Pilih Google AdWords atau Facebook Ads? Keduanya Oke

Ditulis oleh: Maseteguh Blog Must Teguh Updated at : 7:55 PM
11 comments
Memilih beriklan di Google AdWords atau Facebook Ads? Apakah saat ini Anda sedang galau gara-gara bingung memikirkan hal itu? Mari kita ngobrol soal ini dengan santai sambil minum teh.

Google dan Facebook keduanya sama-sama punya jutaan pengguna yang fanatik. Meski beroperasi di platform berbeda, namun keduanya memiliki pamor yang seimbang di mata para pelaku marketing.

Keduanya sama-sama menawarkan kesempatan bagi pemilik bisnis skala kecil dalam upaya meraih pelanggan baru melalui penargetan iklan yang tepat sasaran. Tentunya dengan harga yang pas sesuai anggaran.

Sistem kampanye iklan yang bekerja pada Google atau pun Facebook, sama-sama membebaskan klien mereka untuk meraup ribuan atau bahkan jutaan pelanggan tergantung siapa targetnya dan seberapa besar modal yang berani mereka kucurkan.

Tapi mungkin ada kalanya Anda bimbang, apakah Google pilihan terbaik di bandingkan Facebook, atau justru sebaliknya?

Berikut ini pemahaman yang perlu Anda kaji.

pasang iklan di google adsword

Memahami Google AdWords


Iklan Google bekerja melalui penawaran pada kata kunci. Dalam hal ini Anda bisa memilih kata kunci tertentu berdasarkan target audiens Anda, dan ketika pengguna mencari istilah yang relevan dengan kata kunci tersebut, mereka akan melihat iklan Anda.

Kunci kesuksesan berkampanye lewat AdWords adalah :
  1. Pemahaman terhadap kecenderungan pada kata atau frasa yang banyak di pakai oleh pelanggan Anda saat searching di internet.
  2. Memastikan bahwa cuplikan kalimat yang digunakan pada halaman arahan Anda sangat cocok dengan bahasa yang digunakan oleh pelanggan. Hal ini menyebabkan tingkat konversi yang lebih tinggi ketika pelanggan potensial mengklik iklan Anda.

Untuk itu perlu diingat, hindari kesalahan bahasa iklan Anda agar efek positifnya bisa menjalar pada kinerja kampanye iklan.


pasang iklan di facebook ads

Memahami Iklan Facebook


Jika Google fokus operasinya pada kata kunci, untuk iklan Facebook promosi lebih ditargetkan pada orang-orang yang cocok dengan kriteria tertentu.

Facebook menawarkan platform canggih agar Anda bisa menargetkan orang berdasarkan geografi, demografi, minat, dan koneksi pada grup yang mereka ikuti.

Iklan video pada Facebook bisa menjadi pilihan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik modal untuk menambah popularitas produk lewat pemasaran video online selain Youtube.

Profit yang Anda peroleh dengan beriklan di Facebook adalah bahwa Anda dapat mencapai orang-orang yang belum tentu mencari apa yang Anda tawarkan dan bahkan mungkin tidak menyadari produk atau jasa yang Anda jual.

Ini adalah pendekatan yang jauh berbeda dengan Google, di mana Anda hanya menjangkau orang-orang yang khusus mencari kata kunci Anda.

Selain itu, iklan Facebook menerapkan teori Uses and Gratification yang memberikan pemahaman mengapa media sosial Facebook memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.  Teori ini yang membuat iklan Facebook banyak dimanfaatkan sebagai strategi promo.


Pilih Google AdWords atau Facebook Ads?


Meskipun kampanye di Facebook cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan di AdWords, namun perlu digarisbawahi bahwa tingkat keberhasilan pada keduanya masih terbilang relatif.

Iklan dengan kata kunci tertentu melalui Google cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi, karena pola pikir  pelanggan Anda sudah mencapai level untuk membeli barang yang mereka cari.

Sedangkan pada Facebook Anda diberi kebebasan untuk memperluas jangkauan promosi produk Anda dengan biaya yang lebih rendah. Walaupun jika dilihat dari segi bisnis, jumlah klik yang Anda peroleh mungkin tidak akan optimal.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, iklan lewat Facebook hakekatnya adalah menyebarkan pesan kepada pelanggan baru agar mereka menyadari tentang produk yang sedang Anda tawarkan.

Jadi idealnya Anda harus mengambil keuntungan dari kedua sumber. Perlu suatu pendekatan untuk membagi anggaran pemasaran online Anda antara dua platform, atau mungkin Anda ingin menghabiskan lebih banyak anggaran hanya pada satu platform tergantung pada tujuan Anda saat ini.

Kesimpulan


Apakah Anda memiliki produk baru yang akan dipromosikan?

Cara yang lebih masuk akal tentu berinvestasi dalam iklan Facebook dengan target audiens yang lebih terarah.

Di sisi lain, jika Anda memiliki produk dengan ROI (rate of investment) yang sudah mapan, kekhawatiran Anda adalah yang paling penting. Silahkan alokasikan anggaran iklan Anda di Google AdWords.

Kedua platform memang menawarkan analisis yang sangat baik untuk membiarkan Anda dalam memantau efektivitas kampanye. Pendekatan terbaik adalah untuk bereksperimen dengan kedua jenis iklan tersebut, dan lihat mana yang kontribusinya paling efektif dalam mendorong kemajuan produk Anda.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.

______________________________ ARTIKEL TERKAIT ______________________________

11 komentar:

  1. Kombinasi keduanya kayaknya lebih makjleb mas +Teguh, cuma mungkin pengeluarannya agak lebih banyak he...
    untuk sasaran promosinya mungkin lebih banyak facebook, apalagi kalau melihat fakta sekitar.. bahwa pengguna facebook belum tentu akan membuka Google, kecuali saat mereka membutuhkan sesuatu hal yang akan dicarinya. Sedangkan di facebook, mau mencari atau tidak kenyataannya sering kita jumpai iklan FB Ads yang bermacam jenis di beranda kita. Itu pendapat saya he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ulasannya sangat lengkap mas Indra,.bisa menambah wawasan buat pengunjung lainnya..

      sedikit tambahan dari saya..
      semua tergantung tujuan dalam beriklan,.klo pemain Adsense mungkin lebih condong ke Adwords, untuk pelaku bisnis saya rasa keduanya bisa jadi pilihan, karena dalam hal modal tentu sudah di anggarkan untuk keduanya,.

      thanks mas Indra,

      Hapus
    2. Sama-sama mas +Teguh...

      Iya Anda benar sekali Mas, barusan saya test dengan refresh/reload halaman facebook sebanyak 10 kali, sekitar 8 FB Ads berisi konten yang memasarkan produk/jasa... sedangkan 2 FB Ads mungkin bisa dibilang pemain adsense. Jadi kesimpulannya untuk saat ini FB Ads lebih banyak digunakan oleh pelaku bisnis seperti ulasan Anda. Tapi gak tahu juga jika suatu saat para pemain adsense bakal menyerbu FB Ads, karena melihat prospek dan tanda-tanda saat ini yang sudah mulai kelihatan.(namanya perkiraan bisa benar, bisa juga salah) he. ^_^

      Hapus
  2. sangat bermanfaat.entar tak coba iklan produk Fina Collection di dua media tsb.... thanks

    BalasHapus
  3. wah mas Agus hebat,.tak doain dg beriklan di keduanya,.produknya makin laris dan mantap..

    sukses selalu buat Anda,..salam

    BalasHapus
  4. ulasan sangat bagus kang teguh, rencana ane juga mau pakai ads FB bulan depan tapi lagi setting bahan dulu.

    salam kenal kang teguh, GA gue hbs di banned :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terma kasih kang Adi,..apapin platform yg di pilih,.moga itu yg terbaik dg pertimnbangan yg matang tentunya,..

      wah sayang banget tuh, kok sampe kena banned dr simbah?

      ttep semangat kang Adi, banned bukan halangan, maju terooos..

      Hapus
  5. Kang, sy sdh kukurulingan baca artikel akang,sangat bagus & sy pun ingin pnya blog yg bagus desain, artikel, jeung seo frendly, tos lami diajar otodidak, yah begitulah..msh asal" asalan, rada telat mungkin kangnya, (curhat) :) pencerahan kang biar semangat. Nuhun pisan, danaagung,blogspot,

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kang Agung, saya kurang paham bahasa Sunda euy,..tapi sy paham kok maksudnya..

      seorang mahir ngeblog memang awalnya pasti pake ilmu otodidak, dengan di barengi nyamber sana sini ilmu dari para senior,..

      nggak ada kata telat kang Agung buat ngeblog mah..

      kalo boleh kasi saran,..coba blognya di upgrade ke TLD, fokus pada modul yg berkaitan dengan segala hal tentang profesi Anda, dalam hal ini saya tebak tentang otomotif,..dari situ mungkin saja byk pelanggan yg membaca dan bisa jadi klien,..ya kan kang?

      sukses terus deh kang Agung,..salam blogger

      Hapus
  6. Adanya fb ads ini yang membuat publisher adsense megap2... Cpc jadi sangat kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga juga sih mas,.kalo hadirnya FB Ads membuat berkurangnya advertizer di Adword, sehingga jadi penyebab turunnya nilai cpc, rasanya ga senaif itu,..

      misalkan saya pemilik produk yg ingin meningkatkan omzet penjualan, target promosi saya tentu ke platform2 besar, termasuk FB dan Adwords, karena masing2 punya algoritma yg berbeda, jadi outputnya pun ga sama,..

      Hapus

Setiap komentar yang diterbitkan, saya pastikan blognya sudah tak kunjungi balik, dengan atau tanpa komentar yang saya sertakan.

Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam