saat optimasi SEO dengan target keyword tertentu, maka saat Anda pasang iklan di AdWords tak perlu khawatir hal itu akan merusak SEO Anda.

Banyaknya pencarian untuk kata kunci yang dioptimasi SEO-nya melalui mesin pencarian (termasuk adwords), maka kata kunci tersebut akan di input oleh sistem Google.

Hal inilah yang bisa menguntungkan untuk SEO Anda.

4. Memperbesar omset penjualan

Dalam situs resminya Google menyatakan bahwa :
“Manfaat AdWords terhadap kenaikan omset sebuah produk bukanlah sebuah jaminan. Meskipun adfresh telah membantu banyak klien dalam menaikkan omset 10 – 50% bahkan ada yang mencapai 90%, namun kami tetap tidak menjamin untuk kenaikan omset karena hasil dan manfaat dari periklanan tergantung dari banyak faktor, seperti besarnya dana harian, kata kunci tertarget, bidang bisnis, dll yang nantinya akan kami bahas sendiri dalam ulasan lainnya.”

Keunggulan Google AdWords


Setiap program iklan tentu memiliki nilai lebih di mata para pengguna yang pernah memanfaatkan jasanya. Lalu apa saja kelebihan atau keunggulan AdWords? Nih, ada di bawah.

1. Ringan di kantong alias murah banget

Disini Anda bebas menentukan sistem perhitungan biayanya. Salah satunya adalah Pay Per Click (PPC) dimana semua tergantung dengan budget yang Anda pilih dan miliki.

Biaya per klik nya Anda yang punya kuasa. Tarif nya boleh mulai dari Rp. 1000 sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Itulah kenapa saya berani mengatakan bahwa AdWords ramah buat kantong para pelaku bisnis skala kecil, khususnya yang masih bimbang mencari pilihan iklan yang tepat.

Enaknya lagi, andai iklan Anda yang muncul di halaman Google tidak ada yang klik, artinya Anda tak perlu membayar sepeser pun.

2. Sasaran iklan dijamin Google

Jika ingin blog atau website Anda duduk manis di pageone sesuai kata kunci tertentu, silahkan promosikan blog di AdWords.

Meski Anda seorang blogger pemula yang nggak jago-jago amat soal SEO, melalui iklan lewat Google, blog Anda akan dapat tempat istimewa di search engine.

Kemunculan iklan website kita di halaman pertama mesin pencari Google sangat berpengaruh besar untuk di kunjungi oleh pengunjung.

Untuk target iklan sebuah produk, jika situs Anda berada di pageone maka produk berpeluang dikenal banyak orang. Inilah jaminan Google dalam menargetkan produk Anda di mesin pencarinya.

Dengan sedikit investasi dana pada Google Adwords, jaminan popularitas produk dan akurasi data akan diproses lebih efektif dengan visitor yang tertarget.

3. Mudah digunakan

Proses pendaftaran hingga cara membuat iklan bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa pemahaman yang rumit.

Tersedia fitur bantuan dan panduan untuk mengelola iklan Anda. Walaupun Anda pemain baru di AdWords, saya jamin Anda akan cepat paham dengan prosedur saat bergabung di program iklan milik Google ini.

4. Laporan data yang akurat

Kinerja iklan Anda akan dilaporkan secara akurat dan terjadwal. Dari sudut pandang bisnis, perhitungan ini bisa diterapkan untuk menekan biaya pemasaran, meski masih banyak opsi yang lain saat Anda pasang iklan di Google AdWords.

5. Tersedia banyak variasi unit iklan

Banyak pilihan unit iklan untuk calon pemasang iklan di Google AdWords. Anda bebas memilih unit iklan yang cocok untuk dipakai mengoptimalkan produk dari website Anda. Pilih yang sesuai dan serasi dengan produk atau jasa yang Anda promosikan.

Kekurangan Pasang Iklan di Google AdWords


Secanggih apapun produk yang dirilis oleh Google, tentu ada kekurangan nya. Tak terkecuali AdWords. Berikut kekurangan pasang iklan di Google AdWords.

1. Biaya Iklan Premium

Kategori iklan CPC di Adwords memang gratis selama tidak ada klik dari iklan yang tampil. Biasanya ini jadi pilihan favorit para pengiklan yang bermodal pas-pasan.

Namun bagi para perusahaan dengan anggaran tinggi, iklan kategori premium jadi pilihan utama mereka. Dari segi fitur, layanan, dan kualitas iklan yang muncul tentu jauh berbeda dengan kategori CPC. Disinilah uang memegang kendalinya.

Meski umur website baru seminggu, melalui iklan premium, Google akan menggandakan upaya mereka agar website memiliki tingkat kunjungan dan konversi yang tinggi.

Seperti ada pemisah antara “anak emas” dengan “anak bawang”.

2. Wajib punya kartu kredit / Paypal

Dari segi pembayaran, ini bisa merepotkan pemasang iklan yang tidak memiliki kartu kredit atau pun akun PayPal.

Di AdWords, butuh alat pembayaran atas iklan yang terpasang. Google tidak memberlakukan sistem pembayaran via bank lokal apalagi transfer rekening.

Bagi pebisnis newbie, tentunya akan terkendala masalah pembayaran jika beriklan di AdWords. Hal ini karena rata-rata akun PayPal mereka belum terverifikasi meskipun ada dananya di situ.

3. Strategi bisa gagal akibat biaya murah

Pasang iklan di AdWords memang murah dengan visitor tertarget. Namun jangan salah, hal ini justru membuat mereka asal pasang iklan tanpa strategi lanjutan.

Tingginya persaingan juga berpengaruh pada biaya iklan. Makin banyak pesaing, biaya yang dibutuhkan pun makin besar dibanding jika Anda bermain di level rendah kompetitor.

Nah, apakah Anda sudah tertarik untuk pasang iklan di AdWords? Mantap kan pilihan Anda.


Semoga bisa bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

____________________________________ ARTIKEL TERKAIT ____________________________________

2 komentar:

  1. Yeah you are right! If anyone make a mistake while running an adwords campaign it will cost some extra money.
    Thanks for remind this!
    Adwords Consultant

    BalasHapus
    Balasan
    1. Your first commentator for this article, I assume, you are well aware of the mechanisms of Adwords ..

      to minimize errors in advertising, the most important thing is the commitment and budget planning ...

      Thank you for visiting, .. greetings

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah saya kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam